Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan, Bantu Sembuhkan Luka

Daun bidara atau Zizyphus mauritania adalah semak pohon berkhasiat yang biasa digunakan sebagai obat herbal.

Seiring dengan berjalannya waktu, pengetahuan tentang daun bidara sebagai obat herbal telah meluas, menarik perhatian ilmu pengetahuan modern untuk lebih memahami potensinya dalam dunia pengobatan alami.

Daun bidara mengandung senyawa-senyawa seperti flavonoid, polifenol, alkaloid siklopeptida, glikosida, minyak atsiri, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Daun bidara juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat meningkatkan efek peningkatan kesehatannya.

Dengan tingginya minat dalam pengobatan alami dan herbal, daun bidara menjadi subjek penelitian yang menjanjikan untuk pengembangan obat-obatan baru dan pemahaman lebih lanjut tentang kesehatan manusia.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas lebih jauh tentang manfaat dan kegunaan daun bidara dalam konteks kesehatan dan pengobatan alami.

<b>Manfaat Daun Bidara</b>

Manfaat Daun Bidara

1. Kontrol Gula Darah

Manfaat daun bidara yang pertama adalah untuk membantu mengontrol gula darah. Seperti dilansir dalam laman Hellosehat, gula darah atau biasa dikenal dengan diabetes (kencing manis) termasuk dalam deretan penyakit kronis atau berbahaya.

Manfaat daun bidara ini mampu membuat penggunaan insulin dalam menyerap gula darah bekerja secara efektif. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin A pada daun bidara mampu meningkatkan sensivitas insulin.

2. Sembuhkan Luka

Manfaat daun bidarayang kedua adalah untuk membantu menyembuhkan luka. Disebutkan dalam sebuah riset yang dilakukan pada 2016 lalu, ekstrak daun bidara mempunyai senyawa glikosida yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar. Kandungan itu mampu membantu menghilangkan bekas luka lain pada kulit.

Selain itu, kandungan tersebut bisa membantu menghilangkan bekas luka lain pada kulit. Ini akan sangat berguna khususnya bagi Anda yang memiliki luka tak kunjung sembuh.

3. Redakan Nyeri

Manfaat daun bidara yang ketiga adalah untuk membantu meredakan nyeri. Hal ini dikarenakan daun bidara mengandung flavonoid dan saponin yang memiliki sifat sebagai pelemas otot atau bahkan meredakan rasa nyeri.

Manfaat ini sudah dibuktikan lewat percobaan yang dilakukan pada sel jaringan makhluk hidup. Daun bidara bisa melemaskan otot-otot dalam kondisi menegang.

4. Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun bidara selanjutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan jantung manusia. Penyakit jantung merupakan salah satu kondisi yang harus diwaspadai.

Umumnya, orang berisiko tinggi terkena jantung koroner disebabkan oleh faktor makanan yang dikonsumsi.

Untuk itu, Anda bisa menambahkan rebusan daun bidara ke dalam menu makan untuk mencegah munculnya penyakit jantung.

5. Turunkan Kolesterol

Manfaat lain yang bisa didapat dari daun bidara adalah sebagai agen untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Sebagaimana diketahui, penyakit yang satu ini sangat umum dialami oleh manusia.

Namun siapa sangka, bahwa kolesterol bisa diatasi dengan daun bidara. Serat yang larut di dalam air daun bidara berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, daun bidara bisa mengikat kolesterol yang ada pada sistem pencernaan.

7. Jaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat daun bidara yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kesehatan tulang menjadi salah satu hal yang penting untuk dijaga. Salah satu cara menjaganya ialah dengan menggunakan daun bidara, sebab di dalamnya sudah terkandung mineral cukup tinggi. Ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Sebab, untuk menyusun tulang dan gigi diperlukan banyak mineral kalsium. Apabila Anda mengalami masalah kesehatan tulang, pertimbangkan untuk mengonsumsi daun bidara yang satu ini.

8. Atasi Masalah Pencernaan

Daun bidara juga bermanfat untuk mengatasi masalah pencernaan. Daun bidara mampu meringankan dampak negatif dalam asam lambung.

Selain itu, ia juga bisa mengeluarkan racun yang ada pada sistem pencernaan tubuh. Daun bidara juga bisa mencegah terjadinya infeksi di saluran pencernaan. Tak ayal jika tanaman satu ini akan sangat cocok bagi para penderita penyakit maag.

9. Atasi Masalah Kewanitaan

Mengatasi masalah kewanitaan juga menjadi salah satu keistimewaan daun bidara. Daun bidara mempunyai kandungan antiseptik yang bisa mengatasi masalah keputihan dan juga menstruasi.

Ini berguna bagi Anda yang kerapkali mengalami masalah pada organ kewanitaan. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan daun bidara. Tak hanya itu, kandungan antiseptik di dalamnya bisa menstabilkan hormon agar menstruasi kembali normal dan menekan bakteri penyebab keputihan.

10. Obati Sariawan

Sariawan adalah kondisi gangguan kesehatan yang membuat mulut terasa tidak nyaman. Sariawan terjadi karena kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh.

Kondisi ini kerap memicu penderitanya segera mencari cara untuk menyembuhkannya. Salah satu kandungan yang ada di dalam daun bidara ternyata dapat mencegah bakteri di dalam mulut. Selain mengatasi sariawan, daun bidara bisa membantu mengatasi masalah mulut lainnya, seperti bibir pecah-pecah dan kering.

11. Cegah Depresi

Daun bidara dipercaya bisa menjadi salah satu solusi dalam mencegah hingga meringankan depresi. Kandungan yang ada di dalam daun bidara memberikan sebuah efek nyaman dan dingin di dalam tubuh sehingga dapat meringankan gejala depresi yang sedang dialami.

Anda bisa mengkonsumsi olahan daun bidara menjadi sebuah minuman seperti teh untuk mendapatkan hasil dan efek yang baik di dalam tubuh. Jika olahan teh daun bidara ini dapat dikonsumsi secara rutin tentu dapat mengatasi depresi tersebut.

12. Atasi Insomnia

Jika Anda memiliki masalah sulit tidur, daun bidara bisa menjadi pilihan pengobatan. Tanaman ini mengandung saponin yang memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengobati insomnia.

Anda bisa mengolah daun ini dengan merebusnya menjadi teh. Lalu minum sebelum tidur. Hasilnya, daun bidara bisa menjadi obat tidur alami untuk memastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup.

8 Manfaat Daun Bambu bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan
8 Manfaat Daun Bambu bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan

Gali potensi daun bambu sebagai sumber kesehatan yang alami dan efektif berikut ini.

Baca Selengkapnya
7 Manfaat Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Jaga Kesehatan Mulut hingga Jantung
7 Manfaat Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Jaga Kesehatan Mulut hingga Jantung

Dari meningkatkan kesehatan mulut hingga menjaga vitalitas sistem pencernaan, daun jeruk nipis telah menjadi bahan penting dalam dunia pengobatan tradisional.

Baca Selengkapnya
10 Manfaat Minum Jamu untuk Kesehatan, Atasi Banyak Penyakit
10 Manfaat Minum Jamu untuk Kesehatan, Atasi Banyak Penyakit

Sejak dahulu, jamu sudah dipercaya sebagai obat herbal yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan, Efektif Menurunkan Kolesterol
Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan, Efektif Menurunkan Kolesterol

Daun bidara memiliki beragam kandungan baik untuk tubuh.

Baca Selengkapnya
13 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh & Begini Cara Mengolah yang Tepat
13 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh & Begini Cara Mengolah yang Tepat

Daun binahong memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut manfaat daun binahong dan cara mengolahnya yang tepat.

Baca Selengkapnya
Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ada banyak manfaat daun sirih cina untuk kesehatan yang bisa didapatkan.

Baca Selengkapnya
Minuman Herbal untuk Redakan Batuk, Alami dan Efektif
Minuman Herbal untuk Redakan Batuk, Alami dan Efektif

Batuk adalah masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Untuk meredakannya, bahan-bahan alami ini bisa menjadi solusi untuk dikonsumsi.

Baca Selengkapnya
10 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui
10 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat buah durian untuk kesehatan yang penting diketahui.

Baca Selengkapnya
11 Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan, Efektif Atasi Peradangan
11 Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan, Efektif Atasi Peradangan

Tanaman herbal ini sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena kandungan senyawa aktifnya yang memiliki potensi kesehatan.

Baca Selengkapnya
SEMENIT PAHAM: Elektabilitas 3 Cawapres Terbaru, Siapa Bikin Untung dan Buntung Capresnya?
SEMENIT PAHAM: Elektabilitas 3 Cawapres Terbaru, Siapa Bikin Untung dan Buntung Capresnya?

Mahfud MD, Gibran Rakabuming dan Muhaimin Iskandar. Kira-kira, siapa ya yang paling tinggi menambah elektabilitas capresnya?

Baca Selengkapnya