Ini Cara Kenali Kosmetik Ilegal yag Bisa Bahayakan Kulit

Rabu, 13 Februari 2019 19:15 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Cara Kenali Kosmetik Ilegal yag Bisa Bahayakan Kulit Ilustrasi Kosmetik. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Tingginya permintaan terhadap produk kosmetik tertentu mengakibatkan munculnya produk-produk ilegal alias tanpa izin edar di masyarakat. Produk tersebut tentu saja berbahaya karena tidak melalui pengawasan yang tepat dalam produksi dan kandungannya.

Permasalahan produk kosmetik ilegal, menurut Kepala BPOM Penny K Lukito, tengah marak terjadi. Generasi milenial pun perlu berhati-hati sebelum membeli kosmetik.

"Sekarang yang lagi marak itu masalah kosmetik. Fokusnya pada fasilitas produksi ilegal dan jalur distribusi ilegal untuk produk kosmetik. Kita patut bersama-sama melindungi masyarakat, khususnya yang muda-muda anak milenial," ujar Penny saat ditemui dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BPOM ke-18 di Parkir Sarinah, Jakarta.

Ini dikarenakan generasi milenial merupakan harapan bangsa di masa depan. Mereka, lanjut Penny, adalah pengguna kosmetik pertama yang harus diberikan edukasi terus menerus.

Penny menekankan, sebaiknya generasi milenial hanya membeli produk kosmetik yang izin edarnya terdaftar di BPOM. Pengecekan soal izin edar bisa dilakukan sendiri bila milenial tidak mengetahui, apakah produk kosmetik yang dilirik ilegal atau tidak.

"Kalau belum tahu (izin edarnya) dan tampak mencurigakan, (produk kosmetik) bisa dicek ke dalam laman Cek BPOM. Bisa mengaksesnya lewat situs atau mobile," tambah dia.

Tinggal masuk dan cek nomor registrasi produk kosmetik. Sebelum membeli produk kosmetik, pastikan nomor registrasi dan izin edar sudah dikeluarkan BPOM.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini