Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Setelah Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Arti dan Manfaatnya

Doa Setelah Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Arti dan Manfaatnya

Doa Setelah Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Arti dan Manfaatnya

Sholat tahajud adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Sholat tahajud adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah ini dilakukan di waktu malam setelah tidur sejenak dan sebelum waktu subuh dimulai.

Sholat tahajud memiliki pentingnya tersendiri karena selain sebagai ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, sholat tahajud juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Pentingnya sholat tahajud terlihat dari kemuliaan waktu malam yang menjadi waktu terbaik untuk beribadah dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Dalam surat Al-Isra ayat 78, Allah memerintahkan umat islam untuk melakukan ibadah pada waktu malam sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Selain itu, sholat tahajud juga digambarkan sebagai kebiasaan para nabi dan orang-orang sholeh, sehingga melaksanakan ibadah ini dapat menjadikan seseorang lebih dekat dengan teladan-teladan mulia.

Selain itu, sholat tahajud juga memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan sehari-hari. Dengan melaksanakan sholat tahajud, seseorang akan merasakan kedamaian dan ketenangan jiwa yang membuatnya lebih siap dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk memohon pertolongan dan keberkahan dalam segala urusan kehidupan. Dengan demikian, pentingnya sholat tahajud sebagai ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari sangatlah besar.

Setelah selesai menunaikan ibadah sholat tahajud, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa. Berikut doa sholat tahajud yang bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim:

Doa Setelah Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Arti dan Manfaatnya

Waktu Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan pada malam hari, sesudah tidur sebentar. Waktu sholat tahajud dimulai setelah sholat isya hingga sebelum waktu sholat subuh. Sholat Tahajud bisa dilakukan pada sebagian malam atau saat bangun dari tidur. Waktu yang paling baik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah saat sepertiga malam terakhir, karena pada saat itulah Allah turun ke langit dunia bagi orang yang berdoa.

Tata cara sholat tahajud dilakukan dengan melakukan rakaat shalat secara dua-dua, dalam satuan yang genap, sedikit atau banyaknya, dan diakhiri dengan shalat witir. Setelah melakukan rakaat sholat tahajud, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan doa dan zikir kepada Allah SWT.

Melaksanakan sholat tahajud bisa mendatangkan pahala yang besar, membuka pintu rezeki, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu, menjaga sholat tahajud juga dapat membantu seseorang untuk memperbaiki diri, meningkatkan ketakwaan, serta menjaga keberkahan dalam hidup sehari-hari. Oleh karena itu, melaksanakan sholat tahajud merupakan amalan yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim untuk mendapatkan keberkahan dalam hidupnya.

Dalil tentang Sholat Tahajud

Anjuran sholat tahajud tercantum dalam QS. Al Isra ayat 79, di mana Allah menganjurkan Nabi Muhammad untuk sholat di malam hari. "Dan dari sebagian malam shalat tahajudlah kamu (Muhammad ﷺ) dengan membaca Al-Qur’an (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu pada tempat yang terpuji" (QS al-Isra: 79).

Selain itu, anjuran sholat tahajud disampaikan Rasulullah dalam hadis. Diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili ra, Rasulullah pernah bersabda, “Kalian lakukanlah terus qiyâmyul lail (dengan melakukan shalat Tahajud), karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Qiyâmul lail (dengan melakukan shalat tahajud) merupakan ibadah kalian kepada Tuhan kalian, melebur berbagai kesalahan dan mencegah dari dosa.” (HR al-Hakim dan ia berkata, “Ini adalah hadits shahih sesuai syarat al-Bukhari).

Doa Setelah Sholat Tahajud

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

merdeka.com

Manfaat Sholat Tahajud

Manfaat Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan di waktu tengah malam setelah kita bangun dari tidur. Manfaat dari melakukan sholat tahajud sangatlah besar. Berikut manfaat sholat tahajud:

1. Melakukan sholat tahajud membuat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kita menyempatkan diri untuk beribadah di saat-saat yang paling tenang dan sunyi, sehingga hubungan spiritual kita akan semakin kuat.

2. Sholat tahajud juga dapat membersihkan hati dan jiwa kita. Saat kita bangun di tengah malam untuk beribadah, kita secara tidak langsung membersihkan pikiran dan melakukan introspeksi diri. Kita dapat merenungkan segala perbuatan yang telah kita lakukan sepanjang hari, serta meminta ampun atas segala kesalahan yang telah kita lakukan.

3. Sholat tahajud juga memiliki manfaat kesehatan fisik dan mental. Bangun di tengah malam untuk sholat bisa membantu mengurangi stres dan kegelisahan, serta memberikan perasaan tenang dan damai dalam hati.

Dengan demikian, sholat tahajud bukan hanya memberikan manfaat spiritual, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh dan pikiran kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita memperbanyak sholat Tahajud agar dapat merasakan manfaat yang besar dari ibadah ini.

Bacaan Doa Sholat Tahajud,  Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya
Bacaan Doa Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

Doa sholat tahajud bisa dibaca dan diamalkan setelah menunaikan ibadah sunnah ini.

Baca Selengkapnya
Doa setelah Sholat Tahajud Lengkap, Ketahui Pula Keutamaannya
Doa setelah Sholat Tahajud Lengkap, Ketahui Pula Keutamaannya

Doa setelah sholat tahajud dilafalkan untuk melengkapi ibadah sunnah yang satu ini.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya
Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Sholat tahajud memiliki keutamaan yang sangat besar dalam agama Islam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Doa Sujud Terakhir yang Perlu Diketahui Umat Islam, Lengkap Beserta Hukumnya
3 Doa Sujud Terakhir yang Perlu Diketahui Umat Islam, Lengkap Beserta Hukumnya

Berikut 3 doa sujud terakhir yang perlu diketahui oleh umat Islam.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Manfaat Keutamaannya
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Manfaat Keutamaannya

Sholat Dhuha termasuk sholat sunah yang banyak memberikan manfaat kebaikan.

Baca Selengkapnya
Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan di malam hari setelah bangun dari tidur, meskipun tidurnya hanya sebentar.

Baca Selengkapnya
Doa dan Dzikir Setelah Sholat Tahajud Lengkap, Hafal dan Amalkan
Doa dan Dzikir Setelah Sholat Tahajud Lengkap, Hafal dan Amalkan

Sempurnakan ibadah tahajud Anda dengan mengamalkan doa dan dzikir yang tepat.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Sholat, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya
Doa Setelah Sholat, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Doa setelah sholat bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim.

Baca Selengkapnya
Doa Sholat Hajat Lengkap Beserta Tata Caranya, Ketahui dengan Benar
Doa Sholat Hajat Lengkap Beserta Tata Caranya, Ketahui dengan Benar

Satu di antara sholat sunah adalah sholat hajat, yang penting dipahami keutamaan dan tata caranya oleh umat Islam.

Baca Selengkapnya