7 Makanan yang Bisa Membantu Menjaga Kesehatan dan Tidak Gampang Sakit

Minggu, 3 November 2019 12:06 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Makanan yang Bisa Membantu Menjaga Kesehatan dan Tidak Gampang Sakit Bugar. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Perubahan cuaca serta angin kencang yang terjadi bisa membuat seseorang lebih rentan dengan masalah kesehatan. Pada masa-masa seperti ini, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan gaya hidup yang sehat dan tepat. Kamu bisa berolahraga serta mengonsumsi sejumlah makanan sehat untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan.

Menurunnya sistem kekebalan tubuh bisa jadi biang keladi terjadinya masalah kesehatan pada tubuhmu. Cara paling mudah untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Sejumlah makanan yang kamu temui sehari-hari bisa membantumu terhindar dari penyakit. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan yang bisa bantu tubuh agar tidak gampang sakit.

1 dari 7 halaman

Semangka

Semangkan merupakan salah satu buah yang sangat segar dikonsumsi kala cuaca panas seperti saat ini. Selain menyegarkan, semangka juga mengandung antioksidan kuat yang disebut glutathione. Glutathione dikatakan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2 dari 7 halaman

Kubis

Tingginya kandungan vitamin C dan belerang di dalam kubis menghadirkan manfaat tinggi dari sayur ini. Kandungan ini mampu menghilangkan racun yang menjadi penyebab utama dari arthtiris, penyakit kulit, rematik, dan asam urat.

3 dari 7 halaman

Almond

Almond dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan efek buruk dari stres. Kacang ini juga diperkaya dengan vitamin E, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selaint itu terdapat juga kandungan riboflavin, niacin, dan vitamin B yang dapat membantu kamu bangkit kembali dari dampak stres.

4 dari 7 halaman

Yogurt Rendah Lemak

Konsumsi secangkir yogurt rendah lemak dapat mengurangi risiko terkena flu. Beberapa penelitian membuktikan bahwa yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Minuman lezat ini juga diperkaya dengan vitamin D yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5 dari 7 halaman

Bawang Putih

Bawang putih mengandung banyak antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini bisa kamu peroleh baik ketika mengonsumsinya dalam kondisi mentah atau sebagai bumbu masak.

6 dari 7 halaman

Bayam

Bayam memiliki kandungan nutrisi sangat baik yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, terdapat kandungan tinggi folat yang dapat membantu tubuh memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA.

7 dari 7 halaman

Ubi

Ubi jalar juga mengandung antioksidan beta-karoten, yang dapat melawan efek buruk dari radikal bebas. Ubi jalar juga kaya akan vitamin A, yang dapat memperlambat proses penuaan serta mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Sejumlah makanan tersebut bisa menjaga kesehatan tubuhmu tetap terjaga bugar. Hal ini lebih lanjut bisa membuatmu tidak gampang sakit dan terhindar dari sebuah masalah kesehatan. [RWP]

Baca juga:
Protein Hewani Bagi Anak Tidak Hanya Harus Daging Namun Bisa Telur
Ganti Cemilan Tak Sehat dengan Buah dan Sayur Bisa Bantu Atasi Masalah Kelelahan
Kentang Bisa Jadi Sumber Karbohidrat yang Sangat Cocok untuk Atlet
Talas Bisa Jadi Alternatif Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini