Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Qunut Lengkap Beserta Keutamaan Membacanya, Wajib Tahu

<b>Doa Qunut Lengkap Beserta Keutamaan Membacanya, Wajib Tahu</b>

Doa Qunut Lengkap Beserta Keutamaan Membacanya, Wajib Tahu

Berqunut atau pun tidak, jangan sampai masalah ini mengganggu kehidupan beragama dan bermasyarakat.

Keberagaman umat muslim di Indonesia menciptakan adanya perbedaan cara pelaksanaan ibadah di masyarakat, termasuk ketika salat. Salah satu yang hingga kini masih sering dibicarakan adalah masalah qunut di waktu salat subuh.<br>

Keberagaman umat muslim di Indonesia menciptakan adanya perbedaan cara pelaksanaan ibadah di masyarakat, termasuk ketika salat. Salah satu yang hingga kini masih sering dibicarakan adalah masalah qunut di waktu salat subuh.

Bagi beberapa orang, qunut subuh adalah amalan sunnah. Namun ada juga yang merasa salatnya masih belum lengkap jika tidak melaksanakan qunut. Pendapat yang lebih kuat yaitu bahwa qunut pada salat fardhu tidak disyari’atkan, kecuali pada saat nawazil (kaum muslimin tertimpa musibah).

Berqunut atau pun tidak, jangan sampai masalah ini mengganggu kehidupan beragama dan bermasyarakat. Jika Anda melaksanakan salat berjemaah, maka ikutilah imam. Jika imamnya membaca qunut, maka ikutlah membaca qunut bersamanya. Jika imamnya tidak berqunut, maka janganlah berqunut.

Ibnu Taimiyyah rahimahullah juga menjelaskan tentang masalah qunut ini:

"Seyogyanya bagi seorang makmum mengikuti imam di dalam perkara yang boleh di dalamnya berijtihad, kalau imam qunut maka dia qunut, kalau imam meninggalkan qunut maka dia tidak qunut." (Majmu Al-Fatawa 23/115).

Meskipun Anda tidak terbiasa membaca qunut saat salat subuh, tidak ada salahnya juga untuk mengetahui bacaan doa qunut. Doa qunut ini dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir, tepatnya saat posisi berdiri dalam gerakan I'tidal. Berikut kami sampaikan bagaimana bacaan doa qunut lengkap beserta dengan artinya.

<b>Bacaan Doa Qunut Lengkap</b>

Bacaan Doa Qunut Lengkap

Membaca bacaan doa qunut adalah amalan sunah. Ulama yang menganjurkan membaca doa qunut adalah dari mazhab Syafii dan mazhab Maliki. Sementara menurut Imam An-Nawawi, bacaan doa qunut dihukumi sunah muakkad atau sangat dianjurkan dan baik.

Doa qunut saat salat sendiri berbeda lafadnya dengan untuk berjamaah. Untuk itu, umat Muslim harus mengetahui dan menghapalkannya. Berikut kumpulan bacaan doa qunut yang bisa Anda hafalkan:

1. Doa Qunut Saat Salat Sendiri

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a'thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit. Wa laa ya'izzu man 'aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait. Fa lakal-hamdu 'alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam."

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."

2. Doa Qunut Saat Salat Berjamaah

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Allaahummahdinaa fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a'thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit. Wa laa ya'izzu man 'aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait. Fa lakal-hamdu 'alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam."

Artinya: "Ya Allah, berilah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan."

3. Doa Qunut Tambahan atau Nazilah

Diriwayatkan dalam Bukhari dan Ahmad, dari Abu Hurairah RA mengatakan bahwa "Rasulullah SAW kalau hendak mendoakan untuk kebaikan seseorang atau doa atas kejahatan seseorang, maka beliau doa qunut setelah ruku." (HR. Bukhari dan Ahmad)

Adapun bacaan doa qunut yang ini adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْبَلاَءَ وَالْوَباَءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Allahummahdiini fiiman hadait. Wa'aafini fiiman 'afait. Watawallanii fiiman tawallait. Wabaarik lii fiima a'thait. Waqinii syarrama qadlait. Fainnaka taqdhi walaa yuqdho 'alaik. Wainnahu laa yadzillu man waalait. Tabaarakta rabbana wata'aalait. Wastaghfiruka wa atuubu ilaik.

Allahummadfa' 'annal ghalaa'a wal balaa'a wabaa'a wal fahsyaa'a wal munkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa'ida wal mihana maadhahara minhaa wa maabaathana min balaadinaa haadhaaa khaassatan wa min buldaanil muslimiina aammatan. Innaka 'alaa kulli syai'in qadiir. Wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi washahbihi wa shallam."

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk. Dan berilah aku keselamatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, uruslah diriku di antara orang-orang yang telah Engkau urus,-

berkahilah untukku apa yang telah Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau Yang memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga dan Engkau tolong. Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi. Aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau.

Ya Allah Tuhan kami. Hindarkanlah kami dari malapetaka, bala dan bencana, kekejian dan kemunkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya.

Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya."

Doa Qunut Lengkap Beserta Keutamaan Membacanya, Wajib Tahu
<b>Keutamaan Membaca Doa Qunut</b>

Keutamaan Membaca Doa Qunut

Ada banyak keutamaan dan manfaat yang terkait dengan membaca doa qunut. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mencari pengampunan dan bimbingan

Doa Qunut adalah doa yang mencari pengampunan, bimbingan, dan rahmat Allah. Dengan membacanya, umat Islam mengakui ketergantungan mereka kepada Allah dan meminta bantuan dan bimbingan-Nya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

2. Memperkuat hubungan dengan Allah

Membaca Doa Qunut Subuh selama sholat Subuh membantu memperkuat hubungan antara Muslim dan Allah. Ini adalah tindakan ibadah yang menunjukkan iman dan pengabdian seseorang kepada Allah.

3. Perlindungan dari kejahatan

Doa Qunut termasuk doa untuk perlindungan dari kejahatan dan bahaya. Dengan membacanya, umat Islam mencari perlindungan Allah dari bahaya dan kekuatan jahat, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

4. Memperkuat iman dan kepercayaan kepada Allah

Dengan membaca Doa Qunut, umat Islam menegaskan iman dan kepercayaan pada kekuatan dan rahmat Allah. Ini membantu mereka mempertahankan pandangan positif dalam menghadapi tantangan dan kesulitan, mengetahui bahwa Allah selalu ada untuk membantu dan mendukung mereka.

5. Mengikuti Sunnah

Membaca Doa Qunut saat sholat Subuh adalah amalan yang mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW yang biasa membacanya sendiri. Dengan mengikuti Sunnah, umat Islam dapat memperoleh pahala dan berkah dari Allah.

Doa Qunut Subuh, Lengkap dengan Cara Sholat Subuh, Niat dan Keutamaannya
Doa Qunut Subuh, Lengkap dengan Cara Sholat Subuh, Niat dan Keutamaannya

Biasanya doa qunut subuh dipanjatkan bersama dengan sholat subuh.

Baca Selengkapnya
Doa Buka Puasa dan Keutamaan Menyegerakan Berbuka, Umat Muslim Wajib Tahu
Doa Buka Puasa dan Keutamaan Menyegerakan Berbuka, Umat Muslim Wajib Tahu

Doa buka puasa sebagai bentuk syukur kepada Allah.

Baca Selengkapnya
Doa Minta Kesembuhan dalam Islam, Lengkap Beserta Artinya
Doa Minta Kesembuhan dalam Islam, Lengkap Beserta Artinya

Doa minta kesembuhan saat sakit memiliki pentingan mendalam dalam kehidupan seorang Muslim.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri & Berjamaah, Lengkap Beserta Keutamaannya
Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri & Berjamaah, Lengkap Beserta Keutamaannya

Berikut bacaan doa qunut Subuh sendiri dan berjamaah yang perlu untuk diketahui oleh Umat Islam.

Baca Selengkapnya
Doa Berbuka Puasa Qadha Ramadhan Lengkap dengan Ketentuan yang Harus Dipahami Umat Islam
Doa Berbuka Puasa Qadha Ramadhan Lengkap dengan Ketentuan yang Harus Dipahami Umat Islam

Berikut doa berbuka puasa qadha Ramadhan lengkap dengan ketentuannya.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Wudhu, Lengkap dengan Syarat dan Keutamaannya
Doa Setelah Wudhu, Lengkap dengan Syarat dan Keutamaannya

Doa setelah wudhu bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim karena memiliki banyak keutamaan.

Baca Selengkapnya
Doa Sehabis Wudhu Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamannya
Doa Sehabis Wudhu Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamannya

Wudhu harus dilakukan dengan tertib atau sesuai urutan yang benar, ditutup dengan bacaan doa yang dianjurkan.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Qunut Bahasa Indonesia, Lengkap Beserta Artinya
Bacaan Doa Qunut Bahasa Indonesia, Lengkap Beserta Artinya

Doa qunut bahasa Indonesia ini bisa diamalkan. Qunut merupakan amalan yang disunahkan di dalam sholat.

Baca Selengkapnya
Doa Awal Bulan Agar Dilancarkan Segala Urusan, Lengkap Beserta Artinya
Doa Awal Bulan Agar Dilancarkan Segala Urusan, Lengkap Beserta Artinya

Doa awal bulan bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim agar dilancarkan segala urusan.

Baca Selengkapnya