PLN Disjaya cetak rekor MURI konvoi motor listrik terbanyak

Sabtu, 28 Oktober 2017 12:30 Reporter : Anggun P. Situmorang
PLN Disjaya cetak rekor MURI konvoi motor listrik terbanyak Menteri ESDM Ignasius Jonan ujicoba motor listrik. ©2017 Merdeka.com/anggun

Merdeka.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menggelar acara Electric Fun Ride yaitu konvoi pertama di Indonesia dengan menggunakan motor listrik. Acara tersebut masih dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional ke-72 yang jatuh pada 27 Oktober.

Konvoi ini memecahkan Rekor MURI terbanyak dengan memberangkatkan 180 motor listrik. Garis start dimulai dari Kantor PLN Disjaya, Gambir, menuju Taman Suropati, dan berakhir di tempat wisata Kota Tua, Jakarta.

General Manager PLN Disjaya, Ikhsan Asaad mengatakan konvoi motor listrik tersebut dalam kampanye kendaraan yang ramah lingkungan, bebas polusi, nyaman, dan efisien untuk digunakan. Melalui program ini, PLN Disjaya mendukung langit biru Jakarta yang bebas polusi.

"Jakarta sebagai ibukota itu bisa menggunakan kendaraan listrik yang mendorong Jakarta ini bebas polusi. Kita tidak pernah lagi lihat langit biru. Kami berupaya dari sisi kelistrikannya mendorong penggunaan listrik," ujar Ikhsan di Kota Tua, Jakarta, Sabtu (28/10).

Ikhsan mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dalam menggunakan motor listrik. Sebab, PLN sudah menjamin ketersediaan infrastruktur pengisian listrik di beberapa wilayah di Jakarta. Hingga kini, terdapat 700 SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) di Jakarta.

"Tak perlu khawatir karena PLN telah menyediakan infrastruktur untuk penyambung energi kendaraan listrik di tempat umum berupa SPLU ada sekitar 700. Tahun ini kita genapkan sampai 1.000," jelasnya.

Ikhsan menambahkan, masyarakat juga dapat melakukan pengisian motor listrik sendiri dirumah dengan syarat ketersediaan listrik terpenuhi. Pengisian motor listrik tersebut hanya membutuhkan waktu tiga sampai empat jam untuk bisa digunakan sepenuhnya.

"Bisa mengisi sendiri dirumah kalau tidak mau repot. Kalau waktunya kira kira itu butuh tiga sampai empat jam," tandasnya.

[sau]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini