Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>Sholawat Nariyah dan Arti, Ketahui Cara Mengamalkan dan Manfaatnya</b>

Sholawat Nariyah dan Arti, Ketahui Cara Mengamalkan dan Manfaatnya

Sholawat Nariyah bisa diamalkan oleh umat Muslim karena memiliki banyak keutamaan.

Sholawat Nariyah bisa diamalkan oleh umat Muslim karena memiliki banyak keutamaan.

Ada banyak amalan ringan yang bisa kita kerjakan. Salah satunya adalah dengan membaca sholawat. Sama seperti zikir, sholawat dapat kita amalkan di mana saja dan kapan saja.

Para ulama menjelaskan bagaimana sholawat ini adalah bentuk cinta kita kepada sang teladan umat, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Para ulama mengatakan:

“Barangsiapa yang mencintai sesuatu maka dia akan sering menyebutnya”.

Sebenarnya, kita juga sudah sering melafalkan bacaan sholawat, yaitu ketika sholat pada saat tahiyat. Tapi selain bacaan tersebut, kini kita juga bisa mendengar banyak versi sholawat yang dilantunkan di masyarakat. Salah satunya adalah bacaan Sholawat Nariyah, yang banyak dibaca khususnya di kalangan warga NU.

Sholawat Nariyah merupakan sholawat yang bisa Anda baca ketika mendapatkan masalah hidup yang begitu sulit untuk diselesaikan, dan tidak ada jalan lain selain berserah diri kepada Allah SWT.

Melafalkan bacaan Sholawat Nariyah disebut sebagai jalan untuk mengadu permasalahan kita kepada-Nya.

Pengertian Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah berasal dari kata “Naar”, yang berarti api. Sholawat ini dinamakan Nariyah karena diyakini bahwa seperti api yang menyambar. Jenis sholawat ini memiliki keagungan tersendiri dan bagi yang rutin membacanya, maka keinginannya akan terkabul.

Sholawat Nariyah diciptakan oleh Syekh Nariyah, yang melihat kerja keras Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan dan menyampaikan wahyu dari Allah SWT.

Atas dasar alasan tersebut, Syekh mulai menyusun rangkaian doa-doa baik untuk Nabi dalam bentuk sholawat, yang dikenal sebagai sholawat Nariyah.

Setelah itu, sholawat Nariyah menjadi salah satu amalan untuk meraih syafaat Rasulullah SAW dan menjadi salah satu sarana bagi umat Isalm untuk berdoa dan bertawasul kepada Nabi Muhammad agar dijauhkan dari bala dan bencana

. Selain itu, sholawat Nariyah juga digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta, penghormatan, dan kekaguman mereka kepada Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Nariyah Arab

Bacaan Sholawat Nariyah memang cukup panjang. Jadi, jika Anda yang ingin mengamalkan Sholawat Nariyah, bacaan Sholawat Nariyah berikut bisa dijadikan panduan.

Bacaan Sholawat Nariyah Arab

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Sholawat Nariyah Latin:

Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman 'alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-'uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa 'alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi'adadi kulli ma'lûmilak(a)

Arti Bacaan Sholawat Nariyah:

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Anjuran untuk Bersholawat

Pada dasarnya, kita sebagai umat Islam memang dianjurkan untuk memperbanyak sholawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Salah satu ayat dalam Al Quran menjelaskan, yang artinya,

“Sesungguhnya Allah dan malaikatnya bershalawat kepada nabi, wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan juga ucapkanlah salam.” (QS. Al-Ahzab: 56).

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan tentang maksud ayat di atas,

“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabarkan pada hamba-Nya mengenai kedudukan Nabi Muhamamad sebagai hamba dan Nabi Allah di tempat yang tertinggi. Malaikat terdekat akan terus menyanjung beliau. Para malaikat juga mendoakan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Begitu pula Allah Ta’ala memerintahkan pada makhluk yang berada di bumi untuk mengucapkan shalawat dan salam pada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jadinya, makhluk di langit dan di bumi semuanya menyanjung beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim).

Selain itu, anjuran untuk bersholawat juga terdapat dalam hadis dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, yang menyebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Al-Baihaqi, Syaikh Al-Albani menyatakan bahwa hadis ini hasan lighairihi).


merdeka.com

Keutamaan Bershalawat kepada Nabi

Keutamaan Bershalawat kepada Nabi

Selain mendapatkan balasan kebaikan yang berlipat dari Allah SWT, terdapat keutamaan lain ketika kita bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Salah satunya adalah hadis yang dilansir dari rumaysho.com, dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti." (Hadis ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy).

Kemudian terdapat hadis lain dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)." (HR an-Nasa’I, Ahmad, Ibnu Hibban dan al-Hakim).


merdeka.com

Keutamaan Sholawat Nariyah

Keutamaan Sholawat Nariyah

Berikut beberapa keutamaan membaca sholawat Nariyah, antara lain:

Dibukakan Pintu Rezeki

Membaca sholawat Nariyah sehabis salat wajib atau setiap hari akan membuat rezeki tidak akan putus dan derajat di mata masyarakat akan meningkat.

• Dikabulkan Segala Hajatnya

 Membaca sholawat Nariyah sebanyak 4.444 kali dalam satu majlis (sekali duduk) akan membuat hajat yang besar dapat terpenuhi dan dibebaskan dari musibah yang sangat membahayakan.

Dimudahkan Segala urusannya

 Membaca sholawat Nariyah setelah shalat subuh atau setiap hari akan membuat segala macam urusan dalam setiap usaha menjadi lancar dan mudah.

• Diangkat Kedudukannya

 Membaca sholawat Nariyah sebanyak 90 kali setiap hari akan membuat kedudukan, rizki, kesehatan, kebijakan, dan ketaatan meningkat dan disayangi oleh semua orang.

• Memberi Ketenangan

 Membaca sholawat Nariyah akan membuat hati menjadi tenang, lapang, dan bahagia.

Menghilangkan Segala Bahaya

Membaca sholawat Nariyah akan membuat diri terlindungi dari segala marabahaya, bencana, penyakit, dan kefakiran.

• Membuka Pintu Kebajikan

 Membaca sholawat Nariyah akan membuat diri mendapatkan hidayah, ilmu, amal, dan taqwa yang lebih baik.

merdeka.com

Dampak Mengamalkan Sholawat Nariyah dalam Kehidupan Sehari-hari

Dampak Mengamalkan Sholawat Nariyah dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa dampak baik mengamalkan sholawat Nariyah dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Mendapatkan Syafaat Rasulullah

Membaca shalawat Nariyah juga dapat membantu Anda mendapatkan syafaat dari Rasulullah. Syafaat dalam hal ini adalah pertolongan.

Di mana, pada kehidupan akhirat nanti hanyalah orang-orang beriman yang akan mendapatkan pertolongan Rasulullah dari berbagai kesulitan yang harus dijalani di hari akhir.

Maka dengan memperbanyak amalan shalawat nabi, Anda bisa mendapatkan pertolongan Rasulullah dengan lebih mudah.

Menghapuskan Kefakiran

Manfaat shalawat nabi juga dapat menghapuskan kefakiran. Dikatakan, bagi siapa saja yang membaca shalawat nabi, maka Allah akan meniadakan kefakiran baginya dan memberikan limpahan kebaikan yang bermanfaat.

Mengalirkan keberkahan

Manfaat shalawat Nabi Muhammad SAW yang terakhir namun tak kalah penting yaitu mengalirkan berkah. Umat muslim yang bershalawat untuk nabi maka akan termasuk golongan manusia yang paling utama di sisi-Nya.

Cara mengamalkan Sholawat Nariyah

Cara mengamalkan Sholawat Nariyah ini tergantung pada niat dan hajat Anda. Berikut adalah beberapa cara yang telah diriwayatkan oleh para ulama dan pengamal Sholawat Nariyah:

• Jika Anda ingin melancarkan rezeki, Anda bisa membaca Sholawat Nariyah sebanyak 11 kali setiap hari atau setelah sholat wajib.

• Jika Anda memiliki hajat yang besar atau ingin terhindar dari musibah yang agung, Anda bisa membaca Sholawat Nariyah sebanyak 4.444 kali dalam satu majlis (sekali duduk) dan bertawassul kepada Rasulullah SAW.

• Jika Anda ingin mempermudah segala urusan, Anda bisa membaca Sholawat Nariyah sebanyak 100 kali setiap hari atau setelah sholat subuh atau maghrib.

• Jika Anda ingin meningkatkan kedudukan, rizki, kesehatan, kebijakan, dan ketaatan, Anda bisa membaca Sholawat Nariyah sebanyak 90 kali setiap hari.

• Jika Anda ingin melepaskan kedukaan, kebimbangan, dan kesusahan, Anda bisa membaca Sholawat Nariyah sesuai dengan kebutuhan Anda.

• Jika Anda ingin menghilangkan segala bahaya, membuka pintu kebajikan, dicintai semua manusia, dan mendapatkan husnul khatimah, Anda bisa membaca sholawat nariyah dengan penuh keikhlasan dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Manfaat Sholawat dalam Kehidupan Sehari-hari, Umat Muslim Wajib Tahu
Manfaat Sholawat dalam Kehidupan Sehari-hari, Umat Muslim Wajib Tahu

Selain doa, umat muslim juga dianjurkan memperbanyak amalan lain yang bermanfaat. Salah satunya adalah membaca shalawat Nabi Muhammad SAW.

Baca Selengkapnya icon-hand
Sholawat Penarik Rezeki Paling Ampuh dan Mujarab, Amalkan Secara Rutin
Sholawat Penarik Rezeki Paling Ampuh dan Mujarab, Amalkan Secara Rutin

Sholawat, bentuk penghormatan dan doa kepada Nabi Muhammad SAW memiliki peran penting bagi setiap Muslim. Manfaat membaca sholawat bertambahnya rezeki.Yuk Simak

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Sholawat Munjiyat dan Manfaatnya, Umat Muslim Wajib Tahu
Bacaan Sholawat Munjiyat dan Manfaatnya, Umat Muslim Wajib Tahu

Sholawat munjiyat bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim karena memiliki banyak manfaat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Keutamaan Sholat Witir Setelah Tahajud, Lengkap Disertai Tata Cara hingga Bacaannya
Keutamaan Sholat Witir Setelah Tahajud, Lengkap Disertai Tata Cara hingga Bacaannya

Ada banyak keutamaan dan pahala dari umat Islam yang mampu melaksanakan sholat witir setelah tahajud.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa-Doa setelah Sholat Fardhu dan Artinya, Amalkan secara Rutin
Doa-Doa setelah Sholat Fardhu dan Artinya, Amalkan secara Rutin

Doa memiliki peran penting dalam kehidupan beragam umat Muslim. Dalam berbagai kesempatan kita dianjurkan untuk berdoa, termasuk setelah menunaikan sholat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Niat Puasa Dzulhijjah beserta Keutamaannya, Ini Anjurannya sesuai Hadis Nabi
Niat Puasa Dzulhijjah beserta Keutamaannya, Ini Anjurannya sesuai Hadis Nabi

Niat puasa Dzulhijjah adalah langkah awal bagi setiap muslim yang ingin menjalankan puasa pada bulan ini. Dengan niat, kita memantapkan diri untuk beribadah.

Baca Selengkapnya icon-hand
Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Amalan Baik Penghapus Dosa
Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Amalan Baik Penghapus Dosa

Dzulhijjah sebagian umat muslim di seluruh dunia berkumpul ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tanda Haji Mabrur Menurut Rasulullah, Bertutur Santun hingga Menebar Kedamaian
Tanda Haji Mabrur Menurut Rasulullah, Bertutur Santun hingga Menebar Kedamaian

Terdapat tiga tanda haji mabrur menurut Rasulullah SAW.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Setelah Wudhu, Lengkap dengan Syarat dan Keutamaannya
Doa Setelah Wudhu, Lengkap dengan Syarat dan Keutamaannya

Doa setelah wudhu bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim karena memiliki banyak keutamaan.

Baca Selengkapnya icon-hand

Baca Juga