Ternyata kandungan nutrisi ikan kembung justru lebih tinggi daripada salmon

Sabtu, 20 Oktober 2018 00:03 Reporter : Tantri Setyorini
Ternyata kandungan nutrisi ikan kembung justru lebih tinggi daripada salmon Ilustrasi ikan kembung. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Selama ini ikan salmon digembar-gemborkan sebagai bahan pangan super dengan kadar asam lemak Omega-3 yang tinggi. Tak heran jika harganya pun tergolong mahal.

Padahal tak harus salmon jika yang dicari adalah Omega-3. Ada jenis ikan lokal dengan kandungan Omega-3 yang bahkan lebih tinggi daripada salmon. Nilai gizi totalnya juga tak kalah.

Kandungan nutrisi apa saja yang dimiliki oleh ikan kembung? Berikut ini kita bahas selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Kaya protein, mineral, vitamin, dan asam lemak sehat

mineral vitamin dan asam lemak sehatIkan Kembung. shutterstock

Ikan kembung adalah sumber gizi yang sangat baik. Vitamin D yang terkandung di dalamnya membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi yang sehat.

Kandungan protein, Omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, dan selenium pada ikan kembung lebih tinggi daripada salmon.

Omega 3 dapat membantu perkembangan otak dan mata pada bayi. Kandungan ini juga membantu pertumbuhan otak normal dan perkembangan mata saat janin masih berada di dalam rahim. Jantung bayi pun senantiasa sehat dan tekanan darah tetap normal.

2 dari 2 halaman

Ikan-ikanan lokal punya nilai gizi tinggi

lokal punya nilai gizi tinggiIlustrasi ikan kembung. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Ketika ditemui usai acara diskusi di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Direktur Pemasaran Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Machmud mengungkapkan, ikan kembung tak kalah bergizi dari ikan salmon.

"Ikan kita itu banyak sekali (contohnya ikan kembung). Tapi masyarakat masih belum menyadari gizi ikan-ikan lokal. Kita juga punya banyak sekali diversifikasi ikan (keragaman ikan). Bayangkan, kalau ikan-ikan lokal selalu kita sosialisasikan," papar Machmud pada Kamis, 11 Oktober 2018.

Jadi mulai sekarang tak ada lagi alasan untuk tidak makan ikan hasil perairan lokal. Kandungan gizinya sama sekali tak kalah dari bahan pangan impor, kok.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Baca juga:
Benarkah es batu bikin kandungan gizi ikan segar berkurang?
Pabrik Soyjoy pertama di luar Jepang dan China diresmikan di Pasuruan, Jatim

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini