Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mitos Cicak Jatuh di Kepala, Pertanda Baik atau Buruk?

<b>Mitos Cicak Jatuh di Kepala, Pertanda Baik atau Buruk?</b>

Mitos Cicak Jatuh di Kepala, Pertanda Baik atau Buruk?

Beberapa orang memercayai adanya mitos cicak jatuh di kepala dengan mengartikannya sebagai pertanda tertentu.

Apakah Anda pernah mengalami kejatuhan cicak di kepala? Bagaimana perasaan Anda saat itu? Mungkin Anda merasa jijik, terkejut, atau bahkan takut. Tetapi, apakah Anda tahu apa arti dari kejadian tersebut?

Mitos Cicak Jatuh di Kepala, Pertanda Baik atau Buruk?

Mitos cicak jatuh di kepala adalah salah satu mitos yang cukup populer di Indonesia. Mitos ini berasal dari berbagai kepercayaan dan budaya, seperti Hindu, Jawa, dan Islam. Mitos ini mengatakan bahwa kejatuhan cicak di kepala memiliki makna tertentu, bisa menjadi tanda akan sesuatu yang buruk, atau baik.

Artikel ini akan menjelaskan arti mitos cicak jatuh di kepala dan mitos lain yang berkaitan dengan kejatuhan cicak.

Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala

Kejatuhan cicak di kepala sering kali dianggap sebagai suatu pertanda atau tanda-tanda mistis oleh sebagian masyarakat. Beberapa orang memercayai bahwa kejadian ini dapat diartikan sebagai sebuah pertanda baik atau buruk, tergantung pada kepercayaan dan mitos yang dianut oleh individu tersebut.

Secara umum, kejatuhan cicak di kepala diyakini sebagai pertanda keberuntungan. Beberapa orang meyakini bahwa ini adalah sebuah pertanda akan datangnya rezeki atau keberuntungan dalam hidup mereka. Beberapa mitos lokal bahkan mengaitkan kejatuhan cicak di kepala dengan kabar baik dalam hal karir, cinta, atau kesehatan.

Namun, di sisi lain, beberapa orang juga percaya bahwa kejatuhan cicak di kepala dapat menjadi pertanda buruk. Mereka mungkin percaya bahwa ini adalah tanda akan datangnya masalah atau rintangan dalam hidup mereka.

Beberapa mitos bahkan menghubungkan kejatuhan cicak di kepala dengan kemungkinan adanya malapetaka atau bahaya yang akan mengancam.

Meskipun banyak yang memercayai arti kejatuhan cicak di kepala, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan hubungan antara kejadian ini dengan nasib seseorang.

Banyak orang percaya bahwa mitos-mitos tentang kejatuhan cicak di kepala hanyalah cerita dongeng atau kepercayaan yang berkembang di masyarakat.

Selain jatuh di kepala, mitos tentang cicak juga muncul saat dia terjatuh di berbagai situasi.

Selain jatuh di kepala, mitos tentang cicak juga muncul saat dia terjatuh di berbagai situasi.

Arti Melihat Cicak Jatuh di Depan Mata Pertanda Kehilangan Orang Tersayang

Arti kejatuhan cicak yang pertama sering kali dikaitkan dengan pertanda bahwa akan kehilangan orang yang kamu sayang. Jika anggota tubuhmu sampai kejatuhan cicak, hal ini dipercaya sebagai pertanda akan terjadi hal buruk pada orang-orang tersayang.

Lebih mengerikan lagi, ada yang meyakini kejatuhan cicak sebagai pertanda akan datangnya berita kematian. Selain itu, orang yang mengalami kejatuhan cicak juga dapat diprediksi akan bertikai dengan orang terdekat seperti teman ataupun bahkan pacar.

Jika tidak waspada, diyakini bisa-bisa hubunganmu akan kandas begitu saja. Tetapi untungnya, kamu juga bisa menghindari kesialan ini dengan cara mengganti pakaian yang terkena oleh cicak.

Arti Melihat Cicak Jatuh di Depan Mata Pertanda Akan Sakit

Arti kejatuhan cicak yang selanjutnya adalah jika kamu kejatuhan kotoran cicak tersebut secara tidak sengaja, maka sebagian orang percaya bahwa cicak tersebut digunakan oleh para dukun santet ataupun paranormal untuk mengirimkan santet dan penyakit.

Oleh sebab itu, tidak aneh jika banyak orang akan selalu menghindari cicak yang berada tepat di atas kepala mereka. Diyakini bahwa jika kamu sampai kejatuhan kotorannya, maka kamu sebaiknya segera untuk membersihkan diri dan menghentikan segala aktivitas di luar rumah.

Arti Melihat Cicak Jatuh di Depan Mata Pertanda Mengalami Nasib Buruk

Menurut tradisi agama Hindu, apabila seseorang kejatuhan cicak tepatnya di kaki ataupun paha merupakan pertanda bahwa hal buruk akan terjadi. Hal tersebut bisa diartikan dan berhubungan dengan kerugian baik hal finansial, kesehatan yang dapat memburuk, dan rencana dalam hidup yang selalu mengalami kegagalan.

Selain itu, mitos lain juga menyebutkan jika kakimu dipanjat oleh cicak, maka hal buruk akan terjadi dalam waktu dekat. Hal ini berhubungan dengan orang yang akan merugikan atau bahkan mempersulit hidupmu.

Arti Kejatuhan Cicak di Tangan Pertanda Baik

Arti kejatuhan cicak yang selanjutnya tidak selalu menjadi pertanda yang buruk. Meskipun kebanyakan mitos kejatuhan cicak berbicara tentang keburukan, mitos yang satu ini berbicara tentang hal yang sebaliknya.

Konon, kejatuhan cicak di bagian tangan adalah sebuah pertanda baik. Pada umumnya, hal ini bisa berarti jika orang yang kejatuhan akan mendapatkan pekerjaan baru, keuangannya lebih lancar, serta apresiasi dari orang-orang sekitarmu mengenai pekerjaan yang kamu tekuni.

Di Eropa, cicak yang merayap di tangan adalah pertanda bahwa orang tersebut akan menolong banyak orang.

Maka dari itu, kejatuhan cicak bukan berarti selalu menjadi sebuah kesialan bagi Anda.

Arti Kejatuhan Cicak di Punggung dan Pantat Pertanda Kehancuran

Menurut kepercayaan dalam agama Hindu, cicak yang jatuh di punggung adalah pertanda dari kehancuran. Dalam kepercayaan yang diyakini orang-orang Hindu, orang yang mengalami hal tersebut akan menanggung beban yang berat dalam hidupnya.

Hal ini biasanya berkaitan dengan keluarga atau hubungan sosial orang tersebut. Namun, hal ini berbanding terbalik jika cicak tersebut terjatuh tepat di pantatmu. Menurut kepercayaan yang sama, hal ini disebut sebagai pertanda baik karena kamu akan mendapatkan teman baru, dan performa kerja meningkat.

Arti Kejatuhan Cicak di Paha Pertanda Musibah dari Orang Lain

Arti kejatuhan cicak yang berikutnya adalah jika kamu mengalami kejatuhan cicak tepat pada paha. Musibah yang disebabkan oleh orang lain ini bisa diketahui dari posisi cicak jatuh. Jika cicak jatuh di paha sebelah kanan, maka musibah disebabkan oleh orang yang kamu kenali.

Lain dengan seseorang kejatuhan cicak di paha sebelah kiri, penyebab musibah ini adalah orang yang tidak pernah kamu kenal sebelumnya.

Penyebab Cicak Jatuh

Salah satu penyebab cicak jatuh adalah karena dipengaruhi oleh tekstur dinding. Cicak tidak suka berjalan di dinding dengan tekstur yang terlalu kasar atau halus. Ketika sedang berjalan di dinding yang terlalu kasar, cicak akan mengangkat tubuhnya.

Akibatnya, kaki cicak tidak bisa menahan berat tubuh cicak dan akan membuatnya tidak bisa menempel sehingga rentan terjatuh.

Sedangkan kalau berjalan di dinding terlalu halus, akan membuat rambut-rambut halusnya tidak bisa masuk ke lapisan tembok. Akibatnya, cicak tidak bisa menempel terlalu lama dan kuat di permukaan rembok, lalu jatuh ke lantai.

Sebenarnya, mitos kejatuhan cicak di kepala tidak memiliki dasar ilmiah atau logika yang kuat. Cicak adalah hewan kecil yang sering bergerak dengan cepat, dan kejatuhan cicak di kepala seseorang hanyalah kebetulan belaka. Tidak ada hubungan antara kejatuhan cicak dengan pertanda buruk atau sial.

Banyak orang percaya mitos tersebut karena memang sudah menjadi bagian dari budaya dan tradisi yang turun temurun. Namun, penting untuk diingat bahwa kepercayaan yang tidak didasari fakta atau logika tidak seharusnya dijadikan patokan dalam kehidupan sehari-hari.

Tindakan yang Dapat Dilakukan Setelah Melihat Cicak Jatuh

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan setelah melihat cicak jatuh menurut Islam dan adat Jawa, sebagai berikut:

1. Cara Buang Sial Setelah Kejatuhan Cicak Menurut Islam

Secara umum, sesungguhnya Islam tidak mengenal mitos, terutama yang berkaitan dengan kesialan. Hal ini pada dasarnya budaya jahiliyah yang sangat terlarang.

Namun, dalam Islam, kepercayaan akan kesialan ini disebut thiyaroh dan sebagai orang muslim sebaiknya tak memercayai hal tersebut. Jika Anda melihat cicak jatuh di depan mata, sebaiknya berhusnuzon kepada Allah SWT.

Allah selalu punya rencana terbaik untuk hamba-Nya. Maka dari itu, sudah semestinya kita harus berikhtiar dan berdoa yang terbaik untuk diri sendiri, sesuai ayat Alquran berikut, artinya:

Tak ada yang bisa mengubah suatu kaum kecuali kaum itu sendiri (QS Ar-Raad ayat 11)

2. Cara Buang Sial Setelah Kejatuhan Cicak Menurut Adat Jawa

Sementara itu, dalam adat Jawa, terdapat cara membuang sial akibat kejatuhan cicak dan masalah lainnya. Adapun adat yang dimaksud adalah ruwatan.

Ritual ini bisa Anda jalani untuk menghilangkan nasib sial atau buruk yang menimpa. Merka yang ingin membuang nasib sial acap melakukan acara ruwatan. Tentu saja, hanya tetua adat atau sosok guru yang memiliki keahlian khusus di bidang ini yang bisa melakukan upacara ruwatan.

Apa Mitos Kejatuhan Cicak, Tanda Kabar Buruk hingga Keberuntungan

Apa Mitos Kejatuhan Cicak, Tanda Kabar Buruk hingga Keberuntungan

Kejatuhan cicak adalah hal umum yang dikaitkan dengan mitos tertentu.

Baca Selengkapnya
Mitos Cicak Jatuh di Tangan, Pertanda Baik atau Buruk?

Mitos Cicak Jatuh di Tangan, Pertanda Baik atau Buruk?

Bagi sebagian orang, kejatuhan cicak, khususnya di tangan, dianggap memiliki arti tertentu, seperti tanda baik atau malah tanda yang buruk.

Baca Selengkapnya
Mitos Kejatuhan Cicak di Tangan Kanan, Dianggap Tanda Keberuntungan

Mitos Kejatuhan Cicak di Tangan Kanan, Dianggap Tanda Keberuntungan

Mitos kejatuhan cicak di tangan bisa jadi pertanda. Kejatuhan cicak bagi sejumlah orang sering dikaitkan dengan beberapa mitos.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Mitos Cegukan Terus-menerus, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk

Mitos Cegukan Terus-menerus, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk

Cegukan seringkali dikaitkan adanya suatu pertanda tertentu.

Baca Selengkapnya
Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala, Pertanda Baik atau Buruk?

Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala, Pertanda Baik atau Buruk?

Mitos kejatuhan cicak di kepala memang cukup terkenal. Beberapa budaya mengaitkan peristiwa yang mengagetkan itu dengan sebuah pertanda akan terjadinya sesuatu.

Baca Selengkapnya
Mitos Kejatuhan Cicak di Pundak dan Bagian Tubuh Lainnya, Perlu Diketahui

Mitos Kejatuhan Cicak di Pundak dan Bagian Tubuh Lainnya, Perlu Diketahui

Kejatuhan cicak di pundak dikaitkan dengan mitos keberuntungan.

Baca Selengkapnya
5 Mitos Kejatuhan Tahi Cicak, Tanda Kesialan hingga Keberuntungan

5 Mitos Kejatuhan Tahi Cicak, Tanda Kesialan hingga Keberuntungan

Kejatuhan tahi cicak dikaitkan dengan beberapa mitos di masyarakat.

Baca Selengkapnya
Mitos Burung Perkutut, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk

Mitos Burung Perkutut, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk

Burung perkutut adalah salah satu jenis burung yang memiliki makna dan mitos yang kaya dalam budaya Jawa

Baca Selengkapnya
Mitos Kembang Sereh, Diyakini Dapat Membuat Tubuh Kuat dan Kebal

Mitos Kembang Sereh, Diyakini Dapat Membuat Tubuh Kuat dan Kebal

Kembang sereh dikaitkan dengan beberapa mitos kepercayaan.

Baca Selengkapnya