Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hizib Sulaiman Penakluk Jin, Melancarkan Rezeki, dan Menghindari Musibah

<b>Hizib Sulaiman Penakluk Jin, Melancarkan Rezeki, dan Menghindari Musibah</b>

Hizib Sulaiman Penakluk Jin, Melancarkan Rezeki, dan Menghindari Musibah

Nabi Sulaiman dikenal dengan mukjizatnya yang luar biasa. Dan kita yang mengimaninya bisa mengamalkan kumpulan doa Nabi Sulaiman ini.

Teladan Nabi Sulaiman sudah tak asing lagi bagi umat Muslim. Nabi Sulaiman merupakan salah satu sosok utusan Allah yang memberikan teladan kebenaran bagi umat Islam. Beberapa kisah di antaranya ialah mukjizat Nabi Sulaiman yang dapat berbicara dengan semut dan burung, memerintah bangsa jin, hingga menundukkan angin.

Hubungan Nabi Sulaiman dengan jin merupakan mukjizat yang luar biasa. Dijadikannya jin sebagai tentara untuk membuat istana, hingga meminta para jin untuk melakukan segala sesuatu yang diperintahkan. Termasuk mencari tembaga cair dari perut bumi untuk dijadikan istana, benteng, dan perkakas lainnya.

Daripadanya, Nabi Sulaiman terkenal dengan Istananya yang megah dan harta yang berlimpah. Namun sifat selalu bersyukur kepada Allah SWT menjadi teladan tersendiri. Amalan dan kisah Nabi Sulaiman tertuang dalam Al-Qur'an dan berbagai literasi sejarah Islam lainnya.

Beberapa sumber juga menyebutkan Doa Nabi Sulaiman dilantunkan semasa hidupnya, yang dapat menjadi teladan umat islam selanjutnya. Berikut adalah hizib Sulaiman penakluk jin dan doa Nabi Sulaiman lain yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari melansir dari Brilio.com.

Apa Itu Hizib?

Hizib adalah kumpulan doa dan wirid yang berasal dari Al-Qur’an atau hadits, yang digunakan untuk memohon pertolongan kepada Allah dalam menghadapi masalah lahir dan batin, baik dalam urusan dunia maupun akhirat.

Istilah ini berasal dari kata Arab حِزْبٌ yang dapat diartikan sebagai kelompok atau pasukan. Hizib sering dikaitkan dengan tokoh-tokoh sufi atau tarekat dan memiliki kekhususan tertentu, seperti Hizib Maghrabi, Hizib Barqi, dan Hizib Iqbal.

Dalam konteks Al-Qur’an, kata hizib muncul sebanyak 7 kali dan dapat merujuk pada golongan atau kelompok. Hizib juga dapat diartikan sebagai pembagian Al-Qur’an untuk menyelesaikan bacaan Al-Qur’an selama waktu tertentu, dengan setiap juz terdapat dua buah hizib.

Secara umum, hizib merupakan wirid yang dirutinkan dan dibaca pada waktu-waktu tertentu, dan tidak semua rangkaian wirid dapat disebut sebagai hizib.

Ada perbedaan antara hizib dengan ratib, dimana ratib dirancang untuk konsumsi umum dan dapat diamalkan tanpa perlu ijazah, sedangkan hizib memiliki keistimewaan dan asrar (rahasia) tertentu yang terkandung di dalamnya.

Hizib Sulaiman Penakluk Jin dan Hewan

Salah satu kemampuan istimewa yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman yaitu kemampuannya dalam menundukkan jin serta hewan. Nabi Sulaiman merupakan seorang nabi yang diberi kemampuan untuk berkomunikasi dengan hewan serta menundukkan jin.

Katika hendak menundukan mereka, Nabi Sulaiman berdoa sebagaimana dalam Al-Qur'an surat An Naml ayat 30 dan 31 :

"Bismilaahir rahmanir rahim. Allaa ta’luu ‘alayya wa'tuunii muslimiin."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku, dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri."

Doa Nabi Sulaiman Meminta agar Dilancarkan Rezekinya

Dalam Alquran, Nabi Sulaiman dijelaskan pernah meminta tiga permohonan pada Allah SWT, salah satunya adalah meminta agar tidak ada seorang pun sesudahnya yang memiliki kerajaan seperti dirinya.

Dengan adanya pernyataan tersebut, doa ini sering dijadikan amalan saat meminta kelancaran rezeki kepada Allah SWT. Lafadz doanya diambil dari Al-Qur'an surat Shaad ayat 35 yang berbunyi :

Rabbighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii innaka antal wahhaab."

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juga pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi."

Selain itu ada pula wirid dan doa Nabi Sulaiman untuk meminta kekayaan dan kecukupan.

"Wa annahu huwa aghnaa wa aqnaa" dibaca 313x.

Artinya: "Dan sesungguhnya Dia yang memberikan kekayaan dan kecukupan."

Doa Nabi Sulaiman agar Selamat dari Musibah

Tak ada orang yang ingin menerima musibah. Karena itulah, berdoa menjadi salah satu cara untuk meminta perlindungan pada Allah SWT. Salah satu pilihan doa selamat dari musibah antara lain sebagai berikut.

Rabbi a'udhu bika min hamazatisy syayathini wa a'udzubika rabbi ay yahdlurun.

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung kepada Engkau yang Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku."

Doa Nabi Sulaiman Bersyukur atas Nikmat Allah

Kumpulan doa Sulaiman yang berikutnya adalah berkaitan dengan nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada kita. Tanpa kita sadari, sudah banyak nikmat Allah SWT yang setiap hari diberikan kepada hambanya.

Maka dari itu, sebagai manusia yang taat dan taqwa kepada Allah SWt, maka bersyukur sangat diperlukan dalam menjauhi simak tamak dan serakah. Doa atas bersyukur dari nikmat Allah dapat diambil dari surah An Naml ayat 15 :

"Alhamdulillahil ladzii fadhdhalanaa alaa kasyiirim min ibaadihil mu'miniina."

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba hambaNya yang beriman."

Dalam Al-Qur`an surat An-Naml ayat 19:

"Rabbi awzi'nii an asykura ni'mataka latii an'amta 'alayya wa'alaa waalidayya wa-an a'mala shaalihan tardaahu wa-adkhilni birahmatika fii 'ibaadika shshaalihiin."

Artinya : Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

Doa Nabi Sulaiman Sebelum Sholat

Sholat merupakan salah satu kewajiban umat muslim untuk bertaqwa kepada Allah SWT. Agar sholat kita dapat diterima oleh Allah SWT, maka wajib hukumnya untuk sholat dengan khusyu’.

Namun, apabila memang merasa ada hal yang sepintas datang di dalam pikiran serta dapat mengganggu kenikmatan salat, maka sebelum sholat kita bisa membaca :

"Allahumma inni a'udhu bika minasy syaithoni min hamazihi wa nafkhihi wa nafsihi."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari setan, dari kesombongannya, tiupannya dan hembusannya."

Sosok Nabi Paling Kaya yang Diceritakan dalam Al-Qur'an, Mempunyai Istana dan Pasukan Jin
Sosok Nabi Paling Kaya yang Diceritakan dalam Al-Qur'an, Mempunyai Istana dan Pasukan Jin

Masing-masing nabi yang diutus Allah mempunyai kelebihan. Salah satu nabi yang diberi kelebihan adalah Nabi Sulaiman dengan kekayaan yang tak terhingga.

Baca Selengkapnya
Doa Mengusir Hewan Nabi Sulaiman, Ini Bacaan Lengkapnya
Doa Mengusir Hewan Nabi Sulaiman, Ini Bacaan Lengkapnya

Mampu berbicara dengan hewan adalah mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman AS.

Baca Selengkapnya
Penantian Panjang Shohib Selama 26 Tahun: Enggak Nyangka Nelayan Miskin Bisa Naik Haji
Penantian Panjang Shohib Selama 26 Tahun: Enggak Nyangka Nelayan Miskin Bisa Naik Haji

Shohib mengungkapkan rasa syukurnya bisa ke Baitullah karena hidupnya sebagai nelayan serba pas-pasa

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jin Qorin Menurut Islam, Apa pengertian dan Gunanya?
Jin Qorin Menurut Islam, Apa pengertian dan Gunanya?

Jin qorin, sebagai makhluk gaib yang diberikan tugas oleh Allah Swt. untuk mendampingi kehidupan manusia, memegang peran penting dalam mempengaruhi manusia.

Baca Selengkapnya
Keutamaan Puasa Nisfu Syaban, Mendapat Pahala Setara Ibadah 70 Tahun
Keutamaan Puasa Nisfu Syaban, Mendapat Pahala Setara Ibadah 70 Tahun

Puasa Nisfu Syaban termasuk amalan yang dianjurkan Rasulullah.

Baca Selengkapnya
Terungkap Berapa Usia Malaikat Jibril, Kalah Tua dari Nabi Muhammad SAW?
Terungkap Berapa Usia Malaikat Jibril, Kalah Tua dari Nabi Muhammad SAW?

Penjelasan mengenai umur malaikat Jibril, bagaimana dengan nabi Muhammad SAW?

Baca Selengkapnya
Bacaan Dzikir Nisfu Syaban yang Mudah Dihapal, Begini Menurut Ulama
Bacaan Dzikir Nisfu Syaban yang Mudah Dihapal, Begini Menurut Ulama

Pertengahan bulan Syaban dinilai istimewa oleh sebagian orang. Berbagai amalan dikerjakan untuk menghidupkan malam mulia ini, termasuk berdzikir.

Baca Selengkapnya
Kubu AMIN: Kami Senang Bukti Pemilu Curang Makin Terlihat, Mulai dari Pencalonan Gibran
Kubu AMIN: Kami Senang Bukti Pemilu Curang Makin Terlihat, Mulai dari Pencalonan Gibran

Tim Hukum AMIN, Refly Harun mengaku senang lantaran kecurangan Pemilu 2024 semakin terlihat.

Baca Selengkapnya
Waspada Jin Dasim, Sosok Perusak Rumah Tangga dan Cara Menghindarinya
Waspada Jin Dasim, Sosok Perusak Rumah Tangga dan Cara Menghindarinya

Menurut keyakinan Islam, jin adalah makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah SWT dari nyala api tanpa asap, sebagaimana disebutkan dalam surat Ar-Rahman ayat 15.

Baca Selengkapnya