Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>Coba Anda Berikan 2 atau Lebih Contoh Perangkat Teknologi dan Bentuk Media Pembelajaran, Ini Jawabannya</b><br>

Coba Anda Berikan 2 atau Lebih Contoh Perangkat Teknologi dan Bentuk Media Pembelajaran, Ini Jawabannya

Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi memiliki peran penting dalam bidang pendidikan.

Dalam era globalisasi dan revolusi industri seperti saat ini, peran teknologi tidak dapat diabaikan, terutama dalam dunia pendidikan.

Teknologi telah menjadi katalisator utama dalam mengubah paradigma pembelajaran tradisional menjadi suatu sistem yang lebih dinamis dan interaktif. Salah satu wujud konkret dari transformasi ini adalah munculnya berbagai perangkat teknologi dan media pembelajaran yang inovatif.

Artikel ini akan membahas contoh-contoh dari perangkat teknologi dan bentuk media pembelajaran yang telah membawa perubahan signifikan dalam proses pendidikan.

Kaitan Teknologi dan Media Pembelajaran

Teknologi dan media pembelajaran adalah dua hal yang saling berkaitan dan berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk menciptakan, mengembangkan, dan memanfaatkan alat, metode, dan teknik yang dapat membantu dan memecahkan masalah dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan.

Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dari sumber ke penerima. Media pembelajaran adalah media yang digunakan untuk mendukung, memfasilitasi, dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kaitan antara teknologi dan media pembelajaran adalah bahwa teknologi dapat membantu dalam pembuatan dan penyajian media pembelajaran.

Dengan adanya kemajuan teknologi, media pembelajaran dapat menjadi lebih bervariasi, menarik, interaktif, dan efektif. Teknologi juga dapat memperluas akses dan sumber belajar bagi guru dan siswa, misalnya melalui internet, e-learning, multimedia, dan sebagainya.

merdeka.com

Teknologi dan media pembelajaran dapat membantu guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, karakteristik, dan kebutuhan siswa.

Teknologi dan media pembelajaran juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan di abad 21, seperti berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

Contoh Perangkat Teknologi dalam Bentuk Media Pembelajaran

Media Visual

Jenis media pembelajaran yang pertama ialah media visual. Media pembelajaran ini memfokuskan indra penglihatan saat proses belajar mengajar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai macam teknologi, salah satunya menggunakan alat proyeksi atau proyektor.

Keunggulan dari media pembelajaran menggunakan alat bantu visual ini ialah dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat. Selain itu, proses belajar mengajar menggunakan media visual ini juga dapat dicerna dengan baik oleh siswa siswi. Sehingga hal ini menjadi salah satu jenis media pembelajaran yang menyenangkan.

merdeka.com

Media Audio

Jenis media pembelajaran berikutnya ialah menggunakan media audio. Proses belajar mengajar dengan menggunakan media ini difokuskan pada indra pendengaran.

Alat bantu yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar menggunakan media audio ini di antaranya tape recorder, radio, telepon, dan lain sebagainya.

Media Audio Visual

Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses belajar mengajar ialah menggunakan media audio visual. Pasalnya media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para siswa.

Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.

Peta dan Globe

Salah satu jenis media pembelajaran yang sering digunakan adalah peta dan globe. Media pembelajaran ini berfungsi menyajikan data-data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang didapat dalam menggunakan media pembelajaran ini ialah mengetahui bumi, sungai, gunung-gunung, dan daratan.

Salah satu jenis media pembelajaran ini dapat memungkinkan siswa untuk mengerti posisi kesatuan pulau dan politik dari belahan dunia. Selain itu jenis media pembelajaran juga dapat merangsang minat terhadap pengaruh-pengaruh geografis.

Gambar Fotografi

Macam media pembelajaran berikutnya ialah gambar fotografi. Media pembelajaran ini dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, seperti surat kabar, kartun, ilustrasi, dan foto. Sistem pembelajaran dalam menggunakan media ini menjadi salah satu cara efektif untuk menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar.

Di samping itu, untuk dapat menunjang keberhasilan secara optimal dibutuhkan sebuah gambar fotografi yang memenuhi persyaratan artistik tertentu. Hal ini agar para siswa tertarik dan mengerti dengan jelas apa materi yang disampaikan.

Media Serba Aneka

Media serba aneka merupakan salah suatu media yang disesuaikan dengan potensi di suatu daerah. Salah satu yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia ialah media papan tulis, tiga dimensi, dan berbagai sumber lainnya. Selain itu, media serba aneka juga dapat dilakukan dengan menggunakan aneka benda yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar.

Metode pembelajaran ini dapat menarik minat siswa untuk belajar apabila memanfaatkan berbagai macam fasilitas yang ada. Salah satu contoh lainnya ialah mengajak siswa untuk mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan fokus mata pelajaran. Sehingga hal ini dinilai efektif untuk membuat siswa tidak bosan saat melakukan proses belajar mengajar.

Tantangan Penggunaan Teknologi dalam Media Pembelajaran

Ada beberapa risiko atau tantangan dalam penggunaan teknologi dan media pembelajaran. Berdasarkan hasil pencarian web yang saya lakukan, berikut adalah beberapa risiko atau tantangan yang sering dihadapi:

  • Kesenjangan digital: tidak semua daerah memiliki akses dan infrastruktur teknologi yang memadai, sehingga menyebabkan ketimpangan dalam pemanfaatan teknologi dan media pembelajaran. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas dan kesempatan belajar bagi siswa yang berada di daerah terpencil atau kurang berkembang.

  • Kurangnya pelatihan guru: banyak guru yang belum memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk mengintegrasikan teknologi dan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat mengurangi efektivitas dan efisiensi pembelajaran yang berbasis teknologi. Oleh karena itu, guru perlu mendapatkan pengembangan profesional yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan era digital.

  • Kurangnya kepercayaan: beberapa guru dan siswa mungkin merasa tidak percaya diri atau tidak nyaman dengan penggunaan teknologi dan media pembelajaran. Hal ini dapat menghambat motivasi dan partisipasi mereka dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memberikan umpan balik yang positif kepada siswa.

  • Kurangnya perangkat hukum: penggunaan teknologi dan media pembelajaran juga menimbulkan masalah etika dan hukum, seperti hak cipta, privasi, keamanan, dan plagiarisme. Hal ini membutuhkan adanya perangkat hukum yang jelas dan tegas untuk mengatur dan melindungi hak dan kewajiban pengguna teknologi dan media pembelajaran.

  • Mahalnya biaya: pengadaan dan penggunaan teknologi dan media pembelajaran juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, baik untuk perangkat keras, perangkat lunak, maupun layanan internet. Hal ini dapat menjadi beban bagi lembaga pendidikan, guru, maupun siswa yang memiliki keterbatasan anggaran. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah, swasta, masyarakat, dan donatur untuk membiayai penggunaan teknologi dan media pembelajaran.

Coba Anda Berikan 2 atau Lebih Contoh Perangkat Teknologi dan Bentuk Media Pembelajaran, Ini Jawabannya

Artikel ini ditulis oleh
Tyas Titi Kinapti

Editor Tyas Titi Kinapti

Dengan teknologi, baik guru maupun siswa semakin dipermudah dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Reporter
  • Andre Kurniawan
Pengertian Perkembangan Teknologi beserta Dampak dan Contohnya
Pengertian Perkembangan Teknologi beserta Dampak dan Contohnya

Perkembangan teknologi merujuk pada kemajuan bidang ilmu pengetahuan dan rekayasa yang menghasilkan penemuan baru, aplikasi yang lebih baik, dan kemajuan.

Baca Selengkapnya icon-hand
KPU: Pemilih Muda Masuk Kategori Melek Teknologi, Mudah Terpapar Disinformasi
KPU: Pemilih Muda Masuk Kategori Melek Teknologi, Mudah Terpapar Disinformasi

Demi meningkatkan kualitas dan kuantitas pemilu 2024, diperlukan adanya partisipasi dari masyarakat yang rasional, mandiri, dan berdaulat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Materi Teknologi dan Komunikasi: Pengertian, Sejarah, dan Dampaknya
Materi Teknologi dan Komunikasi: Pengertian, Sejarah, dan Dampaknya

Teknologi dan komunikasi adalah dua bidang yang saling berkaitan dan berdampak besar pada kehidupan manusia di era modern.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Perkembangan Teknologi Sejarah Indonesia, Lengkap dengan Penjelasannya
Perkembangan Teknologi Sejarah Indonesia, Lengkap dengan Penjelasannya

Perkembangan teknologi sejarah di Indonesia dari masa ke masa ini menarik untuk disimak.

Baca Selengkapnya icon-hand
80 Teka-teki Menjebak dan Jawabannya yang Kocak, Bagikan ke Media Sosial
80 Teka-teki Menjebak dan Jawabannya yang Kocak, Bagikan ke Media Sosial

Teka-teki menjebak yang jawabannya lucu bikin ngakak ini bisa Anda mainkan bersama sahabat atau diunggah ke medsos.

Baca Selengkapnya icon-hand
ATVI-Badan Bahasa Kolaborasi Lokakarya Pengembangan Media Digital
ATVI-Badan Bahasa Kolaborasi Lokakarya Pengembangan Media Digital

Bertujuan untuk menyusun perencanaan penerbitan untuk siniar dan penentuan target pendengar

Baca Selengkapnya icon-hand
Penjelasan Lengkap TNI Terkait Kecelakaan Dua Pesawat Tempur Jatuh di Pasuruan
Penjelasan Lengkap TNI Terkait Kecelakaan Dua Pesawat Tempur Jatuh di Pasuruan

Kedua pesawat itu sedang melakukan latihan formasi secara rutin.

Baca Selengkapnya icon-hand
Gojek Bantu Pelaku Usaha Kelola Keuangan Lewat Teknologi
Gojek Bantu Pelaku Usaha Kelola Keuangan Lewat Teknologi

Gojek menghadirkan layanan untuk membantu perusahaan menghadapi berbagai tantangan usaha.

Baca Selengkapnya icon-hand
3 Contoh Teknologi Informasi yang Banyak Digunakan, Salah Satunya sering Dibawa
3 Contoh Teknologi Informasi yang Banyak Digunakan, Salah Satunya sering Dibawa

Teknologi informasi adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam banyak hal dalam memproses informasi secara digital.

Baca Selengkapnya icon-hand