Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Surat Al-Waqiah untuk Rezeki, Ini Keutamaan Membacanya

<b>Doa Surat Al-Waqiah untuk Rezeki, Ini Keutamaan Membacanya</b>

Doa Surat Al-Waqiah untuk Rezeki, Ini Keutamaan Membacanya

Al-Waqiah adalah surat golongan Makiyyah dalam Al-Quran yang umum dibaca untuk meminta rezeki.

Surat Al-Waqiah dikenal sebagai surat yang dibaca untuk memperoleh kelancaran rezeki bagi umat Islam. Bukti bahwa rutin membaca surat Al-Waqiah dapat memperlancar rezeki dan dijauhkan dari kemiskinan bagi muslim yang membacanya terdapat dalam hadist Rasulullah SAW yang berbunyi, <br><br>“Barangsiapa membaca Al-Waqiah setiap malam, maka dia tidak jatuh miskin selamanya.” (HR Baihaqi).<br>

Surat Al-Waqiah dikenal sebagai surat yang dibaca untuk memperoleh kelancaran rezeki bagi umat Islam. Bukti bahwa rutin membaca surat Al-Waqiah dapat memperlancar rezeki dan dijauhkan dari kemiskinan bagi muslim yang membacanya terdapat dalam hadist Rasulullah SAW yang berbunyi,

“Barangsiapa membaca Al-Waqiah setiap malam, maka dia tidak jatuh miskin selamanya.” (HR Baihaqi).

Al Waqiah adalah surat ke-56 Al-Quran yang terdiri atas 96 ayat dan termasuk golongan Makkiyah. Doa surat Al-Waqiah untuk rezeki biasanya dibaca setelah selesai membaca seluruh ayat surat ini. Banyak umat Muslim yang percaya membaca surat ini secara rutin akan membawa berkah dan keberlimpahan dalam hal rezeki.

Baik dalam bentuk kekayaan materi, keberkahan dalam usaha, atau rezeki yang melimpah dari berbagai sumber. Untuk mendapatkan keutamaannya, terdapat doa surat Al-Waqiah untuk rezeki yang dianjurkan untuk dibaca setelahnya. Berikut bunyi doa surat Al-Waqiah untuk rezeki yang bisa Anda hafalkan.

<b>Bacaan Doa Surat Al-Waqiah untuk Rezeki</b>

Bacaan Doa Surat Al-Waqiah untuk Rezeki

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta'thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a'thona wa nubtala bi zammi man mana'ana wa anta min wara-i zalika ahlul 'atho-i wal man-'i.

Allahumma kama shunta wujuhana 'anis sujudi illa laka fa shunna 'anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin wa shollallohu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya: Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang.

Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.

<b>Keutamaan Membaca Surat Al-Waqiah</b>

Keutamaan Membaca Surat Al-Waqiah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, surat Al-Waqiah merupakan salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan yang dijelaskan dalam berbagai hadits. Berikut keutamaan surat Al Waqiah.

1. Pembuka Pintu Rezeki

Membaca Surat Al-Waqiah dengan khusyuk dan pemahaman yang sungguh-sungguh diyakini akan menjadi pembuka pintu rezeki bagi mereka yang mengamalkannya. Dalam sebuah hadits, Rasulullah mengatakan, "Surat Al-Waqiah adalah surat kekayaan maka bacalah dan ajarkanlah ia kepada anak-anakmu." (HR Ad Dailami)

Namun, penting untuk diingat bahwa keutamaan ini tidak berarti membaca surat Al-Waqiah akan memberikan rezeki atau kekayaan secara instan. Seorang Muslim tetap harus melakukan ikhtiar sebagai upaya memperoleh rezeki yang diinginkan.

2. Surat yang Disukai oleh Rasulullah SAW

Dalam hadis yang disebutkan dalam teks tersebut, disebutkan bahwa Surat Al-Waqiah termasuk surat yang disukai dan dibaca secara rutin oleh Rasulullah. Hadis ini menunjukkan bahwa Surat Al-Waqiah memiliki nilai yang istimewa dan penting dalam ajaran Islam.

Dalam sebuah riwayat hadits yang dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani, Al-Hakim dan Adz-Dzahabi, menjelaskan,

عن ابنِ عبّاسٍ قالَ : قالَ أَبُو بَكْر رضي الله عنه: "يَا رَسُولَ الله قَدْ شِبْتَ. قالَ: شَيّبَتْنِي هُودٌ وَالْوَاقِعَةُ وَالمُرْسَلاَتُ و {عَمّ يَتَسَاءَلُونَ} و {إِذَا الشّمْسُ كُوّرَتْ}

Artinya: Seperti diceritakan Ibnu Abbas, Abu Bakar berkata, "Wahai Rasulullah, Engkau telah beruban." Nabi SAW menjawab, "Telah membuatku beruban (surat) Huud, Al Waqiah, Al Mursalat, Amma yatasaa aluun, dan Idzasy syamsu kuwwirat” (HR Tirmidzi)

3. Dijauhkan dari Kefakiran

Salah satu keutamaan yang dikaitkan dengan Surat Al-Waqiah adalah mencegah dari kefakiran atau kesempitan hidup. Dalam sebuah riwayat diceritakan, Abdullah ibn Mas'ud dan Utsman ibn Affan merupakan dua sahabat yang senantiasa taat kepada titah Rasulullah.

Satu hari ketika Abdullah ibn Mas'ud sedang dalam kondisi kurang sehat, Utsman bin Affan ingin membantunya menggalang dana.

Namun, Abdullah ibn Mas'ud menolak dan berkata, "Aku tidak takut putra-putraku akan terjatuh dalam lubang kemiskinan. Aku sudah memerintahkan semua anakku untuk membaca surat Al Waqiah setiap malam. Dan itu yang aku dengan dari sabda Rasulullah, 'Barang siapa membaca surah Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan fakir.”

<b>Waktu Terbaik Membaca Surat Al-Waqiah</b>

Waktu Terbaik Membaca Surat Al-Waqiah

1. Malam Jumat

Imam Ja'far, dalam Khazinatul Asrar Kubra, menyebutkan bahwa membaca Surat Al-Waqiah pada malam Jumat memiliki berbagai keutamaan. Seseorang yang membaca Surat Al-Waqiah pada malam Jumat akan dicintai oleh Allah dan manusia, serta terhindar dari kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia.

Surat ini juga disebutkan sebagai bagian dari sahabat Amirul Mukmin yang memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi. Oleh karena itu, malam Jumat dianggap sebagai waktu yang baik untuk membaca Surat Al-Waqiah.

2. Sebelum Tidur

Imam Muhammad Al-Baqir menganjurkan membaca Surat Al-Waqiah sebelum tidur. Dalam pendapat yang disebutkan, dikatakan bahwa seseorang yang membaca Surat Al-Waqiah sebelum tidur akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.

Hal ini mengindikasikan bahwa membaca surat ini sebelum tidur dapat memberikan keberkahan dan kehadiran Allah yang kuat dalam kehidupan seseorang.

Doa Surat Al-Waqiah dan Keutamaan Membacanya, Lafalkan Selalu
Doa Surat Al-Waqiah dan Keutamaan Membacanya, Lafalkan Selalu

Usai membaca surat Al-Waqiah, dianjurkan agar memanjatkan doa ini untuk melengkapi amalannya.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Lengkapi Amalan Harian
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Lengkapi Amalan Harian

Doa setelah membaca surat Al-Waqiah patut untuk Anda ketahui guna memaksimalkan bacaannya.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah, Lengkap Beserta Artinya
Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah, Lengkap Beserta Artinya

Surat Al Waqiah adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar bagi mereka yang membacanya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk, Hafal dan Amalkan
Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk, Hafal dan Amalkan

Lafalkan doa ini untuk melengkapi bacaan doa Al-Mulk Anda, dan ketahui pula keutamaannya.

Baca Selengkapnya
Doa Ketika Mendapat Rezeki dari Orang Lain, Perlu Diamalkan Umat Muslim
Doa Ketika Mendapat Rezeki dari Orang Lain, Perlu Diamalkan Umat Muslim

Dengan membaca doa, seseorang menegaskan keyakinannya bahwa semua kebaikan dan rezeki yang diterima adalah berkat dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Selesai Sholat Lengkap dengan Zikirnya, Amalkan Segera
Doa Selesai Sholat Lengkap dengan Zikirnya, Amalkan Segera

Membaca doa selesai sholat sangat besar keutamaannya, sekaligus semakin melengkapi ibadah Anda.

Baca Selengkapnya
Doa Pembuka Rezeki Setiap Hari, Jadi Bentuk Ikhtiar di Jalan Allah
Doa Pembuka Rezeki Setiap Hari, Jadi Bentuk Ikhtiar di Jalan Allah

Doa pembuka rezeki menjadi salah satu ikhtiar untuk berusaha di jalan Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Rezeki Tak Putus dalam Islam, Perlu Diamalkan
Doa Rezeki Tak Putus dalam Islam, Perlu Diamalkan

Doa ini tidak hanya sekadar permohonan untuk mendapatkan rezeki yang mencukupi.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Dhuha, Arti, dan Zikirnya, Ketahui Keutamaannya
Bacaan Doa Dhuha, Arti, dan Zikirnya, Ketahui Keutamaannya

Membaca doa setelah sholat dhuha adalah upaya kita untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Baca Selengkapnya