Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Berapa Rakaat Sholat Nisfu Syaban? Ketahui Pula Tata Cara dan Niatnya

Berapa Rakaat Sholat Nisfu Syaban? Ketahui Pula Tata Cara dan Niatnya

Berapa Rakaat Sholat Nisfu Syaban? Ketahui Pula Tata Cara dan Niatnya

Berikut penjelasan tentang berapa rakaat sholat Nisfu Syaban.

Saat memasuki bulan Syaban, umat Islam mulai siap menyambut datangnya malam Nisfu Syaban.

Malam Nisfu Syaban jatuh pada pertengahan bulan Sya'ban. Atau lebih tepatnya sekitar dua minggu sebelum datangnya bulan suci Ramadan.

Terdapat begitu banyak amalan yang bisa dikerjakan ketika malam Nisfu Syaban. Salah satunya adalah sholat Nisfu Syaban.

Sebagaimana dijelaskan oleh Imam al-Ghazali dalam Ihya ‘Ulumuddin,

وأما صلاة شعبان فليلة الخامس عشر منه يصلي مائة ركعة كل ركعتين بتسليمة يقرأ في كل ركعة بعد الفاتحة قل هو الله أحد إحدى عشرة مرة وإن شاء صلى عشر ركعات يقرأ في كل ركعة بعد الفاتحة مائة مرة قل هو الله أحد فهذا أيضاً مروي في جملة الصلوات كان السلف يصلون هذه الصلاة ويسمونها صلاة الخير ويجتمعون فيها وربما صلوها جماعة

Artinya:
"Adapun sholat sunnah Sya‘ban adalah malam kelima belas bulan Sya‘ban. Dilaksanakan sebanyak seratus rakaat. Setiap dua rakaat satu salam. Setiap rakaat setelah Al-Fatihah membaca Qulhuwallahu ahad sebanyak 11 kali.

Jika mau, seseorang dapat shalat sebanyak 10 rakaat. Setiap rakaat setelah Al-Fatihah Qulhuwallahu ahad 100 kali. Ini juga diriwayatkan dalam sejumlah shalat yang dilakukan orang-orang salaf dan mereka sebut sebagai shalat khair. Mereka berkumpul untuk menunaikannya. Mungkin mereka menunaikannya secara berjamaah." (Al-Ghazali, Ihya ‘Ulumiddin, jilid 1, hal. 203).

Sementara itu, menurut Ibnu Taimiyah dalam Majmuk Fatawa yang dinukil dari NU Online, memperbanyak sholat saat malam Nisfu Syaban memiliki landasan yang kuat.

َأَمَّا لَيْلَةُ النِّصْفِ فَقَدْ رُوِيَ فِي فَضْلِهَا أَحَادِيثُ وَآثَارٌ وَنُقِلَ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْ السَّلَفِ أَنَّهُمْ كَانُوا يُصَلُّونَ فِيهَا فَصَلَاةُ الرَّجُلِ فِيهَا وَحْدَهُ قَدْ تَقَدَّمَهُ فِيهِ سَلَفٌ وَلَهُ فِيهِ حُجَّةٌ فَلَا يُنْكَرُ مِثْلُ هَذَا.

Artinya:
"Adapun (sholat) pada malam nisfu Sya‘ban, maka banyak hadits serta atsar dari sahabat yang menyebutkan keutamaannya. Dikutip dari segolongan ulama salaf bahwa mereka melakukan shalat pada malam nisfu Sya‘ban. Maka shalat yang dilakukan seseorang pada malam tersebut secara sendirian telah dicontohkan oleh para ulama salaf, amalan tersebut mempunyai dalil sehingga tidak perlu diingkari."

Bagi yang belum tahu, malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai malam ditutupnya buku catatan perjalanan hidup setiap manusia, kemudian dibuka kembali lembaran baru untuk tahun yang akan datang.

Tidak heran, apabila umat Islam selalu beramai-ramai melakukan kebaikan dan amalan untuk mendapatkan catatan yang baik di bulan Syaban ini. Namun, masih ada umat Islam yang bertanya-tanya berapa rakaat sholat Nisfu Syaban itu.

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (22/2), simak ulasan informasinya berikut ini.

Berapa Rakaat Sholat Nisfu Syaban?<br>

Berapa Rakaat Sholat Nisfu Syaban?

Tidak bisa dipungkiri, masih ada umat Islam yang bertanya-tanya berapa rakaat sholat Nisfu Syaban itu sendiri. Bahkan, berapa rakaat sholat Nisfu Syaban ini menjadi pertanyaan yang umum.

Lantas berapa rakaat sholat Nisfu Syaban? Jawabannya adalah dua rakaat. Umat Islam bisa mengerjakan sholat sunnah ini pada malam Nisfu Syaban setelah menunaikan sholat fardhu atau sholat wajib.

Di mana nantinya umat Islam kembali berdiri untuk mengerjakan sholat Nisfu Syaban.

Bacaan Niat Sholat Nisfu Syaban<br>

Bacaan Niat Sholat Nisfu Syaban

Setelah mengetahui berapa rakaat sholat Nisfu Syaban, dianjurkan untuk mengetahui bacaan niatnya. Sebagaimana diketahui, setiap ibadah sholat memiliki niatnya masing-masing.

Melansir dari NU Jabar, adapun bacaan niat sholat Nisfu Syaban adalah sebagai berikut:

أصلى سنة نصف شعبان ركعتين للّه تعالى

Usholli sunnatan nisfu syaban rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya:
"Saya niat sholat sunah Nisfu Sya’ban dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Apabila umat Islam mengerjakan sholat Nisfu Syaban pada malam hari, maka bacaan niatnya sebagai berikut:

Usholli sunnata lailati nisfu sya'baana rak'ataini lillahi ta'alaa

Artinya:
"Saya sholat sunnat malam Nisfu Syaban dua rakaat karena Allah Ta'ala"

Tata Cara Sholat Nisfu Syaban<br>

Tata Cara Sholat Nisfu Syaban

Adapun tata cara sholat Nisfu Syaban adalah sebagai berikut:

1. Membaca Niat

2. Takbiratul Ihram.

3. Disunahkan membaca doa Iftitah,

4. Membaca Surat Al-Fatihah.

5. Membaca surat pendek, lebih diutamakan membaca Surat Al-Kafirun.

6. Rukuk dengan membaca doa rukuk.

7. Itidal dengan membaca doa Itidal.

8. Sujud dengan membaca doa sujud.

9. Duduk di antara dua sujud, dengan membaca bacaan doanya.

10. Sujud kedua.

11. Berdiri menunaikan rakaat kedua.

12. Membaca Al-Fatihah.

13. Membaca surat pendek, diutamakan Surat Al Ikhlas.

14. Rukuk dengan membaca doa rukuk.

15. Itidal dengan membaca doa Itidal.

16. Sujud dengan membaca doa sujud.

17. Duduk di antara dua sujud, dengan membaca bacaan doanya.

18. Sujud kedua.

19. Duduk tahiyat akhir.

20. Mengucap salam.

Bacaan Doa setelah Sholat Nisfu Syaban<br>

Bacaan Doa setelah Sholat Nisfu Syaban

:​​​​​​​​أَللّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْهِ، يَا ذَاالْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ، يَا ذَا الطَّوْلِ وَالْإِنْعَامِ، لَآإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَالَّلاجِـءِيْنَ، وَجَارَالْمُسْتَجِيْرِيْنَ، وَأمَانَ الْخَاءِفِيْنَ. أَللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّ أَوْمَحْرُوْمًا أَوْمَطْرُوْدًا أَوْمُقَتَّرًا عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ فَامْحُ. اللّهُمَّ بِفَضْلِكَ شَقَاوَتِيْ وَحِرْمَانِيْ وَطَرْدِي وَاقْتَارَ رِزْقِيْ وَأَثْبِتْنِيْ عِنْدَكَ فِى أُمِّ الْكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَا بِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ: يَمْحُوْا اللّٰهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ. إِلٰهِي بِالتَّجَلِّيِّ الْأَعْظَامِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّم الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ وَيُبْرَمُ: أَسْأَلُكَ أَنْ تَكْشِفَ عَنَّا مِنَ الْبَلَاءِ مَا نَعْلَمُ وَمَا لَا نَعْلَمُ وَمَا أَنْتَ بِهِ أَعْلَمُ، إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْإِكْرَمُ. وَصَلَّى اللّٰهُ تَعَالَى عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَّعَلَى آلِهٖ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma yaa dzal manni walaa yumannu alaika ya dzal jalaali wal ikraam, yaa dzath thauli wal in aam laa ilaaha illaa anta, dhahrul laajiin, wa jaarul mustajiiriin, wa amaanul khaa ifiin.

Allahumma in kunta katabta nii indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan aw mahruuman aw mathruudan aw muqtarran alayya fir rizqi famhu.

Allaahumma bi fadllika syaqaawatii wa hirmaanii wa thardii waq titaari rizqii wa ats-bitnii indaka fii ummil kitaabi sa 'iidan marzuuqan muwaf faqal lil khairaat.

Fa innaka qulta wa qaulta wa qaulukal haqqu fii kitaabikal munazzali 'alaa nabiyyikal mursali, yamhul laahumaa yasyaa u wa yutsbitu wa indahuu ummul kitaabi.

Ilaahii bittajallil Aadhami fii lailatin nishfi min syahri syabaanil mukarramil latii yufraqu fiihaa kullu amrin hakiim wa yubram ishrif annii minal balaa i maa alamu wa maa laa alam wa anta allaamul ghuyuubi birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Wa sallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadiw wa 'alaa aalihii wa sahbihi wa sallama.


Artinya:
"Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan.

Tiada Tuhan selain Engkau, Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan.

Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan.

Sungguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus: “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.

Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui.

Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau. Amin"

Niat Sholat Nisfu Syaban Sendiri, Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

Niat Sholat Nisfu Syaban Sendiri, Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

Berikut niat sholat nisfu syaban sendiri, sholat ini bisa dilakukan secara berjamaah ataupun sendiri.

Baca Selengkapnya
Puasa Nisfu Syaban Berapa Hari? Ini Penjelasan Lengkapnya

Puasa Nisfu Syaban Berapa Hari? Ini Penjelasan Lengkapnya

Puasa nisfu syaban adalah amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk memperbanyak pahala.

Baca Selengkapnya
Tata Cara Sholat Tasbih Nisfu Syaban, Niat, dan Keutamaannya

Tata Cara Sholat Tasbih Nisfu Syaban, Niat, dan Keutamaannya

Sholat tasbih dilakukan untuk mendapat pengampunan dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Niat Sholat Sunnah Qabliyah, Tata Cara, dan Keutamaannya yang Penting Diketahui

Niat Sholat Sunnah Qabliyah, Tata Cara, dan Keutamaannya yang Penting Diketahui

Dilaksanakan sebelum sholat wajib, ketahui hal-hal dasar tentang sholat sunnah qabliyah ini.

Baca Selengkapnya
Sholat Nisfu Syaban Jam Berapa? Ini Waktu yang Tepat dan Amalannya

Sholat Nisfu Syaban Jam Berapa? Ini Waktu yang Tepat dan Amalannya

Sholat Nisfu Syaban, juga dikenal sebagai malam pertengahan bulan Sya'ban, adalah salah satu amalan yang dianjurkan di dalam Islam.

Baca Selengkapnya
Niat Puasa Qadha di Bulan Syawal, Perlu Diketahui

Niat Puasa Qadha di Bulan Syawal, Perlu Diketahui

Selain hukum pelaksanaannya, Anda juga perlu memahami bacaan niat puasa qadha di bulan Syawal dengan baik dan benar

Baca Selengkapnya
Keutamaan Puasa Nisfu Syaban, Mendapat Pahala Setara Ibadah 70 Tahun

Keutamaan Puasa Nisfu Syaban, Mendapat Pahala Setara Ibadah 70 Tahun

Puasa Nisfu Syaban termasuk amalan yang dianjurkan Rasulullah.

Baca Selengkapnya
Niat dan Tata Cara Puasa Syawal, Serta Hukum Puasa Syawal saat Masih Punya Hutang Puasa Ramadhan

Niat dan Tata Cara Puasa Syawal, Serta Hukum Puasa Syawal saat Masih Punya Hutang Puasa Ramadhan

Puasa Syawal merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan mulai tanggal 2 Syawal atau sehari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Baca Selengkapnya
Niat Sholat Nisfu Syaban Lengkap Beserta Tata Caranya

Niat Sholat Nisfu Syaban Lengkap Beserta Tata Caranya

Berikut bacaan niat sholat Nisfu Syaban lengkap beserta tata caranya.

Baca Selengkapnya