Kebiasaan Main Media Sosial Bisa Sebabkan Gangguan Pertumbuhan Anak

Sabtu, 22 Juni 2019 09:09 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kebiasaan Main Media Sosial Bisa Sebabkan Gangguan Pertumbuhan Anak ilustrasi anak menggunakan tablet. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Secara mental, penggunaan media sosial pada anak bisa menyebabkan perubahan sikap dan perilaku. Namun siapa sangka bahwa kebiasaan ini ternyata juga bisa menyebabkan gangguan pada hormon dan perkembangan anak.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman B. Pulungan meminta agar masyarakat lebih berhati-hati terhadap pengaruh media sosial pada anak.

Aman mengatakan, akhir-akhir ini banyak pihak seperti pemerintah, yang meminta agar anak memanfaatkan media sosial dengan lebih sering. Padahal, dari kalangan kesehatan meminta agar paparan terhadap media sosial pada anak harus dibatasi.

"Kami dari kalangan kesehatan meminta agar orangtua membatasi anak memakai media sosial," kata Aman dalam seminar media Hari Ulang Tahun IDAI ke-65 di Jakarta.

Pembatasan salah satunya dari durasi penggunaan yang berdampak pada kesehatannya. Ini dikarenakan media sosial bisa berpengaruh pada hormon anak.

Aman, yang juga memiliki keahlian di bidang endokrinologi anak mengatakan, hormon anak yang terganggu karena penggunaan media sosial, khususnya di malam hari, bisa berdampak pada tumbuh kembang anak.

"Jadi kalau jam 8 malam ke atas, melatoninnya tinggi untuk tidur. Kalau dia melihat gawai, melatoninnya jadi turun," kata Aman menjelaskan.

Melatonin sendiri bisa turun akibat sinar biru dari penggunaan gawai. Kondisi ini membuat anak menjadi sulit untuk tidur.

"Kalau dia tidak bisa tidur, hormon lainnya terganggu," tambahnya.

Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka anak bakal mengalami kesulitan untuk tidur. Hal ini dapat mengganggu sistem hormonnya dan selanjutnya membuat pertumbuhan anak juga terganggu.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini