Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Jamu Penambah Nafsu Makan, Efektif dan Mudah Didapat

Jamu penambah nafsu makan adalah minuman herbal yang khusus dirancang untuk merangsang nafsu makan.

Jamu ini terbuat dari campuran bahan alami, seperti rempah-rempah, tanaman obat, dan ramuan tradisional yang diyakini memiliki efek penambah nafsu makan.

Jamu penambah nafsu makan telah digunakan secara tradisional di Asia, khususnya di Indonesia, sebagai solusi alami untuk masalah nafsu makan yang rendah.

Jamu penambah nafsu makan terbilang aman karena tidak menimbulkan efek samping.

Sehingga, tidak perlu khawatir perihal kualitas keamanannya. Selain mudah didapat, obat alami penambah nafsu makan juga relatif lebih murah dibanding harus membeli vitamin penambah nafsu makan seperti pada umumnya.

Berikut beberapa jamu penambah nafsu makan yang merdeka.com lansir dari berbagai sumber:

1. Kencur

Jamu penambah nafsu makan yang pertama adalah kencur. Ramuan ini pas untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki beberapa masalah dengan nafsu makan.

Ramuan sederhana yang biasa digunakan sebagai penambah nafsu makan adalah jamu beras kencur.

Jamu ini merupakan racikan dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa. Konsumsi beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan dan stamina tubuh. Kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut.

2. Kunyit

Jamu penambah nafsu makan berikutnya adalah kunyit. Kunyit bisa menjadi bumbu dalam menu makanan seperti sayur, nasi kuning, atau penyedap pada masakan lainnya.

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang juga ditemukan pada temulawak.

Senyawa kurkumin ini berperan dalam meningkatkan nafsu makan. Kurkumin pada kunyit juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Ramuan kunyit juga bisa bantu meredakan demam, nyeri di perut, dan antiseptik untuk anak yang sariawan.

3. Temulawak

Temulawak juga kerap digunakan untuk menambah nafsu makan. Manfaat ini sangat cocok bagi siapa pun yang sulit makan agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi.

Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung dan baik untuk orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

Selain diolah menjadi jamu untuk diminum, temulawak juga sering menjadi salah satu tambahan obat herbal untuk membuat obat-obatan penambah nafsu makan.

4. Jahe

Selain temulawak, jamu penambah nafsu makan selanjutnya adalah jahe. Bisa dibilang Jahe merupakan stimulan nafsu makan yang paling banyak digunakan.

Air jahe bekerja sangat baik untuk nafsu makan yang buruk. Selain itu jahe juga memberi manfaat tambahan untuk memperkuat sistem kekebalan dan pencernaan.

Walaupun jahe mampu meningkatkan nafsu makan, rempah ini juga mampu mengontrol berat badan.

Jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak.

6 Jamu Penambah Nafsu Makan, Efektif dan Mudah Didapat

5. Kayu Manis

Kayu manis biasa dijadikan penyedap untuk memberi aroma harum dan manis khas rempah. Masakan yang dicampur dengan kayu manis cenderung dapat merangsang nafsu makan secara alami.

Tak hanya ditambahkan dalam masakan, kayu manis juga bisa menjadi bahan tambahan pada kue atau camilan.

Kayu manis terkenal memiliki beberapa sifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kayu manis dapat membantu mencegah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur.

6. Kemuning

Tanaman kemuning sering digunakan dalam jamu penambah nafsu makan. Ekstrak kemuning dapat membantu merangsang nafsu makan dan memperbaiki pencernaan.

Cara Mengonsumsi Jamu Penambah Nafsu Makan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi jamu penambah nafsu makan, antara lain:

1. Minum secara langsung

Anda dapat mencampurkan jamu penambah nafsu makan dengan air hangat dan meminumnya secara langsung. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis yang tertera pada kemasan jamu.

2. Tambahkan ke minuman atau makanan

Jika Anda tidak menyukai rasa jamu yang khas, Anda bisa mencampurkannya dengan minuman atau makanan favorit Anda. Misalnya, sedikit ekstrak jahe bisa ditambahkan ke dalam teh hangat atau jus buah.

3. Konsumsi sebelum makan

Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya minum jamu penambah nafsu makan sekitar 30 menit sebelum makan. Hal ini akan membantu merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan Anda.

4. Konsistensi dalam mengonsumsi

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, konsistensi dalam mengonsumsi jamu penambah nafsu makan sangat penting. Konsumsilah jamu ini secara teratur setiap hari sesuai dengan petunjuk dosis yang tertera pada kemasan.

Jika Anda tidak melihat perubahan dalam nafsu makan setelah beberapa minggu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

5. Perhatikan Efek Samping

Meskipun jamu penambah nafsu makan terbuat dari bahan alami, tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. Beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti gangguan pencernaan, alergi, atau reaksi sensitif terhadap bahan-bahan dalam jamu tersebut.

Jika Anda mengalami efek samping yang tidak diinginkan setelah mengonsumsi jamu, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Selain itu, pastikan untuk membeli jamu penambah nafsu makan dari sumber yang terpercaya dan konsultasikan dengan ahli gizi atau herbalis sebelum mengonsumsinya.

Manfaat Jamu Penambah Nafsu Makan

Mengonsumsi jamu penambah nafsu makan memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Meningkatkan nafsu makan

Bahan-bahan alami dalam jamu tersebut dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan Anda.

2. Memperbaiki pencernaan

Rempah-rempah dalam jamu tersebut memiliki efek merangsang enzim pencernaan dan membantu memperbaiki sistem pencernaan Anda.

3. Mengatasi masalah nafsu makan yang rendah

Jamu penambah nafsu makan secara tradisional digunakan untuk mengatasi masalah nafsu makan yang rendah, baik itu disebabkan oleh stres, kelelahan, atau gangguan pencernaan.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Beberapa bahan dalam jamu penambah nafsu makan seperti jahe dan kayu manis dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu dalam proses penyerapan nutrisi dan menjaga keseimbangan energi.

5. Memperbaiki kualitas tidur

Beberapa jamu penambah nafsu makan juga memiliki efek menenangkan dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas juga memiliki peran penting dalam menjaga nafsu makan yang sehat.

10 Manfaat Minum Jamu untuk Kesehatan, Atasi Banyak Penyakit
10 Manfaat Minum Jamu untuk Kesehatan, Atasi Banyak Penyakit

Sejak dahulu, jamu sudah dipercaya sebagai obat herbal yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Baca Selengkapnya
Resep Jamu Beras Kencur yang Nikmat dan Segar, Baik untuk Tambah Nafsu Makan dan Redakan Gejala Naiknya Asam Lambung
Resep Jamu Beras Kencur yang Nikmat dan Segar, Baik untuk Tambah Nafsu Makan dan Redakan Gejala Naiknya Asam Lambung

Sejak zaman dahulu, beras kencur telah menjadi bahan konsumsi yang lazim dan populer dalam pengobatan tradisional di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Minuman Herbal untuk Redakan Batuk, Alami dan Efektif
Minuman Herbal untuk Redakan Batuk, Alami dan Efektif

Batuk adalah masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Untuk meredakannya, bahan-bahan alami ini bisa menjadi solusi untuk dikonsumsi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Resep Jamu Kayu Manis, Efektif Atasi Masuk Angin dan Perut Kembung
Resep Jamu Kayu Manis, Efektif Atasi Masuk Angin dan Perut Kembung

Salah satu jenis rempah yang sering ditemui di Indonesia adalah kayu manis, yang kerap digunakan sebagai komponen dalam berbagai hidangan dan minuman.

Baca Selengkapnya
16 Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Wanita Serta Cara Membuatnya yang Mudah, Sederhana dan Murah
16 Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Wanita Serta Cara Membuatnya yang Mudah, Sederhana dan Murah

Jamu kunyit asam, minuman tradisional yang kaya akan manfaat telah menjadi bagian dari gaya hidup sehat wanita Indonesia

Baca Selengkapnya
Cara Sehat Menekan Nafsu Makan, Cocok Dicoba saat Diet
Cara Sehat Menekan Nafsu Makan, Cocok Dicoba saat Diet

Nafsu makan yang berlebihan tidak hanya mengganggu upaya kita untuk menjaga berat badan yang sehat, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Baca Selengkapnya
5 Khasiat Nangka yang Jarang Diketahui, Bagus untuk Cegah Penyakit Jantung
5 Khasiat Nangka yang Jarang Diketahui, Bagus untuk Cegah Penyakit Jantung

Nangka menyimpan kandungan nutrisi yang melimpah untuk menjaga kesehatan tubuh. Misal, mencegah perkembangan sel kanker dan menjaga kesehatan jantung.

Baca Selengkapnya
Sering Dibuang, Biji Nangka Ternyata Efektif untuk Tangkal Kolesterol Jahat
Sering Dibuang, Biji Nangka Ternyata Efektif untuk Tangkal Kolesterol Jahat

Selain nikmat diolah, biji buah nangka juga mengandung beragam manfaat kesehatan, lho!

Baca Selengkapnya
Minum Jamu, Cara Nola B3 Wariskan Kekuatan Herbal Indonesia kepada Putrinya
Minum Jamu, Cara Nola B3 Wariskan Kekuatan Herbal Indonesia kepada Putrinya

Nola dengan bangga mewariskan tradisi minuman tradisional itu kepada kedua putrinya, Naura Ayu dan Neona Ayu.

Baca Selengkapnya