Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Wajah Breakout Parah Bikin Rasa Percaya Diri Jadi Turun, Selamatkan dengan Tips Mudah Ini

Wajah Breakout Parah Bikin Rasa Percaya Diri Jadi Turun, Selamatkan dengan Tips Mudah Ini

Wajah Breakout Parah Bikin Rasa Percaya Diri Jadi Turun, Selamatkan dengan Tips Mudah Ini

Punya wajah breakout parah memang bisa bikin hati siapapun kesal. Sebab kehadirannya sendiri dianggap cukup mengganggu oleh banyak orang. Bayangkan saja, jika breakout tiba-tiba muncul di beberapa area wajahmu, seperti pipi atau jidat. Pastinya hal tersebut akan bikin penampilan jadi kurang estetik dan bahkan menurunkan rasa percaya diri yang dipunya.

Buat yang masih bingung, istilah breakout artinya kondisi kulit yang mengalami masalah iritasi dan jerawat di wajah. Ciri-ciri breakout di wajah ini biasanya berupa kemerahan, munculnya jerawat, kulit terasa gatal, dan lain sebagainya.

Penyebab breakout di pipi dan area kulit wajah lainnya pun juga beragam. Mulai dari penggunaan produk makeup yang kurang tepat, paparan debu dan polusi di jalanan, pola diet yang kurang sehat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara itu, berapa lama breakout sembuh sebenarnya berbeda-beda untuk kasus setiap orang. Ada yang bisa sembuh dalam hitungan hari. Ada pula yang berminggu-minggu dan bahkan berbulan-bulan.

Pertanyaannya, bagaimana sih caranya agar bisa terbebas dari kulit wajah breakout?

Jawaban dari masalah ini tentunya dapat kamu dapatkan dengan ketat menjaga gaya hidup hingga wajib menggunakan skincare untuk wajah breakout.

Untuk lebih lanjut, yuk baca culu informasinya berikut ini.

1. Jaga Kebersihan Kulit dengan Baik

Wajah breakout parah menjadi pertanda bahwa lapisan kulit kamu menyimpan banyak sekali kotoran yang kurang baik.

1. Jaga Kebersihan Kulit dengan Baik

Ya, pada dasarnya berbagai penyebab wajah breakout memang dapat berdampak pada kualitas kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Untuk itulah, kamu wajib menjaga kebersihan kulit dengan baik agar wajah breakout parah nggak semakin menjadi-jadi.

Dalam hal membebaskan kulit wajah dari breakout artinya kamu wajib betul-betul memerhatikan rangkaian produk perawatan yang tepat. Mulai dari memilih sabun cuci muka, face cleanser, hingga mempertimbangkan menggunakan air dingin saat mencuci muka. Tapi, produk pembersih wajah breakout seperti apa sih yang seharusnya dipilih?

Mengingat wajah yang breakout memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi, maka sebaiknya carilah produk-produk pembersih wajah dengan bahan-bahan yang lembut, ringan di kulit, dan memiliki sensasi menenangkan.

Dengan demikian, kulit wajah bukan hanya bisa bersih, tetapi juga bikin berbagai gejala kulit wajah breakout mereda. Kamu bisa mencuci wajah dua kali sehari agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. So, terapkan langkah penting ini, ya.

2. Jangan Lupakan Penggunaan Moisturizer

Selain menjaga kebersihan kulit, mengatasi wajah breakout parah pun akan bisa dilakukan bila kamu rajin menggunakan moisturizer. Penggunaan produk skincare untuk wajah breakout ini secara rutin dapat membuat kelembapan pada kulit tetap terjaga. Sehingga, permasalahan seperti wajah breakout parah bisa diatasi tanpa perlu ribet lagi.

Jika kamu bertanya moisturizer wajah breakout seperti apa yang cocok dan bagus buat dipilih, maka ada beberapa hal penting yang harus diketahui terlebih dahulu.

Untuk membebaskan jerawat di wajah, maka kamu wajib mencari moisturizer yang memiliki label non comedogenic dengan tekstur ringan yang mudah diserap kulit.

Dengan begitu, formula ajaibnya akan dapat bekerja dengan maksimal dan sekaligus mencegah terjadinya penumpukkan pada pori-pori kulit.

3. Kurangi Pemakaian Makeup

Kondisi wajah breakout parah yang terjadi dapat semakin sulit diatasi apabila kamu menggunakan produk makeup dengan terlalu berlebihan.

3. Kurangi Pemakaian Makeup<br>

Apalagi bila produk makeup tersebut ternyata nggak cocok dengan jenis kulit yang kamu miliki, yang ujung-ujungnya justru dapat menjadi penyebab breakout di pipi dan area wajah lainnya.

For your information saja, beberapa formula tertentu di dalam produk kosmetik bisa menyumbat pori-pori sehingga membuat jerawat di wajah dan breakout semakin parah. Itulah mengapa, daripada harus menghadapi permasalahan wajah breakout yang lebih runyam, lebih baik pertimbangkan saja untuk meminimalisir pemakain produk kecantikan tersebut. Sebab, Breakout muka yang kamu alami akan bisa mereda dengan mengurangi pemakaian makeup.

4. Pakai Acne Patch

Selama proses perawatan wajah breakout parah, cobalah untuk menggunakan acne patch sebagai solusinya. Penggunaan produk ini semakin digemari para acne fighter dari beberapa waktu terakhir. Bahkan, banyak anak muda yang mengandalkan manfaatnya untuk mengatasi dan sekaligus menutup jerawat di wajah.

Penyebab breakout di pipi dan area wajah lainnya bisa sangat lama sembuhnya adalah karena adanya pembiaran yang sengaja dilakukan.

Pembiaran ini biasanya dapat terjadi karena beberapa orang tertentu terlalu malas atau nggak ada waktu untuk mengurusi permasalahan di kulit wajah mereka. Tapi tenang saja, karena adanya acne patch ini bisa menjadi solusi ampuh dan nggak pakai ribet untuk hilangkan jerawat di wajah.

Acne patch dapat membuat kondisi wajah breakout seperti apa pun jadi lebih mendingan. Sebab, produk ini bekerja dengan cara menyerap nanah dan minyak berlebih yang ada pada wajah. Cukup tempelkan saja produk ini ke permukaan kulit wajah. Biarkan selama 6-12 jam sesuai petunjuk penggunaan. Setelah itu, lepas dan pasangkan dengan yang baru.

5. Pilih Produk Skincare dengan Kandungan Vitamin C

Wajah breakout parah nyatanya bisa disembuhkan apabila didukung dengan penggunaan produk skincare yang mengandung vitamin C.

5. Pilih Produk Skincare dengan Kandungan Vitamin C<br>

Tahukah kamu bahwa vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Bahkan sejumlah studi menjelaskan bahwa vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi, di mana hal tersebut sangat bagus meredakan peradangan di kulit, mencerahkan kulit, hingga mengatasi permasalahan jerawat di wajah.

Skincare untuk wajah breakout yang mengandung vitamin C di dalamnya saat ini sudah banyak. Kamu tinggal pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu.

Tapi ingat ya, agar breakout muka nggak semakin parah, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter profesional agar khasiat dari vitamin C ini bisa didapatkan dengan maksimal sewaktu digunakan.

6. Gunakan Facial Mask dengan Bahan yang Ringan dan Menenangkan

Jika mengalami wajah breakout parah, cobalah untuk menggunakan facial mask dengan bahan yang menenangkan. Ini adalah salah satu cara mengatasi breakout di wajah yang gampang dan nggak pakai ribet.

Apalagi jika penyebab breakout di pipi dan area lainnya karena paparan debu dan kotoran, serta kulit wajah yang memiliki minyak berlebih.

Dalam mengatasi breakout muka, produk facial mask sendiri bekerja dengan menyeimbangkan kadar minyak pada wajah, dan meringankan iritasi, dan membuat pori-pori pada kulit mengecil. Namun, jangan sampai salah pilih produk facial mask, ya?

Carilah masker wajah yang mengandung salicylic acid di dalamnya. Kandungan ini dapat dipercaya untuk melawan jerawat yang muncul pada wajahmu. Selain itu, pilih juga produk yang memiliki kebaikan niacinamide, yang memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit. Untuk dapatkan manfaat yang maksimal, gunakan facial mask secara rutin sebanyak 2-3 kali seminggu.

7. Pakai Tabir Surya yang Melindungi

Cara mengatasi breakout di wajah selanjutnya yang nggak kalah penting adalah dengan rajin memakai tabir surya atau sunscreen.

7. Pakai Tabir Surya yang Melindungi<br>

Skincare untuk wajah breakout ini dapat melindungi lapisan kulit dari dampak buruk sinar UV matahari. Bahkan, beberapa produk sunscreen saat ini juga ada yang memiliki formula mutakhir untuk menangkal debu dan polusi yang bertebaran bebas di jalanan.

Untuk mengatasi breakout artinya kamu juga harus memiliki kesabaran dan ketelatenan yang ekstra. Termasuk pula dalam pemakaian tabir surya selama menjalani proses pemulihan breakout muka.

8. Atur Pola Makan dengan Baik

Jika ingin mengatasi masalah breakout artinya kamu juga perlu menjaga ketat pola makan sehari-hari. Diet sebenarnya sah-sah saja. Dengan syarat, harus dilakukan dengan sehat dan seimbang.

Jangan karena ingin menurunkan atau menaikan berat badan, justru kamu makan makanan dengan asal-asalan, yang penting berat badan bisa naik atau turun.

Pikirkan kembali, kira-kira berapa lama breakout sembuh bila menu bersantap kamu saja masih kurang baik? Pastinya bakal lama banget, bukan? Untuk itu, hindari berbagai macam pola makan yang buruk demi kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu.

Hindari mengonsumsi makanan berlemak, makanan olahan, hingga makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan juga mineral.

Selain itu, di saat masalah breakout muka muncul, perhatikan pula waktu bersantap kamu dengan baik. Jadwal makan yang teratur dan dilakukan dengan tepat waktu akan membuat jerawat di wajah bisa lebih cepat sembuh.

Jika menerapkan cara mengatasi breakout di wajah yang satu ini, percayalah permasalahan kulit yang dialami pasti akan segera mereda.

9. Jangan Menumpuk Stress di Dalam Tubuh

Terjadinya breakout artinya ada masalah yang sedang tubuh kamu hadapi. Permasalahan ini bukan hanya berkaitan dengan jasmani saja, melainkan juga psikologi.

9. Jangan Menumpuk Stress di Dalam Tubuh

Apabila mental terguncang dan mengalami stress parah, maka permasalahan seperti jerawat di wajah akan semakin parah dan sulit diatasi.

Itulah mengapa, banyak yang mengatakan bahwa nggak baik untuk menumpuk stress terlalu banyak dan lama di dalam tubuh.

Sebab, penyebab breakout di pipi dan area wajah lainnya ini dapat merugikan kamu, baik secara fisik maupun mental.

Bahkan, ada beberapa kasus breakout muka yang lama sembuhnya karena terlalu sering stress di kehidupan nyata.

Itulah mengapa, agar nggak berlarut-larut dalam permasalahan breakout muka, sebaiknya mulailah untuk mengelola stress yang dimiliki.

Jika butuh bantuan, kamu bisa berbagi cerita dengan sahabat terdekat atau dapat langsung mengunjungi ahli kejiwaan profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

10. Tidur Tepat Waktu dan Durasi yang Cukup

Cara mengatasi breakout di wajah terakhir yang dapat kamu tempuh yaitu tidur dengan tepat waktu dan durasi yang cukup. Tidur yang berkualitas nyatanya dapat membuat proses penyembuhan jerawat di wajah semakin cepat. Sebab, beristirahat sendiri dapat berdampak baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit kamu.

Untuk berapa lama breakout sembuh, pastinya ditentukan dengan seberapa baik pola tidur yang kamu jalani. Maka dari itu, usahakanlah untuk beristirahat yang cukup, yaitu selama 7-8 jam dalam sehari.

Lalu, jauhkan hal-hal yang mungkin akan menjadi gangguan dalam tidur lelapmu di malam hari. Nggak ketinggalan, tenangkan pikiran agar tidur bisa lebih nyaman dan nyenyak.

Itu tadi sejumlah cara mengatasi breakout di wajah yang bisa dilakukan. Dengan mengikuti tips-tips di atas secara konsisten, kamu pun dapat membantu menyelamatkan kulit wajah dari breakout parah dan meningkatkan rasa percaya diri.

Ingatlah bahwa perubahan nggak akan terjadi secara instan, tetapi dengan kesabaran dan dedikasi. Dengan begitu, kulit yang sehat dan percaya diri dapat dicapai dengan lebih mudah. Selamat mencoba!

Tips Atasi Munculnya Tungau atau Kutu Busuk di Kasur, Cegah Masuknya Wabah
Tips Atasi Munculnya Tungau atau Kutu Busuk di Kasur, Cegah Masuknya Wabah

Tungau dan kutu busuk merupakan salah satu wabah yang saat ini muncul dan perlu kita cegah.

Baca Selengkapnya
Tips Ampuh Biar Lolos Wawancara Kerja
Tips Ampuh Biar Lolos Wawancara Kerja

Beberapa pelamar kerja seringkali mengabaikan beberapa hal penting saat wawancara.

Baca Selengkapnya
8 Tips Wajah Bebas Jerawat, Ini Rahasia Kulit Sehat dan Mulus
8 Tips Wajah Bebas Jerawat, Ini Rahasia Kulit Sehat dan Mulus

Wajah bebas jerawat tak hanya dicapai dengan perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kebiasaan Menunda Membuat Jam Kerja Tidak Pernah Cukup? Temukan Solusi Permanennya di Sini!
Kebiasaan Menunda Membuat Jam Kerja Tidak Pernah Cukup? Temukan Solusi Permanennya di Sini!

Berikut terdapat 7 tips ampuh yang dapat membantu kamu menghilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Lidah Pahit Saat Berpuasa, Pahami Berbagai Penyebabnya
Cara Mengatasi Lidah Pahit Saat Berpuasa, Pahami Berbagai Penyebabnya

Lidah pahit saat berpuasa menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Baca Selengkapnya
8 Tips Hidup Hemat yang Patut Dicoba, Persiapkan Masa Depan yang Lebih Baik
8 Tips Hidup Hemat yang Patut Dicoba, Persiapkan Masa Depan yang Lebih Baik

Hidup hemat dapat menciptakan stabilitas keuangan jangka panjang yang baik untuk masa depan.

Baca Selengkapnya
10 Cara Mudah Mengatasi Rasa Lapar agar Kita Merasa Lebih Kenyang Tanpa Harus Makan Berlebih
10 Cara Mudah Mengatasi Rasa Lapar agar Kita Merasa Lebih Kenyang Tanpa Harus Makan Berlebih

Mengatasi rasa lapar dan membuat diri kita kenyang bisa dilakukan tanpa harus makan secara berlebih. Ketahui berbagai cara yang bisa dilakukan ini.

Baca Selengkapnya
Cara Belajar Anak Usia Dini yang Efektif, Ketahui Tipsnya
Cara Belajar Anak Usia Dini yang Efektif, Ketahui Tipsnya

Cara Belajar Anak Usia Dini yang Efektif, Ketahui Tipsnya

Baca Selengkapnya
Tidak Perlu dijemur, Ini Trik Awetkan Daun Salam Biar Tetap Hijau dan Harum Selama 2 Minggu
Tidak Perlu dijemur, Ini Trik Awetkan Daun Salam Biar Tetap Hijau dan Harum Selama 2 Minggu

Daun salam akan tetap awet harum dan tidak berubah warna sedikitpun sampai 2 minggu. Ikuti caranya..

Baca Selengkapnya