5 Makanan yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Jadi Penyebab Bad Mood

Minggu, 10 November 2019 00:29 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Makanan yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Jadi Penyebab Bad Mood Sehat - Bad Mood. top-10-list.org

Merdeka.com - Makanan bisa sangat mempengaruhi berbagai hal dalam hidup kita. Mulai dari kesehatan dan kebugaran hingga mental, terdapat sejumlah hal yang bisa dipengaruhi oleh makanan ini.

Mengonsumsi makanan yang sangat kamu senangi bisa membuatmu menjadi sangat senang. Namun ketika kamu kelaparan, kamu bisa mengalami masalah mood sehingga mood menjadi buruk.

Walau begitu, mood buruk yang terjadi pada diri kamu juga bisa disebabkan karena makanan yang kamu konsumsi. Makanan ini bisa mempengaruhi neurotransmitter di otak yang mempengaruhi emosi dan perasaan.

Neurotransmitter serotonin diketahui bisa membantu seseorang tetap santai. Terdapat juga dopamin yang bisa meningkatkan fokus dalam dirimu.

Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting terkait bagaimana fungsi otak. Makanan bisa membendung neurotrasmitter serta merusak keseimbangan di otak, yang keduanya mempengaruhi mood.

Makanan cepat saji dan panggangan diketahui bisa berdmpak negatif pada otak. Penelitian menunjukkan bahwa produk makanan olahan bisa menimbulkn depresi, agresi, kecemasan, serta kondisi mental lainnya.

Sejumlah makanan yang kita konsumsi ini biasanya tanpa disadari bisa membuat mood menjadi buruk. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah hal yang diketahui bisa membuat mood menjadi buruk.

1 dari 5 halaman

Makanan Berpemanis

Banyak orang menyukai minuman dengan tambahan gula atau berpemanis buatan. Makanan ini memiliki rasa dan tampilan yang cukup lezat sehingga banyak orang yang suka mengonsumsinya.

Tingginya konsumsi makanan dengan pemanis buatan ini bisa memicu kecemasan, rasa tak nyaman, dan depresi. Terlalu banyak gula di tubuh juga dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatasi stres. Selain itu ada masalah lain seperti sakit kepala, masalah mood, pening, serta migrain.

2 dari 5 halaman

Alkohol

Konsumsi alkohol di malam hari bisa memaksa otak untuk bekerja lebih keras untuk memproduksi hormon. Hal ini bisa meningkatkan perasaan stres dan kecemasan. Hal ini juga bisa menurunkan tingkat serotonin atau hormon yang membuatmu merasa baik sehingga mood-mu menjadi berantakan.

3 dari 5 halaman

Sirup Agave

Sirup Agave merupakan pemanis alami yang merupakan makanan olahan sehingga menghilangkan nilai nutrisi yang ada di dalamnya. Setelah proses produksi, pemanis ini dipenuhi fruktosa yang berdampak pada masalah metabolisme.

4 dari 5 halaman

Margarin

Margarin dan produk serupa mentega lain mungkin mengandung lemak buruk yang meningkatkan peradangan serta asam lemak omega-6 tingkat tinggi. Makanan ini bisa merusak mood dengan menutupi asam lemak omega-3 yang merupakan peningkat mood secara alami.

5 dari 5 halaman

Kopi

Terlalu banyak kopi di dalam tubuh pada siang hari bisa membuatmu overdosis kafein yang mempengaruhi neurotransmitter dan hormon. Kopi juga dapat mempengaruhi mood dan memicu perasaaan serupa cemas.

Sejumlah makanan tersebut tanpa kamu sadari bisa membuatmu mengalami bad mood. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan ketika mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman ini. [RWP]

Baca juga:
Konsumsi Makanan Sehat Bisa Bantu Atasi Gejala Depresi Seseorang
Dekat dengan Keluarga Saat Remaja Bisa Buat Seseorang Terhindar dari Depresi saat Tua
Nomophobia, Ketakutan yang Kamu Alami Ketika Takut Jauh dari Ponsel

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini