Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara Pengamalannya, Mudah Dipraktikkan
<b>Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara Pengamalannya, Mudah Dipraktikkan</b><br>

Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara Pengamalannya, Mudah Dipraktikkan

Sholat taubat adalah ibadah untuk membersihkan jiwa dan menghapus dosa.

Dalam perjalanan hidup yang penuh liku dan ujian, manusia tak luput dari kesalahan dan dosa. Namun, kebijaksanaan Allah yang Maha Pengasih memberikan peluang untuk bertaubat, sebuah tindakan yang tidak hanya membersihkan hati, tetapi juga mendekatkan diri kepada-Nya. Sholat taubat menjadi salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam mengembalikan kesucian hati dan meraih keampunan-Nya.

Tak sampai di situ, orang yang mendirikan sholat taubat juga dianjurkan membaca doa sholat taubat. Doa ini dapat dibaca usai kita mendirikan sholat taubat sebagai pelengkap dalam membersihkan hati.

Pengertian Sholat Taubat

Sebelum mengetahui doa sholat taubat, ketahui terlebih dahulu pengertian sholat taubat.

Sholat taubat adalah sholat sunah yang dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa atau kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat.

Sholat taubat ialah bentuk penyesalan dan niat untuk tidak mengulangi dosa atau kesalahan tersebut.

Sholat taubat dapat dilakukan kapan saja, tetapi lebih utama dilakukan pada malam hari, setelah sholat isya atau sebelum sholat tahajud. Sholat taubat dapat dikerjakan minimal 2 rakaat.

Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara Pengamalannya, Mudah Dipraktikkan

Tata Cara Sholat Taubat dan Bacaan Niatnya

Sholat taubat dilakukan sebanyak 2 rakaat bisa pula 4-6 rakaat. Berikut urutannya:

1. Niat Sholat Taubat Nasuha

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya:
'Saya niat sholat sunah tobat dua rakaat karena Allah.'

2. Takbirotul Ihram
3. Membaca doa Istiftah/iftitah

4. Membaca surat Al Fatihah

5. Membaca surat dari Al-Qur'an

6. Rukuk
7. I'tidal (Membaca doa i'tidal)
8. Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali)
9. Duduk di antara dua sujud (Membaca doa 'Robbighfirlii warhamnii...')
10. Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali)
11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan dari nomor 2 sampai 10.
12. Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir)
13. Salam Berdoa mohon ampunan

Fungsi Sholat Taubat

Sholat taubat adalah sholat sunah yang dilakukan dalam rangka memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat. Sholat taubat memiliki fungsi yang sangat penting bagi umat Islam, antara lain:

  • Sholat taubat merupakan salah satu cara untuk membersihkan diri dari kotoran dosa dan maksiat yang dapat menghalangi tercapainya kebahagiaan di dunia dan akhirat.

  • Sholat taubat merupakan salah satu bentuk kesungguhan seorang hamba untuk kembali kepada Allah dan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang menyakiti-Nya.

  • Sholat taubat merupakan salah satu sarana untuk mendapatkan ampunan, rahmat, dan cinta dari Allah, yang merupakan sumber segala kebaikan dan keberkahan.

  • Sholat taubat merupakan salah satu amalan yang dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa seorang Muslim, serta menjauhkannya dari godaan syaitan dan hawa nafsu.

  • Sholat taubat merupakan salah satu ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah dan merasakan kedamaian, ketenangan, dan kebahagiaan hati.

Bagaimana Jika Masih Mengulang Dosa?

Jika sudah melakukan sholat taubat, tetapi tetap mengulangi dosa yang sama, apakah taubatnya masih bisa terus diterima?

<b>Bagaimana Jika Masih Mengulang Dosa?</b><br>

Abu Hurairah Radiyallahu’anhu, menjelaskan bahwa Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

'Sesungguhnya seorang laki-laki berbuat dosa lalu berkata: 'Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata: 'Hambaku berbuat dosa lalu ia tahu bahwa ia memiliki Tuhan yang Maha Mengampuni dosa dan ia merealisasikannya, sesungguhnya Aku telah ampuni hambaku tersebut.'

Kemudian ia pun berbuat dosa lagi dosa yang lainnya lalu berkata: 'Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah, maka Allah Tabaroka wa Ta’ala berkata: 'Hamba-Ku mengetahui bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun lalu ia pun merealisasikannya.'

'Sesungguhnya telah aku ampuni hambaku. Kemudian ia melakukan dosa yang lainnya lagi, dan ia berkata : 'Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa, maka ampunilah.'

Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata lagi: 'Hamba-Ku tahu bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun dan ia merealisasikannya. 'Maka Aku mempersaksikan kepada kalian semua bahwa sesungguhnya Aku sungguh telah mengampuni hamba-Ku maka silahkan dia lakukan apa yang dia kehendaki.'

(HR. Imam Ahmad).

Doa setelah Sholat Taubat

Setelah melaksanakan sholat taubat, hendaknya kita melantunkan doa setelah sholat taubat sembari berzikir untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Adapun bacaan zikir setelah sholat taubat adalah:

Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi.

Artinya: Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.

Bacaan tersebut diucapkan 100 kali dengan setulus-tulusnya.

merdeka.com

Setelah itu dilanjutkan dengan doa setelah sholat taubat sesuai ajaran Rasulullah SAW berikut ini:

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu. A 'udzu bika min syarri maa shona'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya:
Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Diharapkan setelah mengerjakan sholat taubat, seseorang tidak mengulangi lagi dosa yang pernah diperbuat dan memperbanyak bersedekah.

Bersedekah dapat menghapus dosa, sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Thaha ayat 82 yang artinya:

“Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.”

Hadis tentang Taubat

Sholat taubat adalah sholat sunah yang dianjurkan berdasarkan kesepakatan empat mazhab. Hal ini didasarkan pada hadis Abu Bakr Ash Shiddiq, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ». ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ (وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ) إِلَى آخِرِ الآيَةِ

“Tidaklah seorang hamba melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik, kemudian berdiri untuk melakukan shalat dua raka’at kemudian meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya.” Kemudian beliau membaca ayat ini: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, dan Ibnu Majah.)

Selain itu, ada sebuah hadis yang patut jadi renungan, di mana Anas bin Malik menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman,


قَالَ اللَّهُ يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِى وَرَجَوْتَنِى غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ وَلاَ أُبَالِى يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِى غَفَرْتُ لَكَ وَلاَ أُبَالِى يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِى بِقُرَابِ الأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِى لاَ تُشْرِكُ بِى شَيْئًا لأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

merdeka.com

”Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Tirmidzi.)

Bacaan Doa Sholat Hajat Lengkap dengan Niat dan Tata Caranya
Bacaan Doa Sholat Hajat Lengkap dengan Niat dan Tata Caranya

Mengamalkan doa sholat hajat menjadi salah satu bentuk ikhtiar agar keinginan dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Manfaat Keutamaannya
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Manfaat Keutamaannya

Sholat Dhuha termasuk sholat sunah yang banyak memberikan manfaat kebaikan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Niat Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara dan Doanya
Niat Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara dan Doanya

Merdeka.com rangkum bacaan doa sholat beserta niat, tata cara dan amalannya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tata Cara Sholat Taubat Lengkap dengan Doa dan Waktu Pengerjaannya yang Penting Diketaui
Tata Cara Sholat Taubat Lengkap dengan Doa dan Waktu Pengerjaannya yang Penting Diketaui

Tata cara dan doa sholat taubat lengkap dengan artinya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Niat & Doa Wudhu Lengkap Sebelum & Sesudah Dikerjakan yang Perlu Dihafalkan
Bacaan Niat & Doa Wudhu Lengkap Sebelum & Sesudah Dikerjakan yang Perlu Dihafalkan

Berikut bacaan niat dan doa wudhu lengkap sebelum dan sesudah mengerjakannya yang perlu dihafalkan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tata Cara Sholat Taubat, Begini Bacaan Niat hingga Doanya yang Perlu Dipahami
Tata Cara Sholat Taubat, Begini Bacaan Niat hingga Doanya yang Perlu Dipahami

Sholat taubat memiliki tujuan untuk meminta ampunan kepada Allah atas dosa yang dilakukan sebelumnya, baik yang disengaja apalagi yang disengaja.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap, Ketahui Juga Tata Caranya
Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap, Ketahui Juga Tata Caranya

Lengkapi amalan sunah sholat hajat Anda dengan bacaan doa yang dianjurkan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Sholat Dhuha Latin dan Artinya, Ketahui Keutamaannya
Bacaan Doa Sholat Dhuha Latin dan Artinya, Ketahui Keutamaannya

Doa sholat dhuha adalah doa yang dianjurkan untuk diamalkan usai ibadah dhuha. Dalam doa ini terkandung pujian kepada-Nya, keberkahan, dan kelimpahan rezeki.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam

Usai melaksanakan sholat tahajud, ada baiknya Anda duduk sebentar untuk berzikir dan membaca doa sholat tahajud.

Baca Selengkapnya icon-hand