Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Tata Cara Sholat Tahajud dan Niatnya, Perlu Diketahui

Tata Cara Sholat Tahajud dan Niatnya, Perlu Diketahui

Sholat tahajud termasuk amalan yang dicintai oleh Allah SWT.

Sholat sunah malam adalah suatu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ibadah ini menunjukkan kesungguhan dan kecintaan seorang hamba kepada Tuhan Sang Pencipta, yaitu Allah SWT. Sholat malam memberikan kesempatan kepada umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Bukan hanya itu, amalan ini juga sebagai upaya untuk terus mengingat, merenungkan nikmat, serta kebesaran-Nya. Melaksanakan sholat sunah malam juga menjadi wujud rasa syukur atas segala anugerah yang diterima setiap hari.

Salah satu amalan sholat malam yang dapat dilakukan adalah sholat tahajud. Sholat tahajud termasuk amalan yang sangat disukai Allah. Di mana umat muslim mendapatkan panggilan untuk bertemu dengan Allah di sepertiga malam. Ini bisa Menjadi kesempatan untuk memohon ampun sekaligus hajat.

Jika Anda ingin membangun kebiasaan sholat tahajud, maka perlu memperhatikan tata cara sholat tahajud dengan benar. Selain tata caranya, Anda juga perlu mengetahui waktu terbaik melaksanakan sholat tahajud. Berikut, kami rangkum penjelasan lengkapnya, bisa Anda simak.

Mengenal Sholat Tahajud

Mengenal Sholat Tahajud

Sebelum dijelaskan tata cara sholat tahajud, akan dijelaskan pengertiannya dahulu.

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur sejenak. Tata cara sholat tahajud sesuai dengan Al-Qur'an dan hadis, yaitu dengan melakukan wudhu terlebih dahulu kemudian melakukan sholat sunnah Tahajud dengan melakukan rakaat sesuai dengan yang dikehendaki.

Sholat tahajud ini termasuk amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Bahkan Rasulullah SAW selalu memanfaat waktu di malam hari untuk berdoa, memohon ampun, dan mendekatkan diri pada Allah dengan sholat tahajud.

Selain dapat memberikan banyak pahala, sholat tahajud juga dapat memberikan ketenangan batin bagi siapa saja yang menunaikan.

Bahkan, sholat tahajud sering kali menjadi solusi bagi setiap orang yang sedang memiliki banyak masalah, pikiran yang cemas, dan hati yang gelisah.

Waktu Terbaik Sholat Tahajud

Waktu Terbaik Sholat Tahajud

Sebelum dijelaskan tata cara sholat tahajud, perlu dipahami kapan waktu terbaik melaksanakan sholat sunah ini.

Waktu terbaik untuk mengerjakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir, yang merupakan waktu yang paling disukai oleh Allah.

Rasulullah SAW juga pernah menunjukkan keutamaan melakukan sholat tahajud pada waktu ini. Pembagian waktu yang dinilai paling baik untuk mengerjakan sholat tahajud adalah saat sepertiga malam terakhir, yang secara khusus disebut sebagai waktu terbaik untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

Pelaksanaan sholat tahajud pada waktu tersebut memberikan kesempatan yang cukup panjang untuk berdoa, membaca Al-Qur'an, dan memperbanyak dzikir serta tadarus.

Waktu yang cukup panjang ini memungkinkan umat Islam untuk mendapatkan kesempatan yang optimal dalam mempererat hubungan mereka dengan Allah.

Rasulullah SAW juga seringkali mengerjakan sholat tahajud dengan khusyuk pada waktu sepertiga malam terakhir, sehingga menjadikan waktu tersebut sebagai waktu yang paling baik untuk menghidupkan malam dan mendapatkan keberkahan dari-Nya.

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud

Setelah mengetahui pengertian dan waktu terbaik, selanjutnya dijelaskan tata cara sholat tahajud.

Sholat tahajud dilaksanakan paling sedikit dua rakaat dengan satu salam. Selain itu, umat muslim juga bisa melaksanakan sholat tahajud lebih dari dua rakaat, bisa hingga 11 atau 13 rakaat, dengan aturan yang sama yaitu dua rakaat salam.

Berikut tata cara sholat tahajud yang bisa dipraktikkan:

1. Membaca niat sholat tahajud. Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini mustaqbilal kiblati lillahi ta’aalaa.
2. Membaca takbiratul ihram (Allahu Akbar)

3. Membaca doa iftitah
4. Membaca Surat Al Fatihah
5. Membaca Surat dalam Al Quran
6. Ruku’ dan membaca doa ruku’
7. I’tidal dan membaca doa I’tidal
8. Sujud dan membaca doa sujud
9. Duduk di antara dua sujud dan membaca bacaan doanya.
10. Sujud dan membaca doa sujud
11. Bangun berdiri tegak untuk rakaat kedua
12. Membaca surat Al Fatihah dan membaca surat pendek
13. Ruku’ dan membaca doa ruku’
14. I’tidal dan membaca doa I’tidal

15. Sujud dan membaca doa sujud
16. Duduk di antara dua sujud dan membaca bacaan doanya.
17. Sujud dan membaca doa sujud
18. Duduk tasyahud
19. Mengucapkan salam

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud

Setelah mengetahui tata cara sholat tahajud, selanjutnya terdapat bacaan doa khusus setelah sholat.

Bagi umat muslim yang melaksanakan sholat tahajud, dianjurkan untuk tidak segera mengakhiri sholat, melainkan memperbanyak dzikir dan memanjatkan doa.

Berikut bacaan doa setelah sholat tahajud yang bisa diamalkan:

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.

Artinya: “Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Tahajud

Setelah mengetahui tata cara sholat tahajud, terakhir akan dijelaskan manfaat keutamaannya.

Sholat Tahajud memiliki berbagai keutamaan yang sangat besar dalam Islam. Salah satu keutamaannya adalah bahwa Allah SWT turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir untuk mendengarkan doa dan memberikan rahmat kepada hamba-Nya yang sedang melaksanakan sholat tahajud. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya dan spesialnya ibadah ini di mata Allah.

Manfaat dari sholat tahajud juga sangat besar, di antaranya adalah mendekatkan diri kepada Allah, membersihkan hati dan jiwa, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Selain itu, dengan melaksanakan sholat tahajud juga akan mendapatkan keridaan Allah. Allah SWT senang dengan hamba-Nya yang meluangkan waktu di malam hari untuk melakukan Sholat Tahajud sebagai bukti kecintaan dan kepatuhan kepada-Nya.

Sholat tahajud juga memiliki manfaat di hari akhir kelak, karena dengan melaksanakannya seseorang akan mendapatkan pahala yang melimpah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, salat tahajud juga memiliki keterkaitan dengan hari pembalasan dan hisab, dimana orang yang rajin melaksanakannya akan mendapatkan perlindungan dan bantuan di akhirat nanti.

Niat Sholat Tahajud beserta Tata Cara dan Doanya yang Wajib Diketahui
Niat Sholat Tahajud beserta Tata Cara dan Doanya yang Wajib Diketahui

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua rakaat. Namun sebelum mengamalkannya, penting untuk tahu bacaan niat dan tata caranya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Sholat Tahajud Berapa Rakaat, Pahami Aturan dan Bacaan Niatnya
Sholat Tahajud Berapa Rakaat, Pahami Aturan dan Bacaan Niatnya

Sholat tahajud merupakan sholat sunah yang istimewa dalam Islam.

Baca Selengkapnya icon-hand
Waktu yang Tepat untuk Sholat Tahajud sesuai Dalil
Waktu yang Tepat untuk Sholat Tahajud sesuai Dalil

Sholat tahajud menjadi amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Oleh karena itu, penting untuk tahu kapan tepatnya waktu untuk mendirikan sholat tahajud ini.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Niat Sholat Tahajud Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya
Niat Sholat Tahajud Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

Niat Sholat Tahajud ini menjadi kunci utama dalam melaksanakan sholat ini. Niat tersebut harus didasari oleh keikhlasan dan ketulusan semata-mata karena Allah.

Baca Selengkapnya icon-hand
Sholat Tahajud Berapa Rakaat? Begini Tata Cara dan Keutamaannya
Sholat Tahajud Berapa Rakaat? Begini Tata Cara dan Keutamaannya

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunah yang baik dilakukan oleh umat Muslim.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tata Cara Sholat Tahajud yang Mustajab, Pahami Bacaan Surat dan Niat Lengkapnya
Tata Cara Sholat Tahajud yang Mustajab, Pahami Bacaan Surat dan Niat Lengkapnya

Salah satu tata cara sholat tahajud adalah dikerjakan di waktu sepertiga malam sampai sebelum subuh.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Sholat Tahajud,  Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya
Bacaan Doa Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

Doa sholat tahajud bisa dibaca dan diamalkan setelah menunaikan ibadah sunnah ini.

Baca Selengkapnya icon-hand
Niat Sholat Witir 1 Rakaat dan Tata Caranya, Perlu Diperhatikan
Niat Sholat Witir 1 Rakaat dan Tata Caranya, Perlu Diperhatikan

Sholat witir adalah sholat sunah yang dicintai Allah.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tata Cara Sholat Tahajud beserta Bacaan Niatnya, Ketahui Kapan Waktu Terbaik Melaksanakannya
Tata Cara Sholat Tahajud beserta Bacaan Niatnya, Ketahui Kapan Waktu Terbaik Melaksanakannya

Dikerjakan pada malam yang tenang, sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ibadah yang memiliki makna mendalam dan keistimewaan tersendiri.

Baca Selengkapnya icon-hand