Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

14 September Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Tingkatkan Literasi Masyarakat

<b>14 September Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Tingkatkan Literasi Masyarakat</b>

14 September Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Tingkatkan Literasi Masyarakat

Setiap tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Ini daftar Perpus dengan koleksi terbaik di Indonesia.

Bulan September menjadi bulan istimewa bagi insan perpustakaan, baik bagi para pustakawan maupun para pegiat literasi. Pasalnya, setiap tanggal 14 September pemerintah Indonesia memperingatinya sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Momentum ini selalu ditunggu oleh insan perpustakaan guna mengingatkan Bangsa Indonesia akan pentingnya kegiatan literasi.

Bulan September menjadi bulan istimewa bagi insan perpustakaan, baik bagi para pustakawan maupun para pegiat literasi. Pasalnya, setiap tanggal 14 September pemerintah Indonesia memperingatinya sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Momentum ini selalu ditunggu oleh insan perpustakaan guna mengingatkan Bangsa Indonesia akan pentingnya kegiatan literasi.

<b>Sejarah Terbentuknya Hari Kunjung Perpustakaan</b>

Sejarah Terbentuknya Hari Kunjung Perpustakaan

Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dimulai sejak 14 September 1995 pada masa kepemerintahan Presiden Soeharto.

Mengutip laman Perpusnas RI, sejarah Hari Kunjung Perpustakaan berawal dari ide Kepala Perpustakaan Nasional RI Pertama, Mastini Hardjoprakoso yang mengusulkan pencanangan Hari Perpustakaan.

Ide tersebut ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Ketetapan Presiden Soeharto kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI dengan Surat Nomor 020/A1/VIII/1995 pada 11 Agustus 1995.

Surat tertanggal 11 Agustus 1995 tersebut berisi usulan pencanangan Hari Kunjung Perpustakaan untuk diperingati pada tanggal 14 September.

Presiden Soeharto memiliki harapan dan tujuan dengan adanya ketetapan tersebut, semoga bisa dijadikan dasar dan landasan yang memberikan tujuan positif bagi gerakan aktivis intelektual di Indonesia, terutama dalam hal menyebarkan budaya membaca generasi bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan juga bertujuan untuk menanamkan kebiasaan masyarakat berkunjung ke perpustakaan dan meningkatkan kegemaran membaca. Hingga sekarang, peringatan Hari Kunjung Perpustakaan secara nasional telah berlangsung hingga ke-28 kali.

Diharapkan dengan adanya Hari Kunjung Perpustakaan, menjadi ajang refleksi untuk melihat sejauh mana Indonesia telah berusaha berbenah ke arah yang lebih baik dalam mengelola perpustakaan, melayani masyarakat akan kebutuhan literasi.

<b>Negara Penghasil Buku yang Produktif</b>

Negara Penghasil Buku yang Produktif

Mengutip laman Dunia Perpustakaan, dalam sebuah tulisan yang ditulis langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI pertama, Mastini Harjo Prakoso yang pernah dimuat dalam Majalah Himpunan Perpustakaan Chusus Indonesia (HPCI) menjelaskan bahwa Indonesia sebenarnya pernah menjadi negara yang dikategorikan sebagai negara yang produktif dalam menerbitkan berbagai judul buku.

Pernyataan tersebut dibuktikan dengan semangat Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno yang dikenal sangat gemar membaca buku dan sangat mendukung aktivitas penerbitan termasuk di dalamnya aktivitas membaca dan pemberantasan buta huruf. Ini juga menjadi salah satu prioritas pertama negara pada saat itu.

Bukti lain juga menunjukkan bahwa sejak tahun 1963, ada banyak terbitan buku di Indonesia yang kemudian memotivasi pihak swasta untuk berani memulai membangun berbagai usaha di bidang penerbitan dan buku nasional.

Bahkan saat itu, perhatian pemerintah Indonesia yang begitu besar terhadap dunia penerbitan dan buku sampai membuat Amerika Serikat sebagai negara Adi Kuasa tertarik untuk membeli buku terbitan Indonesia hingga membuka kantor cabang Perpustakaan Nasional Amerika Serikat di Indonesia.

Sejarah juga mencatat bahwa tidak hanya negara Amerika Serikat saja yang tertarik. Badan Literasi Belanda bernama Koninklijk Instituut voor Taal –, Land – en Volkenkunde (KITLV) juga ikut memusatkan untuk mengakuisisi terbitan indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan.

Negara Australia juga kemudian ikut membuka perwakilan kantor Perpustakaan Nasional mereka dan menunjuk agennya agar membeli beraneka ragam buku terbitan Indonesia khususnya di bidang ilmu pengetahuan sosial.

Dukungan semakin kuat ketika diterbitkanya Undang-undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak Karya Rekam, serta Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang dijadikan oleh pihak Perpustakaan Nasional untuk terus menggerakkan serta memastikan karya tentang Indonesia dari berbagai macam terbitan untuk terus bisa bisa dihimpun.

<b>Daftar Perpustakaan dengan Koleksi Terbaik di Indonesia</b>

Daftar Perpustakaan dengan Koleksi Terbaik di Indonesia

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (DKI Jakarta)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bermula dari didirikannya Bataviaasch Genootschap pada 24 April 1778. Perpusnas kini berdiri di tanah seluas 16,000 meter persegi dan menjulang tinggi sampai ke lantai 9.

Perpustakaan ini adalah perpustakaan pertama dan terlengkap di Jakarta. Anda dapat menemukan buku apapun baik buku pelajaran, sejarah, ensiklopedia, hingga bacaan umum. Menurut laporan terakhir, jumlah koleksi diperkirakan mencapai 1,100,00 eksemplar. Fasilitas yang ditawarkan perpustakaan ini antara lain ruang baca, lobi, hingga ruang presentasi.

2. Perpustakaan Universitas Indonesia (Depok)

Kristal Pengetahuan (Crystal of Knowledge) adalah perpustakaan pusat Universitas Indonesia (UI) yang disebut juga sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan ini menempati lahan sebesar 2,5 hektare, dengan luas bangunan 33.000 meter persegi yang diresmikan tanggal 13 Mei 2011.

Dibangun sejak Juni 2009, perpustakaan ini berisi 5 juta buku, juga dilengkapi ruang baca, 100 ruang sunyi dosen dan mahasiswa, ditambah dengan suasana yang sangat nyaman yang menarik para pembaca untuk berkunjung di sini.

3. Perpustakaan Soeman HS (Pekanbaru)

Perpustakaan Soeman H.S. adalah salah satu perpustakaan dan penyimpanan arsip nasional yang berstatus sebagai perpustakaan provinsi. Perpustakaan ini mempunyai 6 lantai dengan fasilitas publik yang lengkap.

Beralamat di Jalan Cut Nyak Dien, Jl. Cut Nyak D, Kota Pekanbaru, Riau, Anda akan ditemani oleh pemandangan kota Pekanbaru yang tampak dari dinding kaca lebar yang mengelilingi gedung saat membaca di sini.

4. Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (Bandung)

Perpustakaan ITB adalah perpustakaan kampus kedua yang juga menonjol selain perpustakaan UI. Perpustakaan ITB menjadi rumah jutaan koleksi buku dan makalah ilmiah para siswa. Hasil skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa dan alumni ITB dapat Anda temukan dengan mudah di gedung perpustakaan ITB.

Beralamat di Gedung Perpustakaan Pusat ITB, JL. Ganesha, No 10, Bandung, perpustakaan ITB khususnya banyak dikunjungi mahasiswa ITB yang sedang menyelesaikan tugas akhir

5. Perpustakaan St. Ignatius (Yogyakarta)

Sebagai Kota Pelajar dan Kota Pendidikan, Yogyakarta juga menjadi tempat bagi salah satu perpustakaan terlengkap di Indonesia. Dikenal juga dengan nama Perpustakaan Kolsani, perpustakaan St. Ignatius memiliki koleksi yang luas dalam literature akademik, filosofi, agama, politik, dan sebagainya.

Perpustakaan ini bahkan menyediakan bacaan mengenai agama Islam abad ke-20 yang jauh lebih lengkap daripada perpustakaan lainnya. Beralamat di Jalan Abu Bakar Ali No.1, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Anda bisa berkunjung untuk membaca koleksi-koleksinya.

6. Grhtama Pustaka (Yogyakarta)

Satu lagi perpustakaan terbaik dan terlengkap yang ada di Yogyakarta adalah Grhatama Pustaka. Diresmikan pada tanggal 4 Januari 2016, perpustakaan yang disebut-sebut sebagai perpustakaan terbesar di Asia Tenggara.

Selain koleksi buku-bukunya yang ekstensif, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan ruang-ruang diskusi terbuka dan tertutup. Pengunjung dapat menggunakannya sebagai tempat mengerjakan tugas, sedangkan disayap timur di luar perpustakaan terdapat gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk berdiskusi.

7. Perpustakaan Freedom Institute (Jakarta)

Perpustakaan Freedom Institute terletak di Jakarta Pusat, dan merupakan tempat paling nyaman serta paling disarankan bagi Anda yang ingin memperoleh informasi melalui buku dan majalah.

Gedung perpustakaan ini juga dikenal sebagai Gedung Perpustakaan Umum. Freedom Institute memiliki koleksi ratusan ribu buku terbitan luar negeri maupun dalam negeri. Gedungnya yang asri dan dilengkapi dengan fasilitas mumpuni seperti sofa dan jaringan Wi-Fi menjadikannya salah satu perpustakaan yang digemari oleh anak-anak muda.

Ini Pengakuan CIA Tentang Peristiwa G30S/PKI Tahun 1965

Ini Pengakuan CIA Tentang Peristiwa G30S/PKI Tahun 1965

Banyak spekulasi tentang keterlibatan CIA dan dinas rahasia AS dalam peristiwa G30S/PKI. Bagaimana sebenarnya?

Baca Selengkapnya
3 September: Peringatan Hari Palang Merah Indonesia, Berikut Sejarah dan Tujuannya

3 September: Peringatan Hari Palang Merah Indonesia, Berikut Sejarah dan Tujuannya

Setiap tanggal 3 September masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Palang Merah Indonesia.

Baca Selengkapnya
Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Dibuka 17 September, Ini Jadwal Lengkapnya

Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Dibuka 17 September, Ini Jadwal Lengkapnya

BKN mengimbau agar masyarakat khususnya calon pelamar CASN agar merujuk pada laman resmi pemerintah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kepala Perpusnas Ungkap Peran Penting Bibliografi Dalam Literasi Masyarakat Indonesia

Kepala Perpusnas Ungkap Peran Penting Bibliografi Dalam Literasi Masyarakat Indonesia

Bibliografi berbeda dengan katalog, karena bibliografi mencatat semua buku yang diterbitkan dalam suatu daerah.

Baca Selengkapnya
Daftar Instansi dan Kementerian Buka Lowongan CPNS 2023 untuk Lulusan SMK/SMA

Daftar Instansi dan Kementerian Buka Lowongan CPNS 2023 untuk Lulusan SMK/SMA

Sebelum mendaftar, calon pelamar harus mencermati syarat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Selengkapnya
Sosok Soekitman, Polisi Saksi Sejarah Kelam Penculikan Jenderal TNI saat G30S 1965

Sosok Soekitman, Polisi Saksi Sejarah Kelam Penculikan Jenderal TNI saat G30S 1965

Indonesia tengah memperingati peristiwa kelam Gerakan 30 September oleh PKI.

Baca Selengkapnya
Kutai Timur Punya 40 Perpustakaan yang Tersebar hingga ke Desa

Kutai Timur Punya 40 Perpustakaan yang Tersebar hingga ke Desa

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah membentuk setidaknya 40 perpustakaan sebagai upaya meningkatkan minat baca,

Baca Selengkapnya
Catat! Ini Tanggal Pembukaan Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2023

Catat! Ini Tanggal Pembukaan Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2023

adwal Pelaksanaan Seleksi CPNS maupun PPPK tahun 2023 akan diumumkan oleh setiap instansi pemerintah pada 16 sampai 30 September 2023.

Baca Selengkapnya
DKI Terapkan Sekolah PJJ 50 Persen saat KTT ASEAN 4-7 September 2023

DKI Terapkan Sekolah PJJ 50 Persen saat KTT ASEAN 4-7 September 2023

Nantinya, venue KTT ASEAN difokuskan di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Baca Selengkapnya