Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Kultum Singkat dengan Beragam Topik Menarik, Jadi Referensi Ceramah Sholat Jumat <br>

Kultum Singkat dengan Beragam Topik Menarik, Jadi Referensi Ceramah Sholat Jumat 

Kultum adalah istilah yang sebenarnya berasal dari singkatan kuliah tujuh menit. Kultum singkat berisi tentang pesan-pesan positif untuk mengajak pendengarnya berbuat kebaikan serta kemuliaan.

Kultum singkat dalam agama Islam bukan menjadi suatu hal yang asing lagi.

Kultum adalah istilah yang sebenarnya berasal dari singkatan kuliah tujuh menit. Kultum ini banyak dignakan sebagai istilah yang merujuk pada ceramah singkat usai sholat berjamaah, khususnya di dalam masjid.

Salah satu contohnya ialah kultum yang disampaikan saat sholat subuh hingga tarawih.

Tak hanya selesai sholat saja, kultum juga disampaikan ketika ada acara pengajian maupun dalam majelis taklim. 

Umumnya, kultum singkat berisi tentang pesan-pesan positif untuk mengajak pendengarnya berbuat kebaikan serta kemuliaan.

Tak jarang juga jika kultum bisa berisi tentang pelajaran berharga, mulai dari agama yang tak banyak disampaikan di suatu kesempatan lainnya.


Ada beberapa contoh kultum singkat yang sebenarnya bisa dijadikan referensi dan juga dipahami.

Berikut ulasan selengkapnya seperti berhasil dirangkum dari berbagai sumber:

Contoh Kultum Singkat tentang Kewajiban Sholat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt., yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita semua selalu sehat dan dalam perlindungan-Nya.

Contoh Kultum Singkat tentang Kewajiban Sholat

Tidak lupa selawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw.

Pada pagi yang cerah ini, izinkan saya menyampaikan materi yang berkaitan dengan salat. Salat merupakan kewajiban bagi pemeluk agama Islam. Rasulullah saw., bersabda, "Salat itu seperti sebuah tiang di dalam agama".

Hal ini dapat diibaratkan seperti sebuah rumah, jika tidak mempunyai tiang maupun tembok sebagai penyangga pasti roboh dan tidak dapat berdiri.

Mengingat betapa pentingnya salat, maka orang yang sedang sakit pun tetap diwajibkan salat. Apabila tidak mampu berdiri bisa sembari duduk atau tiduran sesuai dengan ketentuan yang telah diatur.

Rasulullah saw., pernah berkata kalau manusia mengetahui bahwa pahala salat subuh dan asar maka setiap orang akan mendatanginya, walaupun harus merangkak. Hal ini menjadi bukti begitu besarnya pahala dari mengerjakan salat.

Salat tidak hanya menjadi suatu kewajiban saja melainkan juga sebagai bukti keimanan seseorang kepada Allah Swt. Di dalam Q.S. Al Ma'uun: 4-5 Allah Swt., berfirman yang artinya:

"Celakalah mereka yang salat, yaitu orang-orang yang telah lalai dengan salatnya."

Orang-orang yang tidak mengerjakan salat maka akan celaka dan rugi. Jika salat seseorang baik maka amalan yang lain ikut baik. Namun, apabila salatnya buruk maka amalan lainnya juga buruk.

Salat sebaiknya dilaksanakan tepat waktu secara khusyuk. Saat kumandang azan terdengar, bersegeralah datang ke masjid. Namun, untuk perempuan lebih diutamakan salat di rumah.

Salat juga berfungsi mencegah perbuatan keji dan mungkar. Hal ini seperti firman Allah Swt., di Q.S. Al-Ankabut. Dengan demikian, seseorang tidak akan melakukan perbuatan dosa seperti mencuri, berzina, melakukan tindak kekerasan, dan lain-lain.

Demikian, materi singkat yang dapat saya sampaikan, semoga Allah Swt. memberi kemudahan kepada kita untuk selalu menjalankan salat dengan baik sesuai tuntunan agama. Aamiin.


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Kultum Singkat tentang Takdir dan Ajal

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Puji syukur senantiasa kita haturkan ke hadirat Allah Swt yang telah memberikan nikmat serta karunia-Nya sehingga kita berkumpul di tempat penuh barokah ini.

Contoh Kultum Singkat tentang Takdir dan Ajal<br>

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan ceramah singkat tentang kematian. Dalam Al-Qur'an surah Ali Imron ayat 185 telah dijelaskan bahwa kematian pasti akan menghampiri setiap manusia yang hidup di dunia.

Mengenai waktunya, tidak ada satu pun manusia yang tahu kapan ajalnya akan menjemput.

Ingat Saudaraku, kehidupan ini hanyalah sementara. Kehidupan akhiratlah yang kekal.

Mulailah untuk banyak berbuat kebaikan dan amalan sebagai bekal di akhirat kelak karena tidak ada yang bisa menolong kita selain amal perbuatan kita sendiri. Allah Swt telah-

menyiapkan surga bagi orang-orang yang gemar berbuat baik dan Allah Swt. akan memasukkan ke neraka bagi orang-orang yang lalai dalam kehidupannya di dunia.

Oleh karena itu, jangan sampai kita terlena dengan keadaan yang ada di dunia yang fana ini. Itu semua hanyalah bersifat sementara yang bisa diambil kapan pun oleh Allah.

Demikianlah ceramah singkat tentang kematian dari saya. Semoga bisa menjadi pengingat dan menambah ketaatan kita.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Contoh Kultum Singkat soal Jodoh 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Allah SWT akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan di mana saja.

Contoh Kultum Singkat soal Jodoh <br>

Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang jodoh. Jodoh bisa diartikan sebagai teman hidup yang mencerminkan diri sendiri.

Terdapat tiga hal yang menjadi landasan bahwa orang tersebut layak untuk dijadikan pendamping. Pertama, pilihlah orang yang pemaaf apabila kita berbuat salah, meskipun sangat sulit mendapat pasangan yang baik.

Kedua, pilih orang yang bisa memaklumi dan menerima setiap kekurangan kita karena pada dasarnya semua orang tidak ada yang sempurna, karena semuanya saling melengkapi.

Ketiga, pilih yang bisa memotivasi kita, karena roda kehidupan terus berputar dan dapat memotivasi kita ke arah yang lebih baik.



Kesimpulan yang dapat diambil dari tema ini adalah kita harus memilih jodoh yang bisa menuntun kita ke arah yang lebih baik sehingga kita dapat hidup dengan orang yang tepat dan berakhlak mulia.



Sekian ceramah hari ini yang bisa saya sampaikan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Kultum Singkat tentang Bersyukur

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pertama-tama, marilah kita mengucap puji serta syukur kepada Allah Swt. yang sudah memberi nikmat berlimpat hingga saat ini.

Contoh Kultum Singkat tentang Bersyukur<br>

Juga tak lupa selawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad saw. serta keluarga, para sahabat, sampai kepada kita umatnya.

Lewat kesempatan yang singkat ini, saya ingin menyampaikan mengenai pentingnya bersyukur. Saking pentingnya syukur, ada beberapa hadis yang menggambarkan hal tersebut. Satu di antaranya berbunyi:


"Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan karena setiap perkaranya itu baik. Namun, tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mu'min sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar, dan itu baik baginya." (HR. Muslim no.7692)

Ya, seorang muslim sejati akan selalu melibatkan Allah Swt. dalam setiap perkara. Jika senang ia akan bersyukur, sementara jika tertimpa kesusahan ia akan bersabar.

Mengapa syukur menjadi penting? Sebab, ada banyak manfaat yang secara langsung akan kita dapatkan. Beberapa manfaat tersebut, contohnya:

a. Kita akan jauh dari berbagai penyakit hati.
b. Hidup akan penuh keberkahan.
c. Allah janjikan surga.
d. Allah akan tambah nikmat yang lainnya.
e. Mempertebal iman seseorang.
f. Membuat hidup lebih tenang.

Lalu, bagaimana caranya kita bersyukur? Tak usah repot-repot. Cobalah kita rasakan apa yang kita punyai saat ini, misalnya kesehatan, keluarga, rezeki, dan lain-lain.

Semua itu patut kita syukuri lantaran tak semua orang bisa mendapatkannya. Maka itu, mari mulai saat ini tanamkan selalu rasa syukur dalam diri agar hidup kita menjadi lebih baik.

Demikian kultum yang bisa saya sampaikan, semoga ada manfaatnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Kultum Singkat tentang Hari Pembalasan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga pada kesempatan ini dapat bertemu dalam keadaan sehat.

Contoh Kultum Singkat tentang Hari Pembalasan<br>

Solawat serta salam kita curahkan kepada Nabi Agung Muhammad saw. yang telah membawa manusia dari zaman kegelapan menuju jalan yang dirida-Nya.

Saya akan membahas suatu topik mengenai hari akhir atau hari kiamat. Di dalam Al Qur'an surah Al-Qori'ah dijelaskan bahwa semua manusia di hari kiamat nanti seperti anai-anai yang bertebaran.

Sedangkan, gunung-gunung diibaratkan bulu-bulu yang berhamburan.

Selain itu, dalam Q.S. Az-Zalzalah juga disebutkan mengenai tanda-tanda terjadinya hari kiamat. Pada hari tersebut manusia akan melihat semua perbuatannya semasa di dunia.



Oleh karena itu, sebelum terlambat marilah bersama-sama memperbaiki diri agar kelak Allah Swt. memberikan perlindungan kepada kita di hari kiamat. Aamiin.



Demikian mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Kultum Singkat tentang Kisah Kejujuran pada Zaman Nabi

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,



Hadirin yang saya hormati,



Hari ini, saya ingin berbagi kisah tentang kejujuran di zaman Nabi Muhammad SAW. Salah satu kisah inspiratif tentang kejujuran adalah kisah tentang Abdullah ibn Jahsy, seorang sahabat Nabi yang dikenal karena kejujurannya.

Pada suatu hari, Nabi Muhammad SAW mengirim Abdullah ibn Jahsy sebagai utusan untuk mengantarkan surat kepada seorang pemimpin suku. Abdullah ibn Jahsy, dengan setia dan penuh tanggung jawab, melaksanakan tugas tersebut.

Namun, dalam perjalanan pulang, ia merasa tergoda untuk mengambil harta rampasan yang ditinggalkan oleh pasukan musuh yang kalah dalam pertempuran. Meskipun tidak ada yang tahu akan tindakannya tersebut, Abdullah ibn Jahsy tetap jujur dalam perilakunya.

Ketika ia tiba di Madinah dan bertemu dengan Nabi Muhammad SAW, beliau bertanya apakah Abdullah ibn Jahsy telah melaksanakan tugasnya. Abdullah ibn Jahsy dengan jujur mengatakan bahwa ia telah mengantarkan surat dengan sempurna, namun ia mengakui bahwa ia telah mengambil harta rampasan dalam perjalanan pulang. Nabi Muhammad SAW sangat menghargai kejujuran Abdullah ibn Jahsy dan bersyukur atas pengakuan jujurnya.

Nabi Muhammad SAW kemudian memuji dan memberikan nasihat kepada Abdullah ibn Jahsy untuk mengembalikan harta rampasan yang diambilnya, bahkan jika tidak ada yang tahu tentang tindakannya. Abdullah ibn Jahsy langsung mengikuti nasihat Nabi dan mengembalikan harta rampasan tersebut kepada pemiliknya. Tindakan jujur Abdullah ibn Jahsy membuat banyak orang terkesan dan menjadi contoh bagi orang lain untuk selalu berpegang teguh pada kejujuran.

7 Contoh Kultum Singkat Berbagai Topik Menarik, Bisa Buat Ceramah Sholat Jumat
7 Contoh Kultum Singkat Berbagai Topik Menarik, Bisa Buat Ceramah Sholat Jumat

Berikut beberapa contoh kultum singkat dari berbagai macam topik menarik yang bisa dibuat ceramah sholat Jumat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kumpulan Ceramah Singkat untuk Umat Islam, Ketahui Teknik Penyampaiannya
Kumpulan Ceramah Singkat untuk Umat Islam, Ketahui Teknik Penyampaiannya

Ceramah singkat memuat pesan-pesan berharga yang dapat memberikan inspirasi dan menyegarkan kembali iman Anda.

Baca Selengkapnya icon-hand
Contoh Khutbah Jumat Singkat, Tema Merawat Keberagaman hingga Memperkuat Iman
Contoh Khutbah Jumat Singkat, Tema Merawat Keberagaman hingga Memperkuat Iman

Merdeka.com merangkum contoh khutbah Jumat yang singkat, mulai dari merawat keberagaman hingga memperkuat iman.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Contoh Dakwah Singkat yang Ada Dalilnya, Sarat Pesan Positif
4 Contoh Dakwah Singkat yang Ada Dalilnya, Sarat Pesan Positif

Dakwah singkat yang ada dalilnya dapat menjadi sarana berbagi ilmu dengan sesama.

Baca Selengkapnya icon-hand
Hikmah Usai Isi Ceramah, Jenderal Dudung Dikenali Warga saat Atasi Bentrok 'Allahu Akbar Pak Ustadz'
Hikmah Usai Isi Ceramah, Jenderal Dudung Dikenali Warga saat Atasi Bentrok 'Allahu Akbar Pak Ustadz'

Berikut cerita Jenderal Dudung usai mengisi ceramah langsung dikenali warga saat atasi bentrok.

Baca Selengkapnya icon-hand
Suara Benturan ke Tembok dan Pukulan Kursi Iringi Embusan Napas Terakhir Sutrisno
Suara Benturan ke Tembok dan Pukulan Kursi Iringi Embusan Napas Terakhir Sutrisno

Beredar informasi jika penyebab penganiayaan ini dilatarbelakangi persoalan keluarga.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa setelah Sholat Dhuha, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya
Doa setelah Sholat Dhuha, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Sholat sunah dhuha memiliki banyak sekali manfaat kebaikan. Terlebih, jika dilakukan dengan amalan-amalan tambahan seperti membaca doa dan berzikir.

Baca Selengkapnya icon-hand
Apakah Sholat Jumat Bisa Diganti dengan Sholat Dzuhur? Berikut Penjelasannya
Apakah Sholat Jumat Bisa Diganti dengan Sholat Dzuhur? Berikut Penjelasannya

Sholat Jumat adalah sholat yang wajib dilaksanakan terutama bagi laki-laki yang telah akil balig pada waktu Dzuhur tiba.

Baca Selengkapnya icon-hand
Gara-Gara Klaim ABG Wanita Dicekoci Miras, 2 Pemuda Babak Belur Dipukuli & Dilempari Kursi Piring
Gara-Gara Klaim ABG Wanita Dicekoci Miras, 2 Pemuda Babak Belur Dipukuli & Dilempari Kursi Piring

Para pelaku sudah diamankan dan langsung dibawa ke Polsek Tarogong Kidul untuk dilakukan pemeriksaan.

Baca Selengkapnya icon-hand

Baca Juga