Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Cara Sholat Hajat dan Doanya, Amalan Pengabul Doa

Cara Sholat Hajat dan Doanya, Amalan Pengabul Doa

Sholat hajat adalah sholat sunah yang dapat memudahkan terkabulnya doa.

Sholat sunah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Amalan ini memiliki nilai ibadah yang tinggi dan memberikan kesempatan kepada umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan sholat tambahan selain dari lima waktu sholat wajib.

Bahkan, terdapat beberapa amalan sholat sunah yang dapat dikerjakan untuk tujuan tertentu. Salah satunya adalah sholat sunah hajat. Sesuai dengan namanya, sholat hajat adalah jenis sholat sunah yang dilakukan untuk memohon suatu hajat tertentu kepada Allah.

Sholat hajat termasuk amalan sederhana yang dianjurkan bagi umat muslim agar meminta dan memohon segala sesuatu hanya kepada Allah. Dalam hal ini, perlu diperhatikan tata cara sholat hajat dengan benar sesuai syariat Islam.

Selain tata caranya, Anda juga perlu mengetahui bacaan doa setelah sholat hajat, waktu terbaik sholat hajat, waktu yang dilarang, hingga manfaat keutamaannya. Dengan pengetahuan ini, Anda bisa mempraktikkan sholat sunah hajat dengan baik untuk memohon suatu keinginan. Berikut kami merangkum informasinya.

Mengenal Sholat Hajat

Mengenal Sholat Hajat

Sebelum dijelaskan cara sholat hajat, perlu dipahami dahulu apa itu sholat hajat.

Sholat hajat adalah sholat sunah yang bisa digunakan untuk memohon pertolongan dan kebutuhan kepada Allah SWT. Sholat ini dilakukan dengan minimal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat, dilakukan pada waktu-waktu yang dianjurkan untuk melakukan salat sunah seperti sebelum atau sesudah shalat fardu, atau pada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan seperti di sepertiga malam terakhir.

Cara melakukan salat hajat dimulai dengan niat dalam hati untuk melaksanakan salat hajat, kemudian dilanjutkan dengan takbiratul ihram. Setelah itu, dilakukan dua rakaat salat, masing-masing rakaat dengan dua kali rukuk dan dua kali sujud. Setelah selesai, membaca tasyahud akhir dan salam.

Anjuran Sholat Hajat

Anjuran Sholat Hajat

Berikutnya akan dijelaskan anjuran sholat hajat.

Sholat hajat adalah sholat sunah yang dikerjakan ketika seseorang ingin meminta hajat atau kebutuhan kepada Allah SWT. Dalil untuk mengerjakan sholat hajat terdapat dalam hadist riwayat Abu Daud yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

"Barangsiapa di antara kalian merasa sangat membutuhkan kepada sesuatu dari Rabb-nya, hendaknya dia banyak berdoa dalam keadaan suci." Firman Allah SWT juga menegaskan pentingnya berdoa dan meminta kepada-Nya (QS. Ghafir: 60).

Pesan yang terdapat dalam hadis ini adalah pentingnya untuk selalu berdoa dan meminta kepada Allah SWT dalam melakukan segala hal. Sholat hajat sebagai bentuk ibadah dan ungkapan kebutuhan kepada-Nya agar selalu mendapatkan pertolongan-Nya dalam menjalani kehidupan.

Waktu Tebaik Sholat Hajat

Waktu Tebaik Sholat Hajat

Selanjutnya akan dijelaskan waktu terbaik sholat hajat.

Waktu terbaik untuk mengerjakan shalat hajat adalah pada sepertiga malam terakhir. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, "Allah turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan berfirman, 'Siapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku berikan; siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.'"

Waktu yang Dilarang

Waktu yang Dilarang

Di samping waktu terbaik, Anda juga perlu mengetahui waktu yang dilarang untuk sholat hajat.

Waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat hajat adalah saat terdapat larangan sholat yang berlaku. Waktu-waktu terlarang tersebut adalah pada saat terbit matahari (sebelum terbit matahari), saat matahari berada tepat di atas kepala (waktu zuhur), dan saat matahari terbenam (sebelum Magrib).

Dalam Islam, waktu-waktu terlarang tersebut ditegaskan untuk memberi kesempatan kepada umat Islam untuk melaksanakan sholat fardu, seperti sholat subuh dan zuhur. Hal ini menunjukkan pentingnya menunaikan kewajiban kepada Allah SWT terlebih dahulu sebelum melakukan ibadah sunah seperti sholat hajat.

Cara Sholat Hajat

Cara Sholat Hajat

Setelah mengetahui waktu terbaik dan yang dilarang, berikutnya dijelaskan tata cara sholat hajat.

Berikut cara melaksanakan sholat hajat sesuai syariat Islam, bisa dipraktikkan:

1. Membaca niat sholat hajat Ushallī sunnatal hājati rak‘ataini adā’an lillāhi ta‘ālā. (Artinya, “Aku menyengaja shalat sunah hajat dua rakaat tunai karena Allah SWT.”)
2. Takbiratul ihram.
3. Rakaat pertama membaca surat Al Fatihah dan dianjurkan selanjutnya membaca Ayat kursi, atau bisa diganti dengan surat pendek lainnya.
4. Rukuk.
5. I’tidal.
6. Sujud.
7. Duduk di antara dua sujud.
8. Sujud.

9. Berdiri rakaat kedua, membaca surat Al Fatihah dan dianjurkan surat Al Ikhlas, atau bisa diganti dengan surat pendek lainnya.
10. Rukuk.
11. I’tidal.
12. Sujud.
13. Duduk di antara dua sujud.
14. Sujud.
15. Tahiyat akhir.
16. Salam
17. Setelah selesai mengerjakan shalat hajat, dianjurkan untuk membaca shalawat nabi. Selanjutnya, membaca doa warid atau doa khusus setelah shalat hajat.

Doa Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat

Setelah mengetahui cara sholat hajat, selanjutnya terdapat bacaan doa setelah selesai sholat hajat.

Berikut bacaan doa yang bisa diamalkan:

Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.

Artinya, “Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Keutamaan Sholat Hajat

Keutamaan Sholat Hajat

Terakhir, akan dijelaskan beberapa manfaat keutamaan sholat hajat.

Meski hukumnya sunah, namun terdapat berbagai manfaat kebaikan dari amalan sholat hajat, yaitu sebagai berikut:

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sholat hajat adalah bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan rajin melaksanakan sholat hajat, seseorang akan merasakan kedekatan spiritual dengan Sang Pencipta.

2. Memperbaiki hubungan dengan sesama. Melalui sholat hajat, seseorang dapat memohon ampun dan memperbaiki hubungan dengan sesama. Sholat hajat mengajarkan untuk memaafkan dan menebus kesalahan terhadap orang lain.

3. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Dengan melaksanakan sholat hajat, seseorang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur'an Surah Al-Ankabut ayat 45: "Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar."

4. Memperoleh keberkahan dan jalan keluar dari kesulitan. Sholat hajat merupakan sarana untuk memohon pertolongan dan jalan keluar dari kesulitan. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits, "Dari Jabir, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa di antara kalian yang memiliki suatu hajat atau menghadapi suatu kesulitan, hendaklah ia melaksanakan shalat." (HR. Ahmad)

5. Menumbuhkan rasa syukur dan rasa rendah diri. Sholat hajat mengajarkan untuk bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT, serta mengakui ketidakmampuan diri sebagai hamba-Nya.

6. Menguatkan ikhtiar dan usaha. Dengan melaksanakan sholat hajat, seseorang akan semakin yakin dan kuat dalam menghadapi segala tantangan hidup. Sholat hajat mengajarkan untuk tetap berikhtiar dan berusaha sebaik mungkin, sambil tetap tawakal kepada Allah SWT.

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap, Ketahui Juga Tata Caranya
Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap, Ketahui Juga Tata Caranya

Lengkapi amalan sunah sholat hajat Anda dengan bacaan doa yang dianjurkan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya, Mohon Ampunan dan Kemudahan Hajat
Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya, Mohon Ampunan dan Kemudahan Hajat

Dianjurkan untuk membaca doa khusus setelah sholat tahajud.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Sholat Hajat, Tata Cara, dan Keutamaannya yang Penting Diketahui
Doa Sholat Hajat, Tata Cara, dan Keutamaannya yang Penting Diketahui

Hafalkan doa sholat hajat berikut untuk melengkapi ibadah sunah yang satu ini.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam

Usai melaksanakan sholat tahajud, ada baiknya Anda duduk sebentar untuk berzikir dan membaca doa sholat tahajud.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tata Cara Sholat Taubat, Begini Bacaan Niat hingga Doanya yang Perlu Dipahami
Tata Cara Sholat Taubat, Begini Bacaan Niat hingga Doanya yang Perlu Dipahami

Sholat taubat memiliki tujuan untuk meminta ampunan kepada Allah atas dosa yang dilakukan sebelumnya, baik yang disengaja apalagi yang disengaja.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Sholat Hajat Lengkap dengan Niat dan Tata Caranya
Bacaan Doa Sholat Hajat Lengkap dengan Niat dan Tata Caranya

Mengamalkan doa sholat hajat menjadi salah satu bentuk ikhtiar agar keinginan dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Selengkapnya icon-hand
5 Fakta Masjid Istiqlal yang Tidak Banyak Orang Tahu
5 Fakta Masjid Istiqlal yang Tidak Banyak Orang Tahu

Lima fakta Masjid Istiqlal yang tidak banyak orang tahu

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Manfaat Keutamaannya
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Manfaat Keutamaannya

Sholat Dhuha termasuk sholat sunah yang banyak memberikan manfaat kebaikan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara Pengamalannya, Mudah Dipraktikkan
Bacaan Doa Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara Pengamalannya, Mudah Dipraktikkan

Sholat taubat menjadi salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam mengembalikan kesucian hati dan meraih ampunan-Nya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Sholat Hajat, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya
Doa Sholat Hajat, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Sholat hajat adalah sholat yang dikerjakan karena ada keinginan yang hendak dicapai, baik kepada Allah SWT atau kepada manusia.

Baca Selengkapnya icon-hand