Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Memicu Munculnya Rasa Haus Terus-Menerus

Selasa, 19 Februari 2019 00:24 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Memicu Munculnya Rasa Haus Terus-Menerus ilustrasi haus. ©swedesforobama.com

Merdeka.com - Rasa haus biasa muncul pada kehidupan seseorang sehari-hari. Namun munculnya rasa haus ini terutama ketika terasa berlebihan dan terus-menerus ternyata menyimpan suatu hal.

Munculnya rasa haus ini ternyata bisa jadi pertanda adanya sebuah masalah kesehatan yang terjadi pada tubuhmu. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah masalah kesehatan yang menjadi pemicu munculnya rasa haus berlebihan pada dirimu.

1. Gula darah tak stabil

Ketika tingkat gula darah tak stabil, seperti saat terkena diabetes atau ada masalah dengan kesehatan ginjal, biasanya seseorang akan merasa haus. Hal ini biasanya disebabkan oleh tingkat gula dalam darah yang berlebihan yang kemudian masuk ke urine dan mengeluarkan banyak air juga.

Hal ini akan menyebabkan asupan air dalam tubuh menurun dan berkurang sehingga tubuh kekurangan cairan dan memicu rasa haus. Karena itu tak heran jika rasa haus yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu gejala diabetes tipe-1.

2. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama seseorang terus merasa haus. Namun ketika mengalami dehidrasi, hal ini merupakan gejala penyakit atau masalah kesehatan tertentu.

Ketika air dalam tubuh mulai berkurang kamu akan mengalami beberapa tanda seperti mulut yang kering, rasa lelah, dan rasa haus yang berlebihan. Beberapa gejala lain yang dialami seseorang saat dehidrasi adalah mual, muntah, dan pusing. Jika kamu mengalami dehidrasi sebaiknya segera minum air, karena dehidrasi jika tak segera ditangani juga bisa menyebabkan kondisi yang berbahaya dan fatal.

3. Rasa cemas

Apa kaitan antara kecemasan dengan rasa haus? Meski tampak tak saling berhubungan sebenarnya rasa cemas juga bisa memicu rasa haus yang berlebihan. Ketika seseorang merasa cemas, mulut mereka akan lebih mudah kering dan merasa haus.

Kecemasan bisa mengurangi air pada mulut dan memicu rasa haus serta meningkatkan asam pada perut yang bisa menghilangkan air liur. Jika kamu merasa sangat haus namun tak memiliki penyakit apapun, bisa jadi kecemasan lah pemicunya.

4. Terus berkeringat

Keringat yang keluar secara berlebihan bisa menyebabkan rasa haus. Karena itu ketika tubuh berkeringat dengan berlebihan, kamu juga harus mengonsumsi lebih banyak air.

Sebaliknya, terlalu banyak minum juga bisa memicu lebih banyak keringat yang keluar dari tubuh. Meski banyak berkeringat menyebabkan rasa haus yang berlebihan, namun sebainknya minum air secukupnya saja.

5. Masalah pencernaan

Masalah pencernaan juga bisa memicu rasa haus yang berlebihan. Ini terjadi terutama setelah kamu makan terlalu banyak pada siang atau malam hari. Selain itu, makan makanan yang berminyak atau pedas juga bisa memberikan efek rasa haus pada tubuh.

Hal ini terjadi karena cairan dalam tubuh digunakan untuk mencerna makanan. Inilah alasan mengapa kamu akan merasa haus setelah makan banyak. Meski begitu, tak baik langsung minum banyak setelah makan karena tubuh tak akan bisa mencerna dengan baik dan justru akan menyimpan makanan sebagai lemak.

Sejumlah gangguan kesehatan tersebut bisa jadi sebuah pertanda ketika tubuh merasa haus terus-meneris. Jadi jika selanjutnya kamu mengalami masalah ini, perhatikan masalah mana yang kamu alami. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini