Ini Menu Makan Sahur yang Penting untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat Ketika Berpuasa

Rabu, 8 Mei 2019 01:24 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Menu Makan Sahur yang Penting untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat Ketika Berpuasa Ilustrasi makan. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Ketika berpuasa di bulan Ramadan, sahur merupakan salah satu waktu makan paling penting karena dapat menjadi penentu energi kita selama satu hari. Memilih menu makan yang tepat ketika sahur merupakan hal yang sangat penting dalam berpuasa Ramadan.

"Ketika memilih apa yang dimakan selama Ramadan, ingat bahwa buka dan sahur membantu menjaga puasamu selama seharian, sehingga mengonsumsi makanan yang tepat sangat penting," ungkap Departement of Dietetics, Singapore General Hospital (SGH) dilansir dari Healthxchange.

Menu makanan sahur harus mampu menyediakan cukup energi yang mampu bertahan lama untuk menjaga puasa. Berikut sejumlah makanan yang sebaiknya kamu konsumsi ketika sahur.

Buah dan Sayur

Buah dan sayur memiliki kandungan serat yang kaya dan sangat penting selama bulan puasa. Pasalnya kedua makanan ini dapat meningkatkan rasa kenyang serta membantu mencegah konstipasi. Makanan ini juga mengandung vitamin, mineral, serta fitokimia yang sangat penting untuk kesehatan.

Nasi dan Karbohidrat Lainnya

Makanan dengan kandungan karbohidrat sangat penting untuk dikonsumsi karena kaya dengan serat. Selain nasi putih, nasi merah serta roti gandum merupakan pilihan yang sangat baik karena memerlukan waktu yang lama untuk dicerna. Lamanya waktu mencerna ini bisa membantu tubuh menjaga energi lebih lebih lama.

Daging dan Sumber Protein Lainnya

Daging ayam, ikan, dan susu-susuan rendah lemak merupakan sumber protein yang baik serta bisa membatas asupan lemak. Lebih lanjut, makanan ini membantu untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, serta untuk membangun sistem imun.

Mengonsumsi produk susu tinggi kalsium juga dapat membantu untuk menjaga tulang tetap kuat. Bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, susu sapi ini bisa diganti dengan jenis lain seperti susu keledai.

Sejumlah makanan tersebut merupakan menu yang tepat untuk dikonsumsi selama sahur di bulan Ramadan. Konsumsi secara berimbang sejumlah makanan tersebut untuk membuat ibadah puasa Ramadan yang kamu jalani tetap berjalan dengan baik. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini