Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>Doa Setelah Sholat Tahajud dan Dzikirnya, Lengkap Arab, Latin dan Arti</b>

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Dzikirnya, Lengkap Arab, Latin dan Arti

Doa setelah sholat tahajud bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim.

Doa setelah sholat tahajud bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim.

Di tengah ketenangan dan gelapnya malam ialah waktu yang tepat ntuk mencapai kekhusyuan dengan berserah diri pada Tuhan. Di momen ini, terdapat ibadah yang memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu sholat tahajud.

Kekasih Allah, manusia terbaik, yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menggambarkan betapa istimewanya ibadah isholat tahajud dalam salah satu hadis yang artinya,

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim).

Sholat tahajud termasuk dalam ibadah malam yang bisa dilaksanakan minimal dua rakaat.

Namun, ibadah ini tak berakhir dengan gerakan-gerakan fisik semata, karena setelahnya terdapat doa-doa yang memperpanjang jalinan antara hamba dan Tuhannya.

Berikut doa setelah sholat tahajud dan tata caranya yang merdeka.com lansir dari NU Online:


merdeka.com

Pengertian Sholat Tahajud

Pengertian Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan di malam hari setelah bangun dari tidur, meskipun tidurnya hanya sebentar.

Sholat tahajud sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan, seperti mendekatkan diri kepada Allah, memohon ampunan, dan mengharapkan rahmat-Nya. Sholat tahajud juga merupakan sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu.

Sholat tahajud bisa dikerjakan dengan minimal dua rakaat dan maksimal tidak dibatasi, asalkan setiap dua rakaat diakhiri dengan salam

 Waktu yang paling utama untuk sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir, karena pada saat itu Allah turun ke langit dunia dan menerima doa hamba-Nya.

Doa Setelah Sholat Tahajud Arab


اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Doa Setelah Sholat Tahajud Latin

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qoddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Arti Doa Setelah Sholat Tahajud

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

merdeka.com

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Selain doa setelah sholat tahajud di atas, ada juga bacaan dzikir yang bisa dilafalkan.

Dzikir ini bukan sekadar untuk menyempurnakan sholat dan memohon ampunan kepada Allah SWT semata, tapi juga untuk menjaga hati tetap tenang dan menambah pahala. Berikut bacaannya:

• Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Istighfar Sebanyak 100 Kali

• Tasbih: Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah.

• Tahmid: Alhamdulillah (الحمد لله), artinya Segala Puji Bagi Allah.

• Takbir: Allahu Akbar (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar.

• Istighfar pendek: Astaghfirullah, artinya Aku mohon ampun kepada Allah.

• Istighfar panjang: Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih
Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.

Selain bacaan dzikir di atas, Anda juga bisa menambahkannya dengan bacaan sayyidul istighfar yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut ini:

اللَّهُمَّأَنْتَرَبِّيلَاإِلَهَإِلَّاأَنْتَخَلَقْتَنِيوَأَنَاعَبْدُكَوَأَنَاعَلَىعَهْدِكَوَوَعْدِكَمَااسْتَطَعْتُأَعُوذُبِكَمِنْشَرِّمَاصَنَعْتُأَبُوءُلَكَبِنِعْمَتِكَعَلَيَّوَأَبُوءُلَكَبِذَنْبِيفَاغْفِرْلِيفَإِنَّهُلَايَغْفِرُالذُّنُوبَإِلَّاأَنْتَ


Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.

Artinya: “ Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu."

Keutamaan Sholat Tahajud

Disebutkan dalam hadis di awal bahwa sholat tahajud merupakan sebaik-baiknya sholat sunnah Selain itu, mengerjakan sholat tahajud menjadi tanda orang bertakwa dan calon penghuni surga. Keutamaan ini disebutkan dalam ayat yang artinya,

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS. Adz Dzariyat: 15-18).

Disebutkan pula bahwa sholat tahajud menjadi kebiasaan bagi orang-orang yang soleh. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Hendaklah kalian melaksanakan qiyamul lail (shalat malam) karena shalat malam adalah kebiasaan orang sholih sebelum kalian dan membuat kalian lebih dekat pada Allah. Shalat malam dapat menghapuskan kesalahan dan dosa. ” (Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan.)

Waktu Terbaik untuk Sholat Tahajud

Sholat tahajud sendiri bisa dikerjakan di awal, pertengahan, atau pun di akhir malam. Ini karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melaksanakan sholat tahajud di semua waktu tersebut.

Hal ini dijelaskan dalam hadis dari Anas bin Malik yang mengatakan,

“Tidaklah kami bangun agar ingin melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam hari mengerjakan sholat kecuali pasti kami melihatnya. Dan tidaklah kami bangun melihat beliau dalam keadaan tidur kecuali pasti kami melihatnya pula.” (HR. Bukhari, An Nasai, Tirmidzi).

Meski begitu, ada waktu terbaik untuk melaksanakan sholat sunnah ini. Disebutkan bahwa waktu terbaik untuk bertahajud adalah pada akhir malam. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Rabb kami -Tabaroka wa Ta’ala- akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, “Siapa yang memanjatkan do’a pada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun pada-Ku, Aku akan memberikan ampunan untuknya”.” (HR. Bukhari dan Muslim).

‘Aisyah pernah ditanya terkait sholat malam yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. ‘Aisyah menjawab,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa tidur di awal malam, lalu beliau bangun di akhir malam. Kemudian beliau melaksanakan sholat, lalu beliau kembali lagi ke tempat tidurnya. Jika terdengar suara muadzin, barulah beliau bangun kembali. Jika memiliki hajat, beliau mandi. Dan jika tidak, beliau berwudu lalu segera keluar (ke masjid).” (HR. Bukhari).

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Kaitannya dengan Alquran

Dalam Al-Quran surat Az-Zariyat ayat 15-18 disebutkan bahwa umat Muslim yang senantiasa melakukan salat tahajud dan berdoa kepada Allah, akan mendapatkan ganjaran oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam ayat Alquran, artinya:


“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Selain itu, orang-orang yang melaksanakan sholat tahajud, kemudian memohon ampun kepada Allah, maka orang tersebut akan mendapatkan kedudukan terpuji. Sebagaimana yang tercantum dalam Alquran surat Al Isra ayat 79, artinya:
“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Manfaat Spiritual Mengamalkan Doa Setelah Sholat Tahajud

Ada beberapa manfaat spiritual mengamalkan doa setelah sholat tahajud yang bisa didapatkan umat Muslim, antara lain:

1. Memberikan Ketenangan Hati dan Pikiran

Manfaat mengamalkan doa setelah sholat tahajud yang pertama adalah menenangkan hati dan pikiran. Setiap Muslim yang mengamalkan doa dan zikir sesudah sholat sunnah ini akan mendapatkan kedamaian pikiran dan hati. 

2. Dilindungi Allah SWT

Manfaat spiritual mengamalkan doa setelah sholat tahajud lainnya adalah dilindungi Allah SWT. Doa dan zikir bisa menjauhkan seseorang dari berbagai keburukan dan mendekatkan diri pada hal-hal yang dinilai baik. Berdoa bisa dikatakan secara lisan dan mengagungkan Allah SWT serta menjaga orang tersebut dari hal-hal buruk.

3. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Manfaat mengamalkan doa setelah sholat tahajud selanjutnya adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Seorang Muslim yang senantiasa mengamalkan doa akan dekat dengan Allah SWT. Sebab, doa dan zikir adalah salah satu amalan yang disukai Allah SWT.

Tata Cara Sholat Tahajud dan Doanya, Lengkap Arab dan Latin, Mudah Dipraktikkan
Tata Cara Sholat Tahajud dan Doanya, Lengkap Arab dan Latin, Mudah Dipraktikkan

Merdeka.com merangkum tentang tata cara sholat tahajud dan doanya yang perlu Anda ketahui.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa setelah Sholat Tahajud Arab, Latin, dan Artinya, Baik Diamalkan
Doa setelah Sholat Tahajud Arab, Latin, dan Artinya, Baik Diamalkan

Usai mendirikan sholat sunnah tahajud, ada baiknya untuk duduk sebentar dan mengamalkan bacaan doa setelah sholat tahajud dan dzikir.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Sholat Dhuha Arab, Latin dan Artinya Beserta Tata Cara dan Keutamaanya
Bacaan Doa Sholat Dhuha Arab, Latin dan Artinya Beserta Tata Cara dan Keutamaanya

Umat Muslim yakin bahwa Sholat Sunnah memiliki banyak manfaat dan membuka pintu rezeki. Salah satunya adalah sholat dhuha.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin & Artinya, Umat Islam Harus Tahu
Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin & Artinya, Umat Islam Harus Tahu

Sebagai umat Islam sebaiknya mengetahui dan memahami doa selamat dunia akhirat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Ayat Seribu Dinar dengan Bahasa Arab, Latin & Arti, Lengkap Beserta Keutamaannya
Bacaan Doa Ayat Seribu Dinar dengan Bahasa Arab, Latin & Arti, Lengkap Beserta Keutamaannya

Berikut bacaan ayat seribu dinar dengan Bahasa Arab, Latin dan arti beserta keutamannya yang perlu diketahui.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Setelah Tahajud dalam Bahasa Arab Lengkap dengan Latin dan Artinya, Begini Keutamaannya yang Perlu Dipahami
Doa Setelah Tahajud dalam Bahasa Arab Lengkap dengan Latin dan Artinya, Begini Keutamaannya yang Perlu Dipahami

Ini adalah pengingat yang kuat akan pentingnya mencari perlindungan kepada Allah dan mengadalkan-Nya untuk membimbing serta melindungi semua aspek kehidupan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Niat Shalat Qobliyah dan Ba'diyah Dzuhur Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya
Niat Shalat Qobliyah dan Ba'diyah Dzuhur Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Sholat Sunnah memiliki banyak manfaat dan membuka pintu rezeki. Salah satunya adalah Sholat Qobliyah dan Ba'diyah Dzuhur.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Sholat Tahajud dan Witir, Lengkap Beserta Tata Caranya
Bacaan Sholat Tahajud dan Witir, Lengkap Beserta Tata Caranya

Bacaan sholat tahajud dan witir bisa diamalkan oleh umat Muslim.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa-doa Wudhu Lengkap Arab dan Latin, Begini Bacaan yang Sesuai dengan Syariat Islam
Doa-doa Wudhu Lengkap Arab dan Latin, Begini Bacaan yang Sesuai dengan Syariat Islam

Adanya gerakan wudhu disertai doa yang mengiringinya itu merupakan bentuk ketaatan pada Allah SWT. Dengan begitu, wudhu kita menjadi lebih berkualitas.

Baca Selengkapnya icon-hand