Sederet Manfaat yang Bisa Dipetik Seorang Ibu dari Memberi ASI

Jumat, 22 Februari 2019 00:32 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sederet Manfaat yang Bisa Dipetik Seorang Ibu dari Memberi ASI ilustrasi ibu menyusui. ©www.pregnancyandbaby.com

Merdeka.com - Menyusui tidak hanya memberikan manfaat luar biasa kepada bayi semata. Ibu sebagai pemberi asi juga bisa mendapat sejumlah manfaat yang menyehatkan bagi tubuh mereka.

Sejumlah manfaat kesehatan luar biasa bisa kamu peroleh bagi seorang ibu yang memberi asi bagi anaknya. Dikumpulkan dari sejumlah sumber, berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh ibu dari menyusui bayi.

1. Menurunkan Berat Badan

Menyusui dapat membantu menurunkan berat badan setelah kehamilan. Jadi kamu tak perlu repot untuk diet, karena menyusui saja telah membantu kamu untuk diet.

2. Tulang yang Sehat

Wanita memiliki risiko osteoporosis terutama ketika mereka memasuki usia 40 tahun. Kalsium pada tulang akan menghilang karena penurunan kadar hormon selama menopause. Menyusui secara mengejutkan ternyata mampu menurunkan risiko seseorang terkena osteoporosis dan patah tulang.

3. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Wanita yang menyusui memiliki penurunan risiko kanker payudara sebesar 25 persen. Risiko itu akan menurun dengan meningkatnya durasi menyusui bayi.

4. Menjadi Kontrasepsi Alami

Menyusui bisa menunda ovulasi dan itu bisa bertindak sebagai kontrasepsi alami. Masa kamu menyusui bayi juga akan menjadi periode infertilitas untuk kamu.

5. Meredakan Stres dan Kecemasan

Menyusui tidak hanya baik untuk kesehatan fisik seorang ibu, tetapi juga untuk kestabilan emosinya. Ibu yang menyusui bayi memiliki mental yang lebih tenang dan mampu bersikap lebih santai. Mereka juga lebih jarang menderita kecemasan postpartum.

6. Mengurangi Risiko Kanker Rahim

Bila kamu menyusui bayi, tingkat estrogen dalam tubuh kamu akan turun. Hal tersebut bisa mencegah risiko kanker rahim karena kadar estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko kamu terkena penyakit mematikan itu.

Enam manfaat kesehatan tersebut bisa kamu peroleh hanya dengan menyusui. Jadi, jangan ragu untuk memberi asi bagi anak karena terbukti hal ini mampu menyehatkan bayi dan ibu. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini