Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Wisata Nganjuk Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya

Nganjuk dikenal dengan sebutan

Nganjuk dikenal dengan sebutan "Kota Santri" karena banyaknya lembaga pendidikan Islam yang berada di kawasan ini. Bukan hanya itu, Nganjuk juga terkenal dengan beberapa objek wisata alam yang menarik. Mulai dari wisata air terjun, bukit, hingga waduk atau danau dengan pemandangan yang elok.

Nganjuk adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini terletak di bagian timur Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Madiun di sebelah utara, Kabupaten Kediri di sebelah timur, Kabupaten Ponorogo di sebelah selatan, dan Kabupaten Bojonegoro di sebelah barat.

Berbagai wisata Nganjuk populer menyajikan panorama alam asri yang menyejukkan. Tentu, ini menjadi destinasi yang cocok untuk melepas rasa stres dan penat dari aktivitas harian. Berikut, kami merangkum beberapa wisata Nganjuk populer, seru, dan terjangkau, bisa menjadi rekomendasi tujuan liburan Anda.

<b>Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Nganjuk</b>

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Nganjuk

1. Air Terjun Sedudo

Wisata Nganjuk populer yang bisa menjadi rekomendasi pertama adalah Air Terjun Sedudo. Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun ini terkenal karena keindahan alamnya yang memukau, terletak di tengah hutan pegunungan dengan ketinggian sekitar 105 meter.

Air Terjun Sedudo juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Timur karena di sekitarnya terdapat fasilitas yang memadai, seperti tempat parkir, warung makanan, dan toilet. Selain itu, Anda dapat menikmati panorama yang indah dari ketinggian melalui view point yang disediakan.

2. Bukit Batu Songgong

Wisata Nganjuk populer berikutnya adalah Bukit Batu Songgong. Bukit Batu Songong adalah sebuah objek wisata yang terletak di Desa Sawahan, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Bukit ini terkenal karena pemandangan alamnya yang menakjubkan dan cocok untuk menikmati sunset atau sunrise.

Dari pusat kota Nganjuk, perjalanan menuju Bukit Batu Songong memakan waktu sekitar 1,5-2 jam dengan jarak sekitar 45 km. Anda akan melewati jalur yang cukup menantang dengan jalan menanjak dan berkelok-kelok. Sampai di lokasi, Anda akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan hijau dan panorama yang menakjubkan.

3. Grojogan Duwur Sumbermiri

Wisata Nganjuk pilihan selanjutnya adalah Grojogan Duwur Sumbermiri. Grojogan Duwur Sambermiri adalah salah satu objek wisata air terjun yang terletak di Desa Sambermiri, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun ini terkenal dengan panorama alamnya yang memukau dan keindahan air terjunnya.

Dari pusat kota Nganjuk, perjalanan menuju Grojogan Duwur Sambermiri memakan waktu sekitar 1,5-2 jam dengan jarak sekitar 50 km. Mendekati lokasi, Anda akan melewati perkebunan dan hutan pinus, yang akan membuat perjalanan menuju air terjun ini semakin menyenangkan.

Setelah sampai di lokasi, Anda dapat menikmati keindahan air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter dan lebar sekitar 15 meter. Anda juga dapat menikmati keindahan panorama sekitar air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dan hutan pinus yang rimbun.

4. Waduk Putukrejo

Waduk Putukrejo juga termasuk salah satu wisata Nganjuk populer yang sayang untuk dilewatkan. Waduk Putukrejo merupakan waduk yang dibangun pada tahun 1987 sebagai bendungan untuk irigasi dan juga sebagai sumber air bagi warga sekitar.

Namun, seiring berjalannya waktu, Waduk Putukrejo juga menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di sekitar waduk. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan waduk yang luas dan indah, serta pepohonan hijau yang mengelilingi waduk.

Anda juga dapat melakukan kegiatan seperti memancing, berenang, atau naik perahu di sekitar waduk. Di sekitar lokasi Waduk Putukrejo, terdapat juga beberapa penginapan dan tempat makan yang bisa Anda kunjungi.

5. Bukit Watu Lawang

Wisata Nganjuk populer yang bisa menjadi rekomendasi lainnya adalah Bukit Watu Lawang. Bukit ini terkenal dengan panorama alamnya yang memukau, khususnya saat matahari terbit dan terbenam. Dari puncak Bukit Watu Lawang, Anda dapat melihat pemandangan lembah yang indah dan juga kota Nganjuk yang terlihat jelas.

Untuk mencapai Bukit Watu Lawang, Anda harus menempuh perjalanan dengan jarak 15 km dari Kota Nganjuk, dengan waktu sekitar 30-45 menit.

Setelah sampai di puncak, Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan panorama lembah dan kota Nganjuk yang memesona. Di sekitar lokasi Bukit Watu Lawang, terdapat juga warung-warung yang menyajikan beragam sajian makanan lezat. Sehingga Anda bisa berekreasi sambil berwisata kuliner seru.

6. Waduk Perning

Waduk Perning mungkin bisa menjadi pilihan destinasi liburan Anda lainnya. Wisata Nganjuk yang satu ini adalah sebuah waduk dengan luas sekitar 52 hektare dan dibangun pada tahun 1994 untuk memenuhi kebutuhan irigasi dan juga sebagai sumber air bersih bagi warga sekitar.

Keindahan alam yang ditawarkan oleh waduk ini, seperti air yang jernih dan pemandangan pegunungan yang indah, membuat banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alamnya. Selain menikmati pemandangan, Anda bisa mencoba beberapa aktivitas lainnya seperti memancing atau naik perahu di sekitar waduk.

7. Jurang Gatuk

Wisata Nganjuk populer yang terakhir namun tak kalah menarik adalah Jurang Gatuk. Jurang Gatuk merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan dengan kedalaman sekitar 300 meter dan memiliki lebar sekitar 10 meter. Jurang Gatuk juga dikelilingi oleh perbukitan hijau yang asri dan indah.

Sesampainya di lokasi, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang spektakuler dan menakjubkan, juga melakukan berbagai aktivitas wisata seperti berjalan-jalan di sekitar jurang, mengambil foto, atau sekadar menikmati pemandangan indah sekitar.

8. Masjid Al-Mubarok

Masjid Al-Mubarok adalah tempat wisata Nganjuk yang selalu hits. Lokasi tempat wisata Nganjuk yang selalu hits di Jl. May Jend. Supeno No.76, Gerekan, Kacangan, Berbek, Kabupaten Nganjuk.

Masjid tempat wisata Nganjuk yang selalu hits ini cukup bersejarah di Nganjuk. Masjid Al-Mubarok sebagai tempat wisata Nganjuk yang selalu hits dibangun oleh KRT Sosro Koesoemo atau Kanjeng Jimat. Bupati Berbek pertama yang menjadi cikal bakal kabupaten Nganjuk.

Di kompleks masjid ini juga terdapat makam Kanjeng Jimat. Makam ini selalu ramai dikunjungi peziarah, terutama saat Jumat legi. Di masjid ini juga terdapat ornamen bersejarah seperti mimbar yang sudah ada sejak 1758 dan bedug dari tahun 1759.

9. Candi Ngetos

Candi Ngetos adalah tempat wisata Nganjuk lainnya juga populer. Keberadaaan tempat wisata Nganjuk yang selalu hits ada sejak peninggalan zaman Majapahit yang berlokasi di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, sekitar 17 kilometer arah selatan kota Nganjuk.

Tempat wisata Nganjuk yang selalu hits ini diperkirakan dibangun pada abad ke-15 pada masa Kerajaan Majapahit. Candi ini dipastikan merupakan candi yang bercorak Siwa-Wisnu. Tempat wisata Nganjuk yang selalu hits ini dipercaya dibangun sebagai tempat pemakaman raja Hayam Wuruk.

10. Pura Kerta Bhuwana

Pura Kerta Bhuwana adalah tempat wisata Nganjuk yang berfungsi sebagai tempat peribadatan umat Hindu. Tempat wisata Nganjuk yang satu ini ditemukan di puncak Gunung Wilis sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu, Dewi Sri dan leluhur.

Sesepuh umat Hindu meyakini di tempat wisata Nganjuk yang selalu hits Candi Sapto Argo terdapat lima prasasti dan telah ditemukan sejumlah tiga prasasti. Ditemukan pula pajenengan di areal Candi Sapto Argo berupa Genta berhulu Triwikrama, Lonceng berhulu Narasingha, dan Pasepan di sekelilingnya berukiran empat dewa-dewa.

Wisata Medan Paling Populer dan Wajib Dikunjungi
Wisata Medan Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

Rekomendasi wisata Medan yang bisa dijadikan inspirasi untuk berlibur bersama-sama.

Baca Selengkapnya
12 Tempat Wisata di Jepang Paling Populer, Rekomendasi Terbaik Liburan Bareng Keluarga
12 Tempat Wisata di Jepang Paling Populer, Rekomendasi Terbaik Liburan Bareng Keluarga

Simak rekomendasi wisata di Jepang berikut ini yang wajib dikunjungi bareng keluarga.

Baca Selengkapnya
10 Wisata di Jombang Terbaik dan Terpopuler, Wajib Disambangi
10 Wisata di Jombang Terbaik dan Terpopuler, Wajib Disambangi

Jombang tak kalah menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata, sebab kota ini menyimpan banyak spot-spot yang indah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
10 Wisata Cilacap Populer yang Patut Disambangi, Ini Daftarnya
10 Wisata Cilacap Populer yang Patut Disambangi, Ini Daftarnya

Tak perlu bingung lagi hendak ke mana saat berkunjung di Cilacap. Datangi saja salah satu rekomendasi wisata ini.

Baca Selengkapnya
7 Wisata Lampung Terpopuler yang Menarik Dikunjungi, Ini Daftarnya
7 Wisata Lampung Terpopuler yang Menarik Dikunjungi, Ini Daftarnya

Lampung bisa menjadi destinasi wisata menarik bagi Anda yang mencari pengalaman liburan unik dan berkesan.

Baca Selengkapnya
12 Wisata Banten yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Cocok Jadi Destinasi Liburan
12 Wisata Banten yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Cocok Jadi Destinasi Liburan

Beragam destinasi wisata membuat Banten menjadi tujuan yang cocok untuk berlibur.

Baca Selengkapnya
16 Tempat Wisata di Sentul yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Beri Pengalaman Berkesan
16 Tempat Wisata di Sentul yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Beri Pengalaman Berkesan

Sentul adalah kawasan wisata yang menawarkan berbagai macam destinasi yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Baca Selengkapnya
14 Wisata Malaysia Terpopuler 2024, Jelajahi dan Rasakan Keseruannya
14 Wisata Malaysia Terpopuler 2024, Jelajahi dan Rasakan Keseruannya

Destinasi wisata yang disuguhkan oleh negara Malaysia tak perlu diragukan lagi keindahannya.

Baca Selengkapnya
9 Destinasi Wisata Bali yang Indah dan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi
9 Destinasi Wisata Bali yang Indah dan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi

Destinasi wisata Bali memang selalu menarik untuk dikunjungi.

Baca Selengkapnya