Ini Penyebab Mengapa Tubuh Seseorang Terasa Lelah Ketika Sedang Stres

Selasa, 8 Oktober 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Penyebab Mengapa Tubuh Seseorang Terasa Lelah Ketika Sedang Stres Ilustrasi lelah. boldsky.com

Merdeka.com - Kelelahan merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh banyak orang. Kelelahan yang dialami seseorang ini bisa terjadi secara mental, emosi, maupun fisik.

Kelelahan biasanya muncul karena tingginya aktivitas yang kamu jalani sehari-hari. Namun hal ini ternyata juga bisa jadi gejala dari masalah yang lebih besar seperti depresi.

Dilansir dari Huffington Post, kelelahan terjadi pada 90 persen orang yang memiliki masalah mental. Hal ini bisa menyebabkan mereka menjadi merasa tak semangat dalam beraktivitas.

"Depresi mempengaruhi neurotransmitter yang berhubungan dengan kewaspadaan dan sistem penghargaan," jelas Don Mordecai, psikiater dari Kaiser Permanente.

Hal ini menjadi penyebab terjadinya hubungan antara depresi dengan kelelahan. Dengan kata lain, masalah secara psikologis bisa berdampak terhadap energi seseorang.

1 dari 3 halaman

Pola Tidur jadi Penyebab Depresi

Hal lain yang menjadi penyebab masalah ini adalah karena depresi berdampak pada pola tidur seseorang. Kurangnya tidur ini membuat seseorang menjadi merasa lebih lelah.

"Baik karena sulit tertidur, sulit tetap tidur, terbangun terlalu awal, atau kerena tidak tidur dengan nyenyak," jelas Sari Chait, psikolog klinis dari Massachusetts.

Depresi juga bisa mempengaruhi motivasi sehingga membuat fisik dan mental terasa lelah ketika beraktivitas. Pada seseorang yang mengalami depresi, berbagai kegiatan bisa jadi sangat melelahkan dan menguras tenaga.

Seorang penderita depresi juga terkadang memiliki kabut pikiran di dalam otaknya. Pada seorang penderita depresi, mereka membutuhkan lebih banyak energi untuk membuat keputusan atau saat memusatkan fokus pada pekerjaan.

2 dari 3 halaman

Hubungan Antara Kelelahan dan Depresi

"Seseorang yang memiliki depresi yang memaksa diri untuk menjalani hari-hari bisa lebih lelah yang selanjutnya membuat mereka lebih depresi, dan hal ini berulang terus," jelas Chait.

Perlu diketahui bahwa kelelahan ini merupakan gejala dari depresi dibanding peneybab. Namun kelelahan yang muncul karena stres kronis, penyakit kronis, atau massalah tidur bisa jadi penyebab terjadinya depresi.

"Ketika seseorang merasa lelah sepanjang waktu karena alasan apa pun, mereka cenderung mengalami kesulitan terlibat dalam kehidupan," jelas Chait.

Hal ini selanjutnya bisa membuat mereka kesulitas bersosialisasi, fokus bekerja, atau muncul perubahan selera makan dan olahraga. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan mental agar terhindar dari munculnya kelelahan ini.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Kelelahan yang Berhubungan dengan Depresi

- Kenali penyebab kelelahan

- Tidur secara cukup

- Perhatikan beban kerja

- Jangan paksakan diri

- Lakukan Olahraga

ketika kamu sudah melakukan semua upaya itu tapi masih tetap merasa kelelahan, segera cari pertolongan dari ahli. [RWP]

Baca juga:
Kebiasaan Bekerja di Akhir Pekan Bisa Timbulkan Masalah Depresi
Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Stres yang Dialami Ibu Hamil
Pertanyaan Kapan Nikah Terus Menerus Tidak Membantu untuk Memecahkan Masalah
Stres yang Dialami oleh Ibu Hamil Bisa Timbulkan Masalah Kepribadian pada Buah Hati
Miliki Jerawat Bisa Buat Seseorang Mengalami Depresi

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini