Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Penyembuh Segala Penyakit, Ketahui Tata Cara Berdoa yang Benar

Doa Penyembuh Segala Penyakit, Ketahui Tata Cara Berdoa yang Benar

Doa Penyembuh Segala Penyakit, Ketahui Tata Cara Berdoa yang Benar

Sakit merupakan ujian dari Allah yang memiliki banyak hikmah kebaikan.

Dalam kehidupan manusia, sakit merupakan salah satu ujian yang diberikan oleh Allah SWT sebagai bagian dari ketentuan-Nya. Sakit adalah pengingat bagi manusia tentang keterbatasan dan kerapuhan dirinya di hadapan kekuasaan-Nya yang Maha Kuasa.

Melalui ujian sakit ini, Allah SWT menguji kesabaran, ketabahan, dan keimanan hamba-Nya. Meski tidak mudah, namun Islam telah mengajarkan berbagai macam doa yang bisa diamalkan untuk memohon kesembuhan. Salah satunya doa penyembuh segala penyakit.

Berikut, kami merangkum doa penyembuh segala penyakit, tata cara berdoa, dan hikmah di baliknya, bisa disimak.

Doa Penyembuh Segala Penyakit

Doa Penyembuh Segala Penyakit

Pertama, akan diberikan berbagai bacaan doa penyembuh segala penyakit.

Doa-doa ini memuat permohonan akan kesembuhan sekaligus pujian kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Berikut bacaan doa penyembuh segala penyakit, bisa diamalkan:

• Bismillah.

Artinya: “ Dengan nama Allah.” (Dibaca sebanyak 3 kali)

• A'ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru.

Artinya: “ Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.” (Dibaca sebanyak 7 kali).

• Robbahuuu annii massaniyadh-dhurru wa angta ar-hamur-roohimiin.

Artinya: “ (Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (QS. Al Anbiya: 83)

• Adzhibil ba’sa allahumma rabban naasi wasyfii anta syaafi laa syifaa’a illa syifaa’uka syifaa’an laa yughaadiru saqma.

Artinya: “Hilangkanlah rasa sakit Ya Allah Rabb manusia, sembuhkanlah, sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.” (HR. Bukhori).

Hal yang Perlu Dilakukan

Hal yang Perlu Dilakukan

Setelah menyimak doa penyembuh segala penyakit, berikutnya akan dijelaskan hal yang perlu dilakukan.

Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan bagi orang sakit menurut ajaran Islam, sebagai berikut:

1. Bersabar dan berprasangka baik kepada Allah: Orang sakit perlu bersabar atas ujian yang diberikan Allah. Mereka harus yakin bahwa ini adalah bagian dari rencana-Nya yang sempurna dan percaya bahwa ada hikmah di balik penderitaan ini. Dengan bersabar, mereka dapat menjalani proses penyembuhan dengan tenang dan optimis.

2. Memposisikan diri antara rasa takut dan harap: Ketika sakit, seseorang mungkin merasakan ketakutan dan kecemasan tentang penyakitnya. Namun, mereka juga harus tetap memiliki harapan dan keyakinan bahwa sembuh adalah mungkin. Dengan memposisikan diri di antara keduanya, orang sakit dapat menjaga keseimbangan emosionalnya dan lebih fokus pada usaha penyembuhan.

3. Jangan mengharapkan kematian: Terkadang, orang sakit merasa putus asa dan berharap kematian datang sebagai jalan keluar dari penderitaan mereka. Namun, sebagai umat Muslim, kita harus menjauhkan pikiran semacam itu. Umat muslim harus memiliki keyakinan bahwa hidup adalah anugerah Allah dan bahwa ada harapan penyembuhan. Dengan menjaga pikiran positif, orang sakit dapat memberikan kesempatan bagi tubuh dan jiwa untuk sembuh.

4. Segera menunaikan tanggung jawab yang belum terbayar: Orang sakit perlu bertanggung jawab terhadap kewajiban mereka. Jika ada tugas atau tanggung jawab yang belum selesai, sebaiknya mereka menunaikannya segera. Dengan melakukan ini, mereka dapat merasa tenang dan damai dalam diri saat mencari kesembuhan.

Tata Cara Berdoa

Tata Cara Berdoa

Setelah mengetahui doa penyembuh segala penyakit, selanjutunya dijelaskan tata cara berdoa.

Tata cara berdoa memohon kesembuhan bagi orang sakit menurut ajaran Islam bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Niat yang Tulus: Mulailah dengan membersihkan hati dan berniat dengan tulus bahwa doa yang akan dilakukan adalah untuk memohon kesembuhan orang yang sakit dengan niat yang murni untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Memohon Ampunan Dosa: Sebelum memulai doa, hendaklah kita memohon ampunan dosa kepada Allah SWT. Kita merenungkan perbuatan kita, memohon maaf atas kesalahan yang telah dilakukan, dan berjanji untuk berusaha menjauhi dosa di masa yang akan datang.

3. Membaca Doa Memohon Kesembuhan: Bacalah doa dengan penuh khusyuk dan tulus, memohon kesembuhan bagi orang yang sakit. Contoh doa yang bisa dibaca adalah: "Ya Allah, sembuhkanlah (sebutkan nama orang yang sakit) dari penyakitnya dan berikanlah kesembuhan yang sempurna."

4. Berdoa dengan Penuh Keyakinan: Saat berdoa, yakinlah sepenuh hati bahwa Allah SWT Maha Kuasa atas segala sesuatu, termasuk kesembuhan. Percayalah bahwa doa yang dilakukan dengan tulus dan ikhlas akan didengar oleh-Nya, dan Dia lah yang Maha Mendengar lagi Maha Menjawab doa hamba-Nya.

5. Mengakhiri Doa dengan Pujian dan Penghormatan pada Allah: Setelah selesai berdoa, akhiri dengan pujian dan penghormatan kepada Allah SWT. Bacalah tasbih seperti "Subhanallah", "Alhamdulillah", dan "Allahu Akbar", sebagai ungkapan syukur atas segala karunia-Nya. Atau bisa juga memuji Allah dengan asmaul husna, yang dapat disesuaikan dengan kondisi.

6. Berdoa secara Konsisten: Berdoalah secara konsisten dan terus-menerus dengan keyakinan bahwa Allah SWT adalah Sang Penyembuh sejati. Teruslah memohon kesembuhan dengan doa yang tulus dan ikhlas, serta berserah diri kepada kehendak-Nya.

Hikmah Ujian Sakit

Hikmah Ujian Sakit

Selain doa penyembuh segala penyakit, penting juga dipahami hikmah ujian sakit.

Islam, ujian sakit adalah salah satu bentuk ujian atau cobaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya. Namun, terdapat beberapa hikmah di balik ujian sakit menurut pandangan Islam:

1. Pembersihan Dosa: Sakit dapat menjadi sarana untuk membersihkan dosa-dosa yang telah dilakukan oleh seseorang. Dalam menghadapi sakit, seseorang dapat merenungkan perbuatannya, memohon ampunan kepada Allah SWT, dan memperbaiki diri untuk tidak mengulangi kesalahan di masa depan.

2. Meningkatkan Ketabahan dan Kesabaran: Ujian sakit bisa menjadi ujian kesabaran dan ketabahan bagi seseorang. Dengan bersabar dan tetap bertawakal kepada Allah SWT, seseorang dapat menghadapi cobaan tersebut dengan lapang dada dan tanpa mengeluh.

3. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT: Sakit dapat menjadi peluang bagi seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam keadaan sakit, seseorang seringkali lebih banyak berdoa, bertawakal, dan merenungkan makna kehidupan serta hubungannya dengan Sang Pencipta.

4. Menguji Ketaatan dan Ketaqwaan: Ujian sakit juga dapat menjadi pengujian terhadap ketaatan dan ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT. Bagaimana seseorang merespon ujian sakitnya, apakah tetap beriman, bersyukur, dan sabar, atau justru menyalahkan takdir Allah SWT, merupakan cerminan dari ketaqwaan dan ketaatan seseorang.

5. Pembelajaran: Allah SWT memberikan ujian sakit sebagai bagian dari pendidikan dan pembelajaran bagi hamba-Nya. Melalui ujian ini, seseorang dapat memperoleh pengalaman berharga, meningkatkan keimanan, dan belajar untuk lebih menghargai nikmat kesehatan dan kehidupan.

6. Mengingat Kehidupan Akhirat: Sakit juga dapat mengingatkan seseorang akan kehidupan akhirat yang abadi. Dalam menghadapi sakit, seseorang diingatkan akan keterbatasan dan kerapuhan manusia serta kebutuhan untuk mempersiapkan diri menuju kehidupan akhirat yang lebih abadi dan bermakna.

Doa Penyembuh Segala Penyakit, Singkat Mudah Diamalkan
Doa Penyembuh Segala Penyakit, Singkat Mudah Diamalkan

Umat Muslim dianjurkan berusaha dan berdoa demi kesembuhan.

Baca Selengkapnya
3 Doa Penyembuh Segala Penyakit Latin, Mudah Diamalkan
3 Doa Penyembuh Segala Penyakit Latin, Mudah Diamalkan

Sakit dianggap sebagai salah satu ujian yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya.

Baca Selengkapnya
Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh dan Pulih Kembali, Begini Bacaannya Sesuai dengan Syariat Islam serta Artinya
Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh dan Pulih Kembali, Begini Bacaannya Sesuai dengan Syariat Islam serta Artinya

Doa untuk orang sakit bisa dipanjatkan agar seseorang yang sedang mendapatkan ujian penyakit segera disembuhkan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kumpulan Doa Mohon Kesembuhan dari Sakit dalam Agama Islam, Lengkap Disertai Artinya
Kumpulan Doa Mohon Kesembuhan dari Sakit dalam Agama Islam, Lengkap Disertai Artinya

Bacaan doa mohon kesembuhan bisa dipanjatkan untuk mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Tidak Ada yang Tidak Mungkin, Penenang Hati di Saat Sulit
Doa Tidak Ada yang Tidak Mungkin, Penenang Hati di Saat Sulit

Doa tidak ada yang tidak mungkin menjadi salah satu cara bagi umat Islam untuk mencari pertolongan dan petunjuk dari Yang Maha Kuasa.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Buat Orang Sakit Agar Lekas Sembuh Menurut Syariat Islam Beserta Artinya
Bacaan Doa Buat Orang Sakit Agar Lekas Sembuh Menurut Syariat Islam Beserta Artinya

Simak bacaan doa buat orang sakit berikut menurut syariat Islam untuk memohon kesembuhan beserta artinya.

Baca Selengkapnya
Doa Sujud Syukur, Tata Cara dan Waktu Pelaksanaannya
Doa Sujud Syukur, Tata Cara dan Waktu Pelaksanaannya

Sujud syukur dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Caranya
Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Caranya

Melalui sholat tabuat, seseorang dapat merenung dan mengintrospeksi diri, serta memperbaharui niat untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Baca Selengkapnya
Doa untuk Orang Sakit Laki-laki Sesuai Syariat Islam, Lengkap Beserta Artinya
Doa untuk Orang Sakit Laki-laki Sesuai Syariat Islam, Lengkap Beserta Artinya

Membaca doa merupakan cara untuk memohon pertolongan dan rahmat Allah SWT.

Baca Selengkapnya