6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

Selasa, 14 Januari 2020 00:34 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Mengunyah Permen Karet ilustrasi permen karet. ©articles.mercola.com

Merdeka.com - Permen karet merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit bagi banyak orang dari berbagai rentang usia. Baik anak-anak atau orang dewasa suka mengunyah kudapan yang satu ini.

Karena tergolong sebagai permen yang manis dan dianggap merusak gigi, banyak yang menganggap permen karet tak punya manfaat kesehatan. Padahal, tanpa disadari ternyata ada manfaat yang bisa diperoleh dari mengunyah makanan satu ini.

Manfaat yang bisa diperoleh dari mengunyah permen karet ini bisa sangat beragam. Manfaat yang diperoleh dari permen karet ini bisa sangat beragam mulai dari untuk gigi hingga otak.

Beragam manfaat yang mungkin diberikan ini menjadikannya juga tepat untuk dikunyah. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari permen karet.

1 dari 6 halaman

Mengatasi Kerusakan Gigi

Mengunyah permen karet bisa menjadi cara untuk mengurangi munculnya karang gigi. Namun tentu saja manfaat ini tidak bisa diperoleh dari semua jenis permen karet dan hanya pada rasa tertentu saja.

Dr. Michelle Yanover, DDS, seorang dokter gigi menyatakan bahwa manfaat ini bisa diperoleh dari permen karet tanpa gula yang mengandung xylitol. Kandungan ini diketahui bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab kerusakan gigi dan meningkatkan produksi air liur yang menjaga kesehatan mulut.

2 dari 6 halaman

Mencegahmu Ngemil Berlebih

Mengunyah permen karet bisa membantumu terhindar dari keinginan ngemil secara berlebihan. Hal ini bisa sangat membantumu terutama dalam menurunkan berat badan.

Ketika mulut tetap sibuk mengunyah permen karet, keinginan untuk ngemil bakal menghilang. Tentu saja jenis permen karet yang disarankan adalah yang tanpa atau rendah gula.

3 dari 6 halaman

Mencerahkan Senyum

Mengunyah permen karet bisa menjadi cara yang mudah dilakukan untuk mencerahkan senyum dan memutihkan gigi.

"Walau mengunyah permen karet tidak bakal memutihkan gigi seperti pada perawatan pemutihan, atau bahkan seperti pada perangkat rumahan, namun kamu bakal mendapat noda lebih sedikit," terang Dr. Yanover.

"Karena meningkatnya air liur, makanan yang meninggalkan noda bisa secara mudah dihilangkan dari mulut," sambungnya.

Selain itu, mengunyah permen karet bebas gula bisa mengurangi menumpuknya bakteri di dalam permukaan gigi. Hal ini bisa membantu warna gigi tetap putih cemerlang.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Stres

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari mengunyah permen karet adalah bisa membantu meringankan stres. Penelitian pada tahun 2014 yang dimuat di Journal of Prosthodontic Research mengetahui bahwa mengunyah permen karet selama lebih dari 10 menit bisa menurunkan tingkat hormon stres bernama kortisol dan secara efektif menenangkan saraf.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Kondisi Otak

Mengunyah permen karet bisa berdampak positif pada otak karena meningkatkan kewaspadaan, fokus, serta menghilangkan rasa ngantuk ini. Peneliti menyebut bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan aktivitas selebral.

Aroma yang kuat dari mint juga bisa menstimulus sejumlah bagian otak dan membantumu tetap terjaga. Sebuah penelitian di tahun 2015 mengungkap bahwa mengunyah permen karet di siang hari bisa meningkatkan produktivitas serta menurunnya masalah kognitif.

6 dari 6 halaman

Mengurangi Napas Tak Sedap

Mengunyah permen karet juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau napas tak sedap atau halitosis. Cara ini bisa membantu menghilangkan bau napas terutama yang disebabkan oleh bakteri di mulut.

Walau begitu, perhatikan jenis permen karet yang kamu konsumsi. Sejumlah jenis justru bisa menjadi penyebab dari munculnya bau napas.

"Pastikan tidak mengonsumsi permen karet mint dengan kandungan gula di dalamnya yang bisa meningkatkan bakteri penyebab bau napas seiring waktu," terang Dr. Yannover.

Beragam manfaat tersebut bisa kamu peroleh dari konsumsi permen karet. Pastikan untuk memilih jenis permen karet yang tepat serta jangan mengonsumsinya secara rutin hingga berlebihan karena malah bisa sebabkan dampak buruk. [RWP]

Baca juga:
Kenali Gejala dan Cara Pencegahan Lyme Disease Seperti yang Dialami Justin Bieber
Paparan Polusi Udara dalam Waktu Lama Bisa Sebabkan Munculnya Masalah Tulang
Perokok yang Juga Gunakan Vape Bisa Memiliki Risiko Stroke Berlipat Ganda

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini