Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

20 Wisata Jogja Terhits yang Wajib Disambangi, Ini Rekomendasinya

20 Wisata Jogja Terhits yang Wajib Disambangi, Ini Rekomendasinya<br>

20 Wisata Jogja Terhits yang Wajib Disambangi, Ini Rekomendasinya

Tak akan ada habisnya menjelajahi kota yang satu ini. Sebab, selalu ada wisata terhits di antara yang paling hits lainnya!

Yogyakarta, kota dengan pesona budaya dan alam yang memikat, tak pernah kehabisan daya tarik bagi para pelancong. Dari keindahan Candi Borobudur yang megah hingga keseruan Malioboro yang ramai, Jogja menyajikan beragam pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Yogyakarta, kota dengan pesona budaya dan alam yang memikat, tak pernah kehabisan daya tarik bagi para pelancong. Dari keindahan Candi Borobudur yang megah hingga keseruan Malioboro yang ramai, Jogja menyajikan beragam pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Namun, di tengah banyaknya destinasi yang menawan, terdapat beberapa tempat wisata yang bisa disebut sebagai yang "terhits" di antara yang lain. Menjelajahi Yogyakarta, atau yang sering disingkat sebagai Jogja, merupakan pengalaman yang memikat bagi para pelancong yang mencari kombinasi sempurna antara budaya, sejarah, dan alam.

Salah satu daya tarik utama Jogja adalah keberagaman tempat wisata yang ditawarkannya, mulai dari peninggalan sejarah yang megah hingga pesona alam yang menakjubkan.

Satu dari sekian banyak destinasi yang mendapat julukan "terhits" di Jogja adalah Candi Prambanan. Dengan keindahan arsitektur Hindu yang memukau dan aura spiritual yang kuat, Candi Prambanan tak hanya menjadi saksi sejarah, tetapi juga menjadi tempat yang cocok untuk merenung dan mengagumi kebesaran bangsa Indonesia di masa lalu.

Selain itu, kawasan Taman Sari juga menjadi salah satu destinasi yang paling diminati di Jogja. Terletak di pusat kota, Taman Sari menawarkan perpaduan antara keindahan alam dan kearifan lokal yang kental. Berikut ini kumpulan wisata Jogja terhits yang wajib Anda ketahui.

<b>Kumpulan Wisata Jogja Terhits</b>

Kumpulan Wisata Jogja Terhits

1. Malioboro

Malioboro adalah tempat wisata Jogja terhits yang pertama. Bukan tanpa alasan kalau Malioboro sering menjadi setting film maupun FTV. Tempat ini memang benar-benar terasa Jogjanya. Pengunjung bisa menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat dengan menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak.

Tempat wisata di Jogja yang populer seperti Malioboro ini bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit dari stasiun. Kawasan ini sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik.

Menikmati suasana tempat wisata di Jogja yang populer di Malioboro tidak dipungut biaya. Suasananya kini semakin syahdu karena awal tahun 2022 pedagang sudah dipindah di lokasi khusus dekat Malioboro, bukan lagi di jalan Malioboro. Tertarik berkunjung?

2. Titik Kilometer 0 Jogja

Titik 0 kilometer merupakan wisata Jogja terhits kedua dekat Malioboro. Gambaran tempat wisata yang populer ini berada di perempatan jalan. Di sini pengunjung bisa menyaksikan aksi damai, pertunjukan seni, sampai tempat untuk memajang karya seni.

Titik 0 kilometer yang menjadi wisata Jogja terhits merupakan ujung dari jalan Malioboro. Baik di siang hari ataupun malam hari, banyak orang berlalu lalang di sini. Berada di titik 0 kilometer Jogja tidak dipungut biaya sama sekali.

3. Taman Sari

Taman sari adalah tempat wisata Jogja terhits ketiga. Berlibur ke Jogja belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Jogjakarta. Salah satu situs paling tepat untuk menikmati seni arsitektur adalah di Taman Sari. Tempat wisata ini dikenal sebagai tempat pemandian putri-putri keraton.

Kondisi bangunannya masih sangat terjaga. Tak heran apabila Taman Sari sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding. Tarif masuknya murah, hanya Rp3.000 saja tetapi belum termasuk biaya apabila pengunjung membawa kamera profesional.

4. Alun-Alun Kidul

Wisata Jogja terhits selanjutnya adalah Alun-Alun Kidul. Alun-alun Kidul khusus menampilkan halaman belakang Keraton Kesultanan Jogjakarta. Di sini terdapat pohon beringin kembar yang legendaris.

Wisatawan yang penarasan dapat mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon beringin raksasa tersebut dengan mata tertutup. Alun-alun Kidul juga  merupakan pusat kegiatan warga di hari libur.

5. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan tempat wisata Jogja terhits kelima yang cocok bagi Anda penyuka belanja. Pasar Beringharjo paling terkenal untuk kulakan atau belanja batik.

Tak hanya itu, di Pasar Beringharjo juga tersedia berbagai macam kaus oblong, totebag, dress batik, pouch, seprai, sandal batik, jamu, sampai suvenir pernikahan. Tak perlu pusing mencari oleh-oleh lagi di sini, karena hampir semua ada!

6. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg adalah tempat wisata Jogja terhits keenam. Lokasinya berada di sebelah selatan Pasar Beringharjo.

Benteng Vredegurg merupakan bekas penjara bagi para pejuang tanah air yang kini dialihfungsikan sebagai museum. Bangunan peninggalan zaman kolonial ini bisa jadi objek wisata Jogja bernuansa sejarah sekaligus spot foto keren. Tarif masuknya hanya Rp3.000.

7. Taman Pintar (Tampin)

Di sisi timur Benteng Verdeburg ada Tampin yang menawarkan wisata edukasi dalam bentuk permainan. Di sini ada Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud, Theater 3D, dan Kampung Kerajinan di mana anak-anak bisa bermain sambil belajar.

Pengunjung Taman Pintar bisa melakukan aktivitas kerajinan gerabah, lukis kaos, roket air, dan membatik yang bisa diikuti dengan membayar Rp13.000 sampai Rp50.000. Biasanya tempat wisata Jogja terhits ini ramai dikunjungi keluarga di hari Minggu.

8. Shopping Center Jogja

Shopping adalah objek tempat wisata lain di Jogja yang berlokasi dekat Malioboro. Shopping dikenal sebagai surga bagi para pembaca buku. Sebab, di sini pengunjung bisa menemukan buku dari beragam genre dengan harga yang sangat ramah di kantong. Bonus disampuli juga.

9. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Sindu Kusuma Edupark (SKE) Yogyakarta dibangun pada 2014 dan memiliki luas hingga 7 hektare. SKE merupakan sebuah taman bermain sekaligus wahana edukasi yang menyenangkan.

SKE memiliki bianglala bernama cakra manggilingan dengan tinggi 48 meter. Bukan hanya bianglala yang ikonik, SKE juga memiliki 18 wahana bermain lainnya yang menarik untuk dicoba. Tiket SKE juga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp20.000 hingga Rp140.000. Tempat wisata ramah anak ini berlokasi di Jalan Jambon, Krangilan, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

10. Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya merupakan tempat wisata Jogja terhits berikutnya yang berlokasi di dekat Malioboro juga.

Di Taman Budaya atau yang biasa disingkat TBY, pengunjung bisa menikmati aneka pertunjukan seni dan budaya. Mulai dari ketoprak hingga teater bernuansa surealis. Biaya masuknya pun gratis.

11. Keraton Yogyakarta

Main ke kompleks Keraton Yogyakarta juga dapat menjadi aktivitas liburan yang menyenangkan dan penuh makna. Keraton Yogyakarta merupakan tempat wisata Jogja terhits selanjutnya yang populer dan wajib dikunjungi.

Wisatawan bisa menemukan turis lokal maupun asing. Bangunan di dalam keraton pun masih dipelihara dengan baik. Ada sejumlah diorama yang menunjukkan detail kebudayaan kota ini di masa lalu.

12. Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka Zoo adalah tempat wisata Jogja terhits berikutnya. Gembira Loka adalah kebun raya dan kebun binatang terbesar di Yogyakarta. Selain aneka koleksi konservasi hewan, kebun binatang ini memiliki berbagai wahana rekreasi yang menyenangkan.

Para wisatawan dapat berinteraksi dengan para koleksi satwa, kolam sentuh, kolam tangkap, terapi ikan, perahu kayuh, skuter air, atv, bumper boat, spedd boat, perahu katamaran, dan masih banyak lagi. Kebun binatang ini juga sudah dilengkapi fasilitas yang lengkap dan terjaga.

13. Alun-Alun Selatan

Alun-alun Selatan juga wajib dikunjungi selain alun-alun Kidul. Suasana di tempat wisata Jogja terhits ini mirip dengan alun-alun Kidul meskipun lokasinya tidak dekat dengan kota.

Alun-alun Selatan juga menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini pengunjung bisa menikmati jajan di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni.

14. Jalan Prawirotaman

Jalan Prawirotaman merupakan tempat wisata Jogja terhits yang dikenal sebagai kampung turis dan kampung bule. Sebab, di jalan ini memang banyak sekali turis asing terlihat.

Berjalan di sepanjang jalan Prawirotaman bakal bikin teringat Legian atau Jalan Jaksa. Di kanan kiri Jalan Prawirotaman pengunjung bisa menemukan aneka jenis kafe bernuansa tradisional maupun modern yang asyik buat nongkrong di malam hari.

15. Tugu Jogja

Tugu Jogja tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi setidaknya sekali saat Anda ada di Jogja. Tidak dipungut biaya apapun bagi pengunjung, tetapi di sini pengunjung harus berhati-hati dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Itulah syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi siapa pun yang ingin berfoto dengan Tugu Jogja sebagai tempat wisata. Di Tugu Jogja, pengunjung bisa menemukan banyak lokasi tongkrongan seperti kafe dan angkringan.

16. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali alias Monjali adalah tempat wisata Jogja terhits lainnya. Monumen yang menjadi tempat wisata ini berada di Jalan Lingkar Utara Jogja dan tampil semarak dengan aneka bentuk lampion dan lampu warna-warni.

Tarif masuk ke Taman Pelangi Monjali adalah Rp10.000,00 (weekdays), Rp15.000,00 (weekend).

17. Museum Dirgantara

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala atau Museum Dirgantara adalah tempat wisata yang populer untuk dikunjungi keluarga. Museum ini menyimpan koleksi yang berkaitan dengan sejarah TNI AU Indonesia.

Museum yang berdiri sejak tahun 1978 ini dulunya merupakan sebuah bangunan pabrik gula peninggalan masa kolonialisme seluas 4,3 hektare. Bukan hanya menyimpan aneka benda mengenai TNI AU, museum ini juga berisi pesawat-pesawat yang pernah digunakan TNI AU.

18. Ledok Sambi

Ledok Sambi adalah wisata alam yang tersembunyi di daerah Sleman. Di sini Anda akan disuguhkan pemandangan asri yang dapat disaksikan sambil bermain di tepian sungai.

Buka pada pukul 09.00 hingga 16.30 WIB, Ledok Sambi bertempat di No.KM. 19, Jl. Kaliurang No.2, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

19. HeHa Ocean View

Pantai selatan Jogja juga dapat dinikmati dari HeHa Ocean View. Di sini Anda bisa menikmati keindahan laut sambil berswafoto dan menikmati hidangan di restoran. HeHa Ocean View juga menyediakan fasilitas kabin dan glamping (glamorous camping) untuk pengunjung yang ingin menginap.

Beralamat di Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872, tiket masuk ke tempat wisata Jogja terhits ini dibanderol sebesar Rp20.000,00 (belum termasuk spot foto).

20. Obelix Hills

Tempat wisata di Jogja memang tak ada habisnya. Obelix Hills adalah salah satunya. Tempat ini menawarkan spot foto yang Instagramable dan sangat cocok dikunjungi bagi sobat yang hobi fotografi.

Keindahan pemandangan alam asri dan sunset Jogja yang dapat terlihat jelas dari tempat ini menjadi daya tarik bagi pengunjung. Obelix Hills terletak di sebelah tenggara Candi Prambanan dan termasuk ke dalam Shiva Plateau. Jam bukanya adalah (Weekday) 10.00 – 21.00 WIB, (Weekend) 07.00 – 21.00 WIB.

6 Wisata Malam Jogja yang Wajib Dikunjungi, Seru dan Menarik
6 Wisata Malam Jogja yang Wajib Dikunjungi, Seru dan Menarik

Jika Anda berencana berkunjung ke Jogja, beberapa wisata malam Jogja berikut patut dikunjungi.

Baca Selengkapnya
12 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal dan Menarik Dikunjungi, Hits Banget!
12 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal dan Menarik Dikunjungi, Hits Banget!

Terdapat sejumlah tempat wisata di Jogja paling terkenal yang bisa dikunjungi.

Baca Selengkapnya
Wisata di Jogja Terbaru dan Populer, Sajikan Pemandangan Indah dan Pengalaman Seru
Wisata di Jogja Terbaru dan Populer, Sajikan Pemandangan Indah dan Pengalaman Seru

Jogja mempunyai beberapa tempat wisata baru yang sayang dilewatkan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
6 Wisata Palembang yang Sayang Dilewatkan saat Berkunjung, Keren & Hits
6 Wisata Palembang yang Sayang Dilewatkan saat Berkunjung, Keren & Hits

Berikut rekomendasi wisata Palembang yang sayang jika dilewatkan ketika sedang berkunjung.

Baca Selengkapnya
6 Wisata Jogja untuk Anak & Keluarga yang Populer, Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran
6 Wisata Jogja untuk Anak & Keluarga yang Populer, Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Tempat wisata Jogja untuk anak dan keluarga bisa dikunjungi saat libur lebaran tiba.

Baca Selengkapnya
6 Rekomendasi Wisata Alam Bogor yang Tak Boleh Dilewatkan, Sajikan Pesona Memukau
6 Rekomendasi Wisata Alam Bogor yang Tak Boleh Dilewatkan, Sajikan Pesona Memukau

Berikut rekomendasi wisata alam Bogor yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Selengkapnya
Wisata Alam Jogja Terbaru, Cocok untuk Destinasi Liburan
Wisata Alam Jogja Terbaru, Cocok untuk Destinasi Liburan

Jogja memiliki objek wisata alam yang indah dan memukau.

Baca Selengkapnya
5 Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Jakarta untuk Liburan Akhir Tahun
5 Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Jakarta untuk Liburan Akhir Tahun

Saat ini di Jakarta sudah banyak loh tempat-tempat wisata yang asik bisa Anda kunjungi.

Baca Selengkapnya
Wisata HeHa Jogja Populer, Ketahui Fasilitas dan Harga Tiketnya
Wisata HeHa Jogja Populer, Ketahui Fasilitas dan Harga Tiketnya

Wisata HeHa Jogja menawarkan pemandangan indah dari atas bukit.

Baca Selengkapnya