Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bau Mulut Mengganggu? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Bau Mulut Mengganggu? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Bau Mulut Mengganggu? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Bau mulut memang bukan masalah kesehatan yang serius, tapi nggak bisa dipungkiri lagi kalau kondisi tersebut sering bikin nggak percaya diri. Terlebih bagi kamu yang dituntut untuk banyak berinteraksi dengan orang lain. Bau tak sedap yang muncul pastinya bisa menimbulkan rasa nggak nyaman. Sering dibuat dilema dengan masalah yang satu ini? Jangan dibiarkan begitu saja karena kondisi tersebut bisa muncul sebagai tanda menumpuknya bakteri di mulut hingga tanda masalah kesehatan tertentu. Intip lebih jauh penyebab bau mulut dan cara mengatasinya yuk!

Bau Mulut Itu Apa Sih?

Bau Mulut Itu Apa Sih?

Secara sederhana, kondisi ini terjadi ketika aroma napas terasa tidak sedap karena kesehatan mulut yang kurang baik.

Biasanya diiringi dengan gejala mulut kering, rasa tidak enak di mulut, dan muncul warna putih di lidah.

Kenali Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu

Kenali Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu

Untuk mengatasi masalah bau tak sedap pada mulut, hal pertama yang wajib diketahui adalah apa sih penyebab kondisi tersebut? Nah, kenali dulu beberapa faktor yang bisa menyebabkan masalah kesehatan mulut yang satu ini. Bau tak sedap pada mulut ini muncul ketika ada bakteri yang hidup di dalam mulut dan mengurai sisa makanan yang tertinggal. Proses tersebut menyebabkan senyawa sulfur yang menimbulkan bau tak sedap.

1. Kebersihan Mulut yang Kurang Terjaga

Penyebab utama bau tak sedap pada mulut adalah kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga. Jarang menyikat gigi, membersihkan lidah atau menggunakan benang gigi secara rutin bisa membuat sisa makanan akan tetap tertinggal di mulut yang memicu pertumbuhan bakteri.

1. Kebersihan Mulut yang Kurang Terjaga

Sisa makanan di mulut yang membusuk bisa menyebabkan munculnya plak gigi.

Kondisi tersebut membuat napas jadi bau. Lidah yang nggak dibersihkan juga bisa menyebabkan napas tak sedap.

2. Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Tahukah kamu kalau makanan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada mulut, lho! Bawang merah, bawang putih, keju, ikan, dan makanan pedas yang mengandung zat bau akan terserap ke saluran pencernaan. Zat bau ini akan masuk ke aliran darah dan keluar bersama napas.

Kesehatan Mulut

3. Pola Diet Sehari-hari

3. Pola Diet Sehari-hari

Penyebab lain yang bisa menimbulkan bau mulut adalah pola diet rendah karbohidrat. Kok bisa sih? Ternyata ketika tubuh kekurangan karbohidrat sebagai sumber energi, maka akan terjadi proses pembakaran lemak untuk memperoleh energi. Hal ini bisa membuat aroma napas asam dari mulut.

4. Masalah Kesehatan

Bau tak sedap pada mulut juga bisa timbul sebagai tanda kalau tubuh sedang mengalami masalah kesehatan tertentu. Misalnya saja infeksi pada mulut seprti gigi berlubang, radang gusi, periodontitis dan sariawan yang sering menyebabkan napas tak sedap.

Selain itu, ada juga masalah kesehatan lain seperti sinusitis, pneumonia, sakit tenggorokan, flu, amandel, bronkitis, diabetes, hingga penyakit asam lambung yang juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

Bau Mulut Mengganggu? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Tepat
Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut

Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut

Biar nggak jadi dilema terlalu lama, ada beberapa tips ampuh yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Cari satu per satu, yuk!

Biar nggak jadi dilema terlalu lama, ada beberapa tips ampuh yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Cari satu per satu, yuk!

1. Sikat Gigi dengan Benar

Jika ingin mengatasi masalah bau tak sedap yang bikin minder, hal pertama yang wajib dilakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Awali dengan rutin menyikat gigi dan membersikan lidah minimal 2 kali sehari untuk menyingkirkan bakteri.

Bau Mulut Mengganggu? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Nggak hanya itu saja, jangan lupa pilih pasta gigi yang dapat melindungi gigi secara maksimal dari bakteri penyebab bau tak sedap pada mulut. Pastikan formulanya mengandung mint untuk menjaga napas tetap segar sepanjang hari.

2. Gunakan Benang Gigi

Selain menyikat gigi, jangan lupa perhatikan kebersihan sela-sela gigi karena makanan yang tersisa bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri. Gunakan bantuan dental floss atau benang gigi untuk menyingkirkan sisa makanan terselip yang susah dibersihkan dengan menyikat gigi. Lakukan cara ini secara rutin, nggak hanya saat ada sisa makanan yang terselip saja.

3. Obat Kumur untuk Jaga Kebersihan Mulut dengan Maksimal

Jangan lupa biasakan diri untuk berkumur menggunakan mouthwash atau obat kumur. Produk yang satu ini bisa membantu mencegah munculnya plak pada gigi yang menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

Bau Mulut Mengganggu? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Nah, hindari berkumur dengan mouthwash setelah menyikat gigi, karena bisa menghilangkan kandungan baik pada pasta gigi. Sebaiknya, berkumurlah di waktu yang berbeda dari menyikat gigi.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Apa hubungannya sih minum air putih dengan bau mulut? Ternyata ada! Air putih bisa menjaga kelembapan mulut tetap terjaga. Hal ini penting, sebab mulut yang kering bisa menyebabkan produksi air liur yang bekerja membersihkan mulut jadi berkurang. Jadi, pastikan minum air putih secara rutin terutama setelah makan. Hal ini penting untuk membilas sisa makanan yang masih tertinggal di dalam mulut, agar tidak menyebabkan pertumbuhan bakteri.

5. Mengonsumsi Buah-buahan yang Kaya Vitamin C

Buah-buahan yang kaya kandungan vitamin C ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk menjaga napas tetap segar sepanjang hari. Hal ini dikarenakan sifat asam dari vitamin C membuat kondisi mulut nggak lagi ideal untuk pertumbuhan bakteri.

5. Mengonsumsi Buah-buahan yang Kaya Vitamin C

Nggak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya seperti gusi berdarah hingga radang gusi.

Nah, buah yang mengandung vitamin C ini baik dikonsumsi dalam keadaan mentah karena proses mengunyah membantu mengikis kotoran pada gigi.

6. Kunyah Permen Karet Rendah Gula

Mulut kering menjadi salah satu penyebab bau mulut yang mengganggu rasa percaya diri. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, kamu bisa mengunyah permen karet rendah gula secara rutin. Proses mengunyah permen karet dapat membantu merangsang produksi air liur yang melembapkan mulut. Selain itu, pilih permen karet yang memiliki kandungan mint atau xylitol untuk membantu menjaga napas tetap segar.

Kesehatan Mulut

7. Kurangi Minuman yang Mengandung Kafein

7. Kurangi Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman berkafein seperti kopi memang bisa menjadi mood booster yang bikin semangat saat menjalani aktivitas sehari-hari. Tapi, tahu nggak sih kalau kandungan kafeinnya ternyata bisa menyebabkan masalah bau mulut?

Dilansir dari National Institute of Dental and Craniofacial Research, kandungan kafein di dalam kopi bisa menghambat produksi air liur yang menyebabkan mulut jadi kering.

Inilah yang memicu pertumbuhan bakteri penyebab napas tak sedap.

8. Ganti Sikat Gigi Secara Rutin

Hal yang nggak kalah penting adalah ganti sikat gigi secara rutin. Pasalnya, sikat gigi yang terlalu lama digunakan bisa jadi sarang pertumbuhan bakteri. Kebayang dong, proses menyikat gigi yang seharusnya membersihkan gigi malah jadi transfer bakteri ke dalam mulut? Jadi, disarankan untuk mengganti sikat gigi secara rutin setiap 2 bulan sekali.

9. Jangan Lupa Sikat Lidah

Ternyata, sikat gigi saja nggak cukup. Penting juga untuk rutin menyikat lidah secara rutin, minimal 2 kali sehari. Sebab, sisa makanan yang dikonsumsi bisa menempel pada lidah yang memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Sikat gigi mulai dari permukaan lidah hingga bagian di baliknya. Gunakan sikat pengikis lidah khusus atau sikat gigi berbulu lembut untuk mencegah luka dan iritasi.

10. Konsumsi Yogurt

10. Konsumsi Yogurt

Bagi yang memiliki masalah bau mulut, salah satu cara alami mengatasinya yang bisa dilakukan di rumah adalah lewat makanan yang dikonsumsi. Misalnya saja menetralkan bau tak sedap tersebut dengan mengonsumsi produk olahan susu seperti yogurt.

Kandungan probiotik pada yogurt sendiri dikenal dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

Nggak hanya itu, yogurt juga dapat meminimalisir kadar hidrogen sulfida pada mulut yang menjadi senyawa penyebab napas tak sedap.

11. Kurangi Makanan Berkadar Gula Tinggi

Gula dan makanan manis lainnya memang terasa menyenangkan saat dikonsumsi, bahkan nggak jarang bikin nagih. Namun, jenis makanan ini sudah diketahui dapat berdampak negatif pada kesehatan gigi dan mulut, termasuk menyebabkan napas tak sedap. Hal ini disebabkan makanan dengan kandungan gula tinggi bisa mendorong pembentukan karang gigi. Hal inilah yang menjadi awal masalah bau mulut yang mengganggu rasa percaya diri.

12. Kunyah Buah dan Sayuran yang Renyah

Untuk mengatasinya, mengunyah buah dan sayuran yang renyah seperti apel, wortel, seledri dan mentimun adalah cara praktis menghilangkan bau mulut. Hal ini menyebabkan karena saat proses mengunyah, produksi air liur akan meningkat yang meminimalisir pertumbuhan bakteri. Bau mulut memang sering jadi masalah yang menyebabkan dilema. Namun, jangan sampai menghalangi rasa percaya dirimu ya! Segera lakukan perawatan gigi dan mulut yang tepat untuk mengusir masalah napas tak sedap yang sering menyebabkan bau mulut ini.

Bau Mulut Saat Puasa, Apa Penyebabnya?
Bau Mulut Saat Puasa, Apa Penyebabnya?

Bau mulut yang terjadi saat puasa ternyata disebabkan beberapa hal. Apa saja?

Baca Selengkapnya
Penyebab Bau Badan yang Tidak Sedap saat Berolahraga dan Cara Mengatasinya
Penyebab Bau Badan yang Tidak Sedap saat Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Munculnya keringat saat olahraga bisa menimbulkan bau tak sedap. Berikut cara mengatasinya.

Baca Selengkapnya
7 Penyebab Bangun di Pagi Hari dengan Kondisi Mata Merah
7 Penyebab Bangun di Pagi Hari dengan Kondisi Mata Merah

Masalah mata merah yang muncul ketika bangun tidur bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Terungkap, Menantu Dibunuh Mertua di Pasuruan Ternyata Mahasiswi UT Unair
Terungkap, Menantu Dibunuh Mertua di Pasuruan Ternyata Mahasiswi UT Unair

Ibunda korban meminta agar pelaku dihukum seberat - beratnya.

Baca Selengkapnya
Ibu Rumah Tangga di Jambi Lawan Pencuri yang Coba Memerkosanya, Pelaku Kabur Tinggalkan Celana dan Pisau
Ibu Rumah Tangga di Jambi Lawan Pencuri yang Coba Memerkosanya, Pelaku Kabur Tinggalkan Celana dan Pisau

Percobaan perkosaan itu terjadi saat korban terlelap ketika menidurkan anaknya yang sedang sakit.

Baca Selengkapnya
Begini Jawaban Kapolres Bitung Ditanya Penyebab Bentrok Dua Ormas
Begini Jawaban Kapolres Bitung Ditanya Penyebab Bentrok Dua Ormas

Sebelumnya, tujuh orang ditetapkan dan ditahan jadi tersangka buntut bentrok di Bitung, Sulawesi Sulut.

Baca Selengkapnya
Kenali Gejala Limfoma pada Anak dan Penyebabnya, Orang Tua Wajib Tahu
Kenali Gejala Limfoma pada Anak dan Penyebabnya, Orang Tua Wajib Tahu

Meskipun jarang terjadi pada anak-anak, ini adalah penyakit serius yang perlu diwaspadai oleh semua orang tua.

Baca Selengkapnya
Penyebab Tenggorokan seperti Ada yang Mengganjal, Ketahui Cara Mengatasi dan Risiko Penyakitnya
Penyebab Tenggorokan seperti Ada yang Mengganjal, Ketahui Cara Mengatasi dan Risiko Penyakitnya

Tenggorokan mengganjal adalah gejala umum yang bisa jadi tanda penyakit tertantu.

Baca Selengkapnya
12 Penyebab Hidung Meler Tak Usai dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui
12 Penyebab Hidung Meler Tak Usai dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui

Kondisi pilek dan hidung berair yang tak kunjung berhenti bisa menyebalkan dan disebabkan sejumlah hal ini.

Baca Selengkapnya