Konsumsi Kacang Bisa Bantu Orang Agar Tidak Cepat Bertambah Berat Badan

Sabtu, 12 Oktober 2019 00:46 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Kacang Bisa Bantu Orang Agar Tidak Cepat Bertambah Berat Badan Ilustrasi kacang-kacangan. ©2012 Shutterstock/Krzysztof Slusarczyk

Merdeka.com - Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan. Makanan jenis ini memiliki sejumlah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kinerjanya tetap optimal.

Selain sejumlah manfaat tersebut, penelitian terbaru mengungkap satu lagi manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi kacang-kacangan ini. Dilansir dari Japan Today, penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi kacang ini bisa membantu menjaga berat badan ideal seseorang.

Walau memiliki kandungan kalori yang tinggi, konsumsi kacang setiap hari mungkin membantu menjaga seseorang dari masalah kelebihan berat badan. Hal ini terutama bisa dilakukan jika kacang digunakan sebagai pengganti makanan lainnya terutama yang tidak sehat.

Hasil temuan ini didapat berdasar penelitian terhadap 126.190 orang dewasa yang sehat selama 20 hingga 24 tahun. Pada awal penelitian, partisipan penelitian memiliki berat badan sehat atau hanya sedikit kelebihan. Pada akhir penelitian, sekitar 17 persen partisipan menjadi obesitas.

1 dari 2 halaman

Tingkatkan Konsumsi Kacang Bisa Aman dari Obesitas

Seseorang yang meningkatkan konsumsi kacang mereka setengah porsi (14 gram) cenderung lebih aman dari obesitas sebesar 3 persen. Tingkatkan konsumsi kenari dalam jumlah sama bisa menurunkan risiko obesitas hingga 15 persen, sedangkan konsumsi mete dan almond bisa turunkan risiko obesitas hingga 11 persen.

Meningkatkan konsumsi kacang sejari-hari bisa membantu menjaga bobot sehat dalam berbagai cara. Hal ini diungkap oleh Deirdre Tobias dari Harvard Medical School, Boston.

"Kandungan lemak sehat dan serat yang tinggi bisa membuat perut lebih kenyang dibanding karbohidrat yang diproses dan makanan lain yang mudah dicerna," jelas Tobias.

"Hal ini juga dapat bermanfaat pada kualitas keseluruhan makanan dengan tidak memberi cukup tempat bagi makanan tak sehat," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Konsumsi Kacang Disarankan Sebagai Pengganti Masakan Lain

Walau memiliki sejumlah lemak dan serat yang dibutuhkan tubuh, kacang sebenarnya memiliki kandungan kalori yang tinggi. Walau begitu, hal ini disebut Tobias bukan sebagai dampak buruk.

"Jadi, walau kacang lebih tinggi kalori, namun konsumsinya bisa menggantikan kalori dalam makanan lain untuk meningkatkan kesehatan berat badan jangka panjang," terang Tobias.

Untuk mendapat manfaat yang optimal dari konsumsi kacang lebih banyak ini, terdapat hal yang disarankan oleh Tobias. Dia mengungkap bahwa seseorang sebaiknya tidak mengonsumsi kacang yang berlapis garam atau gula. [RWP]

Baca juga:
Seberapa Banyak Gula yang Sebaiknya Kamu Konsumsi dalam Sehari?
Rencanakan Makanan Sehari-Hari agar Terhindar dari Masalah Kesehatan
Hindari 5 Makanan ini Agar Wajah Selamat dari Jerawat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini