Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Solat Hajat Selepas Dhuha dan Tata Caranya, Begini Penjelasannya

<b>Solat Hajat Selepas Dhuha dan Tata Caranya, Begini Penjelasannya</b>

Solat Hajat Selepas Dhuha dan Tata Caranya, Begini Penjelasannya

Solat hajat adalah salah satu bentuk sunnah yang dianjurkan. Tapi, bagaimana jika melakukan solat hajat selepas dhuha?

Dalam Islam, memiliki hajat atau keinginan adalah hal yang wajar dan dibolehkan bagi seluruh umat. Islam mengajarkan bahwa manusia sebagai makhluk yang lemah dan tidak berdaya tanpa pertolongan Allah SWT. Oleh karena itu, manusia dianjurkan untuk selalu berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah dalam segala hal.

Salah satu anjuran baik yang bisa dilakukan adalah shalat hajat. Shalat hajat adalah shalat sunah yang baik dilakukan ketika Anda memiliki suatu permohonan agar dikabulkan oleh Allah. Terlebih saat sedang tertimpa masalah satu kesulitan, shalat hajat dua rakaat dapat membantu Anda untuk mendekatkan diri pada Allah memohon pertolongan dan rahmat kebaikan dari-Nya.

Namun dalam pelaksanaannya, Anda perlu memperhatikan aturan waktu yang tepat. Secara umum, shalat hajat dapat dilaksanakan pada siang hari maupun malam hari. Pada pelaksanaan siang hari, sebagian dari Anda mungkin bertanya bolehkah shalat hajat setelah shalat dhuha.

Lalu, waktu apa saja yang dinilai tidak tepat dan dilarang melaksanakan shalat hajat sesuai ajaran Islam. Meski sepele, namun ini adalah pengetahuan dasar yang perlu Anda ketahui, agar ibadah shalat hajat yang dilakukan benar sesuai syariat.

Dari beragam sumber, berikut kami merangkum penjelasan bolehkan shalat hajat setelah sholat dhuha, aturan waktu lainnya, dan tata cara pelaksanaannya, bisa Anda simak.

Bolehkan Solat Hajat Setelah Solat Dhuha

Pertama yang akan dijelaskan adalah aturan waktu pelaksanaan shalat hajat. Seperti disebutkan, shalat hajat umumnya dapat dilakukan pada siang hari atau malam hari. Sebagian dari Anda yang rutin melaksanakan shalat dhuha, mungkin bertanya, bolehkan shalat hajat setelah sholat dhuha.

Jawabannya, boleh. Bahkan dikatakan bahwa setelah sholat dhuha termasuk waktu terbaik dalam melaksanakan shalat hajat. Di mana Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya yang rutin melaksanakan shalat dhuha.

Setelah sholat dhuha, Anda bisa melanjutkan shalat hajat agar hajat atau keinginan yang dipanjatkan segera terkabul.

merdeka.com

Dengan catatan, shalat hajat dilakukan sebelum memasuki waktu zuhur, yaitu antara pukul 7 pagi hingga sekitar 11.30 WIB. Selain dilakukan setelah sholat dhuha, shalat hajat juga baik dilakukan di beberapa waktu lainnya, seperti setelah shalat fardhu, tepatnya setelah shalat zuhur sebelum shalat asar, setelah shalat magrib sebelum shalat isya, setelah shalat isya sebelum shalat subuh.

Shalat hajat yang dilakukan setelah shalat isya, tergolong dalam waktu pelaksanaan di malam hari. Di mana shalat hajat dapat dilakukan di sepertiga malam pertama yaitu antara pukul 19.00 – 22.00, sepertiga malam kedua pukul 22.00 – 1.00, dan sepertiga malam terakhir 1.00 – 4.00.

Dalil Anjuran Solat Hajat

Ulama yang menganjurkan adanya shalat hajat berdalil dengan hadits dari ‘Utsman bin Hunaif sebagai berikut.

Seorang buta datang kepada Nabi lalu mengatakan, “Berdoalah engkau kepada Allah untukku agar menyembuhkanku.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Apabila engkau mau, aku akan menundanya untukmu (di akhirat) dan itu lebih baik. Namun, apabila engkau mau, aku akan mendo’akanmu.” Orang itu pun mengatakan, “Do’akanlah.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu menyuruhnya untuk berwudhu dan memperbagus wudhunya serta shalat dua rakaat kemudian berdoa dengan doa ini,

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafa’atnya untukku.”

HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi.)

Waktu yang Dilarang untuk Solat Hajat

Setelah memahami aturan waktu bolehkan shalat hajat setelah sholat dhuha, berikutnya akan dijelaskan beberapa waktu yang dinilai tidak tepat atau dilarang untuk melaksanakan shalat hajat. Dijelaskan, waktu terlarang melaksanakan shalat hajat adalah setelah shalat ashar dan setelah salat subuh.

Berikut rincian beberapa waktu terlarang dalam pelaksanaan shalat hajat yang perlu Anda perhatikan:

  • Setelah shalat subuh hingga matahari terbit.
  • Setelah matahari terbit hingga matahari meninggi satu tombak atau 15 menit setelah matahari terbit.
  • Saat matahari tepat di atas kepala.
  • Setelah shalat ashar hingga matahari mulai terbenam.
  • Dari matahari mulai terbenam hingga tenggelam sempurna.

Dengan begitu, sebaiknya Anda menghindari beberapa waktu terlarang tersebut. Lebih baik, utamakan waktu-waktu yang dianjurkan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu setelah shalat dhuha, setelah shalat zuhur, setelah shalat maghrib, dan setelah shalat isya sebelum shalat subuh.

Tata Cara Solat Hajat

Setelah mengetahui aturan waktu bolehkah shalat hajat setelah sholat dhuha dan waktu terlarangnya, terakhir akan dijelaskan tata cara shalat hajat yang bisa dipraktikkan. Sholat sunnah hajat memiliki tata cara pengerjaan yang berbeda. Shalat hajat ini biasanya dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Ada baiknya shalat hajat ini dilakukan secara khusus atau dengan tujuan khusus. Terutama ketika Anda sedang menghadapi masalah dan kesulitan dalam hidup. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon pertolongan berdasarkan hajat atau kepentingan pribadi. Berikut tata cara shalat hajat yang perlu Anda ketahui:

  • Sholat hajat dapat dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

  • Sebelum mengerjakan sholat, Anda perlu membaca niat sholat hajat terlebih dahulu. Ushallī sunnatal hājati rak‘ataini adā’an lillāhi ta‘ālā.

  • Membaca surat Al Fatihah, Ayat Kursi, dan Al Ikhlas. Atau bisa juga membaca surat Al Fatihah dan surat pendek lainnya.

  • Setelah selesai mengerjakan sholat hajat, dianjurkan untuk membaca shalawat nabi.

  • Selanjutnya, membaca doa warid atau doa khusus setelah sholat hajat.

  • Terakhir, Anda bisa memanjatkan doa kepada Allah sesuai keinginan atau hajat pribadi.

Sholah sunnah ini dapat dilakukan untuk memohon hajat yang berkaitan dengan kemaslahatan agama maupun duniawi. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan iman Islam. Dengan begitu, sesulit apa pun masalah yang sedang dihadapi, jika Anda dekat dengan Allah maka akan dekat dengan pertolongan-Nya.

Waktu Sholat Hajat Lengkap dengan Tata Cara dan Bacaan Doa Setelahnya
Waktu Sholat Hajat Lengkap dengan Tata Cara dan Bacaan Doa Setelahnya

Pada dasarnya, waktu sholat hajat bisa dilakukan kapan saja, kecuali di waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan ibadah sholat.

Baca Selengkapnya
Waktu Sholat Dhuha Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya
Waktu Sholat Dhuha Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

Sholat dhuha adalah ibadah sunah yang sangat dianjurkan. Namun, sebelum mengerjakannya, ketahui kapan waktu pelaksanaannya, tata cara, dan doa setelahnya.

Baca Selengkapnya
Shalat Tahajud adalah Ibadah Malam, Ketahui Niat dan Tata Caranya
Shalat Tahajud adalah Ibadah Malam, Ketahui Niat dan Tata Caranya

Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Sholat Sunnah Malam yang Bisa Menambah Pahala Selama Bulan Ramadan, Mulai Sholat Tarawih hingga Sholat Tahajud
5 Sholat Sunnah Malam yang Bisa Menambah Pahala Selama Bulan Ramadan, Mulai Sholat Tarawih hingga Sholat Tahajud

Salah satu bentuk ibadah yang termasuk dalam Qiyamul lail adalah sholat sunnah, yang membawa berbagai keutamaan dan pahala.

Baca Selengkapnya
Sholat Tahajud Jam Berapa? Berikut Penjelasannya
Sholat Tahajud Jam Berapa? Berikut Penjelasannya

Sholat Tahajud merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan pada malam hari, khususnya di sepertiga malam terakhir sebelum waktu Subuh.

Baca Selengkapnya
Doa Sholat Hajat Lengkap Beserta Tata Caranya, Ketahui dengan Benar
Doa Sholat Hajat Lengkap Beserta Tata Caranya, Ketahui dengan Benar

Satu di antara sholat sunah adalah sholat hajat, yang penting dipahami keutamaan dan tata caranya oleh umat Islam.

Baca Selengkapnya
Doa setelah Sholat Tahajud Lengkap, Ketahui Pula Keutamaannya
Doa setelah Sholat Tahajud Lengkap, Ketahui Pula Keutamaannya

Doa setelah sholat tahajud dilafalkan untuk melengkapi ibadah sunnah yang satu ini.

Baca Selengkapnya
Tidak Boleh Meninggalkan Sholat, Ini Niat Sholat Qadha dari Subuh hingga Isya yang Bisa Dilakukan saat Sedang Mudik
Tidak Boleh Meninggalkan Sholat, Ini Niat Sholat Qadha dari Subuh hingga Isya yang Bisa Dilakukan saat Sedang Mudik

Solat merupakan tiang agama dalam kehidupan seorang Muslim. Sehingga jika seseorang melewatkannya, harus melakukan solat ganti atau solat qadha

Baca Selengkapnya
Tata Cara Sholat Hadiah dan Niatnya, Begini Penjelasan Ulama
Tata Cara Sholat Hadiah dan Niatnya, Begini Penjelasan Ulama

Sholat hadiah adalah ibadah yang dilakukan dengan tujuan menghadiahkan pahala sholat kepada seseorang yang telah meninggal dunia.

Baca Selengkapnya