Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>Doa agar Bisa Melupakan Seseorang yang Dicintai</b>

Doa agar Bisa Melupakan Seseorang yang Dicintai

Belajar melupakan dan mengikhlaskan seseorang yang pernah dicintai adalah langkah bijak agar hidup kembali tenang.

Ketika kita mencintai seseorang, terkadang kita juga harus siap belajar melupakan dan mengikhlaskan mereka. Karena dalam hidup, tidak selamanya segalanya berjalan dengan baik dan bahagia. Ada kalanya hubungan baik dengan seseorang yang kita cintai perlahan-lahan merosot, atau bahkan berakhir dengan pahit. Namun, melupakan dan mengikhlaskan seseorang yang pernah kita cintai bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Berusaha melupakan seseorang yang telah membuat luka dalam hati bukanlah tugas yang mudah. Terkadang, kita merasa sulit untuk melepaskan pikiran dan perasaan negatif terhadap orang tersebut. Namun, sebagai umat Muslim, ajaran Islam memberikan petunjuk tentang bagaimana melupakan seseorang dengan hati yang lapang dan penuh kebaikan.

Salah satu doa yang dapat diamalkan adalah doa melupakan seseorang.

Doa agar Bisa Melupakan Seseorang yang Dicintai

Doa ini tidak hanya membantu menghapuskan perasaan negatif, tetapi juga membantu melepaskan beban emosional yang selama ini kita rasakan. Doa ini dapat dilakukan dengan mudah dan dapat diamalkan oleh siapa saja.

Doa agar Bisa Melupakan Seseorang yang Dicintai sesuai Ajaran Islam

Ada sejumlah doa agar bisa melupakan seseorang yang dicintai sesuai ajaran Islam yang bisa Anda baca. Adapun bacaan doa-doa tersebut adalah sebagai berikut:

1. Surat Al Imran Ayat 8

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbana la tuzigh qulubana ba‘da idz hadaitana wahablana min ladunka rahmatan innaka antalwahhab

Arti Al Imran ayat 8: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).” (Q.S. Ali ‘Imran: 8)

2. Doa Melupakan Seseorang

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Ya muqallibal qulub tsabbit qalbi ‘ala dinika

Arti hadisnya: “Wahai Zat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu.” (HR al-Nasai’)

3. Doa Menenangkan Hati

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

Arti doanya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat.”

Cara Melupakan Seseorang Menurut Ajaran Islam

Selain berdoa, ada banyak cara lain yang juga perlu kamu lakukan agar hati terasa lebih tenang saat menghadapi masalah termasuk saat menghadapi masalah tentang asmara.

Berikut ini cara melupakan seseorang menurut ajaran Islam yaitu sebagai berikut:

1. Menyibukkan Diri

Cara melupakan seseorang yang pertama adalah dengan menyibukkan diri. Untuk dapat mengalihkan pikiran terhadap sesuatu, lakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat, seperti mengikuti pengajian rutin, mengisi hari dengan mempelajari agama, terlibat dalam kegiatan sosial, atau menjaga tubuh dengan berolahraga.

Ibnu Qayyim Al Jauziyah juga pernah berkata, "Siapapun yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat, pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal yang sia-sia."

2. Banyak Berdzikir

Cara melupakan seseorang berikutnya adalah dengan banyak berdzikir. Saat hati kita mengalami kekecewaan dan kesedihan, cobalah untuk berdzikir mengingat dan menyebut nama Allah SWT. Dengan berdzikir, hati yang sedih akan berangsur menjadi lebih tenang. Berdzikir juga membuat kita menjadi lebih bersyukur atas apa yang terjadi.

3. Meningkatkan Ketakwaan

Meningkatkan ketakwaan bisa jadi cara melupakan seseorang lainnya. Apabila kita berusaha menjaga pikiran kita hanya kepada Allah SWT dan apa yang diperintahkannya, maka sosok seseorang yang kita pikirkan akan hilang seiring waktu. Meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT juga akan memudahkan kamu dalam segala urusan.

4. Yakin dengan Pengganti yang Allah Siapkan

Cara melupakan seseorang yang selanjutnya yaitu yakin pada Allah SWT bahwa akan ada sosok pengganti yang lebih baik. Ketika kamu berusaha untuk meninggalkan sesuatu karena Allah SWT, maka percayalah bahwa kelak Allah SWT akan menggantinya dengan sesuatu yang jauh lebih baik.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
pernah bersabda,

“Sesungguhnya tidaklah Engkau meninggalkan sesuatu karena ketakwaan kepada Allah Ta’ala, kecuali Allah pasti akan memberikan sesuatu (sebagai pengganti, pen.) yang lebih baik darinya.” (HR. Ahmad).

Alasan Doa bisa Menjadi Cara Melupakan Seseorang

Doa bisa menjadi cara yang ampuh untuk melupakan seseorang yang tidak bisa kita miliki atau yang sudah meninggalkan kita. Doa adalah komunikasi dengan Allah SWT, yang Maha Mengetahui dan Maha Penyayang.

Dengan berdoa, kita bisa mengungkapkan perasaan kita, memohon pertolongan dan petunjuk-Nya, serta mengharapkan rahmat dan ampunan-Nya. Doa juga bisa membantu kita untuk mengatasi stres, depresi, dan gangguan kejiwaan yang mungkin timbul akibat patah hati atau kehilangan seseorang. Berikut adalah beberapa manfaat psikologis dari doa:

• Doa bisa meningkatkan rasa optimis, percaya diri, dan berharap pada Allah SWT. Dengan berdoa, kita bisa merasakan bahwa Allah SWT selalu mendengar dan mengabulkan doa kita, asalkan kita berdoa dengan ikhlas, sabar, dan tawakal.

Doa juga bisa menguatkan keyakinan kita bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik untuk kita, meskipun tidak sesuai dengan keinginan kita. Doa bisa membuat kita lebih bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT, dan lebih sabar menghadapi cobaan yang datang.

• Doa bisa menenangkan hati, pikiran, dan jiwa kita. Dengan berdoa, kita bisa merasakan kedekatan dengan Allah SWT, yang merupakan sumber kedamaian dan ketenangan. Doa juga bisa mengurangi rasa cemas, takut, marah, sedih, atau putus asa yang mungkin mengganggu kesehatan mental kita. Doa bisa membantu kita untuk melepaskan beban dan masalah yang ada di hati kita, dan menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT.

• Doa bisa mempengaruhi kesehatan fisik kita. Dengan berdoa, kita bisa merasakan efek positif pada tubuh kita, seperti penurunan tekanan darah, detak jantung, dan hormon stres. Doa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, keseimbangan hormon, dan fungsi otak kita. Doa bisa memperbaiki kondisi sel darah merah, yang berpengaruh pada oksigenasi dan nutrisi seluruh tubuh kita.

Ketika kita berdoa dengan ikhlas dan percaya bahwa Allah akan membantu kita, maka kita akan merasakan kedamaian dan ketentraman dalam hati.

Allah mencintai hambanya yang saling mengasihi dan saling memaafkan, serta menjaga hubungan yang baik. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai umat Muslim untuk mengamalkan doa-doa ini dalam kehidupan sehari-hari.

Doa agar Bisa Melupakan Seseorang yang Dicintai

Doa agar Bisa Melupakan Seseorang yang Dicintai

Artikel ini ditulis oleh
Alieza Nurulita Dewi

Editor Alieza Nurulita Dewi

Doa ini tidak hanya membantu menghapuskan perasaan negatif, tetapi juga membantu melepaskan beban emosional.

Reporter
  • Andre Kurniawan

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bacaan Doa Meluluhkan Hati Seseorang Lengkap dengan Artinya, Menyentuh Kalbu Sanubari

Bacaan Doa Meluluhkan Hati Seseorang Lengkap dengan Artinya, Menyentuh Kalbu Sanubari

Berikut bacaan doa meluluhkan hati seseorang lengkap dengan artinya yang menyentuh hati dan kalbu

Baca Selengkapnya icon-hand
Niat Sholat Tahajud Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

Niat Sholat Tahajud Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

Niat Sholat Tahajud ini menjadi kunci utama dalam melaksanakan sholat ini. Niat tersebut harus didasari oleh keikhlasan dan ketulusan semata-mata karena Allah.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Sholat Hajat Lengkap dengan Niat dan Tata Caranya

Bacaan Doa Sholat Hajat Lengkap dengan Niat dan Tata Caranya

Mengamalkan doa sholat hajat menjadi salah satu bentuk ikhtiar agar keinginan dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa Khitan dan Keselamatan Anak Lengkap Disertai Artinya, Amalkan untuk Meminta Perlindungan Allah SWT

Bacaan Doa Khitan dan Keselamatan Anak Lengkap Disertai Artinya, Amalkan untuk Meminta Perlindungan Allah SWT

Selayaknya berbagai kegiatan lainnya, khitan pun juga terdapat bacaan doa yang dapat diamalkan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Ketika Marah, Lengkap Beserta Cara Mengendalikan Emosi dalam Islam

Doa Ketika Marah, Lengkap Beserta Cara Mengendalikan Emosi dalam Islam

Doa ketika marah bisa dibaca umat Muslim agar bisa mengendalikan emosi.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa-Doa setelah Sholat Fardhu dan Artinya, Amalkan secara Rutin

Doa-Doa setelah Sholat Fardhu dan Artinya, Amalkan secara Rutin

Doa memiliki peran penting dalam kehidupan beragam umat Muslim. Dalam berbagai kesempatan kita dianjurkan untuk berdoa, termasuk setelah menunaikan sholat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Terbangun di Malam Hari Sesuai Anjuran Rasulullah, Lengkap Disertai Amalan Lainnya

Bacaan Doa Terbangun di Malam Hari Sesuai Anjuran Rasulullah, Lengkap Disertai Amalan Lainnya

Doa terbangun di malam hari dapat diamalkan setiap kita terjaga usai beristirahat.

Baca Selengkapnya icon-hand