Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bacaan Doa Sakit Gigi Latin dan Artinya, Mudah Diamalkan

Bacaan Doa Sakit Gigi Latin dan Artinya, Mudah Diamalkan<br>

Bacaan Doa Sakit Gigi Latin dan Artinya, Mudah Diamalkan

Amalkan doa sakit gigi ini untuk memohon kesembuhan agar rasa sakit yang luar biasa hebat itu bisa segera mereda.

Doa sakit gigi bisa dibaca dan diamalkan umat Muslim yang tengah mengalami kondisi ini. Biasanya, sakit gigi membuat seseorang kesulitan makan, konsentrasi, dan tidur. Hal ini dikarenakan saat menderita sakit gigi seluruh anggota badan terasa sakit dan menimbulkan efek yang tidak nyaman.

Sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT ketika diberi rasa sakit, tak terkecuali saat sakit gigi. Begitu juga ketika ada keluarga atau saudara yang menderita penyakit tertentu, sudah seharusnya kita menjenguk dan mendoakannya agar cepat sembuh.

Ada beberapa doa sakit gigi sesuai ajaran Rasulullah yang bisa dibaca saat menderita penyakit ini. Berikut doa sakit gigi dan artinya yang merdeka.com lansir dari Dream dan sumber lainnya:

Doa Sakit Gigi Sesuai Ajaran Rasulullah

Doa sakit gigi bisa diamalkan oleh umat Muslim untuk memohon kesembuhan oleh Allah SWT. Berikut bacaan doa sakit gigi dan artinya yang bisa Anda hapal dan amalkan:

"Allahuma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da;wati nabiyyikal mubarakil makini indaka"

Artinya:

Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.

Doa Sakit Gigi dan Artinya

Meski sakit gigi tidak mengancam nyawa, namun dalam kondisi tertentu sakit gigi mendatangkan beberapa penyakit kronis, seperti pembusukan dan penyakit jantung. Jika Anda sedang sakit gigi, letakkan tangan Anda pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah sebanyak tiga kali, setalah itu baca doa sakit gigi berikut:

"A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru"

Artinya:

Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan (HR. Muslim).

Doa Menjenguk Orang Sakit

Lalu, bagaimana jika yang sakit adalah saudara atau teman kita?

Rasulullah SAW mengajarkan ketika ada sahabat yang sedang sakit, beliau senantiasa menjenguknya. Selain itu, Nabi juga selalu membacakan doa untuknya agar Allah SWT memberikan kesembuhan.

Berikut salah satu doa untuk orang sakit yang dibaca Nabi, sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA:

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya, "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

Selain itu, ada doa lain yang dibaca Rasulullah SAW ketika sedang meruqyah salah seorang sahabat. Ruqyah sendiri merupakan sebuah proses penyembuhan melalui ayat-ayat Al-Qur'an. Adapun doa untuk orang sakit yang dibaca Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta.

Artinya, "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau."

Doa untuk Orang Sakit

Rasulullah SAW kerap menyebut nama orang yang sedang sakit ketika membaca doa untuknya. Seperti ketika beliau menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqasah, Nabi menyebut nama Sa’ad ketika sedang berdoa. Sehingga, kita bisa mengganti nama Sa’ad dengan nama orang sakit di hadapan kita.

Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan.

Artinya,

"Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad."

merdeka.com

Ketika menjenguk orang yang sedang sakit, selain membaca doa untuk kesembuhan, kita juga bisa menyertakan doa pengampunan dosa dan perlindungan. Berikut doa untuk orang sakit yang dibaca Rasulullah SAW saat menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA:

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya, "Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami

Ada beberapa cara mengatasi sakit gigi secara alami yang bisa Anda coba di rumah, sebelum pergi ke dokter gigi. Namun, perlu diingat bahwa cara-cara ini hanya bersifat sementara dan tidak dapat mengobati penyebab sakit gigi secara menyeluruh. Oleh karena itu, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut beberapa cara mengatasi sakit gigi secara alami yang bisa Anda lakukan:

  • Kumur dengan air garam. Air garam dapat membantu mengurangi peradangan, menyembuhkan sariawan, dan meredakan nyeri akibat sakit gigi. Caranya, larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu kumur selama 30 detik. Ulangi beberapa kali sampai gigi terasa lebih baik.

  • Kompres dingin. Kompres dingin dapat membantu mengecilkan pembuluh darah, sehingga mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada gigi dan gusi. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih, lalu tempelkan pada pipi di sebelah gigi yang sakit selama 20 menit. Lakukan beberapa kali sampai gigi terasa lebih baik. Namun, hindari kompres dingin jika sakit gigi disebabkan oleh gigi sensitif, karena bisa memperparah rasa nyeri.

  • Kunyah bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki efek antibakteri dan antimikroba. Bawang putih dapat membantu melawan kuman penyebab sakit gigi dan meredakan nyeri. Caranya, kunyah satu siung bawang putih segar dengan gigi yang sakit secara perlahan, atau oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan sedikit garam pada gigi yang sakit.

  • Kompres gigi dengan minyak cengkih. Minyak cengkih mengandung senyawa eugenol yang memiliki efek antinyeri dan antiseptik. Minyak cengkih dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan infeksi pada gigi dan gusi. Caranya, teteskan 2-3 tetes minyak cengkih pada kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit. Atau, Anda juga bisa mengunyah cengkih kering dengan gigi yang sakit.

  • Konsumsi obat antinyeri. Obat antinyeri, seperti parasetamol atau ibuprofen, dapat membantu meredakan sakit gigi sementara. Namun, jangan mengoleskan obat antinyeri langsung pada gigi atau gusi, karena bisa menyebabkan iritasi atau luka. Selalu ikuti petunjuk penggunaan dan dosis yang tertera pada kemasan obat, dan jangan mengonsumsi obat antinyeri secara berlebihan.

  • Kumur dengan larutan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida adalah zat yang dapat membunuh bakteri dan mengurangi plak pada gigi. Hidrogen peroksida juga dapat membantu mengatasi sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi gusi atau nanah. Caranya, campurkan hidrogen peroksida 3% dengan air bersih dengan perbandingan 1:2, lalu kumur selama 30 detik. Jangan menelan larutan ini, dan bilas mulut dengan air bersih setelahnya.

Doa Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu, Lengkap Beserta Cara Mengatasinya
Doa Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu, Lengkap Beserta Cara Mengatasinya

Doa memiliki peran penting dalam menghadapi segala situasi, termasuk saat mengalami sakit gigi berlubang dan linu.

Baca Selengkapnya
Doa Menjenguk Orang Sakit, Lengkap Latin, Arti dan Keutamaannya
Doa Menjenguk Orang Sakit, Lengkap Latin, Arti dan Keutamaannya

Doa menjenguk orang sakit tidak hanya bermanfaat bagi yang sakit, tetapi juga bagi yang mendoakannya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Sakit Sesuai Syariat Islam Bahasa Arab, Latin Beserta Artinya
Bacaan Doa Sakit Sesuai Syariat Islam Bahasa Arab, Latin Beserta Artinya

Berikut contoh doa sakit menurut syariat Islam lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan artinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa untuk Ibu yang Sedang Sakit dalam Agama Islam, Lengkap Disertai Artinya
Bacaan Doa untuk Ibu yang Sedang Sakit dalam Agama Islam, Lengkap Disertai Artinya

Untuk memberi motivasi agar cepat diberi kesembuhan, kita sebagai anak bisa memanjatkan doa untuk ibu yang sedang sakit.

Baca Selengkapnya
3 Doa Penyembuh Segala Penyakit Latin, Mudah Diamalkan
3 Doa Penyembuh Segala Penyakit Latin, Mudah Diamalkan

Sakit dianggap sebagai salah satu ujian yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya.

Baca Selengkapnya
Doa Keluar Kamar Mandi Latin dan Artinya, Mudah Diamalkan
Doa Keluar Kamar Mandi Latin dan Artinya, Mudah Diamalkan

Penting untuk membaca doa ketika hendak masuk dan keluar kamar mandi.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Masuk WC Latin dan Artinya sesuai Hadis
Bacaan Doa Masuk WC Latin dan Artinya sesuai Hadis

Doa masuk WC bertujuan untuk memohon perlindungan dan rahmat dari Allah SWT, serta menghindari gangguan dari syaitan yang bersemayam di tempat-tempat kotor.

Baca Selengkapnya
Doa untuk Orang Sakit Laki-laki Sesuai Syariat Islam, Lengkap Beserta Artinya
Doa untuk Orang Sakit Laki-laki Sesuai Syariat Islam, Lengkap Beserta Artinya

Membaca doa merupakan cara untuk memohon pertolongan dan rahmat Allah SWT.

Baca Selengkapnya
8 Obat Sakit Gigi Anak yang Alami, Air Garam hingga Bawang Putih
8 Obat Sakit Gigi Anak yang Alami, Air Garam hingga Bawang Putih

Merdeka.com menguraikan 8 obat sakit gigi anak yang alami dan efektif untuk memberikan bantuan yang lebih lembut dan aman.

Baca Selengkapnya