Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Dampak Negatif Minum Air Dingin Setiap Hari, Bisa Ganggu Pencernaan

Minum air dingin setiap hari mungkin terasa menyegarkan dan menyenangkan, terutama di cuaca panas atau setelah berolahraga. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini dapat memberikan beberapa dampak negatif bagi kesehatan tubuh Anda?

Beberapa dampak negatif tersebut meliputi gangguan saluran pernapasan, sakit kepala, pencernaan, hingga memengaruhi ketidakseimbangan suhu tubuh.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang dampak negatif minum air dingin setiap hari, serta memberikan beberapa tips untuk menghindari atau mengurangi dampak tersebut.

Dampak Negatif Minum Air Dingin Setiap Hari

Minum air dingin setiap hari dapat memberikan beberapa dampak negatif bagi kesehatan tubuh, terutama bagi saluran pencernaan dan pernapasan. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang sering dialami:

Mengganggu saluran pernapasan

Minum air dingin dapat membuat lendir di hidung menjadi lebih tebal, sehingga menyulitkan bernapas. Hal ini dapat memperburuk gejala pilek, flu, atau alergi. Sebaliknya, minum air hangat atau sup ayam dapat membantu mengencerkan lendir dan memudahkan bernapas.

Memicu sakit kepala

Minum air dingin dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang, terutama yang memiliki gigi sensitif. Hal ini disebabkan oleh perbedaan suhu antara air dingin dan rongga mulut, yang dapat merangsang saraf trigeminal. Saraf ini berhubungan dengan rasa sakit di kepala, wajah, dan gigi.

Memperlambat pengosongan lambung

Minum air dingin saat makan dapat mengganggu proses pencernaan dengan menghambat kerja enzim dan mengurangi aliran darah ke lambung. Hal ini dapat menyebabkan makanan tertahan lebih lama di lambung, yang dapat menimbulkan rasa kembung, nyeri, atau mual. Sebaiknya, minum air hangat atau teh setelah makan untuk membantu pencernaan.

Menyebabkan ketidakseimbangan suhu tubuh

Minum air dingin dapat menurunkan suhu tubuh, yang dapat mengganggu fungsi metabolisme dan sistem kekebalan. Tubuh perlu mengeluarkan energi tambahan untuk memanaskan air dingin dan mengembalikan suhu normal. Hal ini dapat membuat tubuh lebih mudah lelah dan rentan terhadap penyakit.

Meningkatkan risiko kegemukan

Minum air dingin dapat menstimulasi produksi hormon kortisol, yang dapat meningkatkan nafsu makan dan menyimpan lemak di perut. Selain itu, minum air dingin dapat mengurangi efektivitas air putih dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan. Sebaliknya, minum air hangat dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi lemak.

Air Dingin atau Air Biasa?

Minum air dingin atau air biasa memiliki manfaat dan efek yang berbeda-beda bagi tubuh, tergantung pada kondisi dan situasi tertentu. Secara umum, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa air dingin berdampak buruk bagi tubuh atau pencernaan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Minum air dingin dapat membantu mengembalikan suhu tubuh dan rehidrasi lebih cepat setelah berolahraga.

  • Minum air dingin dapat membakar kalori ekstra, karena tubuh perlu mengeluarkan energi untuk memanaskan air dingin dan mengembalikan suhu normal.

  • Minum air dingin dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang, terutama yang memiliki gigi sensitif.

  • Minum air dingin dapat mengganggu saluran pernapasan, karena membuat lendir di hidung menjadi lebih tebal dan menyulitkan bernapas.

  • Minum air dingin dapat memperlambat pengosongan lambung, sehingga menyebabkan makanan tertahan lebih lama di lambung dan menimbulkan rasa kembung, nyeri, atau mual.

Minum air biasa atau air hangat juga memiliki manfaat dan efek yang berbeda-beda bagi tubuh, seperti:

  • Minum air hangat dapat membantu mengencerkan lendir dan memudahkan bernapas, terutama saat pilek, flu, atau alergi.

  • Minum air hangat dapat membantu pencernaan, karena meningkatkan aliran darah ke lambung dan mempercepat kerja enzim.

  • Minum air hangat dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi lemak, karena menstimulasi produksi hormon yang dapat menekan nafsu makan dan menyimpan lemak di perut.

  • Minum air hangat dapat membantu menurunkan berat badan, karena membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil.

  • Minum air hangat atau panas dapat membantu mengatasi akalasia, yaitu kondisi kesehatan langka yang memengaruhi otot kerongkongan dan menyebabkan kesulitan menelan.

Tips Mengurangi Dampak Air Dingin

Untuk mengurangi dampak negatif minum air dingin setiap hari, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut:

  • Minum air dingin dengan sedikit. Jangan minum air dingin terlalu banyak atau terlalu sering, karena dapat mengganggu keseimbangan suhu tubuh dan memperlambat pencernaan. Batasi konsumsi air dingin hanya sekitar 1-2 gelas per hari, dan sisanya minum air biasa atau air hangat.

  • Minum air dingin pada waktu yang tepat. Jangan minum air dingin saat makan, karena dapat menghambat kerja enzim dan proses pencernaan makanan. Sebaiknya, minum air dingin setelah berolahraga, karena dapat membantu mengembalikan suhu tubuh dan rehidrasi lebih cepat.

  • Minum air dingin dengan perlahan. Jangan minum air dingin dengan cepat atau langsung meneguknya, karena dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang, terutama yang memiliki gigi sensitif. Minum air dingin dengan perlahan dan menggunakan sedotan, agar tidak langsung bersentuhan dengan gigi dan rongga mulut.

  • Minum air hangat atau minuman lain yang sehat. Minum air hangat atau minuman lain yang sehat, seperti teh, jus, atau sup, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengencerkan lendir, membantu pencernaan, meningkatkan metabolisme, dan menurunkan berat badan. Minum air hangat atau minuman lain yang sehat setidaknya 8-9 gelas per hari, atau sesuai dengan kebutuhan cairan tubuh Anda.

5 Dampak yang Dialami oleh Tubuh akibat Konsumsi Terlalu Banyak Minuman Dingin

5 Dampak yang Dialami oleh Tubuh akibat Konsumsi Terlalu Banyak Minuman Dingin

Terlalu banyak konsumsi minuman dingin di saat udara panas belakangan ini bisa menyebabkan berbagai dampak bagi tubuh.

Baca Selengkapnya
Cara Hilangkan Lapisan Lilin pada Buah Anggur Tanpa Perlu Dibilas Air

Cara Hilangkan Lapisan Lilin pada Buah Anggur Tanpa Perlu Dibilas Air

Cara efektif menghilangkan lapisan lilin pada buah anggur tanpa perlu membilasnya dengan air

Baca Selengkapnya
5 Dampak Air Hujan bagi Kesehatan Kulit, Bisa Sebabkan Jerawat hingga Alergi

5 Dampak Air Hujan bagi Kesehatan Kulit, Bisa Sebabkan Jerawat hingga Alergi

Air hujan yang turun dari langit tidak selalu bersih. Air hujan bisa mengandung berbagai kotoran, polutan, bakteri, jamur, atau alergen yang bisa menempel.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
9 Kondisi yang Bisa Membuatmu Lebih Sering Buang Air Besar Dibanding Biasanya

9 Kondisi yang Bisa Membuatmu Lebih Sering Buang Air Besar Dibanding Biasanya

Buang air besar lebih sering dibanding biasanya bisa terjadi akibat sejumlah hal atau perubahan yang kita lakukan.

Baca Selengkapnya
Dampak Negatif Merusak Kelestarian Lingkungan, Timbulkan Banyak Bencana

Dampak Negatif Merusak Kelestarian Lingkungan, Timbulkan Banyak Bencana

Kelestarian lingkungan adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Baca Selengkapnya
Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berbahan Tepung Terigu, Mulai Gigi Rusak Hingga Berat Badan Naik

Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berbahan Tepung Terigu, Mulai Gigi Rusak Hingga Berat Badan Naik

Konsumsi makanan berbahan tepung terigu, terutama dalam jumlah terlalu banyak atau terlalu sering bisa menyebabkan sejumlah dampak bagi tubuh.

Baca Selengkapnya
10 Dampak Buruk dari Kebiasaan Membuka Ponsel Langsung saat Baru Bangun Pagi Hari

10 Dampak Buruk dari Kebiasaan Membuka Ponsel Langsung saat Baru Bangun Pagi Hari

Langsung membuka ponsel saat bangun pagi hari merupakan hal yang dilakukan oleh banyak orang dan bisa menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Air Sumur yang Keruh, Bau dan Berminyak

Cara Mengatasi Air Sumur yang Keruh, Bau dan Berminyak

Sumur air memberikan keberlanjutan pasokan air, terutama saat terjadi gangguan pasokan air dari pihak ketiga.

Baca Selengkapnya
Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan dan Lingkungan, Penting Diketahui

Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan dan Lingkungan, Penting Diketahui

Polusi udara telah menjadi masalah lingkungan global yang semakin mengkhawatirkan.

Baca Selengkapnya