Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bacaan Doa Setelah Tarawih Latin dan Artinya, Tambah Pahala di Bulan Mulia

Doa sesudah sholat tarawih dianjurkan dibaca umat muslim selepas ibadah sunnah ini dilakukan. Sholat tarawih pada umumnya dilakukan secara berjemaah di masjid. Akan tetapi, shalat tarawih dapat dikerjakan sendiri di rumah dalam situasi tertentu.

Anjuran untuk menjalankan ibadah sholat tarawih ini sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda,

Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim). Yang dimaksud qiyam Ramadhan dalam hadist ini adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh Imam Nawawi (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim).

Selepas menunaikan ibadah sholat tarawih, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah tarawih. Sepertinya yang diketahui, sebaiknya umat muslim di bulan Ramadan bermunajat di malam hari.

Sebab, di bulan yang suci ini seorang muslim akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu, doa setelah tarawih sebaiknya diketahui umat muslim. Berikut doa setelah tarawih dan artinya yang merdeka.com rangkum dari NU Online:

Tata Cara Sholat Tarawih

Sebelum mengetahui bacaan doa setelah tarawih, terlebih dahulu mengerti tata cara sholat tarawih. Sholat sunnah ini dapat dilakukan sendiri di rumah apabila memenuhi beberapa kriteria seperti usia sudah uzur, hujan yang dapat membasahi pakaian, datangnya salju, cuaca dingin, sakit berat, hingga kekhawatiran atas gangguan keselamatan jiwanya.

Dalam menjalankan sholat tarawih terdapat dua pendapat mengenai jumlah rakaatnya, yaitu 8 rakaat dan 20 rakaat. Meskipun begitu, kedua pendapat tersebut memiliki dalil yang sama-sama kuat. Adapun tata cara sholat tarawih adalah sebagai berikut:

1. Mengucap niat sholat tarawih.

Ushallu Sunnatat tarawihi ra'atayni mustaqbilal qiblati ada'an lillahi ta'ala.

Artinya:
"Aku niat shalat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala".

2. Niat di dalam hati saat takbiratul ihram.

3. Mengucap takbir saat takbiratul ihram sambil niat di dalam hati.

4. Membaca ta'awuz dan surah Al-Fatihah, kemudian diikuti salah satu surah dalam Al- Quran.

5. Rukuk.

6. I'tidal.

7. Sujud pertama.

8. Duduk di antara dua sujud.

9. Bangkit dari duduk, kemudian mengerjakan rakaat yang kedua dengan gerakan yang sama.

10. Salam pada rakaat kedua.

11. Istighfar dan membaca kamalin.

Bacaan Doa Setelah Tarawih Latin dan Artinya, Tambah Pahala di Bulan Mulia

Tarawih di Rumah atau Berjamaah?

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya, mana yang lebih baik ketika melaksanakan sholat tarawih, di rumah sendirian atau di masjid berjamaah?

Terkait hal ini, Imam Nawawi rahimahullah berkata,

“Para ulama sepakat bahwa shalat tarawih itu sunnah. Namun mereka berselisih pendapat apakah shalat tarawih itu afdhol dilaksanakan sendirian atau berjama’ah di masjid. Imam Syafi’i dan mayoritas ulama Syafi’iyah, juga Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad dan sebagian ulama Malikiyah berpendapat bahwa yang afdhol adalah shalat tarawih dilakukan secara berjama’ah sebagaimana dilakukan oleh ‘Umar bin Al Khottob dan sahabat radhiyallahu ‘anhum. Kaum muslimin pun terus ikut melaksanakannya seperti itu.” (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim).

Doa Setelah Tarawih dan Artinya

Setelah selesai menunaikan ibadah sholat tarawih, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa. Adapun doa sesudah tarawih yang lazim dibaca para ulama setiap selepas sholat tarawuh adalah doa kamilin. Dikutip dari NU Online, berikut doa sesudah tarawih dan artinya:

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هٰذِهِ لَيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummaj‘alna bil imani kamilin. Wa lil faraidli muaddin. Wa lish-shlati hafidhîn. Wa liz-zakâti fa‘ilin. Wa lima ‘indaka thalibin. Wa li ‘afwika rajin. Wa bil-huda mutamassikîn. Wa ‘anil laghwi mu‘ridlin. Wa fid-dunyâ zahdan. Wa fil ‘akhirati raghibin. Wa bil-qadla’I radlin. Wa lin na‘ma’I syakirin. Wa ‘alal bala’i shabirîn. Wa tahta liwâ’i muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam yaumal qiyâmati sa’irina wa alal haudli waridin. Wa ilal jannati dâkhilin. Wa minan nari najin. Wa 'ala sariirl karamati qa'idin. Wa bi hûrun 'in mutazawwijîn. Wa min sundusin wa istabraqin wadîbajin mutalabbisîn. Wa min tha‘amil jannati akilin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaribin.

Bi akwabin wa abariqa wa ka‘sin min ma‘in. Ma‘al ladzîna an‘amta ‘alaihim minan nabiyyîna wash shiddîqîna wasy syuhadâ’i wash shâlihîna wa hasuna ulâ’ika rafîqan. Dalikal fadl-lu minallâhi wa kafâ billâhi ‘alîman. Allahummaj‘alna fî hadzihil lailatisy syahrisy syarîfail mubârakah minas su‘ada’il maqbulin. Wa lâ taj‘alna minal asyqiya’il mardudin. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa alihi wa shahbihi ajma‘in. Birahmatika yâ arhamar rahimin wal hamdulillâhi rabbil ‘alamin.

Artinya,
"Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), ...

... yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik.

Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam

Usai melaksanakan sholat tahajud, ada baiknya Anda duduk sebentar untuk berzikir dan membaca doa sholat tahajud.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Setelah Tahajud Arab, Latin dan Artinya
Bacaan Doa Setelah Tahajud Arab, Latin dan Artinya

Doa setelah tahajud merupakan ungkapan rasa syukur, pengakuan, dan pujian kepada Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Niat Doa Puasa Ramadan Latin dan Artinya, Penting Diamalkan
Niat Doa Puasa Ramadan Latin dan Artinya, Penting Diamalkan

Bacaan niat puasa Ramadan adalah bukti kesiapan kita untuk menjalankan ibadah puasa.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa Terhindar dari Rasa Lapar Ketika Puasa Ramadhan, Bisa untuk Anak-Anak yang Sedang Belajar Berpuasa
Bacaan Doa Terhindar dari Rasa Lapar Ketika Puasa Ramadhan, Bisa untuk Anak-Anak yang Sedang Belajar Berpuasa

Berikut bacaan doa terhindar dari rasa lapar ketika puasa Ramadhan.

Baca Selengkapnya
Doa Witir Tarawih Latin Lengkap dengan Artinya, Patut Diamalkan
Doa Witir Tarawih Latin Lengkap dengan Artinya, Patut Diamalkan

Doa witir tarawih ini patut diamalkan umat muslim.

Baca Selengkapnya
Kumpulan Doa Sehari-Hari Latin dan Artinya, Wajib Hafal dan Diamalkan
Kumpulan Doa Sehari-Hari Latin dan Artinya, Wajib Hafal dan Diamalkan

Doa-doa ini merupakan sarana untuk memohon perlindungan, petunjuk, dan rahmat dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Sholat Idul Fitri Latin dan Artinya, Lengkapi Ibadah Hari Raya
Doa Setelah Sholat Idul Fitri Latin dan Artinya, Lengkapi Ibadah Hari Raya

Doa ini mengandung ungkapan syukur, permohonan ampun, dan doa untuk kebaikan bagi diri sendiri, keluarga, dan seluruh umat Muslim.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadan & Sunnah Lainnya, Ketahui Kapan Waktu Membacanya
Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadan & Sunnah Lainnya, Ketahui Kapan Waktu Membacanya

Berikut bacaan doa berbuka puasa Ramadan dan puasa sunnah lainnya.

Baca Selengkapnya
Doa Tarawih Lengkap Beserta Arti, Ketahui Keutamaannya
Doa Tarawih Lengkap Beserta Arti, Ketahui Keutamaannya

Sholat Tarawih adalah ibadah sunnah malam yang dilakukan oleh umat Muslim selama bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya