Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Dampak Kekurangan Asam Folat bagi Ibu Hamil, Bisa Hambat Perkembangan Janin

Kehamilan merupakan salah satu momen paling istimewa dalam kehidupan seorang wanita. Dalam menjalani fase ini, kesehatan ibu hamil menjadi hal utama yang perlu diperhatikan.

Salah satu nutrisi penting yang memiliki peran sentral dalam perkembangan janin adalah asam folat. Meski seringkali terabaikan, kekurangan asam folat dapat memiliki dampak serius pada kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Asam folat, atau vitamin B9, memainkan peran krusial dalam pembentukan sel-sel tubuh dan sintesis DNA. Khususnya selama trimester pertama kehamilan, asam folat menjadi kunci dalam pembentukan sistem saraf pada janin.

Kekurangan asam folat pada masa ini dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf, cacat lahir, dan masalah kesehatan lainnya pada bayi yang sedang berkembang.

Dampak Kekurangan Asam Folat

Kekurangan asam folat saat hamil adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan risiko bayi lahir cacat, terutama pada tabung saraf (neural tube defect), seperti spina bifida dan anensefali. Tabung saraf adalah struktur yang membentuk otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Kekurangan asam folat dapat mengganggu proses pembelahan dan pertumbuhan sel pada tabung saraf, sehingga menyebabkan kelainan bawaan.

  • Menyebabkan anemia pada ibu hamil, yaitu kondisi kurang darah akibat jumlah sel darah merah yang rendah. Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, sehingga kekurangan asam folat dapat menghambat proses ini. Anemia dapat menyebabkan ibu hamil merasa lemas, pucat, pusing, dan sakit kepala.
  • Meningkatkan risiko preeklampsia, yaitu kondisi tekanan darah tinggi yang disertai dengan proteinuria (protein dalam urine) pada ibu hamil. Preeklampsia dapat mengancam jiwa ibu dan janin, terutama jika tidak ditangani dengan baik.

  • Menghambat perkembangan janin, sehingga berisiko menyebabkan berat badan lahir rendah, retardasi pertumbuhan, dan kelahiran prematur. Asam folat juga berperan dalam memproduksi dan memperbaiki DNA pada janin, sehingga kekurangan asam folat dapat mengganggu proses ini.
  • Meningkatkan risiko keguguran, meskipun hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan asam folat dapat mempengaruhi kualitas plasenta dan implantasi embrio, sehingga meningkatkan risiko keguguran.

Dampak Kekurangan Asam Folat bagi Ibu Hamil, Bisa Hambat Perkembangan Janin

Untuk mencegah dampak-dampak tersebut, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat setidaknya 400 mcg per hari sejak sebelum hamil hingga 3 bulan pertama kehamilan, dan 600 mcg per hari pada usia kehamilan 4–9 bulan.

Cara Mencegah

Untuk mencegah kekurangan asam folat bagi ibu hamil, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, jeruk, dan sereal yang diperkaya asam folat. Beberapa contoh makanan yang mengandung asam folat adalah kacang tanah, jeruk, bayam, brokoli, kentang, selada, alpukat, papaya, kacang merah, hati sapi, dan telur.

  • Mengonsumsi suplemen asam folat sesuai anjuran dokter. Suplemen asam folat dapat membantu memenuhi kebutuhan harian asam folat yang meningkat selama kehamilan. Beberapa produk suplemen asam folat yang bagus untuk ibu hamil adalah Folic Acid Promed, Blackmores I-Folic, dan Folamil Genio.

  • Menghindari faktor-faktor yang dapat mengurangi penyerapan asam folat, seperti merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu tanpa resep dokter.

Apa Saja Gejala Kekurangannya?

Gejala kekurangan asam folat dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan penyebab defisiensi. Beberapa gejala umum yang dapat dialami oleh orang yang kekurangan asam folat adalah:

  • Kulit pucat, karena asam folat berperan dalam pembentukan sel darah merah.
  • Sakit kepala, dengung di telinga, dan jantung berdebar kencang, karena asam folat membantu mengatur tekanan darah dan sirkulasi oksigen.

  • Kelelahan, penurunan berat badan, dan jarang merasakan lapar, karena asam folat berpengaruh pada metabolisme dan energi tubuh.

  • Sariawan, lidah bengkak, dan rambut abu-abu, karena asam folat berhubungan dengan kesehatan mulut dan rambut.

  • Masalah kognitif, seperti kesulitan berkonsentrasi, lupa, dan depresi, karena asam folat berkontribusi pada fungsi otak dan mood.

  • Neuropati perifer, yaitu gangguan saraf yang menyebabkan kesemutan, mati rasa, atau nyeri pada tangan dan kaki, karena asam folat berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel saraf.

  • Masalah pertumbuhan, terutama pada anak-anak, karena asam folat dibutuhkan untuk pembelahan dan pertumbuhan sel.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya Anda memeriksakan kadar asam folat Anda melalui tes darah. Anda juga dapat meningkatkan asupan asam folat dari makanan atau suplemen sesuai anjuran dokter.

Manfaat Asam Folat

Asam folat atau vitamin B9 adalah nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh, tidak hanya bagi ibu hamil, tetapi juga bagi orang lain. Beberapa manfaat asam folat selain bagi ibu hamil adalah:

  • Meningkatkan kemampuan berpikir, terutama pada lansia, karena asam folat berkontribusi pada fungsi otak dan mood.

  • Menurunkan gejala depresi, karena asam folat membantu memproduksi neurotransmiter yang berhubungan dengan kesehatan mental, seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin.
  • Menurunkan tekanan darah, karena asam folat membantu mengatur tekanan darah dan sirkulasi oksigen.
  • Mencegah penyakit jantung, karena asam folat dapat menurunkan kadar homosistein, yaitu asam amino yang dapat menyebabkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah.

  • Mencegah penyakit kanker, karena asam folat dapat mencegah perubahan pada DNA yang dapat menyebabkan kanker, terutama kanker usus besar, payudara, leher rahim, dan paru-paru.
  • Mengurangi risiko demensia atau pikun, karena asam folat dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.
  • Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku, karena asam folat berpengaruh pada produksi melanin, kolagen, dan keratin, yang merupakan protein penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Manfaat Asam Folat bagi Ibu Hamil, Bantu Cegah Cacat dan Komplikasi

Manfaat Asam Folat bagi Ibu Hamil, Bantu Cegah Cacat dan Komplikasi

Asam folat, atau vitamin B9, merupakan salah satu nutrisi penting untuk tubuh manusia. Nutrisi ini juga mendukung bagi kesehatan ibu hamil.

Baca Selengkapnya
Ramai Pernyataan Gibran soal Asam Sulfat, TKN Jelaskan Manfaat Bantuan Gizi untuk Ibu Hamil

Ramai Pernyataan Gibran soal Asam Sulfat, TKN Jelaskan Manfaat Bantuan Gizi untuk Ibu Hamil

Prabowo Gibran mencegah stunting dengan memberikan bantuan Asam Folat dan Vitamin D.

Baca Selengkapnya
8 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Anak, Bantu Si Kecil Rileks dan Tidur Nyenyak

8 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Anak, Bantu Si Kecil Rileks dan Tidur Nyenyak

Tidur adalah momen penting dalam proses pertumbuhan tubuh anak, dan minum susu sebelum tidur bisa menjadi kebiasaan yang mendukung kesehatan mereka.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Mengapa Wanita Hamil Butuh Banyak Konsumsi Asam Folat?

Mengapa Wanita Hamil Butuh Banyak Konsumsi Asam Folat?

Salah satu jenis suplemen yang biasa diberikan oleh dokter pada ibu hamil dan wanita yang ingin hamil adalah asam folat.

Baca Selengkapnya
Proses Membuat Telur Asin dengan Abu Gosok, Mudah Dipraktikkan

Proses Membuat Telur Asin dengan Abu Gosok, Mudah Dipraktikkan

Telur asin adalah lauk sederhana yang kaya nutrisi.

Baca Selengkapnya
Mulai Ketombean Hingga Lidah Berkilau, Ini Sejumlah Dampak Kekurangan Vitamin

Mulai Ketombean Hingga Lidah Berkilau, Ini Sejumlah Dampak Kekurangan Vitamin

Kurang vitamin bisa menyebabkan sejumlah masalah bagi tubuh mulai lemas, ketombean, hingga lidah berkilau.

Baca Selengkapnya
7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Buat Pemakai Hijab

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Buat Pemakai Hijab

Cobalah sering berjemur di pagi hari, konsumsi vitamin B, lakukan pemijatan, dan rawat kulit kepala dengan rosemary.

Baca Selengkapnya
8 Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan Anak, Termasuk Otak dan Pengelihatan

8 Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan Anak, Termasuk Otak dan Pengelihatan

Peterseli mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Baca Selengkapnya
5 Khasiat Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan, Bantu Cegah Stres

5 Khasiat Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan, Bantu Cegah Stres

Bawang putih mengandung beberapa senyawa seperti vitamin B6, selenium, vitamin C, dan mineral penting lainnya.

Baca Selengkapnya