10 Perubahan di tubuh saat kamu tak lagi makan daging merah [Part 1]

Rabu, 15 November 2017 04:10 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
10 Perubahan di tubuh saat kamu tak lagi makan daging merah [Part   1] Ilustrasi steak. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/B. and E. Dudzinscy

Merdeka.com - daging merah memang menyediakan zat besi dan sejumlah mineral penting lainnya kesehatan tubuh. Namun terlalu banyak konsumsi daging merah juga tidak baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian menghubungkan antara lemak dalam daging dengan kolesterol dan penyakit kardiovaskular lainnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa saat kamu mengurangi atau tak lagi makan daging merah, kesehatan tubuh lebih terjaga.

Benarkah demikian? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh ketika kamu tak lagi makan daging merah.

1 dari 5 halaman

Berat badan turun

Efek kurangi makan daging merah. boldsky.com

Tahukah kamu bahwa saat kamu mengurangi konsumsi daging, maka berat badan akan turun sebanyak 10 kilogram?

Tak percaya? Coba saja. Ditambah dengan konsumsi sayuran, maka kesehatan jadi lebih prima.

2 dari 5 halaman

Bakteri baik di usus meningkat

Efek kurangi makan daging merah. boldsky.com

Jumlah bakteri baik di usus mereka yang makan daging lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sayuran. Padahal bakteri ini memiliki fungsi untuk menjaga agar usus dan lambung selalu terlindungi dengan baik.

3 dari 5 halaman

Kulit lebih cantik

Efek kurangi makan daging merah. boldsky.com

Banyak vegetarian atau mereka yang mengurangi konsumsi daging memiliki kulit yang lebih cantik, sehat, serta terbebas dari jerawat. Sebabnya buah dan sayur akan membilas lemak penyebab kulit tak lagi cantik.

4 dari 5 halaman

Tubuh berenergi

Efek kurangi makan daging merah. boldsky.com

Salah satu hal yang luput diperhatikan mereka yang mengurangi konsumsi daging adalah bahwa tubuhnya jadi lebih berenergi. Sebabnya tubuh tak lagi terasa berat dan terbebas dari racun jahat.

5 dari 5 halaman

Turunnya risiko penyakit kardiovaskular

Efek kurangi makan daging merah. boldsky.com

Hubungan antara penyakit kardiovaskular dan konsumsi daging merah amatlah tinggi. Sebabnya karnitin yang ada dalam daging merah memicu reaksi kimia yang memperburuk kesehatan kardiovaskular. Belum lagi dengan naiknya kolesterol yang bisa mengancam kesehatan jantung. [feb]

Baca juga:
Selain bikin bumi sakit, pemanasan global juga berdampak buruk pada kesehatan

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini