Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Wisata di Jombang Terbaik dan Terpopuler, Wajib Disambangi

<b>10 Wisata di Jombang Terbaik dan Terpopuler, Wajib Disambangi</b><br>

10 Wisata di Jombang Terbaik dan Terpopuler, Wajib Disambangi

Jombang tak kalah menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata, sebab kota ini menyimpan banyak spot-spot yang indah.

Jombang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di antara jalur utama yang menghubungkan Surabaya dengan Madiun. Jombang juga terkenal dengan julukannya sebagai Kota Santri. Selain itu, Jombang juga memiliki variasi destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Sebut saja wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata buatan. Semua wisata di Jombang terpopuler ini memiliki daya tariknya tersendiri, yang membuatnya populer di kalangan wisatawan lokal. Dilansir dari laman Liputan 6, ini dia rekomendasi tempat wisata di Jombang terpopuler yang wajib untuk Anda kunjungi.

<b>Rekomendasi Wisata di Jombang</b>

Rekomendasi Wisata di Jombang

1. Air Terjun Tretes

Rekomendasi wisata di Jombang yang pertama adalah air terjun Tretes. Berlokasi di Desa Galengdowo, Wonosalam, Jombang, air terjun Tretes masih berada dalam satu lokasi yang sama dengan Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) di Kompleks Gunung Anjasmoro.

Air terjun ini terletak di wilayah dataran tinggi, yaitu di sekitar 1.250 mdpl dengan ketinggian aliran airnya sekitar 158 meter. Hal ini membuat suasana di sekitar air terjun sangat sejuk. Kondisi alam di sekitarnya juga masih terjaga dengan baik, sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Debit air yang rendah membuat Anda bisa bermain air sambil berswafoto.

2. Goa Sriti

Rekomendasi wisata di Jombang kedua yang wajib dikunjungi adalah Goa Sriti yang terletak di Dusun Sidolegi, Sumberjo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. Meski tergolong wisata baru pengelolaan goa sriti telah dikembangkan dengan baik oleh warga sekitar.

Goa sriti dikenal dengan bentuknya yang tampak lebih cekung dan bagian dinding atasnya yang terdapat aliran air dengan suara yang menenangkan hati. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati nuansa khas pedesaan yang dipenuhi dengan pohon jati dan pohon pisang.

3. Klenteng Hong San Kiong

Rekomendasi wisata di Jombang terpopuler ketiga adalah Klenteng Hong San Kiong. Meski dikenal sebagai Kota Santri, Jombang juga punya situs wisata agama lain yang menjadi favorit. Terletak di Jalan Raya Wangkal Gudo, Kabupaten Jombang, klenteng ini menjadi destinasi wisata budaya dan religi yang banyak dikunjungi dan dikagumi.

Klenteng Hong San Kiong terkenal sebagai tempat ibadah yang disediakan untuk tiga agama, yaitu Konghucu, Budha, dan Tios. Dibangun pada tahun 1700, setiap hari raya Imlek Klenteng Hong San Kiong penuh oleh pengunjung yang ingin melihat pertunjukan barongsai dan wayang potehi.

4. Kampung Djawi

Berbicara tentang objek wisata di Jombang yang ingin dikunjungi memang tidak ada habisnya mengingat banyaknya destinasi wisata alam, kuliner maupun sejarah yang ada di Jombang. Salah satunya adalah kampung djawi yang terletak di Desa Godang, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur.

Kampung Djawi merupakan area vila yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan outbound yang bisa dicoba oleh para pengunjung. Ditempat ini pengunjung bisa bersantai sambil menikmati sejuknya alam perdesaan atau bermain wahana permainan.

5. Candi Rimbi

Destinasi wisata di Jombang kelima adalah Candi Rimbi. Candi Rimbi berlokasi di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Daerah ini terletak di sebelah barat Gunung Anjasmoro, berada di antara hunian penduduk, persawahan dan hutan lebat berpemandangan indah.

Runtuhan Candi Rimbi ditemukan oleh Alfred Wallace yang melewati tempat itu saat mengoleksi tanaman di Wonosalam sekitar akhir abad 19. Candi ini merupakan salah satu candi yang berharga dan dijaga kelestariannya oleh pemerintah setempat.

Tempat wisata ini cocok untuk wisatawan yang ingin menambah wawasan tentang sejarah Indonesia. Candi Rimbi adalah peninggalan agama Hindu dari masa Klasik Majapahit dan merupakan candi pendharmaan Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi, ibunda dari Prabu Hayam Wuruk. Nama Rimbi dikaitkan dengan tokoh pewayangan Arimbi, isteri Werkudara/Bima.

6. Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedangan Mojoagung merupakan salah satu destinasi wisata di Jombang yang sedang hits dan sangat diminati oleh banyak wisatawan. Terletak di Dusun Gedangan, Desa Kedunglumpang, Kec. Mojoagung, Kab. Jombang, Jawa Timur, alas gedangan mojoagung memiliki keindahan alam yang wajib kamu explore.

Di tempat ini terdapat banyak spot foto yang hits dan instagramable seperti gardu pandang, replica sarang burung, replika bunga, rumah kayu dan banyak spot foto lainnya yang bisa dicoba oleh para wisatawan. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati momen sunrise di bukit sunrise.

7. Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang

Sebagai kota yang berjulukan Kota Santri, tak lengkap rasanya jika tak membahas rumah ibadah yang ikonik satu ini. Ya, Masjid Agung Baitul Mukminin adalah tujuan wajib bagi Anda penggemar wisata religi.

Terletak di lokasi strategis yakni di sisi barat Alun-Alun jombang, dekat dengan jalan raya dan Stasiun Besar Jombang, konon masjid ini adalah tempat berdirinya Nahdlatul Ulama, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Masjid kebanggan Kota Santri ini memiliki keunikan tersendiri. Pertama, kental akan budaya Jawa yang tercermin dari joglo, ukiran, serta ornamen batik Jawanya. Kedua, kental akan nuansa keislaman lewat menara masjid yang menjulang tinggi. Fasilitas masjid ini pun sangatlah lengkap.

8. Wisata Alam Banyu Mili

Destinasi wisata di Jombang berikutnya yang cocok untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat yang instagramable adalah wisata alam batu mili. Wisata ini terletak di Carangwulung, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur.

Destinasi wisata Banyu Mili menawarkan sensasi liburan yang seru dan menarik untuk keluarga dengan jalur perjalanan yang telah diatur untuk memanjakan pengunjung dengan keindahan alam yang ada. Di kawasan wisata Banyu Mili juga terdapat beberapa spot foto hits kekinian yang telah disediakan oleh pengelola, mulai dari Rumah Hobbit, hingga gelas raksasa yang menumpahkan air.

9. Bale Tani Jombang

Rekomendasi wisata di Jombang yang kelima adalah wisata buatan bernama Bale Tani. Destinasi wisata ini menyajikan edukasi soal pertanian, yang terletak di Jl. Dokter Soetomo, Bareng, Jombang. Dilengkapi dengan banyak spot foto, Bale Tani memiliki beraneka ragam jenis tanaman. Pengunjung dapat menikmati hasil dari berbagai macam tanaman ini atau sekedar refreshing menghilangkan penat.

Bale Tani populer sebagai destinasi wisata keluarga. Fasilitas yang tersedia sangat menunjang untuk Anda menghabiskan akhir pekan bersama-sama. Di sini, terdapat kolam renang yang cocok untuk Anda bermain air bersama si kecil.

10. Air Terjun Sanggar

Spot wisata di Jombang lainnya adalah air terjun sanggar yang terletak di Dusun Sanggar, Desa Jarak, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. Spot wisata ini menampilkan suasana alam yang menawan dengan aliran air yang jernih serta menyegarkan.

Spot air terjun sanggar juga terkenal dengan keunikannya yang jika dilihat dari sekilas bentuk air terjun sanggar ini terlihat menyerupai pocong. Tidak hanya air terjun, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dan hunting spot foto di area camping yang ada di area tersebut.

8 Wisata Jombang Terfavorit 2024, Intip Rekomendasinya
8 Wisata Jombang Terfavorit 2024, Intip Rekomendasinya

Wisata Jombang juga turut menjadi salah satu pilihan yang bisa dikunjungi saat liburan ke Jawa Timur.

Baca Selengkapnya
7 Wisata Wonosalam Jombang Terpopuler 2024, Simak Rekomendasinya
7 Wisata Wonosalam Jombang Terpopuler 2024, Simak Rekomendasinya

Wonosalam bisa menjadi alternatif tempat liburan di Jawa Timur yang menarik.

Baca Selengkapnya
10 Wisata Nganjuk Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya
10 Wisata Nganjuk Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata Nganjuk bisa jadi rekomendasi destinasi wisata saat berlibur.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Wisata di Jogja Terbaru dan Populer, Sajikan Pemandangan Indah dan Pengalaman Seru
Wisata di Jogja Terbaru dan Populer, Sajikan Pemandangan Indah dan Pengalaman Seru

Jogja mempunyai beberapa tempat wisata baru yang sayang dilewatkan.

Baca Selengkapnya
12 Tempat Wisata di Jepang Paling Populer, Rekomendasi Terbaik Liburan Bareng Keluarga
12 Tempat Wisata di Jepang Paling Populer, Rekomendasi Terbaik Liburan Bareng Keluarga

Simak rekomendasi wisata di Jepang berikut ini yang wajib dikunjungi bareng keluarga.

Baca Selengkapnya
7 Wisata Lampung Terpopuler yang Menarik Dikunjungi, Ini Daftarnya
7 Wisata Lampung Terpopuler yang Menarik Dikunjungi, Ini Daftarnya

Lampung bisa menjadi destinasi wisata menarik bagi Anda yang mencari pengalaman liburan unik dan berkesan.

Baca Selengkapnya
Wisata Medan Paling Populer dan Wajib Dikunjungi
Wisata Medan Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

Rekomendasi wisata Medan yang bisa dijadikan inspirasi untuk berlibur bersama-sama.

Baca Selengkapnya
10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Ini Lokasinya
10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Ini Lokasinya

kota di ujung timur Pulau Jawa ini rasanya memiliki begitu banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Baca Selengkapnya
15 Wisata Jawa Barat Terpopuler 2024, Ini Rekomendasinya
15 Wisata Jawa Barat Terpopuler 2024, Ini Rekomendasinya

Ada banyak pilihan tempat wisata di Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

Baca Selengkapnya