Deretan Penyakit yang Menjadi Penyebab Pesohor Indonesia Tutup Usia di Tahun 2019

Kamis, 5 Desember 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Deretan Penyakit yang Menjadi Penyebab Pesohor Indonesia Tutup Usia di Tahun 2019 Pemakaman Cecep Reza. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pada tahun 2019 ini, sejumlah pesohor Indonesia tutup usia. Terdapat beberapa penyebab meninggalnya sejumlah pesohor di tahun 2019 ini.

Sejumlah penyakit yang diderita oleh pesohor ini menjadi penyebab mereka tutup usia. Beberapa kondisi kesehatan yang banyak merenggut nyawa para pesohor ini adalah penyakit jantung.

Masalah kesehatan lain yang juga menjadi penyebab meninggalnya sejumlah pesohor adalah kanker. Berbagai penyakit kanker yang diderita oleh pesohor ini membuat mereka tutup usia di tahun 2019 ini.

Berikut deretan penyakit yang menjadi penyebab sejumlah pesohor Indonesia tutup usia di tahun 2019.

1 dari 7 halaman

1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak jadi penyebab kematian di seluruh dunia. Sejumlah faktor bisa menjadi faktor munculnya masalah pada jantung ini.

Pada tahun 2019 ini, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian bagi sejumlah pesohor di Indonesia. Tercatat bahwa setidaknya ada tiga pesohor yaitu Cecep Reza, Djaduk Ferianto, serta Robby Sugara yang tutup usia karena penyakit ini.

2 dari 7 halaman

2. Kanker Otak

Pada bulan Juni 2019 lalu, Agung Hercules tutup usia karena kanker otak yang dideritanya. Aktor, penyanyi, dan binaragawan ini tutup usia pada 51 tahun karena Gliblastoma.

Sebelumnya, Agung Hercules telah menderita penyakit ini dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini bahkan membuat tubuhnya yang dulu kekar menjadi terlihat kurus.

3 dari 7 halaman

3. Kanker Prostat

Budayawan sekaligus wartawan senior, Arswendo Atmowiloto tutup usia pada 19 Juni 2019 lalu. Diketahui almarhum sempat menjalani perawatan di RS Pusat Pertamina Jakarta akibat kanker prostat stadium 2.

Penyakit kanker yang menyerang penulis ini merupakan salah satu penyakit yang hanya diidap oleh pria. Biasanya pertumbuhan kanker ini sangat lambat dan berkembang di dalam kelenjar prostat.

4 dari 7 halaman

4. Kanker Getah Bening

Ustaz Arifin Ilmah meninggal dunia pada 22 Mei 2019 akibat penyakit kanker getah bening. Selama beberapa waktu, Ustaz Arifin Ilham telah menjalani pengobatan di Malaysia terkait dengan penyakit yang dideritanya ini.

Kanker kelenjar getah bening yang diidap Arifin Ilham termasuk stadium 4A. Kanker terjadi karena pertumbuhan sel-sel yang tak terkendali pada salah satu atau beberapa kelenjar getah bening di dalam tubuh.

5 dari 7 halaman

5. Kanker Darah

Istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, meninggal dunia pada 1 Juni 2019. Putri Sarwo Edhi Wibowo itu meninggal dunia karena penyakit kanker darah yang diidapnya.

Sebelumnya, selama beberapa bulan Ani Yudhoyono dirawat selama beberapa bulan di National University Hospital (NUH) Singapura. Vonis kanker darah yang diderita oleh Ani Yudhoyono baru diketahuinya setelah beberapa hari menjalani perawatan.

6 dari 7 halaman

6. Diabetes

Musisi keroncong legendaris Indonesia, Mus Mulyadi tutup usia pada 11 April 2019. Semasa hidupnya, Mus Mulyadi diketahui mengidap diabetes dan bahkan hingga mengalami kebutaan.

Dilansir dari KapanLagi, Erick Haryadi, putra almarhum menjelaskan bahwa sang ayah selama ini menderita gula darah.

"Sakit gula tadinya. (Dibawa ke rumah sakit) karena gulanya tinggi itu," jelas Erick.

7 dari 7 halaman

7. Infeksi Paru-Paru

Robby Tumewu meninggal dunia pada 14 Januari 2019 lalu karena infeksi paru-paru. Sebelumnya, sejak tahun 2010 Robby Tumewu telah menderita penyakit stroke.

Selama beberapa tahun, Robby Tumewu berusaha melawan dan mengatasi penyakit stroke yang dideritanya. Namun pada akhirnya, pada 2019 ini dia tutup usia karena infeksi paru-paru. [RWP]

Baca juga:
Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Alami Jika Punya Pasangan Tukang Mendengkur
Polusi Udara Semakin Parah di 2019, Masalah Kesehatan Ini Berisiko Meningkat
Kapan Seharusnya Seseorang Melakukan Cek Darah Lengkap?
Kurang Zat Besi Bisa Timbulkan Tanda pada Mulut Seseorang

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini