Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bacaan Doa Iftitah Pendek Arab Latin, Berikut Keutamaannya

<b>Bacaan Doa Iftitah Pendek Arab Latin, Berikut Keutamaannya</b>

Bacaan Doa Iftitah Pendek Arab Latin, Berikut Keutamaannya

Doa iftitah ternyata beragam, ada yang panjang maupun pendek. Keragaman ini sudah biasa ada dalam fiqih salat.

Doa iftitah pendek mudah dihafalkan dan diucapkan saat salat. Iftitah atau doa tsana’ adalah istilah yang menunjuk satu makna yaitu zikir yang dibaca sebagai pembuka salat.

Doa iftitah pendek mudah dihafalkan dan diucapkan saat salat. Iftitah atau doa tsana’ adalah istilah yang menunjuk satu makna yaitu zikir yang dibaca sebagai pembuka salat.

Biasanya doa iftitah dibaca setelah setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca ta’awwudz1 dan surat Al Fatihah, baik salatnya sendirian ataupun berjemaah, menjadi imam ataupun menjadi makmum.

Doa iftitah ternyata beragam, tidak satu, keragaman dalam doa seperti ini sudah biasa ada dalam fiqih salat. Ada doa iftitah panjang dan ada doa iftitah pendek bergantung dari versi siapa.

Berikut merdeka.com merangkum bacaan lengkap doa iftitah pendek dan iftitah panjang yang penting diketahui untuk memperkaya wawasan.

<b>Mengenal Doa Iftitah</b>

Mengenal Doa Iftitah

Doa Iftitah adalah doa pembukaan yang biasanya dibaca di awal salat, baik itu salat fardu maupun salat sunah. Doa ini berfungsi untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT agar salat yang dilakukan diterima dan menjadi suatu ibadah yang sempurna.

Selain itu, doa iftitah juga berisi pujian dan penghormatan kepada Allah SWT serta ungkapan rasa syukur atas nikmat dan karunia-Nya. Doa iftitah memiliki beberapa versi dan variasi, tetapi intinya adalah sebagai doa pembukaan dalam salat.

Membaca doa iftitah dalam Islam adalah sunnah muakkadah (sunah yang sangat ditekankan) yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim dalam setiap salat. Dalam hadis riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Apabila kalian mengimami salat, hendaklah kalian membaca doa iftitah. Dan apabila kalian salat sendiri, hendaklah kalian membaca apa yang mudah bagimu dari doa-doa." (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Dalam salat, membaca doa iftitah dilakukan pada rakaat pertama, setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca Al-Fatihah. Doa iftitah merupakan doa yang sangat mulia dan penuh dengan penghormatan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi setiap Muslim untuk membaca doa iftitah dalam setiap shalat yang dilakukan.

<b>Bacaan Doa Iftitah Pendek</b>

Bacaan Doa Iftitah Pendek

Bacaan Doa Iftitah Pendek Versi HR. Bukhari dan Muslim

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Allahumma baaid baynii wa bayna khotoyaaya kamaa baa'adta baynal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii min khotoyaaya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas. Allahummagh-silnii min khotoyaaya bil maa-iwats tsalji wal barod.

Artinya: “Ya Allah jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesialan-kesialan sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun.”

Bacaan Doa Iftitah Pendek Versi HR. Muslim, Abu Dawud, dan At-Tirmidzi

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

Subhaanakallahumma wa bi hamdika wa tabaarokasmuka wa ta'aalaajadduka wa laa ilaha ghoiruk.

Artinya: “Maha suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu, Maha berkah Nama-Mu. Maha tinggi kekayaan dan kebesaran-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau.”

Bacaan Doa Iftitah Pendek Versi HR. Muslim

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرَائِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ اِهْدِنِى لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِى مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Allahumma robba jibroo-iila wa mii-ka-iila wa isroofiila, faathiros samaawati wal ardhi 'aliimal ghoibi wasy syahaadah anta tahkumu bayna ibaadika fiimaa kaanuu fiihi yakhtalifuun, ihdinii limakhtulifa fiihi minal haqqi bi-idznik, innaka tahdi man tasyaa-u ilaa shirootim mustaqiim.

Artinya: “ Ya Allah, Rabbnya Jibril, Mikail dan Israfil. Wahai Pencipta langit dan bumi. Wahai Rabb yang mengetahui yang ghaib dan nyata. Engkau yang menjatuhkan hukum untuk memutuskan apa yang mereka pertentangkan. Tunjukkanlah aku pada kebenaran apa yang dipertentangkan dengan seizin dari-Mu. Sesungguhnya Engkau menunjukkan pada jalan yang lurus bagi orang yang Engkau kehendaki.”

Bacaan Doa Iftitah Pendek Versi HR. Ibnu Majah

إِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِىَ لِلَّذِى فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلاَتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ

Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros samaawaati wal ardlo haniifaaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wamahyaaya wa mamaati lillaahi robbil 'aalamiin. Laa syariikalahu wabidzaalika wa ana awwalul muslimiin.

Artinya: “ Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam keadaan tunduk dan aku bukanlah dari golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya salatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah orang yang pertama berserah diri.”

Doa Iftitah Pendek Versi Muhammadiyah

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا ، كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ ، وَالثَّلْجِ ، وَالبَرَدِ

Allahumma baa’id bainii khathayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib. Allaahumma naqqinii minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadlu minad danas. Allahummaghsil khathayaaya bil maa-I wats tsalji wal barad.

Artinya: “ Wahai Allah Jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana engkau jauhkan antara timur dan barat, ya Allah bersihkanlah aku dari kesalahan sebagaimana bersihnya baju putih dari kotoran, ya Allah basuhlah kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan air dingin.”

Doa Iftitah Pendek Versi NU

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allahu Akbar kabiira, walhamdu lillaahi katsiira, wasubhaanallahi bukratawwa ashiila. Wajjahtu wajhiya lilladzi fatharassamaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin.

Artinya: “ Allah Mahabesar lagi sempurna kebesaran-Nya, segala puji hanya kepunyaan Allah, pujian yang banyak, dan Mahasuci Allah di waktu pagi dan petang. Kuhadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan-Nya. Dan aku dari golongan oroang muslimin.”

<b>Keutamaan Membaca Doa Iftitah</b>

Keutamaan Membaca Doa Iftitah

Meskipun hukumnya sunah, membaca doa iftitah pendek maupun panjang sangat dianjurkan. Karena Nabi Muhammad saw sendiri juga membacanya. Bahkan doa iftitah juga memiliki beberapa keutamaan ketika membacanya.

Berikut adalah beberapa keutamaan membaca doa iftitah:

Mendapat Pahala

Salah satu keutamaan bagi orang yang membaca doa iftitah saat salat adalah mendapatkan pahala. Inilah pahala sebagai amalan sunah yang bisa Anda dapatkan. Dari doa iftitah ini juga telah menunjukkan bahwa kehidupan yang kita lalui sebagai ciptaan Allah SWT ini tidaklah bisa luput dari adalah kesalahan. Melalui doa iftitah, maka kita bisa memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang selama ini telah dilakukan.

Doa Diangkat oleh Para Malaikat

Keutamaan lainnya yang juga bisa didapatkan ketika membaca doa iftitah adalah doa yang akan diangkat oleh para malaikat. Hal ini sebagaimana hadis shahih dari Anas bin Malik RA. Di mana saat itu ada seorang laki-laki Muslim yang membaca doa iftitah. Kemudian Nabi saw bersabda:

“Aku melihat 12 malaikat bersegera menuju kepadanya (laki-laki Muslim) mereka saling berlomba untuk mengangkat do aitu kepada Allah SWT.” (Hadis riiwayat Muslim No. 1385)

Mendekatkan Diri pada Allah SWT

Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah dengan membaca doa iftitah ketika salat. Sekaligus inilah keutamaan yang bisa sahabat Dream dapatkan ketika membaca doa iftitah. Hal ini karena di dalam doa iftitah terdapat permohonan kepada Allah SWT dan juga memohon agar diberikan petunjuk, keselamatan, dan perlindungan dari Allah SWT.

Doa Iftitah Pendek Arab Latin, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Doa Iftitah Pendek Arab Latin, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Bacaan doa iftitah merupakan doa pembukaan yang dibaca di awal setiap rakaat dalam salat.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Iftitah dan Artinya, Lengkap Beserta Keutamaannya

Bacaan Doa Iftitah dan Artinya, Lengkap Beserta Keutamaannya

Salah satu sunah saat mengerjakan salat yaitu dengan membaca doa iftitah.

Baca Selengkapnya
Doa Iftitah Latin Pendek, Lengkap dengan Pedoman Mengamalkannya

Doa Iftitah Latin Pendek, Lengkap dengan Pedoman Mengamalkannya

Doa iftitah adalah doa sunah yang dianjurkan dalam shalat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa Setelah Tahajud Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Tahajud Arab, Latin dan Artinya

Doa setelah tahajud merupakan ungkapan rasa syukur, pengakuan, dan pujian kepada Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Iftitah Lengkap Arab Latin dan Artinya, Ketahui Keutamaan Membacanya

Doa Iftitah Lengkap Arab Latin dan Artinya, Ketahui Keutamaan Membacanya

Nabi Muhammad SAW membaca doa iftitah ketika mengerjakan salat sebab keutamaannya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Takbiran Idul Fitri Lengkap Arab, Latin dan Tata Cara Pelaksanaannya

Bacaan Doa Takbiran Idul Fitri Lengkap Arab, Latin dan Tata Cara Pelaksanaannya

Berikut bacaan doa takbiran Idul Fitri beserta tata cara pelaksanaannya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Halal Bihalal, Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

Bacaan Doa Halal Bihalal, Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

Doa halal bihalal bisa dibaca oleh umat Muslim saat berkunjung ke keluarga dan orang-orang terdekat.

Baca Selengkapnya
Doa Sholat Tasbih Lengkap Arab Latin, Ketahui Pula Tata Caranya

Doa Sholat Tasbih Lengkap Arab Latin, Ketahui Pula Tata Caranya

Doa sholat tasbih dapat menjadi wadah untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat-Nya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Agar Orang yang Kita Cintai Mencintai Kita Sesuai Syariat Islam Beserta Waktu Bermunajat

Bacaan Doa Agar Orang yang Kita Cintai Mencintai Kita Sesuai Syariat Islam Beserta Waktu Bermunajat

Berikut bacaan doa agar orang yang kita cintai mencintai kita juga menurut syariat islam.

Baca Selengkapnya