Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Doa setelah Sholat Dhuha, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya
Doa setelah Sholat Dhuha, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Doa setelah Sholat Dhuha, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Sholat sunah dhuha memiliki banyak sekali manfaat kebaikan. Terlebih, jika dilakukan dengan amalan-amalan tambahan seperti membaca doa dan berzikir.

Doa setelah sholat dhuha bisa dibaca dan diamalkan oleh umat muslim setelah menunaikan ibadah sunah ini.

Sholat sunah dhuha memiliki banyak sekali manfaat kebaikan. Terlebih, jika dilakukan dengan amalan-amalan tambahan seperti membaca doa dan berzikir. Dalam hal ini, terdapat beberapa bacaan zikir setelah sholat dhuha beserta doa khususnya yang bida Anda praktikkan.

Dengan mengamalkan zikir setelah sholat dhuha, Anda bisa menambah pahala dan meningkatkan kesungguhan Anda dalam beribadah. 

Di mana Allah selalu menyukai hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dan istikamah dalam beribadah.

Berikut, kami merangkum bacaan zikir dan doa setelah sholat dhuha, doa khusus, dan keutamaannya yang mudah dihafalkan.

merdeka.com

Aturan Pelaksanaan Sholat Dhuha

Aturan Pelaksanaan Sholat Dhuha

Sebelum mengetahui bacaan zikir dan doa setelah sholat dhuha, perlu dipahami terlebih dahulu pengertian dan aturan pelaksanaan sholat sunah ini.

Sholat Dhuha adalah sholat sunah yang dilakukan setelah matahari terbit dan sebelum matahari naik sekitar 15 derajat di atas ufuk, yaitu pada waktu antara setelah shalat subuh hingga menjelang waktu zuhur.

Sholat Dhuha biasanya dilakukan dengan melakukan dua rakaat sholat, namun bisa juga dilakukan dengan empat rakaat sholat atau lebih sesuai dengan keinginan.

Selain itu, terdapat beberapa aturan pelaksanaan sholat dhuha lainnya yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

- Niat: Sebelum memulai sholat Dhuha, sebaiknya berniat untuk melakukan sholat sunah Dhuha dengan hati yang ikhlas semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bacaan niatnya (ushalli sunnatad dhuhā rak‘ataini lillāhi ta‘ālā).

- Tata cara pelaksanaan sholat: Sholat Dhuha dilakukan seperti pelaksanaan sholat pada umumnya, yaitu dimulai dengan takbiratul ihram, membaca Al-Fatihah, membaca surah atau ayat-ayat pendek dari Al-Quran, ruku', sujud, duduk di antara dua sujud, dan salam.


- Doa dan zikir setelah sholat Dhuha: Setelah selesai sholat Dhuha, disarankan untuk membaca beberapa doa seperti doa sesudah shalat, zikir, dan tasbih.

- Surat anjuran: Dalam pelaksanaannya yang dianjurkan ialah setelah membaca Al Fatihah pada rakaat pertama membaca surah Ad Dhuha dan rakaat kedua membaca surah As Syams. Selain itu juga bisa membaca surat Ad-Dhuhaa pada rakaat pertama dan surat Al Insyiraah pada rakaat kedua. Namun, hal ini bukanlah wajib, melainkan hanya dianjurkan.

- Melaksanakan sholat secara rutin: Untuk mendapatkan manfaat dari sholat Dhuha, sebaiknya melaksanakannya secara rutin, minimal sebanyak dua rakaat setiap harinya.

Doa setelah Sholat Dhuha, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Keutamaan Sholat Dhuha

Ada sejumlah keutamaan sholat dhuha, antara lain:

1. Sebagai Sedekah

Melansir dari laman NU, keutamaan sholat dhuha yang pertama adalah dianggapnya ibadah sunah tersebut sebagai pahala sedekah. Secara lebih terperinci, siapa pun yang mengerjakan sholat dhuha akan dianggap telah bersedekah atas seluruh anggota tubuhnya. Berikut sabda dari Rasulullah SAW,

"Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at," (HR Muslim).

2. Tak Dianggap Lalai

Keutamaan sholat dhuha yang berikutnya adalah siapa pun yang mengerjakannya tak akan dianggap sebagai orang lalai.

Maka dari itu, dalam mencari rahmat Allah hendaknya kita senantiasa mengerjakan sholat dhuha agar terlepas dari sifat lengah dan lalai. Adapun hadis dari keutamaan tersebut ialah sebagai berikut,

"Orang yang mengerjakan shalat dhuha tidak termasuk orang lalai," (HR. Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

Diampuni Dosanya

Keutamaan sholat dhuha selanjutnya adalah diampuninya dosa-dosa di masa lampau. Siapa pun yang mengerjakan sholat dhuha secara rutin, maka dosa sebanyak buih di lautan pun akan diampuni Allah SWT. Berikut sabda dari Rasulullah SAW,

"Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."(HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Memiliki Istana Surga

Barangsiapa yang secara rutin mengerjakan sholat dhuha juga akan mendapatkan istana megah di surga kelak kemudian hari. Adapun sabda mengenai keutamaan sholat dhuha ini yaitu sebagai berikut,

"Barang siapa sholat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Menyehatkan Tubuh

Selain itu, menunaikan sholat dhuha setidaknya dalam 2 rakaat juga dapat menyehatkan tubuh. Semua anggota tubuh hendaknya senantiasa mengagungkan Allah SWT.

Cara itu dapat ditempuh dengan mengerjakan sholat dhuha seperti sabda Nabi sebagai berikut,

"Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar maruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha sebanyak 2 rakaat." (HR. Muslim no. 720).

Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah memahami pengertian dan keutamaan sholat dhuha, berikutnya adalah penjelasan tentang doa dan zikir setelah sholat dhuha. Dengan mengamalkan doa dan bacaan zikir setelah sholat dhuha, Anda bisa mendapatkan limpahan pahala dan kebaikan yang lebih banyak.

Berikut bacaan doa setelah sholat dhuha dan artinya yang bisa Anda amalkan:

Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu'siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba'idan fa qoribhu, bihaqqidhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita 'ibaadakash shoolihiin

Artinya :

"Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Selain itu, Rasulullah SAW sering memanjatkan zikir dan doa setelah sholat dhuha yang jarang diketahui berikut ini.

Allahummaghfirli wa tub 'alayya innaka antat tawwabur rohimu.

Artinya: "Ya Allah, ampuni dosaku dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Pengampun."

Manfaat Doa Dhuha dalam Aspek Psikologis dan Spiritual

Membaca doa setelah sholat dhuha dapat memberi manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Sholat sunah ini dapat membantu memperbaiki kondisi mental dan memberikan ketenangan pikiran.

Selai itu, doa setelah sholat dhuha juga dapat membantu menjaga kesehatan fisik dengan mengurangi stres dan meningkatkan imunitas tubuh. Maka dari itu, hal ini mampu memberi dampak positif bagi psikologis.

Selai itu, doa setelah sholat dhuha juga dapat membantu menjaga kesehatan fisik dengan mengurangi stres dan meningkatkan imunitas tubuh.

Maka dari itu, hal ini mampu memberi dampak positif bagi psikologis.

Doa Sholat Dhuha dalam Hadis

Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah bersabda mengenai keutamaan sholat dhuha 12 rakaat. Bagi yang mengerjakan akan diberikan Allah SWT istana di surga. "Barang siapa sholat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga."


Kemudian mengerjakan sholat dhuha secara rutin juga akan membuat dosa-dosa diampuni oleh Allah Swt. Hal itu sesuai dalam hadit Rasulullah dalam riwayat Tirmidzi: "Siapapun yang melaksanakan sholat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan."

Sementara itu, waktu sholat dhuha adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis berikut, artinya:


"Sesungguhnya saya sholat penuh dengan harapan dan kecemasan. Saya memohonkan kepada Allah tiga hal, lalu dikabulkannya dua dan ditolak yang satunya. Saya mohon supaya umatku jangan diuji dengan musim paceklik dan ini dikabulkan, saya memohon pula agar umatku tidak dapat dikalahkan oleh musunya dan ini pun dikabulkan, lalu saya mohon agar umatku jangan sampai terpecah belah menjadi beberapa golongan dan ini ditolak-Nya." (HR Ahmad, An-Nasa'i, Al Hakim, dan Ibnu Khuzaimah. Oleh keduanya, hadits ini disahihkan).

Doa Sholat Hajat, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya
Doa Sholat Hajat, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Sholat hajat adalah sholat yang dikerjakan karena ada keinginan yang hendak dicapai, baik kepada Allah SWT atau kepada manusia.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Manfaat Keutamaannya
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Manfaat Keutamaannya

Sholat Dhuha termasuk sholat sunah yang banyak memberikan manfaat kebaikan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Setelah Sholat, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya
Doa Setelah Sholat, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Doa setelah sholat bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Waktu Sholat Dhuha Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya
Waktu Sholat Dhuha Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

Sholat dhuha adalah ibadah sunah yang sangat dianjurkan. Namun, sebelum mengerjakannya, ketahui kapan waktu pelaksanaannya, tata cara, dan doa setelahnya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap, Ketahui Juga Tata Caranya
Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap, Ketahui Juga Tata Caranya

Lengkapi amalan sunah sholat hajat Anda dengan bacaan doa yang dianjurkan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Sholat Witir dan Tata Caranya, Pahami Aturan Waktu Pelaksanaannya
Doa Sholat Witir dan Tata Caranya, Pahami Aturan Waktu Pelaksanaannya

Membaca doa sholat witir sangat dianjurkan untuk mendapat kebaikan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Waktu yang Tepat untuk Mengamalkan Doa Turun Hujan, Ini Cara Sholat Istisqa
Waktu yang Tepat untuk Mengamalkan Doa Turun Hujan, Ini Cara Sholat Istisqa

Mengamalkan doa agar turun hujan adalah ketika sedang menghadapi dampak buruk musim kemarau yang panjang, tepatnya setelah sholat Istisqa.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Setelah Wudhu, Lengkap Beserta Arti dan Tata Caranya
Doa Setelah Wudhu, Lengkap Beserta Arti dan Tata Caranya

Membaca doa setelah melakukan kegiatan sehari-hari sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara Pengamalannya, Mudah Dipraktikkan
Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara Pengamalannya, Mudah Dipraktikkan

Sholat taubat menjadi salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam mengembalikan kesucian hati dan meraih ampunan-Nya.

Baca Selengkapnya icon-hand