Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Niat Sholat Nisfu Syaban Sendiri, Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

<b>Niat Sholat Nisfu Syaban Sendiri, Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya</b><br>

Niat Sholat Nisfu Syaban Sendiri, Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

Sholat Nisfu Sya'ban adalah sholat sunnah pada malam pertengahan bulan Sya'ban yang dapat diamalkan.

Sholat nisfu syaban dianggap sebagai momen istimewa bagi umat Muslim karena dilakukan pada malam Nisfu Sya'ban atau tepatnya tanggal 15 bulan Sya'ban. Malam nisfu syaban ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia sebab malam ini adalah jenis malam mulia lainnya setelah Lailatul Qadar.<br>

Sholat nisfu syaban dianggap sebagai momen istimewa bagi umat Muslim karena dilakukan pada malam Nisfu Sya'ban atau tepatnya tanggal 15 bulan Sya'ban. Malam nisfu syaban ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia sebab malam ini adalah jenis malam mulia lainnya setelah Lailatul Qadar.

Sholat Nisfu Sya'ban bukanlah kewajiban, melainkan amalan sunnah yang memiliki keistimewaan tertentu. Sebagai bagian dari ibadah sunnah, pelaksanaan sholat ini disertai dengan niat khusus untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam melaksanakan Sholat Nisfu Sya'ban, langkah pertama yang perlu diambil adalah menetapkan niat dengan tulus dan ikhlas dalam hati.

Adapun bacaan niat sholat nisfu syaban sendiri dan tata cara pelaksanaanya akan merdeka.com rangkum di bawah ini.

<b>Nia Sholat Nisfu Syaban Sendiri</b>

Nia Sholat Nisfu Syaban Sendiri

Melansir laman Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), salah satu amalan yang dianjurkan pada waktu tersebut adalah sholat Nisfu Syaban. Sholat Nisfu Syaban bisa dilakukan secara berjamaah ataupun sendiri di rumah. Berikut niat sholat nisfu syaban sendiri:

Niat Sholat Nisfu Syaban Sendiri


أُصَلِّي سُنَّةَ نِصْفِ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى، اللهُ أَكْبَرُ

Ushalli sunnata Nishfi Sya'bân rak'ataini lillâhi ta'ala, Allahu Akbar.

Artinya: "Aku niat sholat sunah nisfu sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala. Allah Maha Besar."

<b>Tata Cara Sholat Nisfu Syaban</b>

Tata Cara Sholat Nisfu Syaban

Adapun tata cara pelaksanaan sholat nisfu syaban tak jauh berbeda dengan tata cara sholat lainnya. Dilansir dari NU Online, berikut tata cara sholat nisfu syaban:

1. Membaca Niat
2. Membaca Takbiratul Ihram
3. Membaca Doa Iftitah
4. Membaca Surah Al Fatihah
5. Membaca Surah Pendek dalam Al Quran
6. Rukuk
7. Itidal
8. Sujud
9. Mengulang gerakan seperti rakaat pertama
10. Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua
11. Salam.

Doa setelah sholat nisfu syaban:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى اللهُمَّ إِنِّيْ اللَّهُمَّ اِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَ اْلمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَة

Allaahumma innaka 'afuwwung- kariimung-tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii. Allaahumma innii asalukal 'afwa wal 'aafiyata wal mu'aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama, dunia serta akhirat."

Doa setelah sholat nisfu syaban lainnya:

Allaahumma yaa dzal manni walaa yumannu 'alaika ya dzal jalaali wal ikraam, yaa dzath thouli wal in'aam laa ilaaha illaa anta, zhoharul laajiin, wa jaarol mustajiiriin, wa amaanal khoo-ifiin.

Allaahumma in kunta katabtanii 'indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan awmahruuman awmathruudan awmuqtarron alayya fir rizqi famhu.

Allaahumma bifadhlika fii ummil kitaabi syaqoowatii wahirmaanii wathordil walq taaro rizqii wa atsbitnii indaka fii ummil kitaabi sa'iidam marzuuqom muwaffaqal lil khairaat. Fa innaka quita waqoulukal haqqu fii kitaabikal munzali 'alaa nabiyyikal mursali, yamhul laahumaa yasyaa-u wayutsbitu wa'indahuu ummul kitaabi.

llaahil bittajallil a'zhomi fii lailatin nishfi min syahri sya'baanal mukarromillatii yufraqu fiihaa kullu amrin haklim wayubromu ishrif 'annii minal balaa-l maa a'lamu wamaa laa a'lamu wa anta allaamu! ghuyuubi birohmatika yaa arhamar raahimiin.

Washollallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadiw wa'alaa aalihil washohbihi wasallam.

Artinya: "Ya Allah Tuhanku, wahai Yang memiliki anugerah dan tiada yang memberi anugerah kepadaMu, wahai Yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, wahai yang mempunyai kekuasaan dan yang memberi nikmat, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, tempat bernaung bagi orang-orang yang mengungsi, tempat berlindung bagi orang-orang yang memohon perlindungan dan tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan.

Ya Allah Tuhanku, jika Engkau telah menetapkan diriku di dalam Ummul Kitab (Lauh Mahfuz) yang berada di sisiMu sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir atau disempitkan rezekinya sudilah kiranya Engkau menghapuskan.

Ya Allah Tuhanku, berkat karuniaMu apa yang ada dalam Ummul Kitab yaitu perihal diriku sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir dan sempit rezeki. Dan sudilah kiranya Engkau menetapkan di dalam Ummul Kitab yang ada di sisiMu agar aku menjadi orang yang berbahagia, mendapat rezeki yang banyak lagi beroleh kesuksesan dalam segala-

kebaikan karena sesungguhnya Engkau telah berfirman di dalam kitabMu dan firmanMu adalah benar yang diturunkan melalui lisan Nabi yang Engkau utus. Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan, dan di sisiNya ada Ummul Kitab.

Dan sudilah kiranya Engkau menetapkan di dalam Ummul Kitab yang ada di sisiMu agar aku menjadi orang yang berbahagia, mendapat rezeki yang banyak lagi beroleh kesuksesan dalam segala kebaikan karena sesungguhnya Engkau telah berfirman di dalam kitabMu dan firmanMu adalah benar yang diturunkan melalui lisan Nabi yang Engkau utus.

Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan, dan di sisiNya ada Ummul Kitab.

Ya Tuhanku, berkat penampilan yang Mahabesar (dari rahmatMu) pada malam pertengahan bulan Syaban yang mulia ini diperincikanlah segala urusan yang ditetapkan dengan penuh kebijaksanaan. Sudilah kiranya Engkau menghindarkan diriku dari segala bencana yang aku ketahui dan yang tidak kuketahui serta yang lebih Kau ketahui (daripadaku), dan Engkau Maha Mengetahui segala yang gaib, berkat rahmatMu wahai yang maha penyayang di antara para penyayang.

Niat Sholat Nisfu Syaban Lengkap Beserta Tata Caranya

Niat Sholat Nisfu Syaban Lengkap Beserta Tata Caranya

Berikut bacaan niat sholat Nisfu Syaban lengkap beserta tata caranya.

Baca Selengkapnya
Doa Malam Nisfu Syaban Lengkap dengan Latin & Artinya, Umat Islam Perlu Tahu

Doa Malam Nisfu Syaban Lengkap dengan Latin & Artinya, Umat Islam Perlu Tahu

Berikut doa malam Nisfu Syaban lengkap dengan latin dan artinya.

Baca Selengkapnya
Niat Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara dan Doanya

Niat Sholat Taubat Lengkap dengan Tata Cara dan Doanya

Merdeka.com rangkum bacaan doa sholat beserta niat, tata cara dan amalannya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Sholat Lengkap dari Niat hingga Salam, Umat Islam Wajib Hafal

Bacaan Sholat Lengkap dari Niat hingga Salam, Umat Islam Wajib Hafal

Sholat adalah ibadah wajib bagi umat Islam, ketahui tata cara dan bacaannya.

Baca Selengkapnya
Niat Sholat Tahajud beserta Tata Cara dan Doanya yang Wajib Diketahui

Niat Sholat Tahajud beserta Tata Cara dan Doanya yang Wajib Diketahui

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua rakaat. Namun sebelum mengamalkannya, penting untuk tahu bacaan niat dan tata caranya.

Baca Selengkapnya
Doa Nisfu Syaban Arab, Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Doa Nisfu Syaban Arab, Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Doa Nisfu Syaban diyakini sebagai sarana untuk mendapatkan keberkahan, menjauhkan dari bencana, dan memohon perlindungan dari segala penyakit.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Sholat Tahajud Beserta Niat & Tata Caranya, Pahami Agar Tidak Salah

Bacaan Doa Sholat Tahajud Beserta Niat & Tata Caranya, Pahami Agar Tidak Salah

Tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari mulai dari jam 7 malam sampai masuknya waktu subuh. Berikut bacaan doa sholat tahajud.

Baca Selengkapnya
Bacaan Niat Sholat Maghrib dan Isya Jamak Takhir Lengkap dengan Tata Caranya

Bacaan Niat Sholat Maghrib dan Isya Jamak Takhir Lengkap dengan Tata Caranya

Sholat jamak adalah salah satu rukhsah atau dispensasi yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Islam yang berada dalam situasi sulit untuk sholat.

Baca Selengkapnya
Sholat Subuh Bacaan Doa dan Tata Caranya Sesuai Syariat Islam

Sholat Subuh Bacaan Doa dan Tata Caranya Sesuai Syariat Islam

Bacaan sholat subuh lengkap dan tata cara lengkapnya.

Baca Selengkapnya