Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

9 Tempat Wisata di Pontianak yang Populer, Jangan Sampai Terlewat

9 Tempat Wisata di Pontianak yang Populer, Jangan Sampai Terlewat<br>

9 Tempat Wisata di Pontianak yang Populer, Jangan Sampai Terlewat

Tempat wisata di Pontianak ini akan menawarkan keseruan saat berlibur.

Berwisata ke Pontianak bisa jadi agenda liburan yang menarik. Pontianak adalah salah satu daerah yang terkenal akan wisatanya yang unik dan bentang alamnya yang sungguh indah. Berkunjung ke Pontianak bisa jadi pengalaman liburan yang menyenangkan.

Pontianak adalah ibukota Provinsi Kalimantan Barat, di mana sebagian daerahnya dilalui oleh garis khatulistiwa yang membuatnya jadi lebih istimewa dibanding daerah lainnya di Indonesia. Tak heran bila kemudian Pontianak kerap disebut sebagai Kota Khatulistiwa.

Ada banyak tempat wisata di Pontianak yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga, teman dan orang-orang tersayang lainnya. Dari tempat wisata di Pontianak bernuansa alam, edukasi, atau sejarah.

Jika kamu belum memiliki referensi akan pergi kemana saat datang ke Pontianak, berikut ini informasi lengkap mengenai 9 tempat wisata di Pontianak yang wajib dikunjungi, unik dan instagramable telah dirangkum merdeka.com.

1. Pantai Pasir Panjang

Tempat wisata di Pontianak yang wajib dikunjungi pertama adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini masuk dalam kawasan Selat Nasik. Lokasinya benar-benar terletak di balik hutan. Tak heran akses ke pantai ini pun tergolong susah.

Jika kamu ingin singgah ke pantai ini maka kamu perlu berjuang keras untuk sampai di tempat ini. Hal yang unik dari pantai ini adalah pasirnya bertekstur keras yang tak dapat kamu temui di pantai lainnya.

Di sini kamu juga akan menyaksikan hamparan pasir putih. Cocok untuk foto dan mengisi feed instagram kamu. Tiket masuk pantai ini juga murah meriah cukup dengan Rp10 ribu pada weekdays dan Rp20 ribu untuk weekend.

9 Tempat Wisata di Pontianak yang Populer, Jangan Sampai Terlewat

2. Taman Nasional Gunung Palung

Tempat wisata di Pontianak lainnya adalah Taman Nasional Gunung Palung yang diperkirakan memiliki luas kurang lebih 90.000 hektare. Taman Nasional ini memiliki ekosistem yang sangat lengkap mulai dari hutan tropis, hutan bakau, rawa, hingga pegunungan.

Dengan berbagai spesies flora dan fauna yang eksotis, di sini juga bisa ditemui spesies anggrek hitam yang hampir punah di sekitar Sungai Matan. Tempat wisata di Pontianak ini terletak di Padu Banjar, Simpang Hilir, Ketapang, Kalimantan Barat.

9 Tempat Wisata di Pontianak yang Populer, Jangan Sampai Terlewat

3. Danau Biru Singkawang

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya ialah Danau Biru Singkawang. Danau Biru Singkawang merupakan sebuah danau yang tercipta dari bekas penambangan emas.

Kerennya, tempat wisata Pontianak berupa danau ini disebut-sebut sebagai lokasi wisata terbaik yang ada di kota Singkawang, memang terbentuk secara tidak sengaja.

Pemandangan airnya yang berwarna biru mencolok menciptakan kesan keunikan tersendiri di mata wisatawan. Ditambah lagi dengan keadaan alam sekitarnya terlihat masih sangat alami, membuat pikiran jadi lebih rileks.

Tempat wisata ini terletak di Jalan Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp5.000 dengan jam buka 24 jam setiap hari.

4. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center merupakan pusat budidaya tanaman lidah buaya yang kerap menjadi daya tarik wisata kota Pontianak. Selain menemui hamparan kebun lidah buaya, kamu juga bisa mengintip proses pengolahan Aloe Vera menjadi berbagai produk seperti dodol, permen, hingga berbagai kosmetik.

Jika kamu berencana berkunjung ke sini, jangan lupa bawa berbagai produk olahan lidah buaya sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Tempat wisata ini terletak di Jl. Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak.

9 Tempat Wisata di Pontianak yang Populer, Jangan Sampai Terlewat

5. Taman Burung Singkawang

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya adalah Taman Burung Singkawang. Taman ini kerap digunakan oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan tempat bersantai di kala sore hari menjelang. Taman ini kerap disebut warga sekitar sebagai Taman Mess Daerah, sebab letaknya berdekatan dengan Mess Daerah Singkawang.

Untuk nama dari taman ini, konon menurut cerita masyarakat disebabkan karena banyaknya hiasan patung burung yang berada di sekitar area taman, jadi akhirnya dinamakan taman burung.

Tiket masuk tempat wisata ini sangat terjangkau yakni Rp10 ribu saja dan buka selama 24 jam setiap hari. Lokasinya di Jalan Merdeka, Tengah, Singkawang.

6. Khatulistiwa Park

Tempat wisata di Pontianak yang wajib dikunjungi ialah Khatulistiwa Park. Khatulistiwa Park dapat dikatakan adalah ikonnya Pontianak, letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota Pontianak, kira-kira 3 km aja.

Di sini kamu bakalan dapat banyak informasi penting tentang sejarah pembangunan tugu tersebut. Hal menarik lainnya dari tempat ini adalah sering mengadakan event tahunan yang bertepatan dengan fenomena alam yang melahirkan titik iluminasi.

Iluminasi sendiri merupakan titik di mana saat matahari berada tepat di atas kepala kita sehingga membuat bayangan tidak nampak. Tempat wisata ini tepatnya berada di Jalan Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

9 Tempat Wisata di Pontianak yang Populer, Jangan Sampai Terlewat

7. Keraton Kadariah

Tempat wisata di Pontianak yang satu ini dibangun pada tahun 1771 hingga 1778. Pada saat kepemimpinan Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri menjadi sultan yang pertama tinggal di keraton tersebut. Lokasinya tepat di pinggir sungai, tepatnya di Jalan Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Pontianak Tim., Kota Pontianak.

Keraton Kadariah memiliki struktur bangunan unik dengan warna cat kuning berukuran sekitar 30×50 meter dan terdiri dari 3 lantai. Kentalnya sisi historis bangunan dibuktikan dengan masih banyaknya benda-benda bersejarah seperti kursi singasana, baju kesultanan, tombak penobatan, cermin seribu, dan masih banyak lagi.

Di bagian luar bangunan keraton ada meriam kecil berjumlah 13 yang dibuat oleh Prancis dan Portugis. Untuk masuk ke tempat wisata ini kamu cukup membayar Rp7. 000.

8. Pantai Kijing

Pantai Kijing merupakan destinasi wisata tepi laut yang terletak di Sungai Kunyit, Pontianak. Pantai ini memiliki luas sekitar 20 hektare dan menawarkan panorama perpaduan antara pesisir dengan lautnya yang indah. Pantai ini dikenal dengan hamparan pasir putihnya yang lembut dan jajaran pohon kelapa yang berbaris rapi di sepanjang garis pantai.

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berjalan menyusuri pantai, bermain air dan pasir, serta menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Fasilitas di Pantai Kijing cukup lengkap, termasuk kantin, panggung pertunjukan, tempat ibadah, dan taman.

Pantai ini juga direncanakan sebagai lokasi pembangunan dermaga pelabuhan internasional Pontianak, yang akan menambah nilai strategis dan keindahan pantai ini.

9. Danau Sentarum

Danau Sentarum adalah danau musiman yang berada di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau ini unik karena dipenuhi air selama 10 bulan setiap tahunnya dan surut pada bulan-bulan tertentu, membentuk kolam-kolam kecil yang berisi ikan-ikan kecil. Saat kemarau, air Danau Sentarum memasok setengah dari aliran air Sungai Kapuas.

Danau Sentarum juga merupakan Taman Nasional yang melindungi salah satu sistem danau paling biodiversitas di dunia.

Taman Nasional ini terletak di jantung Pulau Borneo dan mencakup sekitar 20 danau musiman, hutan rawa air tawar, dan hutan gambut.

Kawasan ini dihuni oleh masyarakat tradisional yang telah beradaptasi dengan naik turun air danau, termasuk suku Dayak Iban, Sebaruk, Sontas, Kenyah, dan Punan.

Danau Sentarum memiliki kekayaan fauna ikan dengan sekitar 240 spesies tercatat, termasuk ikan arwana Asia dan botia badut.

Selain itu, terdapat 237 spesies burung, 143 spesies mamalia, dan 26 spesies reptil, termasuk orangutan dan buaya palsu. Danau ini mendukung industri perikanan tradisional yang besar dan merupakan bagian penting dari ekosistem lokal.

13 Tempat Wisata di Puncak yang Populer dan Seru, Wajib Mampir
13 Tempat Wisata di Puncak yang Populer dan Seru, Wajib Mampir

Puncak menawarkan udara sejuk, pemandangan alam yang indah, dan berbagai macam aktivitas yang bisa dinikmati bersama keluarga atau teman.

Baca Selengkapnya
Wisata Pangandaran Populer, Cocok untuk Liburan Singkat
Wisata Pangandaran Populer, Cocok untuk Liburan Singkat

Pangandaran memiliki beberapa pilihan wisata yang menarik dikunjungi.

Baca Selengkapnya
Wisata Sentul yang Populer dan Menarik, Tawarkan Pengalaman Berlibur Seru
Wisata Sentul yang Populer dan Menarik, Tawarkan Pengalaman Berlibur Seru

Sentul menarik untuk jadi tempat wisata karena menawarkan pesona alam yang asri, udara yang sejuk dan segar, serta beragam atraksi wisata yang dapat dijajal.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
10 Wisata Trenggalek yang Indah dan Menakjubkan, Cocok untuk Liburan
10 Wisata Trenggalek yang Indah dan Menakjubkan, Cocok untuk Liburan

Trenggalek yang berbatasan dengan Pacitan menawarkan pesona kekayaan serta keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Selengkapnya
9 Wisata di Klaten yang Populer dan Menarik, Bisa jadi Tempat Liburan Keluarga
9 Wisata di Klaten yang Populer dan Menarik, Bisa jadi Tempat Liburan Keluarga

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berlibur bersama keluarga, Klaten rasanya tepat untuk dijadikan salah satu alternatif terbaik.

Baca Selengkapnya
10 Tempat Wisata Ponorogo Paling Populer dan Wajib Dikunjungi Saat Libur Tiba
10 Tempat Wisata Ponorogo Paling Populer dan Wajib Dikunjungi Saat Libur Tiba

Penasaran dengan tempat wisata Ponorogo? Simak deretan wisata populer Ponorogo berikut ini yang wajib dikunjungi saat hari libur.

Baca Selengkapnya
8 Wisata Pemalang yang Hits dan Populer, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan
8 Wisata Pemalang yang Hits dan Populer, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Merdeka.com merangkum informasi tentang 8 wisata Pemalang yang hits dan cocok untuk liburan akhir pekan.

Baca Selengkapnya
9 Wisata di Depok Paling Populer dan Menarik Dikunjungi
9 Wisata di Depok Paling Populer dan Menarik Dikunjungi

Dari keindahan alam hingga keunikan yang khas, Depok menawarkan pengalaman seru bagi setiap wisatawan.

Baca Selengkapnya
8 Wisata Temanggung yang Populer, Indah dan Menakjubkan
8 Wisata Temanggung yang Populer, Indah dan Menakjubkan

Keindahan alam wisata Temanggung menawarkan pesona yang memukau bagi para pengunjung.

Baca Selengkapnya