Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Daftar Festival Musik Terbesar dan Terkenal di Dunia, Ada yang di Indonesia?

Daftar Festival Musik Terbesar dan Terkenal di Dunia, Ada yang di Indonesia?

Daftar Festival Musik Terbesar dan Terkenal di Dunia, Ada yang di Indonesia?

Festival musik merupakan acara komunitas yang menampilkan pertunjukan langsung dari permainan menyanyi dan instrumen. Acara ini sering disajikan dengan tema seperti genre musik, kebangsaan, atau lokalitas musisi, atau bahkan liburan.

Festival musik umumnya diselenggarakan di luar ruangan, dengan tenda atau panggung sementara untuk para penampil.

Selain pertunjukan musik, festival musik juga sering menampilkan atraksi lain seperti penjualan makanan dan barang dagangan, tarian, kerajinan, seni pertunjukan, dan kegiatan sosial atau budaya.

Banyak festival musik bersifat tahunan, sementara beberapa diadakan hanya sekali atau pada interval tertentu. Beberapa festival juga diselenggarakan sebagai konser nirlaba atau untuk tujuan amal tertentu.

Selain itu, ada juga festival musik yang bersifat edukatif, yang diselenggarakan untuk kepentingan musisi amatir dari segala usia dan tingkat keahlian.

Menariknya, festival musik paling terkenal di dunia mencakup berbagai acara yang menarik ribuan hingga jutaan pengunjung setiap tahunnya. Lantas, ada apa saja?

Donauinselfest (Austria)

Donauinselfest adalah festival musik terbesar di Eropa dengan lebih dari 3 juta pengunjung. Festival ini diselenggarakan di Pulau Donau, Wina, dan menampilkan lebih dari 20 panggung serta lebih dari 600 jam musik live dari berbagai musisi Austria maupun internasional.

Acara ini menampilkan beragam genre musik, termasuk rock, pop, rap, hip hop, musik elektronik, swing, folk, metal, dan lainnya. Selain musik, festival ini juga menawarkan berbagai kegiatan rekreasi seperti hiking, berenang, bersepeda, dan atraksi lainnya.

Donauinselfest juga dikenal karena suasana inklusifnya yang berhasil menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang untuk menikmati musik dan bersenang-senang bersama. Yang menarik, festival ini juga menawarkan masakan Austria dan internasional melalui berbagai stan makanan.

Selain itu, festival ini juga telah menampilkan sejumlah bintang internasional seperti The Backstreet Boys, Anastacia, Mando Diao, Lisa Stansfield, Amy Mcdonald, Michael Bolton, dan Sean Paul.

Tomorrowland (Belgia)

Tomorrowland adalah festival musik dansa elektronik yang diadakan di Boom, Flanders, Belgia. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 2005 dan sejak itu telah menjadi salah satu festival musik terbesar dan paling populer di dunia.

Tomorrowland dikenal karena pengalaman yang mendalam dan imersif, dengan panggung-panggung yang penuh warna dan penekanan pada atmosfer dan vibe keseluruhan acara.

Acara ini biasanya berlangsung selama dua akhir pekan dan tiketnya terjual habis dalam hitungan menit.

Selain di Belgia, Tomorrowland juga telah menyelenggarakan acara Unite with Tomorrowland di negara lain, yang berfungsi sebagai tautan satelit ke acara utama di Belgia dengan streaming langsung dari festival dan efek yang disinkronkan, diikuti oleh pertunjukan langsung.

Tomorrowland telah menarik pengunjung dari lebih dari 200 negara dan menjadi salah satu festival EDM terbesar dan paling dicintai di dunia.

Coachella (Amerika Serikat)

Pada dasarnya, Coachella adalah festival musik tahunan raksasa di Indio, California. Dikutip dari website coachella.com, festival ini pertama kali digelar tahun 1999 di bulan Oktober. Dengan latar panggung pohon palem, matahari terbenam.

Meskipun Coachella adalah semua tentang musik, tapi dalam beberapa tahun terakhir festival ini menjadi jauh lebih luas. Menampilkan instalasi seni dan juga menjadi hotspot mode utama untuk gaya yang terinspirasi bohemian.

Coachella juga hampir selalu dipadati para selebriti, mulai dari artis yang sedang perform hingga bintang yang hanya ingin hang out. Coachella biasa digelar di dua akhir pekan berbeda setiap bulan April tapi dengan tanggal yang hampir selalu berbeda. Biasanya digelar hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Coachella adalah salah satu festival musik dan seni paling besar, paling terkenal, dan paling menguntungkan di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Coachella menetapkan rekor baru untuk jumlah pengunjung dan pendapatan kotor dari 2013 hingga 2015. Pada tahun 2017, festival dihadiri oleh 250.000 orang dan meraup pendapatan hingga $114,6 juta.

Fuji Rock Festival (Jepang)

Fuji Rock Festival adalah festival musik tahunan terbesar di Jepang yang diadakan di kaki Gunung Fuji. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1997 dan sejak itu telah menjadi salah satu festival musik terbesar di Asia.

Fuji Rock Festival menampilkan berbagai jenis musik, mulai dari rock hingga elektronik, dan menarik ribuan pengunjung dari seluruh dunia setiap tahunnya. Acara ini menampilkan lebih dari 200 musisi Jepang dan internasional, menciptakan pengalaman musik yang mendalam bagi para pengunjung.

Selain musik, festival ini juga menawarkan pengalaman unik untuk menikmati keindahan alam Jepang. Dengan panggung utama dan panggung-panggung lain yang tersebar di lokasi acara, pengunjung dapat menikmati musik tanpa henti sambil menikmati pemandangan alam Niigata yang indah.

Fuji Rock Festival merupakan salah satu festival musik yang wajib dikunjungi bagi pecinta musik rock dan EDM, serta bagi siapa pun yang ingin merasakan pengalaman musik yang luar biasa di Jepang.




Lollapalooza (Amerika dan Eropa)

Lollapalooza adalah festival musik tahunan yang menampilkan musisi beraliran rok-alternatif, heavy-metal, punk-rock, hip-hop, dan EDM, serta pertunjukan tari, komedi, dan stand pameran yang diselenggarakan di berbagai kota di Eropa dan Amerika.

Ajang ini semula diadakan sebagai konser perpisahan vokalis sebuah band pada tahun 1991 di Amerika Serikat, namun berlanjut hingga ke berbagai negara termasuk Jerman, Brazil, Chile, Kolombia, dan Argentina.

Festival ini awalnya dimulai sebagai acara tur pada tahun 1991, tetapi beberapa tahun kemudian, Chicago menjadi lokasi tetapnya. Selain musik, festival ini juga menampilkan seni visual, organisasi nirlaba, dan organisasi politik.

Festival ini menarik sekitar 400.000 pengunjung setiap bulan Juli dan selalu terjual habis setiap tahunnya. Lollapalooza merupakan salah satu festival musik terbesar di dunia dan salah satu yang berlangsung paling lama di Amerika Serikat.

Acara ini telah diadakan di lebih dari 20 kota di Amerika Utara dan telah berkembang ke berbagai negara di Eropa dan Amerika Selatan, termasuk Jerman, Brasil, Argentina, Chili, dan Kolombia. Selain itu, Lollapalooza juga telah menampilkan berbagai musisi terkenal, termasuk J-Hope BTS, Metallica, Dua Lipa, J.Cole, Green Day, Machine Gun Kelly, Lil Baby, dan Kygo.

© Merdeka.com 2024

Glastonburry (Inggris)

Glastonbury adalah sebuah festival musik yang diadakan di dekat Pilton, Somerset, Inggris, setiap musim panas. Festival ini dikenal secara resmi sebagai Glastonbury Festival of Contemporary Performing Arts dan sering disebut sebagai Glasto.

Selain musik kontemporer, festival ini juga menampilkan tarian, komedi, teater, sirkus, cabaret, dan seni lainnya. Glastonbury biasanya dihadiri oleh sekitar 200.000 orang, dan memerlukan infrastruktur keamanan, transportasi, air, dan listrik yang luas.

Meskipun jumlah pengunjung kadang-kadang meningkat karena penyusup, rekor 300.000 orang diatur pada festival tahun 1994. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1970 dan sejak itu telah menjadi salah satu festival musik terbesar dan paling terkenal di dunia.

Glastonbury Festival juga dikenal karena larangan penjualan plastik sekali pakai, dengan pengunjung dilayani oleh keran air dan waduk air yang dibuat khusus oleh Worthy Farm.

Selain itu, festival ini juga memiliki sejarah yang kaya, dengan keterlibatan berbagai tokoh dalam pembentukannya, seperti Andrew Kerr, Michael Eavis, Arabella Churchill, dan lainnya.

Diisi Deretan Aksi Panggung Musisi Terkenal Indonesia, Yuk Intip Kemeriahan KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024
Diisi Deretan Aksi Panggung Musisi Terkenal Indonesia, Yuk Intip Kemeriahan KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024

BRI dukung penyelenggaraan KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024. Seperti apa keseruannya?

Baca Selengkapnya
Dibalut Konser Musik, Ribuan Warga Lamongan Kumpul Dukung Ganjar-Mahfud
Dibalut Konser Musik, Ribuan Warga Lamongan Kumpul Dukung Ganjar-Mahfud

Festival musik ini dimeriahkan oleh berbagai artis dan musisi ternama

Baca Selengkapnya
Tak Hanya Konser Musik, Nikmati Berbelanja dan Sajian Kuliner di Kapanlagi Buka Bareng BRI Festival 2024
Tak Hanya Konser Musik, Nikmati Berbelanja dan Sajian Kuliner di Kapanlagi Buka Bareng BRI Festival 2024

Sejumlah tenant belanja serta kuliner akan menghiasi Kapanlagi Buka Bareng BRI Festival 2024.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jangan Lewatkan Keseruan KapanLagi Buka Bareng 2024!
Jangan Lewatkan Keseruan KapanLagi Buka Bareng 2024!

Selain hiburan musik yang memukau, Kapanlagi Buka Bareng Festival 2024 juga menawarkan kesempatan untuk berbelanja dengan harga yang sangat menggiurkan.

Baca Selengkapnya
KAPANLAGI BUKA BARENG Festival Kembali Hadir di 2024!
KAPANLAGI BUKA BARENG Festival Kembali Hadir di 2024!

Akan ada banyak kegiatan menarik yang akan menghibur pengunjung di KLBB, mulai dari buka bareng, konser musik bersama artis-artis ternama.

Baca Selengkapnya
Sederet Nama Musisi yang jadi Wakil Rakyat, Terbaru Ada Pentolan Band Dewa 19
Sederet Nama Musisi yang jadi Wakil Rakyat, Terbaru Ada Pentolan Band Dewa 19

Ada musisi yang terpilih untuk periode kedua dalam Pemilu 2024 ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Selengkapnya
Mengerikan, Ternyata Ada Artis Luar Negeri Konser ke Indonesia Minta Makan Ular
Mengerikan, Ternyata Ada Artis Luar Negeri Konser ke Indonesia Minta Makan Ular

Adrie kembali bercerita tentang deretan musisi rock yang tiba-tiba ingin menyantap makanan dari olahan ular.

Baca Selengkapnya
FOTO: Penampilan Project Pop Goyang Ribuan Penonton Titik Kumpul Festival 2024
FOTO: Penampilan Project Pop Goyang Ribuan Penonton Titik Kumpul Festival 2024

Project Pop tampil asyik dengan lagu-lagu seperti, Ingatlah Hari Ini, Dangdut Is The Music Of My Country, dan Goyang Duyu.

Baca Selengkapnya
Bareng Raffi Ahmad & Wulan Guritno, Prabowo Hadiri Festival Negeri Elok Karya Didit
Bareng Raffi Ahmad & Wulan Guritno, Prabowo Hadiri Festival Negeri Elok Karya Didit

Prabowo mengatakan karya seni dalam festival itu menjunjung tinggi keindahan dan budaya Indonesia

Baca Selengkapnya