Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Latin dan Artinya, Mudah Diamalkan

<b>Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Latin dan Artinya, Mudah Diamalkan</b><br>

Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Latin dan Artinya, Mudah Diamalkan

Bacaan doa ini akan membantu Anda mengalirkan doa untuk ayah dan ibu.

Kehilangan orang tua adalah salah satu ujian terberat dalam hidup. Namun, kepergian mereka bukan berarti bakti kita juga usai. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menjelaskan ketika ditanya tentang kebaikan yang bisa dilakukan untuk orang tua yang sudah meninggal,

“Masih ada kebaikan yang bisa dilakukan. Yaitu, mendoakan keduanya, memohonkan ampunan atas dosa-dosanya, memenuhi janji mereka, menyambung tali silaturrahmi yang tidak mungkin tersambung kecuali melalui perantara keduanya, dan menghormati teman-teman karibnya.” (HR. Abu Dawud).

Selain itu, ada hadis lain tentang kebaikan untuk orang tua yang sudah meninggal yang cukup terkenal,

“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga hal: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang senantiasa mendoakan.” 

(HR Muslim)

Ya, mendoakan orang tua yang sudah meninggal memang menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Namun, mungkin masih ada kaum muslimin yang bingung dengan bacaan doa untuk orang tua yang sudah meninggal.

Artikel ini akan menuntun Anda kepada bacaan doa untuk orang tua yang sudah meninggal yang memiliki banyak kebaikan.

Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā’i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā’inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu‘allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi ‘alaynā.

Artinya: Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ

Allāhummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘āfihim, wa‘fu ‘anhum. Allāhumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafā’ata ‘alā ahlil qubūri min ahli lā ilāha illallāhu Muhammadun rasūlullāh.

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.

Penutup Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ

Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn. Al-Fatihah.

Artinya: Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.

Pentingnya Berbakti kepada Orang Tua

Begitu mulianya kedudukan orang tua dalam Islam sampai membuat siapa saja yang durhaka kepada mereka akan mendapat dosa besar sebagai balasannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

"Maukah kalian kuberitahukan tentang dosa besar yang terbesar?" Maka para sahabat mengatakan, "Tentu mau wahai Rasulullah". Maka beliau mengatakan, "Yaitu mempersekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua." (HR. Bukhari dan Muslim).

Berbakti kepada orang tua tidak hanya dilakukan ketika mereka hidup di dunia. Saat mereka telah meninggal pun, kita tetap diperintahkan untuk terus berbakti pada kedua orang tua kita.

Mengutip kanal Rumaysho, dalam sebuah hadis dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi, ia berkata,

"Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu ada datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya, pen.). (Bentuknya adalah) mendo’akan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.

(HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

Melalui hadis yang telah dicantumkan sebelumnya kita juga tahu bahwa doa dari seorang anak adalah amalan yang terus mengalirkan pahala meskipun seseorang telah meninggal. Doa untuk orang tua yang sudah meninggal dari sang anak inilah yang nantinya akan menjadi penyelamat dan juga sesuatu yang diharapkan oleh kedua orang tua ketika mereka telah meninggal.

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh." (HR. Muslim).

Doa untuk Anak Perempuan Latin dan Artinya, Mohon Kebaikan

Doa untuk Anak Perempuan Latin dan Artinya, Mohon Kebaikan

Orang tua selalu dianjurkan untuk mendoakan kebaikan anak perempuan.

Baca Selengkapnya
Doa Buat Orang Tua yang Sudah Meninggal, Ini Bacaan Lengkapnya

Doa Buat Orang Tua yang Sudah Meninggal, Ini Bacaan Lengkapnya

Doa buat orang tua yang sudah meninggal ini menjadi amal jariyah dari sang anak bagi ortunya.

Baca Selengkapnya
Doa Orang Meninggal Arab Latin dan Artinya, Wajib Dihafal

Doa Orang Meninggal Arab Latin dan Artinya, Wajib Dihafal

Ketika seorang muslim meninggal, hendaknya bagi sesama muslim untuk mendoakannya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa untuk Anak Sakit Arab Latin dan Artinya, Orang Tua Wajib Tahu

Doa untuk Anak Sakit Arab Latin dan Artinya, Orang Tua Wajib Tahu

Doa dilafalkan untuk memohon kesembuhan dan perlindungan dari Allah SWT bagi anak yang sedang sakit.

Baca Selengkapnya
Doa Pengantin Baru Latin dan Artinya, Mohon Berkah Kebaikan

Doa Pengantin Baru Latin dan Artinya, Mohon Berkah Kebaikan

Terdapat beberapa bacaan doa yang dapat diamalkan pengantin baru.

Baca Selengkapnya
Doa Orang Meninggal dan Artinya, Perlu Diketahui

Doa Orang Meninggal dan Artinya, Perlu Diketahui

Penting bagi umat muslim untuk mendoakan orang yang meninggal.

Baca Selengkapnya
5 Doa untuk Kedua Orang Tua Arab dan Latinnya, Ketahui Keutamaannya

5 Doa untuk Kedua Orang Tua Arab dan Latinnya, Ketahui Keutamaannya

Merdeka.com merangkum informasi tentang 5 doa untuk kedua orang tua arab dan latinnya, serta keutamaannya yang perlu Anda ketahui.

Baca Selengkapnya
Doa Sesudah Sholat Taubat Latin, Mohon Ampunan dan Kebaikan

Doa Sesudah Sholat Taubat Latin, Mohon Ampunan dan Kebaikan

Dianjurkan untuk membaca doa sesudah sholat taubat secara khusus.

Baca Selengkapnya
Doa Mandi Wajib Latin beserta Niat dan Tata Caranya

Doa Mandi Wajib Latin beserta Niat dan Tata Caranya

Mandi wajib bertujuan untuk menghilangkan hadas besar setelah bersetubuh atau keluar mani.

Baca Selengkapnya