LITBANG DAN RISET

Di dalam struktur redaksi merdeka.com terdapat team khusus di bawah redaktur eksekutif yang bertugas untuk melakukan pencarian, penelitian dan pengembangan data dan fakta untuk mendukung kesahihan sebuah berita.

Litbang merdeka.com mengedepankan metodologi ilmiah baik secara kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan pedoman kode etik pers dan hukum yang berlaku di wilayah NKRI. Kuantitatif merujuk kepada data yang sebagian besar berbentuk angka dan nilai statistik yang dikeluarkan oleh lembaga resmi negara atau riset kredibel.

Sementara kualitatif merupakan hasil wawancara secara langsung atau tidak langsung dengan narasumber yang hasilnya bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Kebanyakan hasil penelitian ini digunakan untuk Rubrik KHAS yang merupakan laporan andalan merdeka.com sejak 2012. KHAS meliputi laporan investigasi, wawancara khusus dan feature.

Tampil setiap Senin pagi dalam satu pekan berupa konten dengan muatan mendalam dan komperehensif terhadap suatu peristiwa atau fenomena. Disajikan dengan bentuk teks, foto dan video.



METODOLOGI PERIKSA DATA

Periksa data merupakan salah satu hal yang tak bisa dilepaskan dari kerja jurnalistik di merdeka.com. Redaksi menelusuri kabar viral yang beredar di masyarakat dan melakukan konfirmasi ke instansi terkait seperti kepolisian, BMKG, BNPB atau TNI atau lembaga lain yang kompeten.

Dalam beberapa kasus, redaksi juga melakukan cek dan ricek atas ucapan nara sumber. Redaksi membandingkan apa yang disampaikan nara sumber dengan data yang didapat dari lembaga kredibel. Misalnya data kementerian atau lembaga pemerintah, penelitian akademis, atau NGO yang memiliki reputasi terpercaya.

Hasil periksa data ini akan disampaikan kepada pembaca dalam beberapa bentuk. Bisa berupa artikel langsung, laporan foto dan video atau tulisan panjang yang di merdeka.com dikenal dengan nama KHAS.

Diharapkan berita yang dihasilkan bisa memberi penjelasan secara jelas pada pembaca. Untuk pembaca yang ingin menyampaikan pendapat, saran atau menguji kesahihan sebuah berita, kontak kami lewat: support@merdeka.com

Alamat

Redaksi merdeka.com

PT KAPAN LAGI DOT COM NETWORKS

Jl. Tebet Barat IV No.3
Jakarta Selatan, 12810
Email: redaksi@merdeka.com
Telp: (021) 8379 52 45
Fax: (021) 8379 52 46