Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Perbedaan Kurma Kering dan Basah, Mana yang Lebih Baik?

Di tengah keanekaragaman buah-buahan yang memanjakan lidah di bulan puasa, kurma menonjol sebagai ciri khas yang harus ada di atas meja. Santapan wajib bulan Ramadan ini tidak hanya sekedar makanan pembuka puasa, tetapi juga sumber energi dan nutrisi yang kaya.

Namun, di balik kepopulerannya, masih banyak yang belum memahami perbedaan antara dua jenis kurma yang sering kita temui: kurma kering dan kurma basah.

Artikel ini akan mengajak Anda untuk mengupas perbedaan kurma kering dan basah. Dari tekstur yang memikat hingga manfaat kesehatan yang tersembunyi, kita akan mengeksplorasi bagaimana setiap jenis kurma berkontribusi pada keberagaman kuliner dan kesehatan kita.

<b>Perbedaan Kurma Kering dan Basah</b>

Perbedaan Kurma Kering dan Basah

1. Tekstur dan Kandungan Air

Kurma basah adalah buah segar dengan tekstur yang lunak dan kandungan air yang lebih tinggi, sehingga bagian dalamnya masih terasa basah. Warna kurma basah biasanya lebih cerah dibandingkan kurma kering. Kurma kering, di sisi lain, adalah kurma segar yang telah melalui proses pengeringan, menghilangkan hampir seluruh kandungan airnya, sehingga memiliki tekstur yang lebih padat dan umur simpan yang lebih panjang.

2. Masa Simpan

Kurma basah dapat bertahan hingga 8 bulan hingga 1 tahun jika disimpan dalam lemari pendingin, sedangkan kurma kering memiliki masa simpan yang lebih panjang, yaitu bisa bertahan hingga setahun di suhu ruangan dan hingga 5 tahun jika disimpan di dalam lemari pendingin.

3. Kandungan Kalori dan Nutrisi

Kurma kering mengandung lebih banyak kalori dibandingkan kurma basah. Sekitar 100 gram kurma kering mengandung 284 kkal, sementara kurma basah hanya mengandung sekitar 142 kkal. Kurma basah juga mengandung lebih banyak vitamin C, sedangkan kurma kering memiliki kalsium dan zat besi yang lebih tinggi.

4. Cara Menghidangkan

Kurma basah bisa dinikmati langsung atau dipadukan dengan makanan lain seperti roti panggang dengan keju dan madu. Kurma kering sering dimakan sebagai camilan atau ditambahkan ke dalam salad atau oatmeal.

Manfaat Kurma Kering dan Kurma Basah

Manfaat Kurma Kering:

  • Sumber Antioksidan: Kurma kering kaya akan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan peradangan.
  • Meningkatkan Pencernaan: Kandungan serat yang tinggi di dalam kurma kering dapat meningkatkan kesehatan usus, membantu pergerakan usus, dan mengatasi sembelit.

  • Kaya Nutrisi: Kurma kering mengandung kalori, karbohidrat, serat, protein, serta vitamin dan mineral penting seperti kalium, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, dan vitamin B6.
  • Energi Berkelanjutan: Karena kandungan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, kurma kering dapat menjadi sumber energi yang baik.

Manfaat Kurma Basah:

  • Rendah Kalori: Kurma basah memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan kurma kering, menjadikannya pilihan yang lebih baik bagi mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.
  • Menjaga Keseimbangan Elektrolit: Tingginya kandungan kalium dalam kurma basah membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

  • Mengatasi Anemia: Kurma basah dapat membantu mengobati anemia karena kandungan zat besi yang baik.
  • Mencegah Penyakit Jantung: Kurma basah juga dikaitkan dengan pencegahan penyakit jantung berkat kandungan nutrisinya yang mendukung kesehatan kardiovaskular.

Mana yang Lebih Baik?

Memilih antara kurma kering dan kurma basah tergantung pada kebutuhan nutrisi dan preferensi pribadi Anda. Kedua jenis kurma ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kurma Kering:

  • Lebih Tahan Lama: Kurma kering bisa bertahan hingga setahun di suhu ruangan dan hingga 5 tahun jika disimpan di dalam lemari pendingin.
  • Kaya Nutrisi: Mengandung lebih banyak kalori, karbohidrat, serat, serta mineral seperti kalsium dan zat besi dibandingkan kurma basah.
  • Sumber Energi: Karena kandungan gula alami yang tinggi, kurma kering bisa menjadi sumber energi yang baik, terutama bagi mereka yang membutuhkan asupan energi cepat.

Kurma Basah:

  • Rendah Kalori: Kurma basah memiliki kalori yang lebih rendah, cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.
  • Kaya Vitamin C: Berbeda dengan kurma kering, kurma basah mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Tekstur Lebih Lunak: Kurma basah memiliki tekstur yang lebih lunak dan segar, yang mungkin lebih disukai oleh beberapa orang.

Secara umum, kurma kering lebih cocok untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama dan bisa menjadi camilan yang mengenyangkan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Sementara itu, kurma basah lebih cocok untuk dikonsumsi segera setelah dibeli dan bisa menjadi pilihan yang lebih sehat bagi mereka yang ingin mengurangi asupan kalori.

Pada akhirnya, tidak ada yang secara mutlak lebih baik; pilihan terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Jika Anda menginginkan buah yang tahan lama dan mengenyangkan, kurma kering mungkin lebih cocok.

Namun, jika Anda mencari buah dengan kalori lebih rendah dan tekstur yang lebih segar, kurma basah bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana Anda ingin menggunakan kurma tersebut dalam diet atau resep masakan Anda.

Jenis Kurma Lain

Selain kurma kering dan kurma basah, ada pula jenis kurma lain, yaitu kurma segar. Kurma segar adalah jenis kurma yang langsung dijual setelah dipetik. Tekstur dari kurma ini mirip dengan kurma basah tetapi sedikit lebih kering.

Kurma segar memiliki rasa manis di awal dengan aftertaste yang sedikit sepat. Kandungan kalorinya juga lebih rendah dibandingkan kurma kering dan memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak.

9 Jenis Kurma dengan Kandungan Nutrisi dan Cita Rasa yang Khas, Perlu Diketahui!
9 Jenis Kurma dengan Kandungan Nutrisi dan Cita Rasa yang Khas, Perlu Diketahui!

Terdapat berbagai jenis kurma yang perlu kita kenali dengan nutrisi dan rasa yang berbeda satu sama lain.

Baca Selengkapnya
Terkesan Seperti Makan Ringan, Kurma Ternyata Juga Bermanfaat Tekan Asam Lambung
Terkesan Seperti Makan Ringan, Kurma Ternyata Juga Bermanfaat Tekan Asam Lambung

Selain menjadi pilihan yang direkomendasikan untuk berbuka puasa buah kurma juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan lambung.

Baca Selengkapnya
Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Pahami Ciri Fisik dan Perangainya
Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Pahami Ciri Fisik dan Perangainya

Kucing Anggora dan Persia, ras kucing berbulu sama yang sering disamakan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Manfaat Makan Kurma saat Buka Puasa, Bantu Stabilkan Gula Darah
Manfaat Makan Kurma saat Buka Puasa, Bantu Stabilkan Gula Darah

Makan kurma saat berbuka bukan sekadar ciri khas dari Ramadan. Tradisi ini menyimpan manfaat, terutama yang berkaitan dengan pemulihan diri setelah berpuasa.

Baca Selengkapnya
Pengertian Baju Kurung Basiba dan Makna di Balik Keindahannya
Pengertian Baju Kurung Basiba dan Makna di Balik Keindahannya

Berikut adalah penjelasan tentang pengertian baju kurung Basiba dan makna di balik keindahannya. Yuk simak untuk mengenal lebih jauh!

Baca Selengkapnya
8 Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Ternyata Baik Bagi Otak dan Jantung
8 Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Ternyata Baik Bagi Otak dan Jantung

Jarang diketahui, ternyata ada banyak manfaat es krim bagi kesehatan. Apa saja?

Baca Selengkapnya
Tekstur Makanan Bayi 8 Bulan dan Jenisnya, Berikan MPASI dengan Baik
Tekstur Makanan Bayi 8 Bulan dan Jenisnya, Berikan MPASI dengan Baik

Tekstur makanan bayi 8 bulan jadi hal penting untuk diperhatikan pada masa MPASI bayi.

Baca Selengkapnya
Sering Kucek Mata Terlalu Lama, Awas Ini Bahaya yang Mengintai
Sering Kucek Mata Terlalu Lama, Awas Ini Bahaya yang Mengintai

Mengucek mata adalah kebiasaan yang sering dilakukan, tetapi pakar kesehatan mata setuju bahwa itu tidak sehat.

Baca Selengkapnya
10 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Membaca Fiksi
10 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Membaca Fiksi

Terdapat banyak manfaat terhadap keseahtan mental yang bisa kita peroleh dari membaca karya fiksi.

Baca Selengkapnya